J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Psikologi Terbaik Sepanjang Masa, Belajar Kepribadian Manusia!

Jumat, 3 Jul 2020, 21:00 WIB
Mempelajari kepribadian manusia nggak hanya bisa dilakukan dengan buku atau jurnal aja, melainkan juga lewat film-film Psikologi terbaik berikut ini.

Psikologi adalah salah satu cabang keilmuan yang paling menarik untuk dibahas, mengingat ilmu ini membahas dan mendalami kepribadian manusia yang sangat rumit dan unik.

Masalahnya, nggak semua orang familiar dengan paradigma maupun istilah-istilah sulit yang ada di dalam buku-buku maupun jurnal Psikologi. Terus, gimana dong cara mempelajarinya tanpa harus susah payah?

Salah satunya adalah dengan menonton film-film Psikologi terbaik. Lewat tayangan visual tersebut, penonton akan diajak mendalami lebih intens tentang kepribadian manusia serta seluk beluknya yang sangat keren abis. Penasaran kan film bertema Psikologi apa aja yang bisa kamu tonton? Berikut ulasannya!

Rekomendasi Film Psikologi Terbaik Sepanjang Masa

Berbeda dengan film psikologi thriller terbaik yang mencekam dan membawa teror, film Psikologi yang akan Jaka bahas ini nyaris nggak ada darah-darah maupun disturbing scene yang bikin kamu mual.

Sebaliknya, Jaka akan mengajak kamu untuk melihat aneka film bertema kejiwaan yang sangat inspiratif dan membangun kepribadianmu jadi lebih baik. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut daftarnya!

1. The Hours (2002)

Film bertema Psikologi terbaik pertama yang harus kamu tonton adalah The Hours. Dirilis pada tahun 2002, film ini ditulis berdasarkan novel yang berjudul sama dan mendapat rating positif dari para pengamat film.

Secara garis besar, film ini mengisahkan dinamika kepribadian sekaligus perjuangan ketiga wanita Amerika, yakni Virginia Woolf (Nicole Kidman), Laura Brown (Julianne Moore), dan Clarissa Vaughan (Meryl Streep).

Uniknya, ketiga wanita ini hidup di tahun yang berbeda, namun saling memiliki keterkaitan satu sama lain karena sebuah buku berjudul Mrs Dalloway yang ditulis Virginia, seorang penderita bipolar syndrome. Seperti apa kisah lanjutannya? Tonton aja, geng!

Judul The Hours
Tayang 27 Desember 2002
Durasi 1 jam 50 menit
Produksi Paramount Pictures, Miramax, Scott Rudin Productions
Sutradara Stephen Daldry
Cast Meryl Streep, Nicole Kidman, Julianne Moore, dkk
Genre Drama, Romance
Rating 80% (RottenTomatoes.com)

7.5/10 (IMDb.com)

2. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Dirilis di tahun 2004, film yang disutradarai oleh Michel Gondry mengisahkan perjuangan hubungan percintaan Joel Barish (Jim Carrey) yang pemalu dan lembut dengan Clementine Kruczynski (Kate Winslet) yang atraktif dan ceria.

Namun usut punya usut, ternyata mereka dulunya adalah sepasang kekasih yang nggak akur dan sering bertengkar. Stres, Clementine memutuskan untuk menyewa sebuah perusahaan yang mampu menghapus ingatannya akan masa lalu, termasuk hubungannya dengan Joel.

Nantinya, kamu akan menyaksikan sederet perilaku dan rangkaian emosi yang sangat beragam dan kompleks. Siapin tisu kalau kamu mau nonton film ini, geng, karena kisahnya sangat mengharukan banget.

Judul Eternal Sunshine of the Spotless Mind
Tayang 30 April 2004
Durasi 1 jam 48 menit
Produksi Focus Features, Anonymous Content, This Is That Productions
Sutradara Michel Gondry
Cast Jim Carrey, Kate Winslet, Tom Wilkinson, dkk
Genre Drama, Romance, Sci-Fi
Rating 93% (RottenTomatoes.com)

8.3/10 (IMDb.com)

3. Forrest Gump (1994)

Siapa sih yang gak familiar dengan Forrest Gump? Termasuk dalam deretan film motivasi terbaik, film ini nggak hanya mengajarkan tentang inspirasi hidup, melainkan juga dinamika kepribadian seorang pria dengan autism spectrum disorder.

Dikisahkan Forrest Gump (Tom Hanks) memiliki masa kecil yang nggak gampang. Ia ditolak di sekolah manapun akibat IQ yang kurang hingga sering dibully oleh teman-temannya. Namun hal itu nggak menghentikannya untuk terus berjuang.

Hingga akhirnya, kita menyaksikan keberhasilannya dalam hidup yang kelak mempertemukan Forrest dengan deretan tokoh terkenal, bahkan sampai Presiden AS John F. Kennedy. Dijamin, film psikologi terbaik ini inspiratif banget!

Judul Forrest Gump
Tayang 7 Oktober 1994
Durasi 2 jam 22 menit
Produksi Paramount Pictures
Sutradara Robert Zemeckis
Cast Tom Hanks, Robin Wright, Gary Sinise, dkk
Genre Drama, Romance
Rating 70% (RottenTomatoes.com)

8.8/10 (IMDb.com)

4. Inside Out (2015)

Buat kamu mahasiswa Psikologi, film yang satu ini pasti pernah diputar di salah satu kuliahmu. Nggak heran, salah satu film animasi terbaik sepanjang masa ini mampu menyampaikan dinamika emosi dan kepribadian dengan cara yang gampang dipahami.

Dirilis tahun 2015 oleh Disney, Inside Out mengisahkan lima karakter lucu yang masing-masing menggambarkan emosi dasar seseorang, yakni Joy, Sadness, Fear, Disgust, and Anger.

Kelima karakter ini berada dalam otak seorang gadis kecil bernama Riley. Nantinya kamu bakal menyaksikan sekaligus mempelajari dinamika karakter-karakter ini dalam membentuk sifat dan perilaku Riley. Kamu harus nonton film Psikologi terbaik ini!

Judul The Princess Bride
Tayang 24 Juli 2015
Durasi 1 jam 35 menit
Produksi Pixar Animation Studios, Walt Disney Pictures
Sutradara Pete Docter, Ronnie Del Carmen
Cast Amy Poehler, Bill Hader, Lewis Black, dkk
Genre Animation, Adventure, Comedy
Rating 97% (RottenTomatoes.com)

8.1/10 (IMDb.com)

5. The King's Speech (2010)

Jika kamu menonton film ini, kamu mungkin akan merasakan betapa berat menjadi seorang public figure. Apalagi jika posisimu adalah seorang raja yang dituntut tampil di depan umum dengan sempurna dan penuh wibawa.

Hal itulah yang digalaukan Pangeran Albert, The Duke of York (Colin Firth) yang harus menerima tampuk kekuasaan dari kakaknya, Raja Edward VIII yang turun takhta karena ingin menikahi wanita idamannya, Wallis Simpson.

Karena itulah, sebelum hal tersebut terjadi, Pangeran Albert yang mengidap gagap dan kecemasan sosial melakukan terapi di dr. Lionel Logue (Geoffrey Rush). Terapinya pun sangat anti mainstream, bahkan hingga mengeluarkan kata-kata kasar. Karena inilah, The King's Speech sempat mendapat rating dewasa.

Judul The King's Speech
Tayang 26 November 2010
Durasi 1 jam 58 menit
Produksi See-Saw Films, The Weinstein Company, UK Film Council
Sutradara Rob Reiner
Cast Colin Firth, Geoffrey Rush, Helena Bonham Carter, dkk
Genre Biography, Drama, History
Rating 95% (RottenTomatoes.com)

8.0/10 (IMDb.com)

6. Inception (2010)

Dirilis tahun 2010, film Sci-Fi tanpa CGI terkeren ini mengisahkan seorang pencuri lihai bernama Adam Cobb (Leonardo DiCaprio). Uniknya, ia melakukan aksinya dengan cara yang anti mainstream, yakni masuk ke alam bawah sadar mimpi seseorang.

Suatu hari, ia diberi tugas untuk masuk ke mimpi seorang pria bernama Robert Fischer (Cillian Murphy) dan menanamkan ide agar Robert membubarkan perusahaan ayahnya, Maurice Fischer (Pete Postlethwaite).

Nantinya kamu bakal mendalami sisi alam bawah sadar seseorang yang luar biasa kompleks. Hal ini membuktikan bahwa kepribadian manusia sangatlah rumit dan susah untuk didalami secara singkat, geng.

Judul Inception
Tayang 16 Juli 2010
Durasi 2 jam 28 menit
Produksi Warner Bros., Legendary Entertainment, Syncopy
Sutradara Christopher Nolan
Cast Leonardo DiCaprio, Joseph Gordon-Levitt, Ellen Page, dkk
Genre Action, Adventure, Sci-Fi
Rating 87% (RottenTomatoes.com)

8.8/10 (IMDb.com)

7. A Dangerous Method (2011)

Buat kamu mahasiswa Psikologi, film yang dirilis pada tahun 2011 ini pastinya juga pernah diputar di kelasmu. Nggak heran, karena film ini mengisahkan kehidupan 2 tokoh Psikologi paling berpengaruh di masanya, yakni Carl Jung dan Sigmund Freud.

Film ini berhasil menggambarkan dengan akurat aneka jenis terapi kejiwaan dan psikoanalisis yang dilakukan oleh kedua tokoh tersebut, sekaligus konflik antara kedua Bapak Psikologi ini, yang berakhir dengan cabang keilmuan baru yang diprakarsai oleh Jung.

Meskipun begitu, para penonton yang belum begitu paham Psikologi akan sedikit kebingungan dengan film ini karena cukup berat. Nggak heran, meskipun mendapat rating cukup tinggi dari para kritikus, film ini disambut biasa aja oleh penonton. Namun, buat kamu yang ingin mendalami psikoanalisis, film ini wajib kamu tonton!

Judul A Dangerous Method
Tayang 23 November 2011
Durasi 1 jam 39 menit
Produksi Recorded Picture Company (RPC), Lago Film, Prospero Pictures
Sutradara David Cronenberg
Cast Michael Fassbender, Keira Knightley, Viggo Mortensen, dkk
Genre Biography, Drama, Romance
Rating 78% (RottenTomatoes.com)

6.4/10 (IMDb.com)

Akhir Kata

Itulah tadi rekomendasi film Psikologi terbaik yang harus kamu tonton. Gimana pendapatmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Scorpion King D9d4e

Amburadul! 7 Prekuel Film Terburuk Sepanjang Masa

Page 5c774

7 Aktor yang Sangat Menjiwai Waktu Adegan Sedih, Hati Teriris!

Hfwwgc Ac0c7

7 Film Samurai Jepang Terbaik Penuh Aksi Pedang Memukau

The Intouchables 2 1a814

7 Film Tentang Persahabatan yang Mengajarkan Kesetiaan & Perjuangan

Page B7b12

7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?

Page B05d7

7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
28 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

28 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

7 Film tentang Kiamat Terbaik Tahun 2020, Bikin Auto Tobat!

7 Film tentang Kiamat Terbaik Tahun 2020, Bikin Auto Tobat!

10 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Masih Fresh di Bioskop!

10 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Masih Fresh di Bioskop!

17 Film Netflix Terbaik Tahun 2020, Bermutu & Berkualitas!

17 Film Netflix Terbaik Tahun 2020, Bermutu & Berkualitas!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal