7 Film yang Menginspirasi Penonton Jadi Kriminal | Sadis Banget!

Default

Film yang menginspirasi penontonnya menjadi kriminal mungkin hal yang nggak diduga oleh sutradara maupun produser film itu. Padahal seharusnya menginspirasi penonton untuk lebih berhati-hati.

Namun, kenyataannya ada sejumlah film yang benar-benar menginspirasi para penontonnya untuk melakukan kejahatan yang sama dengan yang di film itu loh!

Bahkan film-film ini nggak datang dari film tentang kejahatan atau kriminal saja, ada juga dari thriller, horor, bahkan film drama romantis terbaik, geng.

Berikut ini sudah Jaka rangkum daftar film yang menginspirasi penontonnya jadi kriminal. Apakah film favoritmu masuk di daftar ini?

Film yang Menginspirasi Penontonnya Jadi Penjahat

Film biasanya dibuat dengan tujuan tertentu selain untuk menghibur dan berhasil masuk ke box office. Yakni memberikan inspirasi dan pesan kepada penontonnya mengenai nilai dari cerita.

Sehingga nggak heran kalau film juga menjadi media yang baik dalam penyampaian pesan positif kepada para penontonnya. Namun, apa jadinya kalau penonton malah terinspirasi melakukan kejahatan dari film itu?

Ternyata ada banyak film yang menginspirasi penonton jadi kriminal atau penjahat loh. Simak daftarnya berikut ini baik-baik, ya!

1. Batman: The Dark Knight

Film Kriminal 2019 899bf

Apakah akting dari Heath Ledger terlalu bagus hingga bisa menginspirasi para penonton film Batman: The Dark Knight untuk melakukan kejahatan?

Pada tahun 2010, seorang pria asal Wisconsin, Amerika Serikat dijatuhi hukuman hampir satu tahun penjara setelah dia masuk ke rumah sepupunya dan menyerangnya dengan berpakaian seperti Joker.

Insiden yang lebih gila terjadi pada tahun 2009, ketika seorang gadis muda menyerang seorang guru SMA di Indiana, Amerika Seriakt. Gadis itu berlari ke arah guru dengan pisau silet.

Hal itu dilakukannya setelah dia pergi ke kamar mandi dan menggambar senyum khas Joker dengan riasan merah, putih, dan hitam.

2. SAW

Film Menginspirasi Kriminal 6b7ac

Pembunuh berantai psikopat, Jigsaw, dari franchise film Saw adalah salah satu penjahat paling ditakuti dalam sejarah film thriller terbaik.

Saking menakutkannya sosok ini hingga bisa menginspirasi penonton untuk hampir melakukan tindak kejahatan yang sama sadisnya loh.

Seorang ibu asal Salt Lake City, Amerika Serikat menyerahkan putranya dan temannya ke polisi setelah dia mendengar mereka mengobrol pada suatu malam tentang rencana penculikan, penyiksaan, dan pembunuhan beberapa orang.

Kedua anak laki-laki itu menjelaskan secara rinci rencana mereka untuk membangun ruang penyiksaan dengan gergaji untuk menghukum orang-orang pelajaran yang merugikan orang lain.

Anak laki-laki itu bahkan mengaku mendapatkan kamera dan camcorder untuk mendokumentasikan tindakannya itu, seperti yang akan dilakukan Jigsaw, tokoh film paling sadis.

3. Dhoom

Film Menginspirasi Kejahatan Ddccd

Film asal Bollywood India ini bisa dikatakan salah satu film tersukses dan paling disukai di India. Namun, film ini juga banyak menginspirasi tindak kriminal.

Ada sebanyak 15 kasus yang diilhami kasus kejahatan yang mirip di film tersebut. Salah satunya, kasus di distrik Malappuram Kerala adalah pencurian yang benar-benar menyontek dari film.

Sekelompok perampok yang terdiri dari 4 orang membuat lubang di lantai dan berhasil menjarah bank emas seberat 80 kg dan 50 juta rupee atau sekitar Rp9.9 miliar, mereka mengaku terinspirasi oleh film tersebut!

4. American Psycho

Film Kriminal Terbaru 4ab06

Pada tahun 2004, seorang pemuda bernama Michael Hernandez menikam teman sekelasnya di sekolahnya hingga meninggal dan dia mengaku meniru perilakunya setelah menonton para pembunuh di American Psycho dan Silence of the Lambs.

Dia mengatakan bahwa dia meniru sepenuhnya cara para pembunuh ini sehingga dia berusaha untuk memerankan tindakan mereka dalam film masing-masing.

Hernandez percaya bahwa Tuhan telah memberinya kekuatan khusus dan telah sepenuhnya setuju dengan pilihannya untuk membunuh teman-teman sekelasnya.

Bocah remaja itu pun dihukum karena pembunuhan pada tahun 2008, setelah dia ditemukan dengan bukti yang menghubungkannya dengan kejahatan tersebut.

5. Twilight

Film Tentang Kriminal 73bb2

Film drama romantis manusia dengan vampir yang berhasil jadi sensasi di kalangan remaja ini juga disebut sebagai penyebab sejumlah kasus kejahatan loh!

Seperti yang dialami seorang remaja asal Iowa, Amerika Serikat yang berubah menjadi benar-benar gila. Wakil kepala sekolahnya menerima kabar bahwa seorang gadis berusia 13 tahun digigit oleh teman sekelas laki-laki.

Saat dirinya menyelidiki lebih jauh dan menemukan fakta kalau anak laki-laki tersebut sebenarnya telah menggigit 10 teman sekelas yang berbeda, semuanya dalam rentang waktu satu bulan.

Saat dihubungi, ayah bocah itu mengatakan bahwa kecintaan putranya pada film Twilight telah membuatnya berakting menggigit teman-temannya.

6. A Nightmare On Elm Street

Film Kriminal Indonesia 420d1

Film horor terbaik sepanjang masa ini terbukti menjadi inspirasi pembunuhan Daniel Gonzalez pada tahun 2004. Suatu malam, penderita skizofrenia paranoid mengonsumsi serangkaian obat dan terus mengamuk.

Hingga dirinya menewaskan empat orang termasuk seorang dokter dan istrinya. Gonzalez menggunakan senjata pisau dapur, saat dia berpura-pura menjadi pembunuh dari A Nightmare On Elm Street, Freddy Krueger.

Laporan resmi mengklaim bahwa pemuda itu tidak menerima perawatan yang tepat untuk kondisi medisnya, dan itulah mengapa dia bertindak seperti itu.

Dia diberi hukuman seumur hidup untuk pembunuhan tersebut. Hingga dia akhirnya bunuh diri di selnya pada tahun 2007.

7. Scream

Film Kejahatan Terbaik A7788

Film ini begitu rinci dalam menggambarkan pembunuhan hingga seorang hakim Amerika pernah mengatakan bahwa kalau film ini sumber yang sangat baik untuk mempelajari cara membunuh seseorang.

Film ini memang menginspirasi para pembunuh peniru yang paling terkenal adalah Thierry Jaradin yang berusia 24 tahun. Jaradin sebenarnya berteman dengan seorang remaja muda bernama Alisson Cambier dan mengundangnya ke rumahnya.

Sesampai di sana, Jaradin mengajaknya melakukan hubungan intim tetapi ditolak. Dia kemudian pamit ke ruangan lain dan mengenakan kostum ikonik Scream.

Dia mengambil dua pisau pahat besar, dan menikam Cambier 30 kali dengan cara yang mirip dengan adegan pembuka film. Dia kemudian mengaku melalui telepon kepada polisi dan menyalahkan film tersebut atas tindakannya.

Akhir Kata

Itu tadi serangkaian film yang menginspirasi para penontonnya untuk melakukan tindak kejahatan atau kriminal, geng. Rata-rata memang dari film psikologis yang tersadis.

Apakah menurutmu film-film tadi memang nggak layak untuk ditayangkan kembali? Yuk, bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT
Film Horor Terseram 2021 5a8be
35+ Film Horor Terseram dan Terbaru 2021, dari Berbagai Negara!
Film Horor Tanpa Ada Kematian Satupun 320d4
7 Film Horor Mengerikan Tanpa Ada yang Mati Satupun, Kok Bisa?
Film Tempat Mengerikan Lokasi Syuting Horor 649f7
7 Tempat Mengerikan yang Jadi Lokasi Syuting Film Horor, Serem Abis!
7 Adegan Cgi Terburuk Dalam Film Superhero Marvel Untung Filmnya Bagus D1b5b
7 Adegan CGI Terburuk dalam Film Superhero Marvel, Bagusan CGI Film DC?
7 Aktor Yang Jadi Buruk Rupa Akibat Cgi Mirip Karakter Kartun 27165
Kacau! 7 Aktor yang Jadi Buruk Rupa Akibat Efek CGI Amburadul
Cgi 6d9b9
5 Alasan Film Superhero Tanpa CGI Gak Bakal Laku
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal