J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Film Non-Horor yang Tetap Bikin Merinding, Pocong Kalah Seram!

              7 Film Non-Horor yang Tetap Bikin Merinding, Pocong Kalah Seram!

              00
              Kamis, 6 Feb 2020, 14:00 WIB
              Bukan cuma arwah gentayangan dan pembunuh berantai yang bisa bikin merinding. Di sini, Jaka mau share 7 film non-horor yang tetap bikin merinding!

              Bagi kalian, definisi horor itu apa sih, geng? Sendirian di kuburan di malam hari? Nggak bisa masuk surga? Atau tiba-tiba ditinggal pacar?

              Kalau di film, horor itu seringkali didefiniskan sebagai arwah gentayangan atau ancaman pembunuh gila tapi bagi Jaka, hal menakutkan nggak terbatas di dua hal itu saja, geng!

              Hal ini juga terefleksikan di dunia film, di mana sudah ada beberapa film yang notabene bukan film horor tapi tetap berhasil membuat Jaka merinding.

              7 Film Non-Horor yang Tetap Bikin Merinding

              Sekarang Jaka tanya, di waktu musibah banjir besar melanda Indonesia di awal tahun 2020, berapa banyak dari kalian yang takut kebanjiran?

              Memang pocong dan kuntilanak itu menakutkan tapi menurut Jaka, masalah nyata yang kita hadapi sehari-hari itu bisa lebih menakutkan dibandingkan hal supranatural.

              Ketakutan yang Jaka bicarakan bisa kalian lihat di daftar 7 film non-horor yang tetap bikin merinding berikut, geng.

              1. We Need to Talk About Kevin (2011)

              We Need To Talk About Kevin 9fe67

              Meskipun Jaka sudah ada di umur yang seharusnya sudah mulai berkeluarga, Jaka masih punya keraguan dalam memiliki anak akibat film We Need to Talk About Kevin.

              Di sini kita bertemu dengan Eva, ibu dari seorang remaja laki-laki bernama Kevin yang melakukan aksi pembunuhan berantai dimulai dari rumahnya sendiri.

              Dua dari korban Kevin adalah adik dan ayahnya sendiri dan di sini kita diajak melihat hubungan antara Eva dan Kevin dari bayi sampai remaja.

              Uniknya, film ini bersifat ambigu dan nggak memberikan alasan yang jelas tentang dasar aksi psikopat dari Kevin yang membuat film ini menjadi semakin menakutkan.

              2. Searching (2018)

              Searching 601f3

              Buat yang butuh bukti lebih banyak kalau menjadi orang tua sangat menakutkan, kalian bisa menonton film Searching yang berfokus pada pencarian seorang anak hilang.

              Diceritakan murni melalui layar HP dan komputer, film ini menceritakan perjuangan David dalam mencari anak putrinya, Margot, yang hilang dari rumah.

              Dengan memanfaatkan teknologi dan internet, film ini menunjukkan bagaimana seseorang remaja bisa memiliki kehidupan digital yang sangat luas, geng.

              Meskipun film ini memiliki ending yang tergolong positif, film ini tetap berhasil bikin Jaka paranoid sebagai orang tua di era media sosial.

              3. Nightcrawler (2014)

              Nightcrawler 25126

              Fenomena paparazzi memang hal yang sangat menjijikan tapi menurut Jaka, aksi jurnalis amoral yang ditunjukkan di film Nightcrawler jauh lebih menjijikan.

              Film ini bercerita tentang Lou, seorang mantan maling yang beralih profesi menjadi 'wartawan' yang merekam adegan kejahatan brutal untuk dijual ke stasiun TV.

              Di sini kita ditunjukkan bagaimana orang seperti Lou mengeksploitasi hasrat manusia akan hal yang bersifat sensasional demi menghasilkan uang, geng.

              Nightcrawler mengandung kritik sosial untuk keadaan masyarakat sekarang yang memang suka cari sensasi yang memunculkan orang-orang amoral seperti Lou.

              4. The Cove (2009)

              The Cove 7d945

              Kita nggak usah mencari cerita fiksi untuk dibuat takut karena banyak hal di kehidupan nyata yang jauh lebih menakutkan seperti di film dokumenter The Cove.

              Menilik industri pemburuan ikan paus dan lumba-lumba di Jepang, The Cove direkam secara sembunyi-sembunyi dan penuh dengan adegan kekerasan brutal terhadap binatang.

              Berbeda dengan film dokumenter kebanyakan, film ini memang sangat memihak tapi hal itu nggak mengurangi kengerian yang ada di The Cove, geng!

              Jaka yakin banyak dari kalian yang mengagumi negara dan budaya ekspor Jepang tapi negeri Sakura tersebut memiliki sisi kelam seperti yang ditunjukkan di sini.

              5. Contagion (2011)

              Contagion 4529a

              Bagi kalian yang penasaran bagaimana virus corona bisa menyebar ke seluruh dunia, ada baiknya kalian menonton film kasus penyeberan virus Contagion.

              Diceritakan dari beragam perspektif, film ini menceritakan tentang penyebaran virus meningoensefalitis dan dampaknya pada masyarakat di seluruh dunia.

              Di sini kita diajak melihat seberapa kurangnya persiapan kita dalam menghadapi kasus seperti ini yang juga bisa kita lihat di kasus virus corona sekarang.

              Contagion juga menunjukkan bagaimana tindakan kecil seperti cuci tangan dapat mencegah kasus penyebaran virus seperti ini sebelum menjadi masalah besar, geng!

              6. Schindler's List (1993)

              Schindler S List A54bc

              Sebagai salah satu periode paling kelam di sejarah manusia, Perang Dunia II punya banyak cerita menakutkan, seperti yang ditunjukkan di film Schindler's List.

              Diangkat dari kisah nyata, film ini menceritakan perjuangan Oskar Schindler dalam menyelamatkan kaum Yahudi dari aksi Holocaust yang dilakukan oleh Nazi.

              Meskipun film ini berfokus di aksi kepahlawanan Schindler, sutradara Steven Spielberg nggak tanggung-tanggung dalam menujukkan kekejaman Nazi, geng.

              Kekejaman tersebut paling jelas ditunjukkan di adegan gadis berbaju merah yang berjalan sendirian sementara kaum Yahudi lainnya dibantai membabi-buta oleh Nazi.

              Spielberg sendiri adalah keturunan Yahudi dan kuatnya elemen emosional di film ini berasal dari fakta bahwa pembuatan film ini adalah hal yang sangat pribadi baginya.

              7. Buried (2010)

              Buried 51af9

              Sekarang memang agak sulit dipercaya tapi aktor Ryan Reynolds dulu sering dipandang sebelah mata oleh Hollywood loh, geng.

              Reputasi tersebut berhasil dipatahkan oleh Reynolds melalui penampilannya yang memukau di film Buried di mana dia tampil solo di film tersebut.

              Di sini, Reynolds memerankan seorang warga Amerika di Iraq yang diculik oleh teroris dan dikubur hidup-hidup di dalam peti mati, geng.

              Di sepanjang film, kita hanya dihadapkan dengan Reynolds dalam peti mati tersebut dan aktor tersebut dikabarkan sampai menderita klaustrofobia selama proses syuting.

              Tapi semua itu nggak percuma karena Reynolds sangat memukau di sini, terutama di adegan klimaks yang sampai sekarang masih membuat Jaka merinding.

              Akhir Kata

              Itulah, geng, daftar 7 film non-horor yang tetap bikin merinding. Jangankan arwah gentayangan, jadi orang tua saja sudah cukup bikin Jaka takut.

              Kalau dibandingkan, mungkin badut iblis Pennywise dari duologi film horor It masih lebih seram tapi setidaknya badut tersebut cuma fantasi, geng!

              Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

              Tags Terkait:

              Tunggu sebentar...

              Keluar dari JalanTikus

              Popup External Background JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal