J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bikin Trauma! 7 Film Perang dengan Detail Paling Akurat Sepanjang Masa

Bikin Trauma! 7 Film Perang dengan Detail Paling Akurat Sepanjang Masa

Jumat, 24 Jan 2020, 11:00 WIB
Film perang yang diangkat diangkat dari kisah nyata dan digarap dengan sangat baik sampai membuat veteran yang menonton mengalami PTSD.

Film Hollywood sering mengambil referensi dari kisah nyata dan menyajikannya dengan berbagai macam perubahan untuk mendapatkan efek drama yang diinginkan.

Salah satu kisah yang paling sering diadaptasi adalah cerita peperangan di mana berbagai macam emosi bercampur diiringi dengan bayangan kematian dan trauma setiap saat.

Proses adaptasi ini terkadang membuat film tersebut tidak menyajikan kejadian nyata dengan seutuhnya, dan malah cenderung terlihat palsu.

7 Film Perang Hollywood Paling Akurat

Untungnya, beberapa film perang berhasil menyajikan sebuah karya yang akurat, hampir sama persis dengan kejadian yang dialami oleh para veteran di perang tersebut.

Hal ini disebabkan oleh riset dan wawancara panjang yang dilakukan oleh para sineas yang terlibat di dalamnya.

Apa saja sih film perang yang berhasil menyajikan scene peperangan yang akurat di dalamnya? Berikut informasi selengkapnya.

1. Platoon (1986)

Pinterest Com 71ae2
Sumber foto: pinterest.com

Film perang pertama dari trilogi perang Vietnam garapan sutradara Oliver Stone ini berdasarkan kisah sang sutradara ketika dikirim menjadi prajurit di perang Vietnam.

Campur tangan langsung dari veteran perang ini, membuat film Platoon mampu menyajikan adegan yang sangat mirip dengan adegan peperangan aslinya.

Selain berhasil menyajikan scene baku tembak yang akurat, film ini juga berhasil menggambarkan hubungan di antara para prajurit berbeda ras dan juga para pjarurit dengan musuh yang ditemui.

Film yang satu ini sering kali disebut sebagai film yang paling akurat dalam menggambarkan peperangan di Vietnam sampai saat ini.

2. Glory (1989)

Nowverybad Com C4c76
Sumber foto: nowverybad.com

Film yang mengambil setting di perang sipil Amerika ini berdasarkan kisah nyata dari seorang prajurit yang menjadi pimpinan regimen khusus orang Afrika Amerika.

Robert Gould Shaw sering kali menulis surat ketika menjadi pimpinan regimen di perang sipil, dan surat ini menjadi bahan utama untuk proses penggarapan film ini.

Glory menggambarkan kejamnya kondisi peperangan di kala itu yang membuat banyak prajurit meregang nyawa dalam prosesnya.

Selain itu film ini juga menggambarkan pegolakan batin Shaw sebagai seorang kulit putih yang harus memimpin regimen khusus Afrika Amerika dan membawa mereka seolah-olah menuju gerbang kematian.

3. Black Hawk Down (2001)

Slantmagazine Com 808a5
Sumber foto: slantmagazine.com

Meskipun konteks kenapa perang di dalam film ini terjadi tidak begitu diterangkan, Black Hawk Down berhasil menjadi salah satu film perang paling akurat.

Film ini berhasil menggambarkan adegan baku tembak dengan sangat akurat di tiap adegannya.

Ketakutan para prajurit yang terlibat di film ini tergambarkan dengan sangat baik sesuai dengan keadaan perang sebenarnya.

Selain itu, pengambilan keputusan dan taktik yang diambil oleh para pemimpin di film ini berhasil dikemas dengan rapi ke dalam sebuah alur film aksi yang memukau.

4. A Bridge Too Far (1977)

Imdb Com 87511
Sumber foto: imdb.com

A Bridge Too Far menggambarkan perjuangan para prajurit yang harus terjun ke wilayah yang dikusai oleh musuh untuk merebut sebuah jembatan.

Jembatan itu nantinya akan digunakan sebagai jalur untuk pasukan bantuan masuk dan menyerang musuh di wilayah tersebut.

Film ini berhasil mengabadikan salah satu kejadian paling penting di perang dunia kedua di mana para prajurit harus mempertaruhkan nyawanya, meskipun mereka tahu bahwa kemungkinan berhasil sangat tipis.

Meskipun terdapat beberapa ketidaksesuaian di dalam detailnya, film ini masih disebut sebagai salah satu film perang paling akurat.

5. We Were Soldiers (2002)

Gamesradar Com 42e9e
Sumber foto: gamesradar.com

Mengambil setting pada pertempuran Mang Yang Pass, We Were Soldiers berhasil menggambarkan situasi peperangan pada saat itu dengan sangat akurat.

Akurasi penggambaran perang di film ini bahkan tergambar dalam taktik seperti di game perang yang digunakan oleh para prajurit di film ini.

Salah satu taktik yang diperagakan adalah menembak semak-semak untuk mengecek apakah ada musuh yang bersembunyi di sana, seperti di kala perang sungguhan.

Film ini juga menyorot sudut pandang orang-orang terdekat para prajurit yang cemas menunggu kepulangan mereka.

6. Letters from Iwo Jima (2006)

Movieden Nety C37f7
Sumber foto: movieden.net

Berbeda dari film perang Hollywood pada umumnya, Letters from Iwo Jima mengambil sudut pandang prajurit Jepang.

Film ini berhasil menggambarkan pergolakan batin para prajurit Jepang yang harus berperang dan meninggalkan orang yang mereka cintai.

Sosok pemimpin para prajurit Jepang ini juga berhasil ditonjolkan dengan baik sesuai dengan tokoh yang dijadikan inspirasi untuk film ini.

Letters of Iwo Jima berhasil membuat film dari buku pengalaman perang yang ditulis oleh Jendral Tadamichi Kuribayashi dengan baik.

7. Saving Private Ryan (1998)

Amazon Com 59811
Sumber foto: amazon.com

Film yang bercerita mengenai upaya penyelamatan seorang prajurit ini sering kali menyulut PTSD bagi para veteran yang menontonnya.

Penggambaran ketakutan dan keputusasaan di film ini disajikan dengan sangat baik dan realistis sesuai dengan keadaan perang sesungguhnya.

Adegan pembuka di film ini juga berhasil memberikan konteks dan nuansa peperangan yang kuat dan menjadi salah satu adegan paling memorable di film ini.

Saving Private Ryan berhasil menggambarkan perjuangan para pahlawan perang yang gagah berani mengorbankan nyawanya untuk negara mereka.

Akhir Kata

Itu dia 7 filmperang paling akurat sepanjang masa yang mampu menggambarkan kondisi peperangan dengan baik sesuai dengan keadaan peperangan aslinya.

Film di list ini berhasil menggambarkan keadaan perang dengan baik karena mengambil referensi dari kejadian perang sesungguhnya.

Drama di dalam film peperangan menyajikan konflik yang berbeda dibandingkan dengan genre film lain yang lebih kelam dan menakutkan.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
10 Film Action Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Penuh Aksi Mendebarkan D315f

10 Film Action Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Penuh Aksi Gila!

Film Action Terbaik Banner2 3c96b

28 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

Film Indonesia Romantis F7772

25 Daftar Film Indonesia Romantis Terbaik & Terbaru 2020

10 Film Barat Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Masih Fresh Di Bioskop E95f1

10 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Masih Fresh di Bioskop!

Cameo Paling Mengejutkan Banner 434ca

7 Cameo Paling Mengejutkan di Film Hollywood, No. 6 Gak Nyangka Banget!

Banner C7b97

7 Artis Hollywood yang Merendahkan Film Marvel, Kesal Karena Gak Diajak Main?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
20 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa & Terbaru 2020 | Penuh Perjuangan!

20 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa & Terbaru 2020 | Penuh Perjuangan!

7 Film Arab Terbaik yang Berhasil Lolos di Festival Film Internasional

7 Film Arab Terbaik yang Berhasil Lolos di Festival Film Internasional

10 Film Dengan Keuntungan Terbesar di 10 Tahun Terakhir, Hampir Semuanya Dari Disney!

10 Film Dengan Keuntungan Terbesar di 10 Tahun Terakhir, Hampir Semuanya Dari Disney!

7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal