J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film yang Menghancurkan Karir Sang Sutradara, Hilang Ditelan Bumi!

7 Film yang Menghancurkan Karir Sang Sutradara, Hilang Ditelan Bumi!

Sabtu, 1 Agt 2020, 18:30 WIB
Berkarir di balik layar sebagai sutradara tentu nggak mudah. Sayangnya, ada sutradara yang karirnya hancur karena film yang ia garap, lho!

Kesuksesan film layar lebar nggak melulu dilatarbelakangi oleh kepiawaian para aktornya dalam melakoni peran, tapi juga berkat sutradara yang ada di balik layar.

Perjuangan demi menduduki kursi sutradara pun tentunya nggak mudah. Mereka harus punya banyak pengalaman dan kemampuan untuk meniti karir di posisi ini.

Saat mereka berhasil membuat film fenomenal, reputasinya sebagai seorang sutradara pun akan semakin terkenal. Tapi, apa jadinya kalau film yang dibuat justru gagal total?

Hingga saat ini, sudah banyak film yang gagal hingga mendapat banyak hujatan dan kritik pedas dari kritikus maupun penggemar, geng.

Parahnya lagi, ada film yang menghancurkan karir sang sutradara, lho! Wah, film apa saja ya kira-kira? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Film yang Menghancurkan Karir Sutradaranya

Kamu mungkin sudah tahu beberapa film yang merusak karir aktornya, tapi gimana dengan film yang merusak karir sang sutradara?

Biar nggak makin penasaran, langsung aja simak ulasan berikut mengenai 7 film yang menghancurkan karir sutradaranya.

1. Heaven's Gate (1980)

Sut Heaven S Gate 1980 Custom A8415

Berkat kesuksesannya menjadi sutradara di film The Deer Hunter, Michael Cimino pun dipercaya untuk menyutradarai film Heaven's Gate.

Sayang, karirnya anjlok setelah perilisan film Heaven's Gate. Alasannya karena film ini berdurasi terlalu lama, yakni 219 menit, dengan alur cerita yang sangat lamban.

Film yang diproduksi dengan biaya mencapai 44 juta dolar ini pun hanya bisa menghasilkan 3,5 juta dolar saja. Akhirnya, Heaven's Gate menjadi salah satu film yang membuat studionya bangkrut.

Bahkan, karir Cimino sebagai sutradara pun langsung meredup. Ia sebenarnya masih mengerjakan film setelah Heaven's Gate, tapi akhirnya karir Cimino pun benar-benar padam.

2. The Number 23 (2007)

Sut The Number 23 2007 Custom Cc710

Joel Schumacher harus menerima pil pahit atas kegagalan film Batman and Robin. Kegagalan itu bahkan membuat Warner Bros mengubur film Batman selama bertahun-tahun.

Tapi, Schumacher masih bisa mempertahankan karirnya. Ia pun kembali menggarap beberapa film seperti 8MM, Tigerland, dan Phone Booth.

Sayangnya, ia nggak sanggup bertahan dari filmnya yang berjudul The Number 23 tentang Walter Sparrow yang bekerja sebagai petugas animal control dan novel berjudul The Number 23 dari temannya.

Singkatnya, Sparrow merasa seperti menjadi tokoh dalam novel tersebut. Bahkan, orang-orang yang ia cintai meninggal setelah ia membaca novel tersebut. Tapi ending-nya bener-benar receh!

Film yang rusak karena plot-twist murahan itu pun menjadi awal kehancuran Joel Schumacher sebagai sutradara hingga akhirnya ia berhenti menyutradarai film layar lebar sejak tahun 2011.

3. Fantastic Four (2015)

Sut Fantastic Four 2015 Custom 52eb4

Salah satu sutradara yang menyalahkan studio karena filmnya gagal, Josh Trank juga harus rela karirnya hancur karena kegagalan filmnya.

Film tersebut adalah Fantastic Four, salah satu film superhero gagal yang diwarnai konflik antara Trank selaku sutradara, dan Fox sebagai studionya.

Trank dikabarkan bersikap nggak profesional sepanjang proses syuting dan berkelahi dengan Miles Teller yang ia rekrut sendiri, geng.

Setelah menyutradarai Fantastic Four yang menjadi film penuh kritikan pedas di tahun 2015, Trank pun akhirnya hiatus panjang sebagai sutradara.

Tapi, ia kembali ke dunia layar lebar dan menyutradarai film Capone yang baru rilis pada Mei 2020 kemarin. Ya, film ini pun gagal total dan semakin menenggelamnkan nama Josh Trank.

4. Dragonball Evolution (2009)

Sut Dragonball Evolution 2009 Custom D097d

Kalau kamu termasuk pecinta anime Dragon Ball, kamu pasti tahu film Dragonball Evolution, kan? Iya, ini adalah salah satu film tergagal dan paling merugi.

Dragonball Evolution menampilkan efek CGI yang buruk, cerita yang nggak masuk akal, dan karakter yang berbeda jauh dari versi animenya sehingga membuat para fans Dragon Ball geram.

Film live-action terburuk ini digarap oleh sutradara Justin Wong. Naas, setelah film ini dihujat, Wong dikabarkan berhenti menjadi sutradara film dan hanya menggarap serial TV saja.

Tamatnya karir Wong menduduki kursi sutradara film layar lebar karena studio Hollywood selalu menjadi lebih berhati-hati dalam mengontrak sutradara.

Hal inilah yang terjadi pada Wong. Ia nggak menerima tawaran kerja sama untuk menggarap film layar lebar. Alhasil, ia cuma punya dua opsi, menjadi sutradara serial TV atau membuat film independen.

5. Jupiter Ascending (2015)

Sut Jupiter Ascending 2015 Custom 6a317

Setelah selesai dengan trilogi The Matrix, tiga kakak-beradik transgender The Wachowskis diberi kepercayaan untuk menggarap film dengan bujet fantastis.

Miris, ketiga film itu rugi total. Salah satunya Cloud Atlas yang mendapat ulasan cukup positif, tapi perolehan 130 juta dolar gagal menutupi biaya produksi yang mencapai 250 juta dolar.

Tiga tahun berlalu, The Wachowskis kembali ke kursi sutradara dan menggarap Jupiter Ascending. Sayangnya, film dengan biaya 176 juta dolar ini pun harus rugi karena hanya meraup 184 juta dolar.

Film mahal yang justru nggak terkenal ini pun berhasil menghancurkan karir sutradaranya hingga nama The Wachowskis nggak lagi muncul di industri perfilman hingga saat ini.

6. Survival of the Dead (2009)

Sut Survival Of The Dead 2009 Custom 1e6b0

Film Night of the Living Dead karya George A. Romero bisa dibilang sebagai film yang membangkitkan genre horor tentang zombie seperti The Walking Dead.

Sayangnya, serial pertama Diary of the Dead mendapat respons buruk dari penikmat film dan menjadi salah satu film horor terburuk, geng.

Anehnya, film gagal tersebut tetap mendapat sekuel lanjutan, yakni Survival of the Dead yang justru membunuh karir Romero sebagai sutradara.

Film tentang zombie ini bahkan menghilang dengan cepat karena nggak ada orang yang mau menontonnya lagi. Rating di IMDb saja cuma mentok di angka 4.9/10.

7. Pinocchio (2002)

Sut Pinocchio 2002 Custom 801a3

Nama Roberto Benigni sebagai sutradara film mulai mencuat setelah kesuksesan film Life Is Beautiful yang dirilis pada tahun 1997, geng.

Malang, popularitas Benigni setelah menggarap film non-Hollywood tersukses itu hanya berlangsung sementara saja, sebab 5 tahun setelahnya, ia mencoba sesuatu yang baru.

Pada tahun 2002, Benigni membuat film Pinocchio sekaligus menjadi pemeran utamanya. Film ini pun flop dengan rating 4.4/10 di IMDb dan sukses memberi Benigni 6nominasi Razzie.

Setelah itu, Benigni cuma menyutradarai film The Tiger and the Snow yang kenyataannya nggak begitu bagus dan tetap nggak bisa menghidupkan kembali karir sang sutradara.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 7 film yang menghancurkan karir sutradaranya. Meski berhasil menciptakan film sukses, film gagal yang mereka buat setelahnya justru membunuh karir mereka.

Beberapa memang sempat kembali menyutradarai film, hanya saja film tersebut tetap gagal dan nggak bisa mengembalikkan kesuksesan mereka seperti sedia kala.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
Aktor Film Sutradara Saling Benci Fd828

7 Aktor dan Sutradara yang Saling Benci, Bikin Film Gagal Total!

Banner Jadi 7929d

7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Film Gagal Semua?

Banner E1191

7 Aktor yang Gak Bisa Menghafal Dialog Mereka Sendiri, Dibenci Sutradara?

Film Sutradara Berperan Aktor Utama Banner 77247

7 Film yang Aktor Utamanya Berperan Sebagai Sutradara, Demi Cuan Banyak?

Banner Indiana Jones And The Kingdom Of The Crystal Skull Film Terkenal Yang Orang Tidak Peduli Dan Dianggap Ada Custom A3ba0

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

Aktor Film Terkena Kutukan Aneh Menyeramkan E256e

7 Aktor Film yang Terkena Kutukan Menyeramkan, Ada yang Meninggal!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Karir Sutradara Ini Hancur Akibat 1 Film Bikinannya, Sayang Banget!

Karir Sutradara Ini Hancur Akibat 1 Film Bikinannya, Sayang Banget!

7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Film Gagal Semua?

7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Film Gagal Semua?

7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal