J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Sci-Fi Tanpa CGI Terkeren yang Pernah Dibuat, No. 5 Gak Nyangka!

7 Film Sci-Fi Tanpa CGI Terkeren yang Pernah Dibuat, No. 5 Gak Nyangka!

Rabu, 29 Apr 2020, 12:00 WIB
Film Sci-Fi sering dikaitkan dengan keberadaan teknologi CGI yang membuat efek film terasa realistis. Namun ada juga yang nggak menggunakan CGI sama sekali loh!

Siapa yang gemar banget nonton film bergenre Sci-Fi?

Film yang menceritakan tentang pengaruh sains dan teknologi pada kehidupan manusia ini selalu seru untuk diikuti. Hal ini karena biasanya, film Sci-Fi terbaik selalu menyajikan aksi memukau para pemerannya, ditambah jalan cerita yang keren, dan yang paling utama adalah CGI yang megah nan apik.

Namun tahukah kamu kalau ada beberapa film bergenre ini nggak menggunakan CGI sama sekali? Nah loh, kok bisa? Apakah hasilnya sebagus film-film yang mengandalkan CGI?

Film Sci-Fi Tanpa CGI Terbaik

Beberapa film bergenre science fiction ini nggak menggunakan CGI dalam proses produksi filmnya. Otomatis, baik dari properti maupun pekerjaan krunya jadi super totalitas, geng!

Penasaran? Berikut Jaka bakal ulas 7 film Sci-Fi tanpa CGI terbaik yang harus kamu tonton!

1. The Last Man On Earth (1964)

1 Custom 0cf99

Film sci-fi horror asal Italia ini dirilis pada tahun 1964. Diperankan oleh aktor horor legendaris Vincent Price, film ini mengisahkan Vincent yang menjadi satu-satunya manusia yang selamat dari epidemi mengerikan.

Uniknya, virus yang dibawa epidemi ini bakal membuat penderitanya berubah menjadi vampir. Untuk menambah kesan menakutkan, dibuatlah efek film yang terlihat realistis dan mengerikan.

Semua efek tersebut tentu saja merupakan garapan kru film, mengingat pada zaman itu belum ada teknologi CGI, geng. Namun tetap saja, film ini begitu ikonik dan populer pada zaman tersebut.

2. Jurassic Park (1993)

2 Custom 7d611

Film dinosaurus terbaik yang satu ini rilis pada tahun 1993. Film ini juga jadi salah satu sumber inspirasi film-film yang mengangkat tema dinosaurus ataupun makhluk buas lainnya.

Nah, kalau kamu lihat di film ini, dinosaurusnya terlihat nyata seperti dibuat dalam efek CGI bukan? Padahal aslinya, semua itu hanyalah robot hewan yang dikendalikan dengan komputer.

Selain karena pada tahun tersebut CGI belum secanggih sekarang, sang sutradara ingin memperlihatkan dinosaurus dengan sungguh-sungguh nyata, nggak cuma via animasi atau efek komputer aja. Keren, bukan?

3. Butterfly Effect (2004)

3 Custom D1999

Nah, kalau film sci-fi yang satu ini emang butuh memutar otak banget buat nonton, mengingat jalan ceritanya terbilang rumit dan bahkan mampu melahirkan aneka teori konspirasi, loh!

Intinya, film ini menceritakan tentang seorang anak bernama Evan. Ia memiliki kemampuan misterius untuk mengubah kehidupan banyak orang. Caranya adalah dengan masuk ke alam mimpi dan kembali ke masa lalu.

Nah, nantinya kamu bakal menemukan beberapa adegan sadis ataupun supranatural yang semuanya itu adalah hasil kreativitas para kru film dalam membuat efek film secara alami. Tanpa CGI sama sekali, loh!

4. Looper (2012)

4 Custom 4cf6c

Dirilis pada tahun 2012, film ini memiliki timeline jalan cerita yang bikin pusing abis. Bayangin aja. Film ini menceritakan tentang sekelompok pembunuh bayaran yang melintasi waktu untuk membunuh orang yang mereka incar.

Nantinya, kalau masa kontrak mereka sudah berakhir, mereka berkewajiban membunuh diri mereka sendiri di masa depan untuk menghilangkan jejak.

Uniknya, aneka adegan tembak-tembakan serta ilusi waktu yang ada di film ini nggak menggunakan CGI, loh, melainkan menggunakan teknik khusus yang hanya diketahui kru filmnya saja. Benar-benar totalitas ya, geng!

5. Inception (2010)

5 Custom 870ce

Nggak hanya memiliki ending yang jadi perdebatan hingga kini, film ini juga lekat dengan adegan-adegan yang seharusnya hanya bisa direkayasa via CGI. Tapi kenyataannya, mereka nggak pakai teknologi tersebut. Kok bisa?

Misalkan saja adegan gerbong kereta api yang menghantam jalanan New York. Realitanya gerbong ini benar-benar ada dan mengacak-ngacak jalanan, loh!

Lalu ada juga adegan pemerannya yang bertarung melawan musuh sambil melayang-layang di dalam gedung. Adegan tersebut sengaja dibikin di hangar bekas perang. Mereka pun juga dipasangi kabel agar bisa melayang-layang layaknya film action, geng.

Terakhir, ingat saat adegan di istana Jepang lalu muncul gelombang air yang mengguyur seluruh kawasan tersebut hingga tenggelam? Untuk adegan itu, mereka menggunakan puluhan water cannon dengan 3000-4000 galon air sekaligus!

6. Planet of The Apes (1968)

Jadul Custom 33752

Film sci-fi yang satu ini dirilis pada tahun 1968. Secara garis besar, film ini menceritakan tentang kru astronot yang terdampar di sebuah planet asing di masa depan.

Sekilas, planet tersebut nampak sama dengan Bumi. Namun uniknya, mereka menemukan sekumpulan monyet yang memilii kemampuan dan daya intelegensi yang tinggi, bahkan melebihi manusia pada umumnya.

Mengingat pada tahun tersebut belum ada teknologi CGI, maka segala macam efek film dibuat dengan kerja keras kru, salah satunya adalah adegan luar angkasa dan adegan saat berada di planet asing. Keren banget pokoknya!

7. Escape From New York (1981)

7 Custom 23dfe

Dirilis pada tahun 1981, film sci-fi ini mengisahkan wilayah Manhattan, New York, yang dijadikan tempat penampungan orang-orang buangan seperti para kriminal kelas kakap.

Film ini terinspirasi dari skandal Watergate pada tahun 1970-an yang memaksa Presiden Amerika saat itu, Richard Nixon terpaksa mengundurkan diri. Hal ini digambarkan dengan adegan penyanderaan presiden yang dilakukan di film.

Perpaduan gedung, lighting dan painting matte yang ditampilkan saat itu mampu memanipulasi visual penonton dengan sangat detail, tanpa CGI sama sekali! Selain itu, adegan-adegan actionnya bakal bikin kamu berdecak kagum, geng!

Akhir Kata

Itulah tadi 7 film Sci-Fi tanpa CGI terbaik yang harus kamu tonton. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Page Fb8d8

7 Film Ini Tidak Boleh Diremake Hollywood, Auto Ancur!

Naskah Be6b0

Joker Termasuk! 7 Film Terkenal yang Naskahnya Bocor ke Publik

Page Cbfcc

7 Film Populer yang Nggak Perlu Dibuat Sekuelnya, Buang-Buang Uang!

1 4naa663odeju9u7m2f63a 1e7cb

7 Film Batman Terbaik yang Pernah Diproduksi, Mana Favoritmu?

Page 63ff4

7 Film Ini Dicintai Kritikus Tapi Dibenci Penonton, Kok Bisa?

Goblinost Custom 97734

7 Drama Korea dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Shock!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Action Sci-Fi yang Dipandang Sebelah Mata, Padahal Keren Abis!

7 Film Action Sci-Fi yang Dipandang Sebelah Mata, Padahal Keren Abis!

5 Film Indonesia dengan CGI Paling Amburadul, Mirip FTV Naga Terbang!

5 Film Indonesia dengan CGI Paling Amburadul, Mirip FTV Naga Terbang!

7 Film dengan Efek 3D Memukau & Mencengangkan, Malah Gak Laku?

7 Film dengan Efek 3D Memukau & Mencengangkan, Malah Gak Laku?

7 Film Sci-Fi Paling Absurd dan Tidak Dimengerti, Bikin Pusing Doang!

7 Film Sci-Fi Paling Absurd dan Tidak Dimengerti, Bikin Pusing Doang!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal