J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Hollywood yang Over Budget Sampai Jutaan Dolar, Bikin Bangkrut?

7 Film Hollywood yang Over Budget Sampai Jutaan Dolar, Bikin Bangkrut?

Selasa, 18 Agt 2020, 18:00 WIB
Membuat film tentu membutuhkan budget, tapi nggak jarang ada film yang malah over budget dan berisiko nggak laku, seperti ketujuh film berikut ini.

Dalam membuat film tentunya diperlukan budget atau keuangan yang cukup agar tidak mengalami kekurangan atau kelebihan alias over budget.

Tapi ternyata ada juga film Hollywood yang_ budget_-nya kebablasan saat memproduksi film. Bahkan sedihnya, beberapa di antaranya malah nggak laku.

Di artikel kali ini, Jaka bakal membahas tentang film Hollywood yang mengalami over budget. Apa saja film tersebut? Simak terus ya!

Daftar Film Hollywood yang Alami Over Budget

Film Yang Over Budget 1d8ad

Film Hollywood bisa memiliki budget yang rendah atau besar saat pembuatan filmnya. Namun nggak jarang malah ada yang kelebihan karena berbagai alasan.

Malah, ada yang harus menutup kelebihan budget tersebut dengan gaji para pemain dan juga kru film tersebut. Atau, menunda produksi filmnya lebih lanjut untuk mencari tambahan dana.

Nah, biar kamu nggak penasaran lagi, berikut adalah daftar film Hollywood yang mengalami over budget saat produksinya:

1. The Lone Ranger

Film Over Budget Lone Ranger 53730

Film The Lone Ranger memiliki budget di awal sebesar 215 juta dolar AS atau Rp3,1 triliun, namun ternyata saat produksinya budget membengkak hingga 250 juta dolar US atau setara dengan Rp3,6 triliun.

Akibatnya, produksi film ini nyaris ditunda secara permanen karena masalah tersebut. Akan tetapi, para pemain film setuju untuk mengumpulkan 20% dari gaji mereka untuk membantu produksinya.

Dikatakan bahwa sebenarnya sang sutradara menghabis keuangan yang tidak sesuai dengan budget. Untungnya, begitu film yang dibintangi oleh Johnny Depp ini ditayangkan justru meraup keuntungan hingga 260,5 juta dolar AS atau Rp3,8 triliun.

2. Spectre

Film Over Budget Spectre E952e

Salah satu film James Bond yang dari awal tidak memiliki budget yang tetap, tapi berakhir dengan sangat baik dan manis.

Awalnya, para pembuat film memperkirakan akan habis sekitar 210 juta dolar AS, setara dengan Rp3 triliun, Namun di akhirnya justru kebablasan antara 250 hingga 275 juta dolar AS atau Rp4 triliun!

Setelah Spectre tayang, di Amerika Serikat sendiri mereka hanya mendapatkan 200 juta dolar AS (Rp2,9 triliun), namun secara global, mereka mendapatkan sekitar 880 juta dolar AS (Rp12 triliun).

3. Titanic

Film Over Budget Titanic 006ea

Film romantis terbaik ini ternyata mengalami over budget dua kali lipat daripada budget sebelumnya, yakni dari 100 juta dolar AS sampai dengan 200 juta dolar AS (setara dengan Rp2,9 triliun)!

Sutradara James Cameron sampai-sampai memberikan seluruh gajinya untuk memastikan produksi film ini tetap jalan sesuai yang diinginkannya. Saking ambisiusnya, beberapa artis sampai sakit karena berendam di air dingin.

Untungnya semua kerja kerasnya terbayar dengan lunas. Film Titanic bahkan mencapai lebih dari 2 miliar dolar AS (Rp29 triliun) di box office.

4. Cleopatra

Film Over Budget Cleopatra Aa101

Film Cleopatra versi tahun 1063 yang dibintangi oleh Elizabeth Taylor sebagai pemeran utamanya. Tidak semenawan Taylor, sayangnya film ini mengalami over budget di luar dugaan.

Dari budget yang hanya 2 juta dolar AS, ternyata membengkak sampai 340 juta dolar AS (Rp4,9 triliun). Hal ini sebagian disebabkan gaji Taylor yang sangat besar dan perubahan sutradara.

Yang lebih buruknya lagi, film ini nggak laku dan mengalami kerugian. Mereka hanya meraup keuntungan sebesar 57 juta dolar AS (Rp836 miliar) di Amerika Serikat sendiri.

5. Green Lantern

Film Over Budget Green Lantern De270

Salah satu film DCEU yang nggak worth it, Green Lantern menghabiskan budget lebih dari sebelumnya. Disebutkan, film ini mengalami over budget yang nggak sesuai dengan hasil akhirnya.

Film yang dibintangi oleh Ryan Reynolds ini bercerita tentang salah satu superhero DCEU yang memiliki kekuatan green mental energy dari lentera berwarna hijau alias green lantern.

Dengan perkiraan 1.300 lebih efek visual dan seragam CGI yang dikenakan oleh Reynolds, total biaya produksinya mencapai hingga 200 juta dolar AS (Rp2,9 triliun).

6. Tangled

Film Over Budget Tangled 909a7

Tangled sudah banyak diketahui sebagai film animasi termahal yang pernah dibuat oleh Disney. Sebab butuh perjalanan lama dalam produksinya.

Film ini membutuhkan enam tahun pengembangan dengan budget yang membengkak hingga 260 juta dolar AS (Rp3,8 triliun). Ada bertahun-tahun berganti alat, menulis ulang, dan juga membayar secara penuh semua yang terlibat.

Selain itu, Tangled adalah film animasi bertama yang menggunakan efek 3D CGI. Selain itu hasil yang sepadan diterima pada akhirnya, karena uangnya berlipat ganda di box office.

7. Final Fantasy: Spirits Within

Film Over Budget Final Fantasy Spirit Within 57c8c

Film yang diadaptasi dari game ini berakhir dengan budget dua kali lipat dari awalnya, yakni dari 70 juta dolar AS (Rp1 miliar) menjadi 137 juta dolar AS atau setara dengan Rp2 triliun.

Final Fantasy: Spirits Within menggunakan efek CGI secara penuh sampai-sampai membuat secara detil tiap helai rambut sang protagonis Aki Ross. Proses ini butuh ribuan komputer, lho!

Pengisi suara Aki adalah Ming-Na Wen, yang juga memerankan Chung-li di film game yang over budget juga yakni Street Fighter: The Movie.

Akhir Kata

Itu dia pembahasan tentang berbagai film Hollywood yang mengalami over budget. Sebagai bisa mengatasi masalah tersebut dengan meraup keuntungan yang lebih besar, sebagai justru malah jadi nggak laku.

Semoga artikel Jaka kali ini bermanfaat untuk kalian ya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20

10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!

Film China Terbaik Banner 8d7ed

10 Film China Terbaik Sepanjang Masa, Gak Kalah Sama Film Hollywood!

Banner Jadi 2 550c2

10 Film Hollywood Terburuk yang Rilis di Tahun 2019, Ada yang Rugi Jutaan Dolar?

Banner Da9cc

5 Film Hollywood Dengan Representasi Muslim Positif, Wajib Ditonton!

Film Hollywood Yang Memakan Korban

5 Film Hollywood yang Memakan Korban Jiwa, Kena Kutukan Setan?

Kesalahan Film Hollywood

5 Kesalahan Nyeleneh Film Hollywood yang Mungkin Belum Kamu Sadari

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Gagal yang Membuat Studionya Bangkrut, Terlalu Ambisius!

7 Film Gagal yang Membuat Studionya Bangkrut, Terlalu Ambisius!

7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

7 Film Horor dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Balik Modal?

7 Film Horor dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Balik Modal?

7 Film Gak Terkenal yang Berhasil Raup Jutaan Dolar, Ngalahin Avengers?

7 Film Gak Terkenal yang Berhasil Raup Jutaan Dolar, Ngalahin Avengers?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal