J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Film Paling Kontroversial di Era 90an, Ada Yang Memicu Pembunuhan?

5 Film Paling Kontroversial di Era 90an, Ada Yang Memicu Pembunuhan?

Jumat, 2 Okt 2020, 17:30 WIB
Deretan film 90an ini saking kontroversialnya sampai dituntut bahkan diblokir! Yuk, simak 5 film paling kontroversial di era 90an berikut!

Era 1990an merupakan dekade yang unik di dunia perfilman. Pasalnya, film-film indie lagi booming banget di era ini.

Mulai dari bangkitnya tema-tema yang mulai menantang seperti film penggunaan narkoba, seks, bahasa kotor dan lainnya, nggak heran kalau beberapa film-film tahun 90an memicu kontroversi.

Bahkan saking kontroversialnya, beberapa film di tahun 90an ada yang sampai dituntut dan ada juga film-film yang dilarang di beberapa negara tertentu hingga saat ini!

Memang dekade 90an merupakan era yang penuh dengan eksperimen di dunia perfilman, namun hal tersebut ada konsekuensinya.

Penasaran film-film apa yang paling kontroversial di tahun 90an? Yuk, simak deretan film berikut!

Deretan Film Paling Kontroversial di Era 90an

Film-film berikut ini memicu kontroversi di kalangan masyarakat karena plot dan temanya yang tidak wajar. Bahkan, beberapa film mengandung adegan dewasa sampai-sampai harus disensor!

Lalu, film apa saja sih yang memicu banyak kontroversi?

1. Child's Play 3

Film Paling Kontroversial Era 90an Childs Play 5a8ce

Siapa yang tidak kenal sosok Chucky? Boneka sadis dan keji yang gemar membunuh orang ini sangatlah populer di tahun 90an.

Child's Play 3 merupakan salah satu film yang mengundang banyak kontroversi karena film ini mengandung banyak adegan kekerasan yang sadis.

Film ini dikaitkan dengan pembunuhan anak berusia 2 tahun bernama James Bulger yang dibunuh oleh dua bocah berusia 10 tahun, yaitu Jon Venables dan Robert Thompson.

Menurut beberapa sumber, dua bocah tersebut meniru salah satu adegan pembunuhan di Child s Play 3 saat melakukan aksi pembunuhan mereka.

2. Boxing Helena

Film Kontroversial Di Era 90an Boxing Helena B8aec

Boxing Helena menjadi film yang sangat kontroversial di tahun 90an karena memiliki banyak unsur dewasa dan plotnya yang menggemparkan banyak orang.

Film ini menceritakan tentang seorang ahli bedah yang mengamputasi tubuh seorang wanita. Lebih parahnya lagi, ia juga menahannya di dalam rumahnya!

Tentunya plot film ini membuat dunia perfilman heboh di era 90an. Nggak cuma sadis, tapi film ini mengandung kekerasan seksual dan fetisisme. Selain itu, banyak feminis kecewa dan menganggap film Boxing Helena sebagai film yang misoginis.

3. Natural Born Killers

Film Kontroversial Di Era 90an Natural Born Killers 61cd6

Natural Born Killers adalah film yang bercerita mengenai pembunuhan massal pasangan psikopat yang dipuja-puja oleh media.

Film ini sangat kontroversial karena dituduh membenarkan pembunuhan massal bagi orang-orang psikopat yang mencari ketenaran.

Oleh sebab itu, banyak adegan film Natural Born Killers yang disensor. Tapi, walaupun sudah disensor, film ini tetap dilarang di beberapa negara, salah satunya Irlandia.

Sutradara film ini menolak bahwa plotnya mengagungkan pembunuhan, namun nyatanya film ini memicu tragedi nyata seperti penembakan massal di sekolah menengah Heath dan Columbine.

4. Kids

Film Kontroversial Di Era 90an Kids 509f8

Kids merupakan film mengenai sepasang remaja laki-laki nakal yang berkeliaran di sekitar Kota New York minum-minum, menggunakan obat-obatan dan melakukan hubungan seks tanpa kondom.

Tak sampai disitu saja, salah satu remaja laki-laki tersebut tetap melakukan hubungan seksual walaupun dia mengidap HIV. Dia melakukannya secara sadar dan menginfeksi seorang perawan.

Yang lebih hebohnya lagi, film ini ditulis oleh Harmony Korine yang berusia 17 tahun saat itu. Film Kids ini juga mengundang kehebohan massa dan dipertanyakan apa manfaat atau faedahnya.

Ujung-ujungnya film ini menerima banyak kritik dan teguran karena unsur-unsurnya yang dewasa dengan plot yang di luar nalar.

5. Crash

Film Kontroversial Di Era 90an Crash B299f

Nggak heran kalau film Crash termasuk salah satu film yang paling kontroversial di era 90an. Pasalnya, film ini mengandung unsur fetisisme yang tidak masuk akal!

Crash bercerita tentang sekumpulan orang-orang yang terangsang oleh kecelakaan mobil. Gila banget!

Film ini sukses bikin banyak orang mual dan marah karena banyak adegan seks di mobil berkecepatan tinggi. Jangan sekali-kali ditiru, ya!

Anehnya, walaupun plot film ini bisa dibilang absurd, film Crash dinominasikan di Festival Film Cannes 1996 dan mendapat penghargaan Juri Khusus.

Akhir Kata

Film merupakan sesuatu yang banyak diminati orang. Entah karena ceritanya yang menarik, karakter yang unik, ataupun temanya yang menarik perhatian.

Namun, ada-ada saja film yang memiliki unsur kekerasan ataupun tabu untuk ditonton. Biasanya film-film seperti ini banyak dikritik dan diblokir di berbagai macam negara.

Nah, dari deretan film paling kontroversial di era 90an diatas, mana yang menurut kamu paling nggak masuk akal? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar!

Baca artikel mengenai Film atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Kontroversial yang Sebenarnya Biasa Saja, Netizen Lebay!

7 Film Kontroversial yang Sebenarnya Biasa Saja, Netizen Lebay!

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Film Komedi Paling Kontroversial | Ada Adegan Seksual & Hina Agama!

7 Film Komedi Paling Kontroversial | Ada Adegan Seksual & Hina Agama!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal