J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kok Bisa? 7 Film Sukses yang Justru Gak Dapat Untung Sama Sekali

Kok Bisa? 7 Film Sukses yang Justru Gak Dapat Untung Sama Sekali

Rabu, 19 Agt 2020, 18:30 WIB
Kalau kamu kira semua film sukses dan populer selalu mendapatkan keuntungan besar, salah! Buktinya, ada film sukses yang justru gak mendapat keuntungan!

Apakah kamu termasuk pecinta film, geng? Kalau begitu, kamu pasti deretan film terbaik yang laku keras di bioskop, kan?

Hingga saat ini, sudah banyak film sukses dan berhasil masuk deretan Box Office. Bahkan, gak sedikit juga yang menyabet berbagai penghargaan bergengsi.

Kalau dilihat dari kesuksesannya, kamu pasti berpikir bahwa beberapa film populer berhasil meraup keuntungan berkali-kali lipat dari biaya produksinya, kan?

Sayangnya, gak semua film mendapat untung yang fantastis, lho! Meski dianggap sukses dan menuai banyak pujian, ternyata beberapa film hampir merugi.

Lalu, apa saja film sukses yang nggak dapat untung sama sekali? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini, geng!

Film Populer yang Gak Dapat Untung

Banyak yang mengira bahwa film sukses dan populer akan mendapatkan banyak keuntungan dan pasti balik modal. Tapi, anggapan itu gak sepenuhnya benar.

Sebab, banyak film yang sukses tapi justru gak mendapat keuntungan seperti deretan film yang akan Jaka ulas di bawah ini.

1. Heathers (1988)

Gagal Heathers 1988 Custom 833b1

Saat pertama kali dirilis pada 1989, Heaters justru dianggap sebagai film gagal karena hanya mengantongi 1,1 juta dolar dari baiaya produksi hingga 3 juta dolar.

Tapi, film dark-comedy tentang anak SMA ini langsung dirilis dalam format video. Gak disangka, ternyata film ini justru laku keras.

Bahkan, Heathers dirilis ulang di bioskop di sejumlah negara, termasuk di Indonesia. Kesuksesan ini pun ikut melejitkan nama para aktornya seperti Christian Slater, Winona Ryder dan Shannen Doherty.

2. Willy Wonka & the Chocolate Factory (1971)

Gagal Willy Custom 0a349

Salah satu film paling populer di tahun 1971, yakni Willy Wonka & the Chocolate Factory memang mendapat banyak review positip. Tapi, film ini gagal meraup keuntungan.

Dengan anggaran produksi 3 juta dolar yang cukup besar pada masa itu, film ini ternyata nggak berhasil menarik banyak penonton dan hanya mampu meraup pendapatan 4 juta dolar saja.

Pada tahun 2005, Charlie and the Chocolate Factory yang merupakan remake dari film tersebut dirilis dengan dibintangi aktor Johnny Depp yang berperan sebagai Willy Wonka.

3. The Hurt Locker (2008)

Gagal The Hurt Locker Custom 16e39

Awalnya, The Hurt Locker termasuk film yang gak laku di bioskop dan gak mendapat keuntungan sama sekali. Padahal, film ini menghabiskan biaya yang cukup fantastis, yakni 15 juta dolar.

Gak disangka, film ini berhasil menyabet 6 piala The Academy Awards pada tahun 2010. Kesuksesan ini pun membuat pendapatannya mendadak tinggi karena ada banyak orang yang menonton filmnya.

Meski awalnya kurang diapresiasi dan disebut merugi, pada akhirnya The Hurt Locker berhasil balik modal dengan keuntungan nyaris 50 juta dolar, geng!

4. The Shawshank Redemption (1994)

Gagal The Shawshank Custom 73f0a

Gak bisa disangkal bahwa The Shawshank Redemption termasuk film berkualitas yang gagal saat pertama dirilis. Bahkan, film ini nggak mendapatkan satu pun piala Oscar dari 7 nominasi yang dinobatkan pada film ini.

Tapi saat dirilis dalam bentuk video, film yang dibintangi Morgan Freeman ini justru menyabet urutan pertama daftar IMDb Top 250 pada tahun 2008.

Meski menuai banyak pujian, sayangnya film ini cukup mengecewakan dari sisi pendapatan. Dengan biaya produksi 25 juta dolar, film tersebut hanya mendapatkan total 28 juta dolar di seluruh dunia.

5. Fahrenheit 9/11 (2004)

Gagal Fahrenheit Custom Bd769

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa film Fahrenheit 9/11 bisa masuk dalam artikel ini. Sebab, film ini terbilang untung dengan meraup 222 juta dolar dari biaya produksi yang hanya 6 juta dolar.

Film dokumenter terbaik ini memang meraup keuntungan fantastis. Tapi ternyata ada rahasia kelam di balik kesuksesan ini, geng.

Sutradara film ini, Michael Moore, merasa dicurangi oleh produsernya, Harvey Weinstein dan saudara kandungnya Robert. Moore menuduh keduanya mengelabui keuntungan filmnya.

Bukan cuma itu, ada rumor yang mengatakan bahwa salah satu di antara pemilik studio Weinstein Co. menggunakan uang Moore untuk terbang ke Eropa dengan jet pribadi.

6. Donnie Darko (2001)

Gagal Donie Custom 7818a

Ketika dirilis, film yang dibintangi Jake Gyllenhaal ini cuma bisa bertahan selama 28 hari di bioskop. Bahkan, penghasilannya saja mentok di angka 2,9 juta dolar.

Padahal, Donie Darko menghabiskan biaya produksi sebesar 6 juta dolar. Sangat jelas bahwa penghasilan film ini nggak bisa menutup budget yang dikeluarkan.

Bukan tanpa alasan. Kegagalan Donie Darko dari sisi penghasilan disebabkan karena film dengan ending kelam ini dirilis gak lama setelah tragedi 9/11.

Meski sama sekali nggak untung, film ini menerima banyak pujian dari para kritikus dan fans, serta bisa mendapatkan kesuksesan finansial melalui penjualan DVD-nya.

7. Forrest Gump (1994)

Gagal Forest Custom 240df

Film yang dibintangi Tom Hanks ini sebenarnya meraup pendapatan yang sangat fantastis, yakni 675 juta dolar dari biaya produksi yang hanya 55 juta dolar saja.

Siapa sangka, Forrest Gump sebenarnya nggak mendapatkan untung sama sekali. Kok bisa? Biaya yang besar ini memang digunakan untuk produksi, distribusi, hingga promosi.

Tapi yang membuatnya gak dapat untung adalah bayaran untuk aktor Tom Hanks, dan sutradara Robert Zemeckis. Keduanya dibayar masing-masing 31 juta dolar, belum lagi untuk pengeluaran lainnya.

Akhir Kata

Nah, itu tadi deretan film sukses yang nggak mendapatkan keuntungan sama sekali. Meski sukses dan banyak dipuji, film tadi justru gak mendapat untung, malah ada juga yang gak balik modal.

Penyebab gagalnya film tadi dalam meraup pundi-pundi uang pun disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari waktu rilis yang salah hingga untuk bayar aktor.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
Film Gagal Terbaik Harus Kamu Tonton 08350

7 Film Gagal Total & Gak Laku yang Wajib Kamu Tonton, Ternyata Seru!

Untitled Design 697d9

Masih Hoki! 7 Aktor yang Hampir Meninggal di Lokasi Syuting

Sutradara Salahkan Studio Film 51470

Film Gagal, 7 Sutradara Ini Salahkan Studio | Banyak Intervensi!

Film Alasan Aneh Aktor Berhenti Main Film 15d13

7 Alasan Teraneh Aktor Memilih Berhenti Main Film, Takut Dimakan Singa!

Anime Live Action Dragonball Evolution Goku Justin Chatwin Custom D7a69

7 Karakter Anime Live Action Terburuk, Aktingnya Jelek Semua?

Film Indonesia Dibenci Dan Dicintai 4d329

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Gagal yang Membuat Studionya Bangkrut, Terlalu Ambisius!

7 Film Gagal yang Membuat Studionya Bangkrut, Terlalu Ambisius!

7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

7 Film Berkualitas yang Gagal Total Saat Dirilis, Gak Balik Modal?

7 Film Berkualitas yang Gagal Total Saat Dirilis, Gak Balik Modal?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal