J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film tentang Makhluk Mengerikan yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

7 Film tentang Makhluk Mengerikan yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Kamis, 2 Jul 2020, 18:00 WIB
Film monster aneh dan seram biasanya hanyalah buah pikiran sang penciptanya. Tapi, ada juga film montster mengerikan yang terinspirasi dari kisah nyata!

Film horor atau film mengerikan lainnya nggak selalu menampilkan sosok hantu yang menyeramkan. Kadang, ada juga film yang menampakkan sosok makhluk aneh seperti monster.

Biasanya, film yang menyuguhkan sosok makhluk mengerikan hanya dibuat berdasarkan imajinasi sang penulis atau pembuat filmnya saja.

Tapi siapa sangka, ada juga film tentang makhluk seram yang ternyata dibuat karena terinspirasi dari kisah nyata, lho!

Penasaran apa saja film tentang makhluk mengerikan yang terinspirasi dari kisah nyata? Yuk, langsung aja simak ulasannya berikut ini!

Film Makhluk Seram yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Selain sosok hantu, banyak juga film yang bercerita tentang sosok makhluk mengerikan yang siap mengintaimu di sepanjang film, geng.

Menariknya, beberapa film tentang makhluk seram tersebut ada yang terinspirasi dari kejadian nyata. Biar nggak penasaran, simak ulasan di bawah ini!

1. The Blob (1958)

Monsta1 Custom Afc1f

Film horor yang populer di jamannya ini menceritakan sosok alien menyerupai jelly yang terus tumbuh, membesar, dan memakan apapun yang ditemuinya, termasuk manusia.

Saat mendengar kata alien, kamu pasti nggak akan percaya kalau film The Blob ini terinspirasi dari kisah nyata, kan?

Siapa sangka, film tentang alien ini ternyata memang terinspirasi dari kisah aneh yang dialami polisi Pennsylvania pada tahun 1950.

Kedua polisi tersebut mengaku melihat sesuatu menyerupai jelly berwarna ungu yang jatuh dari langit. Saat menyentuhnya, bagian makhluk yang disentuh itu menguap.

Nggak lama kemudian, makhluk tersebut lenyap begitu saja dan hanya meninggalkan bekas misterius di tanah, geng.

2. Bram Stoker's Dracula (1992)

Monsta2 Custom 4ce7d

Kalau di pikiranmu sosok drakula itu keren seperti Alucard di Mobile Legends, coba deh tonton film vampir berjudul Bram Stoker's Dracula untuk membuka matamu.

Karakter Dracula pertama kali diangkat di sebuah novel berjudul Dracula karya Bram Stoker, seorang novelis Irlandia. Novel tersebut terbit pada tahun 1897.

Ceritanya pun diduga kuat terinspirasi dari kisah kekejaman Vlad III Dracula, sang penyula yang merupakan Pangeran Wallachia.

Hanya saja, kisahnya dalam novel dan film ini sudah dimodifikasi dengan legenda vampir penghisap darah. Bahkan, karakter Dracula pun diubah menjadi warga Transylvania.

3. Jaws (1975)

Monsta3 Custom 1d6b4

Film yang diadaptasi dari novel Peter Benchley dengan judul yang sama ini terinspirasi dari kisah nyata tentang serangan hiu putih.

Kisah tersebut adalah tragedi serangan hiu di pantai New Jersey saat musim liburan di tahun 1916. Saat tragedi pertama kali terjadi, pihak berwajib malah meremehkannya.

Mereka pun membiarkan pantai tetap dibuka dan mengizinkan beberapa pemburu hiu memasuki air untuk melakukan pemburuan yang tak berarti.

Penulis naskah film Jaws, Carl Gottlieb, mengakui bahwa tragedi serangan hiu di New Jersey memang salah satu inspirasi dari film horor klasik tersebut.

Meski begitu, Peter Benchley sebagai pengarang novel Jaws membantah adanya hubungan antara karyanya dengan tragedi nyata tersebut, geng.

4. Child's Play (1988)

Monsta4 Custom Ead99

Masih ingat dengan boneka menyeramkan Chucky? Ya, film yang dirilis pada tahun 1988 ini menceritakan sebuah boneka pembunuh bernama Chucky yang mengerikan.

Ternyata, ada satu fakta mengerikan tentang film Child's Play, yakni film ini terinspirasi dari mainan asli, yaitu Robert the Doll.

Pada awal tahun 1900-an, seorang anak asal Florida bernama Robert Eugene Otto menerima sebuah boneka yang kemudian ia beri nama Robert.

Kemunculan boneka Robert pun mulai menimbulkan hal-hal menyeramkan. Otto pun meninggal pada 1974 dan boneka ini dimiliki oleh anak perempuan bernama Gene.

Singkat cerita, Gene mengalami serangan mental yang luar biasa. Bahkan, ia mengatakan bahwa boneka Robert akan menyerangnya saat malam tiba.

5. The Haunting in Connecticut (2009)

Monsta5 Custom 4dedc

The Haunting in Connecticut diawali kisah Sarah dan anaknya Matt yang menderita kanker dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit, geng.

Karena lelah mengantar anaknya pulang pergi dari rumah ke rumah sakit yang jaraknya sangat jauh, keluarganya pun memutuskan untuk menyewa rumah di daerah Connecticut.

Salah satu film kontroversial tersukses ini terinspirasi dari kisah nyata tentang keluarga bernama Snedekers. Mereka pindah ke sebuah rumah di Southington, Connecticut.

Setelah pindah ke rumah barunya, sang ibu, Carmen Snedeker, mulai merasakan kejanggalan setelah menemukan beberapa alat di basement yang digunakan untuk pemakaman.

Keluarga Snedekers pun akhirnya mengetahui fakta bahwa rumah tersebut adalah rumah duka yang menjadi tempat dilakukannya aksi terlarang necromancy pada para jenazah.

6. Black Water (2007)

Monsta6 Custom 0e19c

Cerita Black Water dimulai ketika suatu keluarga berlibur ke hutan mangrove Australia. Naas, keluarga tersebut diserang buaya dan mereka berjuang untuk bertahan hidup.

Black Water mengikuti kisah sekelompok wisatawan yang diserang buaya ketika mengikuti tur Blackwater Berry di Northern Territory, Australia, pada Desember 2003.

Menariknya, dalam film tentang teror hewan buas ini juga terselip beberapa scene yang menggunakan rekaman asli pada saat tragedi naas tersebut terjadi, geng.

Black Water pun menerima pujian dari para kritikus karena terlepas dari minimnya efek CGI yang digunakan, film ini berhasil memberi kesan yang menegangkan.

7. IT (2017)

Monsta7 Custom C03a3

Film tentang teror Pennywise si Badut Penari garapan Andy Muschietti ini mendapat banyak pujian dari para kritikus maupun penonton yang puas dengan filmnya.

Kengerian sosok Pennywise pun berhasil membuat IT menjadi salah satu film yang bisa menimbulkan phobia terhadap badut atau coulrophobia.

Film yang diadaptasi dari novel Stephen King berjudul sama ini mengangkat kisah tentang seorang pembunuh berantai, John Wayne Gacy, yang hobi berdandan seperti badut.

Kasus badut bernama Pogo the Clown pun berhasil mencuri perhatian publik dan sosoknya tetap terkenal bahkan ketika ia dipenjara sampai ia dijatuhi dihukum mati.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 7 film makhluk mengerikan yang terinspirasi dari kisah nyata. Meski bukan soal hantu, film tadi bisa membuat penonton ketakukan.

Apalagi setelah mengetahui film tadi terinspirasi dari kejadian sungguhan, kengerian dalam filmnya pun menjadi dua kali lipat!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!

Saw

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

7 Film Dengan Adegan Pembunuhan Paling Sadis Jangan Nonton Kalau Nggak Mau Muntah 294ed

7 Film dengan Adegan Pembunuhan Paling Sadis, Bikin Mual!

Banner Fb 10 3a6a5

7 Adegan Film Horor yang Di-Cut Karena Terlalu Menjijikan, Auto Mual!

Film Psikopat Terbaik Banner A7dcc

25 Film Psikopat Terbaik dan Tersadis, Bikin Gak Nyenyak Tidur!

Film Dengan Plot Twist Tergila 414f0

5 Film dengan Plot Twist Tergila | Semua Penonton Tertipu!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
20 Film Horor Terseram dan Terbaik, Khusus buat Pemberani Saja!

20 Film Horor Terseram dan Terbaik, Khusus buat Pemberani Saja!

7 Film Horor Mengerikan Tanpa Ada yang Mati Satupun, Kok Bisa?

7 Film Horor Mengerikan Tanpa Ada yang Mati Satupun, Kok Bisa?

7 Film Horor yang Bikin Trauma Waktu Kecil, Bikin Gak Bisa Tidur!

7 Film Horor yang Bikin Trauma Waktu Kecil, Bikin Gak Bisa Tidur!

7 Film Horor yang Memprediksi Kejadian Horor Sungguhan, Serem Banget!

7 Film Horor yang Memprediksi Kejadian Horor Sungguhan, Serem Banget!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal