J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

8 Film Sejarah Islam & Tokoh Muslim Terbaik 2021 | Cocok Buat Sambil Ngabuburit!

Senin, 5 Apr 2021, 16:40 WIB
Film sejarah Islam memang selalu mampu mengundang rasa penasaran, meskipun hanya diminati oleh beberapa kalangan saja. Berikut pilihan judul terbaiknya!

Film sejarah Islam merupakan salah satu tontonan yang bisa dibilang cukup jarang diminati, apalagi jika dibandingkan dengan film-film romantis, horor, komedi, maupun action.

Padahal, bukan hanya mampu menawarkan kisah inspiratif saja, film tentang Islam juga bisa menambah wawasan dan ketakwaan kamu sebagai penganut agama Islam agar menjadi lebih baik lagi.

Terlebih, bulan suci Ramadhan akan tiba dalam beberapa hari lagi dan ini merupakan kesempatan emas bagi kamu yang ingin mempertebal iman dan pengetahuan seputar agama Islam.

Nah, kalau kamu tertarik, berikut adalah daftar film sejarah Islam terbaik yang bisa menjadi pilihan buat ditonton.

1. "The Message" (1977)

Film Sejarah Islam 1 52dc5

Film pertama yang ingin Jaka bagikan adalah cerita mengenai perjalanan Syiar Rasulullah SAW yang berjudul "The Message". Film sejarah Islam yang diproduksi pada tahun 1976 ini mengisahkan tentang perjalanan dakwah Nabi Muhammad SAW di gua Hiro dan Mekkah.

Dalam film ini kamu akan menemukan cerita betapa mulianya Rasulullah ketika jumlah sahabat nabi dan umat muslim yang sebenarnya bisa menaklukan musuh Islam melalui jalan perang pembantaian dengan mudah.

Namun, beliau lebih memilih berperang melalui jalan yang lebih damai, jalan yang menunjukkan betapa indahnya Islam di semua golongan pemeluk agama apapun.

Judul The Message
Tayang 8 Juli 1977
Durasi 2 jam 57 menit
Sutradara Moustapha Akkad
Pemain Anthony Quinn, Irene Papas, Michael Ansara
Genre Biography, Drama, History
Rating 8.2/10 (IMDb.com)

2. "Fetih 1453" (2012)

Film Sejarah Islam 2 04cb9

Ada banyak sekali kisah dan sejarah Islam di dunia ini yang bukan hanya tentang perjalanan dakwah saja. Salah satunya yang dikisahkan dalam film berjudul "Fetih 1453" ini.

"Fetih 1453" adalah film sejarah Islam yang disutradarai oleh Faruk Aksoy, seorang pria kelahiran Turki yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Istanbul.

Dalam filmnya, Aksoy mengisahkan seputar penaklukan Konstantinopel oleh tentara Turki Utsmani di bawah kepemimpinan Muhammad Al-Fatih (Sultan Mehmed II).

Hingga pada akhirnya, mereka mampu menaklukan tembok Konstantinopel yang belum sempat terkalahkan sebelumnya sebab, menurut informasi yang ada di film, tembok tersebut adalah tembok raksasa tiga lapis dan merupakan salah satu tembok yang paling kokoh di dunia.

Semangat penaklukan komando dari Muhammad Al-Fatih juga pernah diriwayatkan oleh hadis Rasulullah kepada Ahmad bin Hambal.

Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.

Judul Fetih 1453
Tayang 25 April 2012
Durasi 2 jam 42 menit
Sutradara Faruk Aksoy
Pemain Devrim Evin, Ibrahim Celikkol, Dilek Serbest
Genre Action, Drama, History
Rating 6.7/10 (IMDb.com)

3. "Men of Anjolos" (1977)

Film Sejarah Islam 3 C2198

Berlatar belakang kisah di zaman kekuasaan Adrianus, film sejarah Islam "Men of Anjolos" dirilis berseri. Judul aslinya "Ashab-e Kahf", yang menceritakan tentang 7 pemuda kuat, tabah, dan beriman tebal.

Kala itu, mereka hidup di daerah Romawi yang kekuasaannya dipegang oleh raja kafir, Diqyanus, yang ketat memerintahkan seluruh umat yang ada di sana untuk ikut serta mempercayai dan menyembah berhala.

Namun, berkat kekokohan imannya, 7 pemuda ini akhirnya bisa lolos dari kejamnya Raja Diqyanus dengan melarikan diri ke sebuah gua yang dijadikan sebagai tempat persembunyian.

Berkat izin Allah SWT, 7 pemuda tersebut pun berhasil selamat di gua dengan cara ditidurkan selama 309 tahun, dan dibangkitkan kembali ketika daerah yang mereka tinggali berganti raja yang beriman kepada Allah SWT.

Judul Ashab-e Kahf (Men of Anjolos)
Tayang Tahun 1997
Durasi Bervariasi tergantung episode-nya
Sutradara Farajollah Salahshoor
Pemain H seyin Soysalan, Reza Iranmanesh, Jafar Dehghan
Genre Drama, History
Rating 7.0/10 (IMDb.com)

4. "Lion of the Desert" (1981)

Film Sejarah Islam 4 7fe58

Ingatkah kamu dengan julukan Singa Padang Pasir? Dalam film tentang sejarah Islam berjudul "Lion of Desert" ini, julukan tersebut juga digaungkan kepada seorang pahlawan Libya, Omar Mukhtar, yang kala itu sangat berani dan pintar dalam berperang.

Film yang diproduksi Amerika pada tahun 1981 ini disebut-sebut menjadi salah satu dari sekian banyak film tentang sejarah Islam yang menceritakannya secara terang-terangan.

Di dalam salah satu scene, ada kalimat dari sang Singa Padang Pasir yang terkenal sampai saat ini:

Jari telunjuk saya, yang mengakui dalam setiap ibadah bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, tidak bisa menulis kata-kata dusta, kami tidak menyerah, kami menang atau mati!

Judul Lion of the Desert
Tayang 16 Mei 1981
Durasi 2 jam 53 menit
Sutradara Moustapha Akkad
Pemain Anthony Quinn, Oliver Reed, Rod Steiger
Genre Biography, Drama, History
Rating 8.4/10 (IMDb.com)

5. "Kingdom of Heaven" (2005)

Film Sejarah Islam 5 840f9

Lagi cari film sejarah Islam perang salib terbaik? Film "Kingdom of Heaven" yang disutradarai oleh Ridley Scott, bersama penulis William Monahan adalah salah satu pilihannya.

Di mana, beberapa aktor Hollywood terkenal seperti Orlando Bloom dan Eva Green pun turut meramaikan film ini.

Perebutan kota Yerussalem antara umat muslim dan Kristen adalah topik utama yang diceritakan dalam film ini.

Saladin (Salahuddin Ayyubi) adalah tokoh pendiri Dinasti Ayyubiyyah, yang sangat terkenal di dunia muslim dan Kristen karena gaya kepemimpinan dan kekuatan militernya yang terbukti menaklukan kota Yerussalem.

Judul Kingdom of Heaven
Tayang 6 Mei 2005
Durasi 2 jam 24 menit
Sutradara Ridley Scott
Pemain Orlando Bloom, Eva Green, Liam Neeson
Genre Action, Adventure, Drama
Rating 7.2/10 (IMDb.com)

6. "Khalid ibn Al-Walid" (2006)

Film Sejarah Islam 6 A35c9

Satu lagi seorang pahlawan muslim yang sangat terkenal sampai sekarang adalah Khalid Bin Walid. Beliau merupakan jenderal terbaik yang nggak bisa dibandingkan dengan yang lainnya.

Film serial "Khalid ibn Al-Walid" ini sendiri mengambil setting waktu sekitar 17 tahun sebelum masa perkembangan Islam.

Di mana, ada begitu banyak sejarah peperangan Islam menarik dan penuh wawasan yang bisa kamu petik dari film series yang diperankan oleh Al-Chamandi dan Aldeen ini.

Judul Khalid ibn Al-Walid
Tayang 2006 - 2007
Durasi Bervariasi tergantung episode-nya
Sutradara Tidak diketahui
Pemain Lama Al-Chamandi, Suzan Najm Aldeen, Khaled Alkeesh
Genre Biography, History
Rating 7.0/10 (IMDb.com)

7. "The Kingdom of Solomon" (2010)

Film Sejarah Islam 7 08eee

Memadukan genre action, drama, dan history, "The Kingdom of Solomon" adalah rekomendasi film berikutnya yang bisa kamu tonton jika ingin mengetahui sejarah Islam dari perspektif Nabi Sulaiman AS.

Film ini menceritakan betapa cerdasnya Nabi Sulaiman AS, dan sombongnya orang-orang disekitarnya karena nggak memperdulikan nasihat beliau untuk berhati-hati karena akan ada pasukan jin dan setan yang menyerang Bani Israel.

Film ini sendiri kebanyakan berdasarkan catatan-catatan Islam soal kehidupan Nabi Sulaiman AS yang diambil dari Al-Quran.

Judul The Kingdom of Solomon
Tayang 7 Oktober 2010
Durasi 1 jam 50 menit
Sutradara Shahriar Bahrani
Pemain Amin Zendegani, Mahmood Pakniat, Elham Hamidi
Genre Action, Drama, History
Rating 6.3/10 (IMDb.com)

8. "Muhammad: The Messenger of God" (2015)

Film Sejarah Islam Terbaik 2021 0a2cd

Judul film sejarah Islam terbaik yang berikutnya yaitu "Muhammad: The Messenger of God" yang mengisahkan tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Di film ini diceritakan secara lengkap mulai dari kelahiran beliau hingga pertemuannya dengan pendeta Buhaira di usia 13 tahun.

Sayangnya, saat dirilis pada tahun 2015 silam, "Muhammad: The Messenger of God" justru menuai kontroversi dan dianggap sebagai salah satu film yang menghina Islam.

Sebagian menilai bahwa film tersebut keluar dari aturan Islam karena menampakkan sosok Baginda Nabi Muhammad.

Meskipun mendapatkan banyak kritik tajam, tapi film ini rupanya cukup membuat penasaran publik terlebih film ini juga disutradarai oleh seorang nominator Oscar dari Iran, Majid Majidi.

Judul Muhammad: The Messenger of God
Tayang 27 Agustus 2015
Durasi 2 jam 42 menit
Sutradara Majid Majidi
Pemain Mahdi Pakdel, Sareh Bayat, Mina Sadati
Genre Biography, Drama, History
Rating 7.5/10 (IMDb.com)

Akhir Kata

Itulah dia beberapa judul film sejarah Islam terbaik sepanjang masa yang Jaka rekomendasikan buat kamu tonton. Entah itu sambil ngabuburit saat bulan puasa nanti, atau saat sedang senggang.

Jangan lupa komentar jika kamu punya pendapat dan rekomendasi lain mengenai film yang menceritakan sejarah Islam, mulai dari Nabi Muhammad, Nabi Isa, Nasi Sulaiman, ataupun sahabat Nabi yang lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Islami Terbaik Bannerx 16715
11 Aplikasi Islami Android Terbaik di Bulan Ramadan, Insyaallah Nambah Pahala!
Film Islam Indonesia Banner B14d9
11 Film Islam Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Sangat Menyentuh Hati!
Prince Of Persia
11 Game Ini Dianggap Telah Menghina Islam! Jangan Mainin Lagi!
Film Hollywood Islami Banner 99aa7
9 Film Hollywood Bertema Islam yang Menampilkan Sisi Positif Umat Muslim
Film Yang Menghina Islam 395c8
7 Film Ini Dianggap Menghina Islam, Keterlaluan dan Banyak yang Nonton!
10 Film Agen Rahasia Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Kamu Tonton Sekarang 3bb0b
10 Film Agen Rahasia Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Aksi dan Rahasia!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Film Sejarah Terbaik Sepanjang Masa, Belajar Sejarah Gak Pake Ngantuk!
10 Film Sejarah Terbaik Sepanjang Masa, Belajar Sejarah Gak Pake Ngantuk!
28 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!
28 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!
7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?
7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?
7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!
7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal