J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film yang Naskahnya Bocor ke Publik, Nyaris Gak Tayang di Bioskop?

7 Film yang Naskahnya Bocor ke Publik, Nyaris Gak Tayang di Bioskop?

Jumat, 3 Apr 2020, 18:00 WIB
Apa jadinya kalau rahasia yang sudah tersimpan lama bocor? Pasti marah dan jengkel kan? Hal itu juga yang menimpa produser film-film yang naskahnya bocor ke publik berikut ini.

Apa jadinya jika sebuah skrip atau naskah film bocor ke publik sebelum waktunya rilis?

Pastinya jadi skandal heboh, geng! Bayangin, keseruan dan kejutan yang mau ditampilkan dalam film tersebut bakal buyar dan hancur karena naskahnya bocor dan dibaca banyak orang.

Hal itu akan makin parah jika naskah-naskah tersebut berasal dari film yang memang terkenal dan dinantikan kejutan-kejutan tersembunyinya.

Film yang Naskahnya Bocor ke Publik

Nah, penasaran film apa saja yang naskahnya bocor ke publik dan menimbulkan skandal besar? Simak penelusuran Jaka berikut ini!

1. Star Wars: Rise of Skywalker (2019)

1 Custom Abb56

Bagi para penggemar Star Wars pasti sempat menantikan datangnya episode ke-9 Star Wars yang satu ini, bukan?

Berjudul Rise of Skywalker. para produsernya sudah menyiapkan banyak sekali kejutan dan twist dalam film ini. Alhasil, mereka tidak mengumumkan spoiler apapun mengenai film ke publik atau media sampai tanggal rilisnya tiba.

Sayang, naskah film tersebut ternyata sempat bocor bahkan dijual murah di situs eBay! Penyebabnya adalah John Boyega, salah satu aktornya, secara tak sengaja meninggalkan naskah film di bekas apartemennya. Ceroboh sekali ya, geng!

2. The Hateful Eight (2015)

2 Custom 2dab0

Film buatan Quentin Tarantino dikenal sebagai film yang memiliki kualitas tinggi. Selain itu, ia juga sangat tegas dan strict soal karya-karya yang ia buat.

Hal itu terbukti di tahun 2014 lalu saat naskah salah satu proyek filmnya bocor dan tersebar di beberapa situs publik. Geram, ia langsung membatalkan jalannya proses produksi film yang berjudul "The Hateful Eight" tersebut.

Butuh waktu beberapa bulan sebelum akhirnya Quentin memutuskan untuk melanjutkan produksi film dengan membuat berbagai macam perubahan drastis. Film ini akhirnya dirilis tahun 2015.

3. Terminator: Salvation (2008)

3 Custom F4223

Nah, kalau naskah film yang satu ini dibocorkan oleh seorang yang menjuluki dirinya "Moriarty" di sebuah forum diskusi film.

Ia mengaku bahwa film yang rilis tahun 2008 ini bakal memiliki ending yang menyedihkan, mulai dari kematian tokoh-tokoh penting, aneka konflik yang timbul, hingga plot cerita akhir yang diceritakan secara rinci.

Tak ayal hal ini sempat menimbulkan skandal besar waktu itu. Direktur McG sendiri akhirnya mengakui kebenaran informasi itu setelah beberapa kali mengelak. Hal ini membuat bagian akhir film tersebut dirombak habis-habisan.

4. Joker (2019)

4 Custom 8a33f

Ternyata, ada beberapa hal menarik dari film Joker termasuk bocornya naskah film ini ke publik, loh!

Dalam bocoran itu dikisahkan beberapa plot penting yang ada dalam film, termasuk nasib sang tokoh utama yang diperankan Joaquin Phoenix tersebut.

Namun uniknya, bukannya marah atau kecewa, sang sutradara film Joker, Todd Phillips, malah senang ketika mengetahui skrip film garapannya itu beredar luas di masyarakat.

Phillips bahkan mengatakan bahwa naskah tersebut sudah bocor 6 bulan sebelum proses produksi dimulai. Menurutnya, skrip yang bocor tidak akan memberi pengaruh besar terhadap antusiasme penonton.

Malahan ia berpendapat, publik akan makin kepo dengan film yang ia garap, sehingga makin banyak yang bakal menontonnya.

5. The Fifth Estate (2013)

55 Custom 52450

The Fifth Estate adalah film bergenre thriller-biographical yang dirilis pada 18 Oktober 2013 di Amerika. Film ini bercerita tentang berdirinya situs fenomenal WikiLeaks yang terkenal suka membocorkan rahasia negara.

Malangnya, film yang diperankan Benedict Cumberbatch sebagai Julian Assage, sang pendiri situs, ini justru dibocorkan naskahnya oleh WikiLeaks sendiri.

Alasannya sederhana. Dalam memo tertulis, Julian Assage memprotes plot film ini yang terlalu fiktif dan lebay. Bahkan sebagian besar tokoh-tokohnya pun tidak pernah ada ataupun ia temui dalam dunia nyata. Nah, loh!

6. The Avengers (2012)

6 Custom 79c62

Film terbaik MCU ini juga pernah mengalami kebocoran skrip film, geng. Semua berawal dari tahun 2011 saat sebuah situs review film mendapat email misterius yang menawarkan hard-script film Avengers sebanyak 129 halaman.

Ternyata, hal ini terjadi karena kecerobohan Samuel L. Jackson, pemilik asli naskah tersebut saat sedang berada di Toronto untuk syuting film. Naskah tersebut diduga difoto dan disebarkan oleh orang tak bertanggung jawab.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, Marvel berusaha melakukan berbagai strategi. Salah satunya adalah sengaja menyebarkan beberapa naskah film palsu. Cerdas sekali ya, geng?

7. Teenage Mutant Ninja Turtles (2014)

7 Custom D0c29

Nampaknya kemalangan nggak pernah lepas dari film Ninja Turtles ya, geng. Sudah filmnya nggak laku di pasar, salah satu film superhero terburukini, naskah filmnya tersebar secara online sebelum filmnya tayang.

Kejadian ini berlangsung saat proses produksi film ini distop untuk sementara pada tahun 2013. Berita soal bocornya naskah menjadi heboh di kalangan para penggemar Ninja Turtles.

Untungnya, beberapa produser film Ninja Turtles memberi klarifikasi bahwa naskah yang beredar hanyalah draft yang belum difinalisasi. Jadi, masih bakal banyak perubahan yang nggak tertulis di naskah tersebut.

Akhir Kata

Itulah tadi 7 film yang naskahnya bocor ke publik dan menimbulkan skandal besar. Bagaimana menurutmu, geng?

Silakan beri pendapatmu lewat kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Parasite Movie Banner 41e24

Parasite: Film Terbaik 2019, Wajib Tonton!

Aktor Marvel Dc Banner 41a27

10 Aktor yang Bermain untuk Film Marvel dan DC, Pindah Karena Gagal?

10 Film Barat Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Masih Fresh Di Bioskop E95f1

10 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Masih Fresh di Bioskop!

Film Detektif Terbaik 09bf2

10 Film Detektif Terbaik 2020, Penuh Misteri & Teka-Teki Rahasia

Film Terburuk Yang Dibintangi Aktor Terkenal 44df8

7 Film Gagal Total yang Dibintangi Aktor Terkenal | Rugi Bandar!

Banner C22bb

7 Film Gagal yang Membuat Studionya Bangkrut, Terlalu Ambisius!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal