J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Diremehin Parah! 7 Film yang Nggak Sengaja Jadi Sukses di Pasaran

Diremehin Parah! 7 Film yang Nggak Sengaja Jadi Sukses di Pasaran

Selasa, 21 Apr 2020, 14:00 WIB
Percaya nggak sih kalau dulu film Titanic diragukan buat berhasil? Cari tahu film apa saja yang secara nggak sengaja malah sukses besar di pasaran.

Meskipun sudah berdiri berpuluh-puluh tahun lamanya, geliat industri perfilman masih sangat sulit untuk diprediksi secara akurat hingga saat ini.

Banyak film yang sebelum ditayangkan diprediksi akan laku keras di pasaran, justru terpuruk dan hancur sampai-sampai membuat malu oarang-orang yang terlibat di dalamnya.

Di sisi lain, beberapa film justru berhasil meraup keuntungan yang luar biasa besarnya ketika dipasarkan padahal sebelumnya diprediksi sulit untuk berhasil.

7 Film yang Nggak Sengaja Sukses di Pasaran

Tren, strategi marketing, dan yang paling penting keberuntungan menjadi faktor utama kenapa film-film di list kali ini berhasil menapaki kesuksekan secara tidak disengaja.

Bukan hanya sukses secara finansial, saking suksesnya beberapa film ini bahkan menjadi referensi pop culture yang populer hingga saat ini.

Apa saja sih deretan film yang menuai kesuksesan ketika dipasarkan dengan keberuntungan mereka yang ajaib? Berikut ini informasi selengkapnya.

1. Star Wars (1977)

Slashfilm Com Cfebd
Sumber foto: slashfilm.com

Siapa sangka kalau film pertama dari salah satu franchise film terbesar di dunia ini dulunya diprediksi akan gagal. Fox kala itu hanya mengeluarkan bujet 11 juta USD saja untuk film ini.

Hal ini berdasarkan fakta bahwa film bergenre sciece fiction yang dirilis kala itu hampir semuanya menemui kegagalan. Terlebih lagi, ketika Star Wars hendak dipasarkan hanya beberapa bioskop yang mau menayangkannya.

Fox akhirnya menjadikan Star Wars ke dalam paket 2 ini 1, di mana bioskop yang ingin menayangkan film Side of Midnight, film yang diprediksi akan sukses kala itu.

Siapa sangka strategi ini membuat Star Wars dikenal banyak orang, dan berkat ceritanya yang menarik dan visual yang menawan kala itu, Star wars berhasil sukses bahkan hingga saat ini.

2. Paranormal Activity (2007)

Bbc Co Uk 93229
Sumber foto: bbc.co.uk

Paranormal Activity merupakan film horor yang dibuat dengan konsep yang agak berbeda dibanding dengan film horor lainnya yang ada di pasaran.

Bukan hanya konsepnya saja yang tidak biasa, bujet yang diberikan untuk film yang satu ini pun luar biasa kecil, hanya 15.000 USD saja.

Paramount Pictures sebagai pihak distributor film ini menggunakan strategi pemasaran yang unik untuk mendongkrak pendapatan.

Film ini hanya ditayangkan di 12 bioskop dan reaksi dari para penonton direkam untuk kemudian disebar luaskan sebagai trailer film horor ini, dan berhasil mengundang perhatian banyak orang.

Pada saat distribusinya diperluas, Paranormal Activity berhasil meraih penghasilan hingga 193.4 juta USD dari bujetnya yang hanya 15.000 USD saja.

3. Rocky (1976)

Bcmoviediary Com 12f41
Sumber foto: bcmoviediary.com

Rocky merupakan film yang ditulis oleh Sylvester Stallone yang masih tergolong aktor amatiran ketika berusaha mendapatkan dana untuk ide ceritanya ini.

Banyak studio yang bersedia membeli ceritanya untuk dibintangi aktor terkenal kala itu, tetapi Stallone bersikukuh bahwa dia harus menjadi pemeran utamanya.

Ketika akhirnya dia mendapatkan dana 1 juta USD untuk membuat film ini, banyak yang ragu bahwa film yang ditulis dan dibintangi oleh aktor yang bukan siapa-siapa ini akan laku.

Untungnya, cerita yang diangkat di film ini bertemakan nihilism (cerita underdog menjadi sukses) dan pada tahun 70an tema seperti ini sedang digandrungi.

Alhasil, Rocky berhasil meraih pendapatan 225 juta USD dari bujet 1 juta USD yang diterimanya kala itu.

4. Home Alone (1990)

Peatix Com 3b1ed
Sumber foto: peatix.com

Generasi 90an pasti sudah nggak asing lagi sama film komedi yang satu ini. Home Alone menjadi salah satu langganan film komedi untuk ditayangkan pada masa liburan.

Persaingan film liburan di tahun 1990 tergolong sangat ketat, dan untuk film yang dibintangi oleh aktor cilik yang belum terkenal bisa sukses kala itu terlihat hampir mustahil.

Untungnya, aktor cilik yang belum terkenal ini (Macaulay Culkin) punya pesona tersendiri yang bisa membuat orang-orang simpatik sekaligus terhibur ketika melihatnya berakting.

Film yang diharapkan bisa meraih sedikit margin di musim liburan ini mendominasi bioskop selama 20 minggu dan meraih pendapatan hingga 476 juta USD kala itu.

5. Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000)

Pinterest Com 9e344
Sumber foto: pinterest.com

Industri perfilman Amerika terkenal sebagai industri yang sulit untuk ditaklukkan bahkan oleh film Hollywood sendiri. Banyak film Hollywood dengan budget selangit yang gagal juga ketika dipasarkan.

Crouching Tiger, Hidden Dragon bukan hanya berhasil sukses secara finansial di seluruh dunia, film ini juga berhasil memenangkan banyak penghargaan ketika ditayangkan.

Film dengan biaya produksi yang hanya 17 juta USD ini tidak disangka-sangka bisa meraih sukses di kancah internasional.

Padahal banyak penonton asal China yang merasa kurang pas dengan logat para pemain utama di film ini karena banyak yang bukan penutur asli Mandarin.

6. Slumdog Millionare (2008)

Nrc Nl Cea0f
Sumber foto: nrc.nl

Film dengan pemeran utama asal India ini tidak disangka-sangka berhasil sukses secara finansial ketika dirilis.

Film India yang bercerita mengenai seorang pria yang memenangkan kuis Who Wants to be a Millionaire ini berhasil mendapatkan penghasilan 25 kali lipat dari bujet awalnya.

Pada awalnya film ini hanya dirilis di 10 bioskop saja, dan berhasil menmendapatkan penghasilan hingga 360.000 USD, angka yang cukup fantastis kala itu.

Berkat cerita yang dekat dengan penontonnya dan juga word of mouth yang baik, Slumdog Millionaire akhirnya ditayangkan di 2.000 lebih bioskop dan mendapatkan penghasilan 378 juta USD.

7. Titanic (1997)

Provoke Online Com A3985
Sumber foto: provoke-online.com

Sebelum menyutradari film Titanic, James Cameron dikenal sebagai sutradara film aksi seperti Terminator dan Alliens.

Tidak heran kalau banyak orang meragukannya ketika hendak menyutradarai film romantis, Titanic. Terlebih lagi film ini memakan bujet yang cukp besar hingga 200 juta USD.

Banyak yang memprediksi bahwa film ini paling hanya bisa meraih pendapatan setara dengan bujetnya bahkan cenderung akan rugi.

Siap sangka setelah dirilis, Titanic menjadi salah satu film romantis paling sukses sepanjang sejarah dengan penghasilannya yang mencapai 2.18 miliar USD.

Akhir Kata

Itu dia beberapa film yang tidak sengaja sukses ketika dipasarkan. Prediksi pasar memang tidak selalu tepat, dan film di list ini membuktikan bahwa keberuntungan juga penting di industri ini.

Banyak faktor-faktor eksternal juga yang menyebabkan film-film ini bisa sukses di pasaran, dan faktor-faktor ini lah yang membuat sukses secara tidak sengaja ini bisa terjadi.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bisa menghibur kalian semuanya, dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Page 098f8

12 Film Action Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Penuh Aksi Gila!

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa Penuh Adegan Mendebarkan Bb449

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

Film Romantis Indonesia 0c9c0

20 Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2020, Awas Baper!

Film Barat Terbaru C7e42

17 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Wajib Nonton!

Cameo Paling Mengejutkan Banner 434ca

7 Cameo Paling Mengejutkan di Film Hollywood, No. 6 Gak Nyangka Banget!

Banner C7b97

7 Artis Hollywood yang Merendahkan Film Marvel, Kesal Karena Gak Diajak Main?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Berkualitas yang Gagal Total Saat Dirilis, Gak Balik Modal?

7 Film Berkualitas yang Gagal Total Saat Dirilis, Gak Balik Modal?

10 Film Action Paling Sukses di Dekade Ini | Film Super Hero Semua?

10 Film Action Paling Sukses di Dekade Ini | Film Super Hero Semua?

7 Film yang Dibenci Banyak Orang Padahal Belum Dirilis, Netizen Galak!

7 Film yang Dibenci Banyak Orang Padahal Belum Dirilis, Netizen Galak!

7 Kasus Pembajakan Film Hollywood Paling Menghebohkan, Ulah Hacker?

7 Kasus Pembajakan Film Hollywood Paling Menghebohkan, Ulah Hacker?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal