J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Terlalu Provokatif, 7 Film ini Malah Menyulut Banyak Skandal

Terlalu Provokatif, 7 Film ini Malah Menyulut Banyak Skandal

Jumat, 14 Agt 2020, 17:00 WIB
Tahu nggak sih kalau ada film yang bahkan terlalu profokatif buat juri ajang film ternama? Yuk, cari tahu apa saja film yang kehadirannya menyulut skandal.

Terkadang sebuah film dibuat sebagai bentuk kritik dari norma-norma yang bersifat terlalu mengekang di masyarakat, dan kritik ini sering kali disampaikan dengan cara yang profokatif.

Pola penyampaian pesan seperti ini pada umumnya dinilai sebagai suatu hal yang baik karena menyuguhkan sudut pandang baru bagi banyak orang.

Seperti halnya kritik pada umumnya, beberapa film ini dibuat terlalu provokatif hingga membuat beberapa kalangan merasa tidak nyaman akan kehadirannya.

Media yang tadinya ditujukan sebagai perantara penyampaian kritik ini justru malah menyulut skandal baru di masyarakat, seolah memperkeruh dinamika saat itu.

7 Film yang Kehadirannya Menyulut Skandal Baru

Tema-tema ekstrim seperti hubungan cinta sesame jenis, penyiksaan, dan kekerasan di dalam hubungan badan sering diangkat oleh para sineas idealis yang ingin menyampaikan aspirasi mereka.

Sayangnya, visi mereka terkadang dinilai terlalu ekstrim untuk disampaikan kepada khalayak umum kala itu dan berpotensi memberikan efek buruk terhadap mereka.

Hal ini membuat beberapa film terpaksa ditarik karena kehadirannya memicu skandal di masyarakat. Film apa saja kah itu? Berikut informasi selengkapnya.

1. Basic Instict (1992)

Medium B6c5e
Sumber foto: medium.com

Film misteri yang satu ini sebetulnya mengangkat alur cerita yang sederhana, tetapi pada proses eksekusinya melibatkan adegan yang terlalu profokatif.

Di film Basic Instinc, terdapat banyak adegan profokatif yang kala itu dinilai kurang pantas untuk ditampilkan di masyarakat.

Kehadiran film ini sempat menyulut kontroversi di tengah masyarakat kala itu, dan hal ini pula yang membuatnya menyandang status sebagai salah satu cult movies.

2. A Clockwork Orange (1971)

Moviefone 9f60a
Sumber foto: moviefone.com

Apa jadinya kalau sebuah film yang ditujukan sebagai media hiburan untuk masyarakat umum malah menjadi sumber inspirasi untuk melakukan tindak kejahatan?

Hal ini lah yang dialami oleh Clockwork Orange. Film thriller ini memang banyak menyisipkan adegan kekerasan secara eksplisit, dan pada akhirnya ditiru banyak orang.

Meskipun dianggap sebagai karya seni yang bernilai baik, film ini terpaksa harus ditarik peredarannya dari bioskop di Inggris karena efek negatif yang ditimbulkannya.

3. In the Realm of Senses (1976)

Pinterest 33fb0
Sumber foto: pinterest.com

Film yang satu ini diangkat dari kisah nyata yang kemunculannya pada saat itu sempat menghebohkan Jepang, jadi memang nggak aneh kalau dirilisnya film ini akhirnya juga memunculkan skandal.

Film ini bercerita mengenai seorang Geisha yang mengakhiri nyawa pasangannya dengan cara yang sangat sadis, dan setelah pasangannya meninggal dia memotong bagian intim korban.

Selain karena ceritanya yang konstroversial, film ini juga menyulut skandal karena adegan di dalamnya banyak yang dibuat dengan terlalu vulgar dan eksplisit.

4. Irreversible (2002)

Medialifecrisis Co 8d83d
Sumber foto: medialifecrisis.co

Film yang satu ini mungkin terdengar sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Irreversible sempat menghebohkan dunia perfilman karena satu adegan eksplisit yang sangat mengganggu.

Saking tidak mengenakkannya, pada saat ditayangkan di festivel film Cannes, banyak penonton yang melakukan walk out ketika menontonnya.

Padahal komunitas film terkenal sangat toleran terhadap karya-karya semacam ini, tetapi Irreversible dinilai terlalu profokatif bahkan untuk komunitas film sekalipun.

5. Blue Is the Warmest Colour (2013)

Rogerebert Com Edfc7
Sumber foto: rogerebert.com

Film romantis yang satu ini menyulut skandal bukan hanya karena mengambil tema yang nyeleneh, tetapi juga karena berisikan adegan yang terlalu eksplisit.

Gelombang protes terhadap film Blue Is the Warmest Colour terjadi tidak lama setelah film ini dirilis di festival film Cannes.

Kondisi kerja yang dialami oleh para kru dan aktor di film ini pun dianggap kurang manusiawi, membuat protes terhadap film ini menjadi semakin kuat.

6. La Grande Bouffe (1973)

Alchetron Com 22b7c
Sumber foto: alchetron.com

Film yang satu ini sudah menuai skandal ketika pertama kali ditayangkan di fetival film Cannes bukan karena adegan eksplisit, melainkan karena tema filmnya yang dinilai terlalu mengganggu.

La Grande Bouffe bercerita mengenai sekelompok orang yang pergi ke sebuah vila dan berniat untuk terus makan hingga mereka mati.

Film ini dinilai terlalu menjijikkan oleh seorang juri pada festival film Cannes, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa film ini merupakan sebuah karya yang luar biasa.

7. Funny Games (1997)

Graded Talon 12a83
Sumber foto: gradedtalon.com

Film bertemakan penyiksaan memang sudah terdengar kontroversial, apalagi jika penyiksaan ini dilakukan secara sistemis terhadap psikologi dari para korbannya.

Funny Games bercerita mengenai dua orang pria yang menculik sebuah keluarga, dan mereka memaksa keluarga ini untuk melakukan permainan mengerikan satu sama lain hanya untuk kepuasan mereka.

Efek dari film thriller ini dinilai terlalu mengganggu dan berpotensi membuat banyak orang merasakan apa yang anggota keluarga ini rasakan. Nggak heran kalau kehadiran film ini sempat menjadi sensasi.

Akhir Kata

Itu dia beberapa film yang kehadirannya malah menyulut skandal baik di kalangan masyarakat umum, ataupun di kalangan para sineas film.

Tema yang terlalu nyeleneh serta banyaknya adegan eksplisit menjadi alasan kuat kenapa deretan film ini sempat menghebohkan khalayak ramai.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bisa menjadi sumber informasi baru, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
10 Film Action Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Penuh Aksi Mendebarkan D315f

10 Film Action Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Penuh Aksi Gila!

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa Penuh Adegan Mendebarkan Bb449

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

Film Romantis Indonesia 0c9c0

20 Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2020, Awas Baper!

Film Barat Terbaru C7e42

17 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Wajib Nonton!

Cameo Paling Mengejutkan Banner 434ca

7 Cameo Paling Mengejutkan di Film Hollywood, No. 6 Gak Nyangka Banget!

Banner C7b97

7 Artis Hollywood yang Merendahkan Film Marvel, Kesal Karena Gak Diajak Main?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!

7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Terlarang yang Kini Disukai Banyak Orang, Dianggap Masterpiece!

7 Film Terlarang yang Kini Disukai Banyak Orang, Dianggap Masterpiece!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal