J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Science Fiction yang Dibenci oleh Ilmuwan, Ngawur Parah?

7 Film Science Fiction yang Dibenci oleh Ilmuwan, Ngawur Parah?

Minggu, 2 Agt 2020, 18:00 WIB
Tahu nggak sih ternyata banyak film sci-fi ngawur yang bikin ilmuwan jadi kesel pas nontonnya? Apa aja sih? Yuk cari tahu di artikel Jaka kali ini.

Film science fiction merupakan film yang menggabungkan unsur ilmu pengetahuan dan imajinasi ke dalam sebuah alur cerita rekaan dengan berbagai bumbu teknologi di dalamnya.

Berbeda dengan film fantasy yang benar-benar keluar dari konsep dunia nyata, film science fiction masih menggunakan beberapa prinsip teknologi dalam merangkai cerita di dalamnya.

Sentuhan ini lah yang membuat film science fiction terasa berbeda dari film yang lainnya, membuatnya terasa lebih nyata meskipun banyak terinduksi unsur khayalan.

Tetapi hal ini pula lah yang membuat film science fiction lebih mudah terkena kritik dari khalayak ramai, termasuk dari para ilmuwan yang berkecimpung di bidang yang diangkat dalam film tersebut.

7 Film Sci-Fi yang Dibenci Ilmuwan

Beberapa film science fiction terlalu banyak menambahkan unsur imajinasi ke dalamnya, mengesampingkan unsur keilmuan yang membuatnya terkesan seperti film fantasi.

Hal semacam ini lah yang mengundang kritik pedas dari para ilmuan, dan beberapa di antara ilmuwan ini bahkan tidak segan-segan melabeli film sci-fi tertentu sebagai film yang konyol.

Apa saja sih film science fiction yang dibenci oleh para ilmuwan? Kenapa bisa seperti itu? Berikut informasi selengkapnya.

1. Prometheus (2012)

Forbes 82b1e
Sumber foto: forbes.com

Film sci-fi yang satu ini bercerita mengenai sekelompok ilmuwan yang menemukan sisa-sisa peradaban makhluk hidup di sebuah bagian terpencil di bulan.

Film yang satu ini memiliki konsep cerita yang menarik dan juga efek visual memukau, membuat banyak orang terkesan ketia menonton film yang satu ini.

Dalam wawancara yang dilakukan oleh majalah Forbes dengan sekelompok ilmuwan, diketahui bahwa apa yang dilakukan oleh kru Ilmuwan di dalam film ini tidak akan dilakukan oleh ilmuwan yang sebenarnya.

Kesalahan fatal seperti membawa benda asing tanpa menyelidikinya terlebih dahulu, masuk ke dalam gua tanpa proses mapping terlebih dahulu merupakan kesalahan yang bodoh.

2. The Core (2003)

Eyeforfilm Co Uk Eb583
Sumber foto: eyeforfilm.co.uk

Film yang satu ini bercerita mengenai sekelompok ilmuwan yang berusaha untuk mengaktifkan kembali inti bumi yang berhenti bergerak.

Konsep cerita film ini dinilai konyol oleh ilmuwan NASA. Mereka mengatakan bahwa teknologi yang digunakan di dalam film Hollywood ini tidak praktikal dan akan langsung leleh ketika terkena magma.

Bukan hanya ilmuwan NASA saja yang berpendapat seperti ini, majalah New York Times juga mengatakan bahwa konsep film ini benar-benar absurd.

3. Independence Day (1996)

Medium B083c
Sumber foto: medium.com

Film ketiga ini memang lebih cocok disebut sebagai film aksi ketimbang film science fiction. Selipan unsur teknologi di dalam film ini hanya sebagai pemanis alur cerita saja.

Hal ini pula yang membuat Independence Day dirasa kurang masuk akal sebagai sebuah film science fiction, terlalu banyak plot hole yang begitu kentara dan berpotensi merusak film ini secara keseluruhan.

Mulai dari cara alien berkomunikasi dengan manusia di film ini, efek serangan dan ledakan yang terlalu minor, hingga cara tokoh utama menang di film ini, semuanya seakan terlalu dibuat-buat.

4. Waterworld (1995)

Framerated Co Uk 8ab73
Sumber foto: framerated.co.uk

Konsep dari film laga post apocalypse ini sebetulnya cukup sederhana untuk dimengerti. Dunia menjadi sepenuhnya tertutup air karena seluruh es di kutub mencair.

Untuk penonton biasa konsep ini sebetulnya masih bisa diterima, tetapi ternyata konsep dunia seperti ini jauh dari kata realistis. Hanya sebatas khayalan saja.

Menurut sebuah pembahasan di situs Film School Rejects, meskipun es di seluruh dunia mencair, hal ini tidak akan menyebabkan dunia diselimuti oleh air seperti yang digambarkan di dalam film Waterworld.

Di film ini seluruh dunia benar-benar tenggelam dan hanya sebagian puncak gunung Everest saja yang tidak diselimuti air, dan hal ini dinilai jauh dari realita komposisi air yang ada di bumi.

5. Volcano (1997)

Decider Com 94e8d
Sumber foto: decider.com

Film sci-fi yang satu ini bercerita mengenai bencana mengerikan yang dialami oleh kota Los Angeles karena tiba-tiba sebongkah gunung merapi terbentuk di bawah kota ini.

Premis film ini sebetulnya terdengar kurang masuk akal, meski untuk penonton awam sekalipun. Bagaimana sebongkah gunung merapi bisa tiba-tiba terbentuk di bawah sebuah kota metropolitan.

Kejanggalan ini pun dikonfirmasi oleh para ilmuan NASA di dalam sebuah wawancara yang mengatakan bahwa film ini merupakan salah satu film sci fi paling konyol yang pernah dibuat.

6. Interstellar (2014)

Imd Com 6c25c
Sumber foto: imdb.com

Film karya Christopher Nolan ini dikagumi banyak orang karena konsep ceritanya yang terbilang solid dan juga efek visual menawan yang disuguhkannya.

Interstellar bukan hanya digemari oleh khalayak umum saja, beberapa ilmuwan pun mengakui bahwa film ini memiliki kualitas yang sangat baik. Namun, hal ini tidak berlaku untuk Phil Plait.

Phil Plait yang merupakan ahli Astronomi ini mengatakan bahwa ada beberapa hal di dalam film ini yang tidak sesuai dengan prinsip ilmu pengetahuan, membuatnya sulit mengakui bahwa Interstellar merupakan film bagus.

7. 2012 (2009)

Wallup Net 4fe06
Sumber foto: wallup.com

Film yang satu ini sempat menjadi sensasi ketika dipasarkan karena banyak dikaitkan dengan ramalan akhir zaman dari suku Maya.

Setelah diteliti lebih lanjut, premis yang dibawa di film ini ternyata tidak masuk akal, dan NASA pun melabeli 2012 sebagai salah satu film sci fi paling konyol yang pernah dibuat.

Di film tentang kiamat ini diceritakan bahwa inti bumi memanas karena terpapar neutron dalam jumlah banyak dari matahari. Padahal, sejatinya neutron tidak menimbulkan efek apa-apa kepada benda yang dilaluinya.

Akhir Kata

Itu dia beberpa film science fiction yang ternyata mengadaptasi teori-teori tanpa sumber yang membuat sebagian ilmuwan membencinya.

Hakikat film sebagai media hiburan memang membuatnya sering kali tidak memperhatikan unsur keilmuan secara mendetail apalagi dalam proses perangkaian ide cerita.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bisa menghibur kalian semuanya, da sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Page 098f8

12 Film Action Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Penuh Aksi Gila!

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa Penuh Adegan Mendebarkan Bb449

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

Film Romantis Indonesia 0c9c0

20 Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2020, Awas Baper!

Film Barat Terbaru C7e42

17 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Wajib Nonton!

Cameo Paling Mengejutkan Banner 434ca

7 Cameo Paling Mengejutkan di Film Hollywood, No. 6 Gak Nyangka Banget!

Banner C7b97

7 Artis Hollywood yang Merendahkan Film Marvel, Kesal Karena Gak Diajak Main?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Populer yang Gak Layak Buat Ditonton, Bikin Kecewa Berat!

7 Film Populer yang Gak Layak Buat Ditonton, Bikin Kecewa Berat!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal