J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Skandal Terbesar Piala Oscar, Parasite Gak Layak Menang Best Picture?

Rabu, 12 Feb 2020, 14:00 WIB
Penghargaan The Academy Awards alias Piala Oscar sudah berlangsung semenjak tahun 1929. Sayangnya, ada banyak banget skandal seputar ajang satu ini

Belum lama kita dikejutkan dengan film Korea Selatan berjudul Parasite yang berhasil memenangkan 4 piala sekaligus dalam ajang Oscar 2020.

Kemenangan film ini cukup membanggakan, terutama bagi orang Korea Selatan dan Asia. Sebabnya, Parasite adalah film Asia pertama yang berhasil memenangkan penghargaan paling prestis di ajang ini.

Sayangnya, banyak juga menganggap kemenangan film Parasite sudah diatur oleh The Academy supaya ajang ini dianggap lebih diverse dan nggak eksklusif untuk satu kaum saja.

7 Skandal Terbesar Piala Oscar

Terlepas dari pendapat bahwa kemenangan Parasite merupakan setting-an, Jaka sendiri sangat menikmati film ini, geng. Bahkan, Parasite adalah film favorit Jaka di tahun 2019.

Skandal memang sebuah hal yang cukup umum di dalam penghargaan Oscar. Terhitung ada puluhan, bahkan ratusan skandal yang terjadi sejak penghargaan ini dihelat tahun 1929.

Dalam artikel ini, Jaka telah merangkum 7 dari sekian banyak skandal paling heboh yang terjadi di dalam piala Oscar. Check it out!

1. Brokeback Mountain Gagal Menang Oscar (2006)

1 7dae9

Film Terbaik adalah kategori terbesar dari semua kategori yang diumumkan dalam Oscar. Sangatlah hebat bila sebuah film berhasil memenangkan kategori ini atau bahkan sekadar masuk nominasi.

Sayangnya, nggak semua film layak untuk memenangkan kategori ini. Banyak nominasi yang seharusnya lebih layak memenangkan piala ini dibanding si pemenang.

Brokeback Mountain gagal memenangkan kategori ini karena mengangkat kisah cinta diam-diam antara sepasang koboi homoseksual. Dulu, hal menyangkut LGBT+ dianggap tabu oleh Hollywood.

Oleh karena itu, Academy memberikan piala film terbaik Oscar kepada film Crash. Hal ini pun bikin semua orang marah karena Crash nggak ada apa-apanya dibanding Brokeback Mountain.

2. La La Land atau Moonlight? (2017)

2 Ebcc4

Skandal yang terjadi pada piala Oscar tahun 2017 ini fatal banget namun bisa dibilang lucu. Pasalnya, terdapat kesalahan pengumuman pemenang film terbaik.

Faye Dunaway dan Warren Beatty sebagai pembaca nominasi menyebutkan kalau film musikal berjudul La La Land lah yang memenangkan penghargaan akbar tersebut.

Eh, ternyata mereka salah baca, geng. Seharusnya, pemenangnya adalah Moonlight. Kejadian ini sangat memalukan karena si penerima sudah siap-siap untuk diberikan piala.

3. Audrey Hepburn & Barbra Streisand Berbagi Piala (1969)

3 68800

Audrey Hepburn & Barbra Streisand adalah 2 aktris paling berbakat di era '60-an. Nggak heran kalau mereka berdua berhasil dinominasikan menjadi aktris terbaik Oscar 1969.

Ketika penghitungan suara, ternyata mereka berdua sama-sama mendapatkan suara yang sama, tepatnya 3,030 suara. Masalahnya, nggak mungkin mereka menentukan pemenangnya dengan suit, dong?

Akhirnya, mereka berdua diumumkan sebagai pemenang alias berbagi piala. Audrey yang kesal akhirnya nggak hadir, membuat Barbra nggak jadi berbagi podium.

4. Angelina Jolie Mencium Kakaknya Sendiri (2000)

4 Cea83

Sebelum Angelina Jolie menjadi seorang ibu dan aktivis, aktris ini dikenal memiliki image yang liar. Banyak banget hal kontroversial yang dulu ia lakukan meskipun kini ia sudah tobat.

Salah satu kelakuannya yang paling kontroversial adalah ketika ia mencium bibir kakaknya sendiri dengan mesra di karpet merah Oscar tahun 2006.

Di malam yang sama, Jolie memenangkan piala Oscar untuk pemeran wanita pendukung terbaik. Di podium ia mengatakan bahwa ia cinta banget sama kakaknya. Wah, gila banget!

5. Roman Polanski Memenangkan Sutradara Terbaik (2003)

5 6f963

Roman Polanski merupakan salah satu sutradara terbakat yang reputasinya ternoda akibat kasus perkosaan gadis di bawah umur yang ia lakukan.

Pada tahun 1977, ia pun kabur ke Perancis yang nggak memiliki perjanjian ekstradisi dengan AS untuk menghindari proses hukum.

Pada tahun 2003, Polanski berhasil memenangkan piala Oscar sebagai sutradara terbaik. Ia nggak menghadiri acara ini karena sampai kini ia masih menjadi buronan besar AS.

6. Oscars So White (2016)

6 Be333

Will Smith dan Jada Pinkett Smith, istrinya, adalah 2 dari beberapa aktor yang memilih untuk nggak menghadiri penghargaan Oscar tahun 2016.

Alasannya adalah mereka menganggap Oscar rasis dan diskriminatif karena semua nominasi diberikan pada orang kulit putih.

Pemboikotan ini melahirkan tagar #OscarsSoWhite yang langsung trending dan mengajak semua pegiat industri film untuk mengritik Oscar agar tidak diskriminatif.

7. Lady Gaga & Bradley Cooper yang Terlalu Romantis (2019)

7 68cc5

Lady Gaga dan Bradley Cooper merupakan pemeran utama dalam film musikal A Star is Born yang sudah di-remake berkali-kali.

Akting keduanya benar-benar meyakinkan, bahkan banyak orang yang mengira mereka pacaran beneran. Apalagi ketika mereka menjadi pengisi acara dengan membawakan lagu Shallow, soundtrack film tersebut.

Penampilan mereka sangat mesra banget, geng. Padahal, saat itu Gaga dikabarkan dekat dengan pria laib dan Cooper juga sudah menjalin hubungan dengan pacarnya sejak lama.

Dan bener saja, dong. Mereka berdua akhirnya putus dari pasangannya masing-masing nggak lama setelah Oscar 2019 tersebut. Meskipun begitu, hingga kini keduanya nggak pernah berpacaran.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 skandal terbesar dalam penghargaan Oscar yang sempat bikin dunia jadi geger. Meskipun begitu, Oscar tetaplah menjadi event yang selalu dinantikan setiap tahunnya.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka berikutnya! Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Saw

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

Film Horor Dilarang Tayang Banner 3477e

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!

Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20

10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!

Film Gangster Terbaik Banner 1338f

12 Film Gangster Terbaik dan Terbaru 2020, Penuh Aksi Baku Tembak!

Film Sci Fi Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa Box Office Main Img 4bc4c

10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Aktor yang Memenangkan Piala Oscar di Film Debutnya, Kebetulan Doang?

7 Aktor yang Memenangkan Piala Oscar di Film Debutnya, Kebetulan Doang?

7 Aktor dengan 2 Nominasi Oscar Sekaligus di Tahun yang Sama, Berkelas!

7 Aktor dengan 2 Nominasi Oscar Sekaligus di Tahun yang Sama, Berkelas!

Miris! 7 Film Dengan Nominasi Oscar Terbanyak Tanpa Kemenangan Apapun

Miris! 7 Film Dengan Nominasi Oscar Terbanyak Tanpa Kemenangan Apapun

7 Film Terbaik Tanpa Nominasi Oscar Sama Sekali, No. 5 Kamu Gak Bakal Nyangka!

7 Film Terbaik Tanpa Nominasi Oscar Sama Sekali, No. 5 Kamu Gak Bakal Nyangka!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal