J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Sukses yang Dikira Bakal Gagal | Malah Dapat Untung Berlipat!

7 Film Sukses yang Dikira Bakal Gagal | Malah Dapat Untung Berlipat!

Sabtu, 26 Sep 2020, 18:00 WIB
Film-film terkenal berikut sempat dikira nggak akan mampu meraih kesuksesan, namun yang terjadi justru sebaliknya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Perkiraan kesuksesan sebuah film ditentukan oleh beberapa aspek, seperti aktor-aktor yang berperan, sutradara yang mengarahkan, atau kemampuan penulis naskah dalam menciptakan jalan cerita yang menarik.

Meskipun demikian, beberapa film bahkan sudah diprediksi akan gagal sebelum dirilis untuk umum. Pembuatan film-film tersebut dianggap nggak bisa mendatangkan keuntungan komersial yang besar.

Untungnya para kru yang bekerja di balik layar tetap melanjutkan usaha mereka hingga berhasil menciptakan sebuah karya yang lantas dipuja di seluruh dunia.

7 Film yang Dianggap Bakal Flop tapi Ternyata Top

Ada beberapa alasan yang membuat film-film Hollywood terkenal awalnya sempat diragukan, mulai dari pengalaman sutradara yang belum banyak, memiliki anggaran yang kecil, hingga efek CGI yang dianggap terlalu berlebihan.

Berikut adalah 7 film Hollywood yang sempat dikira akan gagal sebelum perilisannya, namun berhasil menjawab segala keraguan dari berbagai pihak dengan jumlah pendapatan masif yang diperolehnya.

1. Guardians of the Galaxy (2014)

Guardians Of The Galaxy 359ee

Saat trailer pertama film ini keluar, banyak yang mengatakan bahwa mereka nggak berminat menonton seekor rakun yang bisa bicara. Selain itu, tokoh-tokoh dalam film Guardians of the Galaxy juga nggak seterkenal superhero Marvel lain, seperti Iron Man atau Captain America. Bahkan, Zoe Saldana yang berdandan serba hijau sempat dikira She-Hulk oleh para penggemar Marvel.

Film ini juga dianggap nggak akan relevan dengan para penonton karena berlokasi di planet-planet asing di luar angkasa. Hal ini tentu berbeda dengan film The Avengers (2012) yang berlokasi di Bumi.

Meskipun banyak diragukan, ternyata Guardians of the Galaxy berhasil mendapatkan 773 juta USD atau sekitar 11 triliun rupiah secara global. Berkat film ini juga, karier Chris Pratt meningkat dari sekadar pemain sitkom menjadi salah satu aktor Hollywood terkenal.

2. Mad Max: Fury Road (2015)

Mad Max Fury Road Edf2f

Meskipun film original Mad Max (1979) yang dibintangi oleh Mel Gibson sempat disukai banyak penonton pada era tersebut, namun film reboot-nya, Mad Max: Fury Road, dianggap nggak akan menarik karena sudah ketinggalan zaman.

Proses produksi film ini juga sempat bermasalah karena Gibson memutuskan keluar dari franchise film Mad Max, sehingga digantikan oleh Tom Hardy. Namun, Hardy sendiri dianggap menjengkelkan selama proses syuting karena nggak mau berbicara dengan aktor-aktor lain karena alasan method acting.

Belum lagi lokasi syuting harus dipindah dari Australia ke Namibia karena kendala cuaca berupa hujan yang terus turun. Untungnya, Mad Max: Fury Road berhasil mendapatkan 3752 juta USD atau sekitar 5 triliun rupiah dan mampu membangkitkan kembali franchise film Mad Max yang sempat terhenti.

3. Snow White and The Seven Dwarfs (1937)

Snow White And The Seven Dwarfs 88799

Nggak cuma film-film action yang sempat diragukan, ternyata film animasi Disney juga pernah dikira akan gagal ketika dirilis, geng, salah satunya adalah Snow White and The Seven Dwarfs.

Film ini dianggap menampilkan kisah cinta yang perkembangannya terlalu cepat, sehingga nggak terasa realistis. Selain itu, Snow White juga dianggap terlalu pasif karena hanya bersih-bersih rumah. Meskipun demikian, Walt Disney bahkan sampai harus menghipotekkan rumahnya untuk membuat film ini karena membutuhkan biaya yang nggak sedikit.

Ternyata, pengorbanan Disney nggak sia-sia karena Snow White And The Seven Dwarfs mendapatkan Honorary Award dalam ajang penghargaan Oscar dan berhasil mengukuhkan posisi Walt Disney Company sebagai studio produksi film-film animasi terbaik.

4. Jaws (1975)

Jaws 9bea8

Bagi kamu pecinta film, pasti sudah nggak asing dengan nama Steven Spielberg. Ya, salah satu sutradara Hollywood paling terkenal ini sudah membuat banyak film memorable, salah satunya Jaws. Namun, Spielberg yang pada waktu itu hanyalah seorang rookie masih diragukan banyak orang.

Selain soal kemampuan penyutradaraannya, robot hiu yang digunakan untuk film ini juga sering mengalami malfungsi. Belum lagi soal biaya pembuatan film yang jauh melebihi batas. Karena banyaknya kendala pada pembuatan film ini, jadwal perilisan pun terpaksa ditunda.

Untungnya, Jaws berhasil muncul ke permukaan dan meraih banyak penonton. Film ini juga menegaskan posisi Spielberg dalam daftar sutradara terbaik. Nggak cuma itu, Jaws memberikan dampak yang sangat besar pada pop culture dan turut mengubah industri perfilman Hollywood.

5. Star Wars: A New Hope (1977)

Star Wars A New Hope 9b6de

Sutradara dan penulis film original Star Wars, George Lucas, pada saat itu belum memiliki banyak pengalaman dalam industri perfilman. Selain itu, pihak studio juga hanya memberikan anggaran yang kecil untuk pembuatan film ini.

Segala keterbatasan pada proses produksi Star Wars: A New Hope berlanjut hingga masa promosi. 20th Century Fox selaku distributor bahkan sampai mengancam bioskop-bioskop untuk menayangkan film ini. Jika tidak, mereka nggak akan merilis film-film yang dianggap akan menuai sukses besar.

Hasilnya, terjadi antrean panjang orang-orang yang ingin menonton film Star Wars di bioskop. Film ini bahkan berhasil menyelamatkan 20th Century Fox dari kebangkrutan.

6. Pirates of The Caribbean: Curse of The Black Pearl (2003)

Pirates Of The Carribean The Curse Of The Black Pearl 89d61

Johnny Depp yang berperan sebagai Captain Jack Sparrow di film ini memberikan interpretasi yang unik pada karakternya, sehingga berbeda dengan tokoh-tokoh bajak laut lain. Sayangnya, pihak eksekutif studio tidak menganggap cara itu akan berhasil untuk membuat perannya memorable.

Mereka mengira Depp akan mengacaukan semua scene yang menampilkan dirinya. Hal ini semakin diperburuk dengan fakta bahwa film-film Hollywood dengan tema bajak laut selalu sulit mendapatkan pendapatan besar, sehingga Pirates of the Carribean tidak tampak seperti film yang akan menuai sukses besar.

Ternyata, performa Depp justru disukai oleh banyak penggemar, sehingga ia selalu muncul di film-film selanjutnya. Meskipun performa film sekuelnya terus menurun, namun setidaknya film pertamanya berhasil mendapatkan 600 juta USD atau sekitar 8 triliun rupiah.

7. Titanic (1997) dan Avatar (2009)

Titanic Avatar 2a2cb

Nggak cuma Steven Spielberg yang sempat diragukan, sutradara terkenal lainnya, yaitu James Cameron, juga pernah diremehkan oleh beberapa pihak. Mereka menganggap bahwa Cameron nggak tahu kapan waktunya berhenti dan selalu berusaha membuat film-film yang dianggap melebihi batas kemampuannya, seperti Titanic dan Avatar.

Kedua film tersebut membutuhkan biaya produksi yang sangat besar, bahkan hingga over budget. Avatar juga dianggap sebagai film yang terlalu banyak menggunakan CGI.

Namun, semua keraguan tersebut seolah dibungkam oleh Cameron yang berhasil membawa dua filmnya menjadi film berpendapatan tertinggi sepanjang sejarah. Titanic menjadi film pertama yang berhasil mendapatkan 1 miliar USD, sedangkan Avatar mendapatkan 2 miliar USD pertama kali di dunia.

Akhir Kata

Itu dia 7 film terkenal yang sempat dikira akan gagal ketika rilis, namun justru meraih sukses besar. Hal ini juga bisa menjadi pembelajaran untuk kamu, geng. Jika ada yang meragukan kemampuanmu, lebih baik kamu tetap semangat dan berikan usaha terbaik. Biarkan hasil kerja kerasmu menjawab keraguan orang-orang.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Film Over Budget Eb3b9

7 Film Hollywood yang Over Budget Sampai Jutaan Dolar, Bikin Bangkrut?

Untitled 2 528d1

7 Film Low-Budget yang Sukses Besar di Box Office, Fix Balik Modal!

Film Yang Dirilis Sebelum Layak Tayang Bfce9

7 Film Hollywood yang Dirilis Sebelum Layak Tayang, Ratingnya Anjlok?

Film Cgi Jelek Untung Besar

5 Film Hollywood dengan CGI Terjelek, Tapi Malah Untung Besar

7 Film Petualangan Terbaik Sepanjang Masa Bikin Kangen Keluar Rumah 61f83

7 Film Petualangan Terbaik Sepanjang Masa, Bikin Kangen Keluar Rumah!

Sutradara Terkenal Yang Selalu Bikin Film Gagal 30c64

5 Sutradara Terkenal yang Selalu Bikin Film Gagal, Buang-Buang Uang!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!

7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

Diremehin Parah! 7 Film yang Nggak Sengaja Jadi Sukses di Pasaran

Diremehin Parah! 7 Film yang Nggak Sengaja Jadi Sukses di Pasaran

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal