J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Low-Budget yang Sukses Besar di Box Office, Fix Balik Modal!

Selasa, 25 Agt 2020, 18:00 WIB
Nggak hanya sukses, film-film berbudget rendah ini juga balik modal hingga ratusan kali lipat! Apa aja? Simak daftarnya di artikel ini.

Sudah jadi rahasia umum bahwa film-film yang bagus membutuhkan budget yang nggak sedikit. Beragam adegan-adegan fantastis berbiaya besar sengaja dibuat demi menampilkan aksi serta plot cerita yang memukau.

Akan tetapi, ada juga loh film yang dibuat dengan budget rendah namun berhasil meraih prestasi dan kesuksesan besar di box office. Kok bisa? Bagaimana mereka bisa melakukannya?

Daripada kamu penasaran, berikut Jaka bahas mengenai deretan film low-budget yang sukses besar di box office. Siapa tahu bisa menginspirasimu dalam membuat film-film indie, geng!

Film Low-Budget yang Sukses Besar di Box Office

Berbeda dengan film-film gagal yang menghabiskan budget besar, deretan film yang akan Jaka sebutkan di bawah mampu balik modal berkali-kali lipat hanya dengan budget minimalis. Berikut daftarnya!

1. Paranormal Activity (2007)

1 Custom D563e

Bagi kamu generasi milenial pastinya familiar banget dengan film ini karena sempat booming di seluruh dunia pada tahun 2007, termasuk di Indonesia sendiri.

Menawarkan film horor dengan konsep real-live footage, Paranormal Activity menginspirasi banyak film bergenre sejenis untuk membuat plot atau tata kamera yang_ out of the box_.

Nggak heran, film ini berhasil meraih pendapatan kotor hingga 193 juta USD atau Rp2,48 triliun, padahal biaya produksi plus pemasarannya sendiri hanya memakan biaya total 230 rRibu dollar AS atau Rp3,39 miliar.

2. Mad Max 2 (1981)

2 Custom 15039

Film ini jadi kelanjutan dari series Mad Max (1979) yang sukses besar pada tahun itu. Bedanya, budget yang dikeluarkan dalam film ini nggak terlalu besar, hanya 4,5 juta dollar Australia atau sekitar Rp47 miliar.

Betul, Dollar Australia, mengingat film ini dibikin dan diproduksi di Australia. Berkat akting Mel Gibson yang totalitas didukung aksi-aksinya yang keren, film ini booming di Australia dan dunia.

Selain memperoleh kesuksesan besar di ranah penghargaan, film ini juga sukses meraup pendapatan box office hingga 36 juta dollar AS atau setara dengan Rp530 miliar. Keren banget!

3. Halloween (1978)

3 Custom 6d36a

Salah satu film psikopat tersadis dan terbaik di tahun 1978 ini mengisahkan tentang seorang anak berusia 6 tahun yang membunuh adiknya hingga tewas mengenaskan.

Nantinya, kamu bakal menemukan adegan sadis nan kejam yang dilakukan oleh anak ini seiring berjalannya waktu dan umur yang ia lalui.

Meskipun sadis, film ini berhasil meraih pendapatan box office hingga 70 juta dolar AS atau Rp1,03 triliun. Padahal, budget yang ia keluarkan termasuk sedikit, yakni 300 ribu dollar AS atau Rp4,42 miliar. Benar-benar balik modal!

4. Lost in Translation (2003)

4 Custom A96e0

Film bergenre romantic comedy-drama ini dirilis pada tahun 2003, mengisahkan kisah 2 orang turis asing yang tak saling kenal dalam satu hotel di Tokyo.

Karena dua-duanya mengidap insomnia, mereka pun jadi dekat dan saling mengisi hari-hari mereka yang membosankan di sana. Plot cerita yang rapi dan bermakna bikin film ini berhasil memenangkan piala Oscar 2004 untuk kategori Skenario Asli Terbaik.

Selain itu, film ini juga berhasil meraup pendapatan hingga 118 juta dolar AS atau setara dengan Rp1,73 tTriliun. Padahal, biaya produksi yang mereka keluarkan termasuk sedikit, hanya 4 juta dollar AS atau Rp58 miliar.

5. The Terminator (1984)

5 Custom 5083b

Masih ingat dengan ucapan "I'll be back" khas Terminator? Yap! Film ini begitu terkenal dan ikonik hingga kini. Apalagi di tahun rilisnya, 1984, film ini begitu booming di seluruh dunia.

Berawal dari biaya produksi yang hanya 6,4 juta dollar AS atau sekitar Rp94,3 miliar, film ini berhasil menawarkan konsep film robot futuristik yang punya plot cerita unik dan keren.

Ditambah dengan aksi ikonik Arnold Schwarzenegger dalam memerankan Terminator, film ini berhasil laku keras di box office hingga meraup sekitar 78,3 juta dollar AS atau Rp1,14 tTriliun.

6. The Gallows (2015)

6 Custom F3160

Dirilis pada tahun 2015, film bergenre horor ini sukses membuat ketakutan seisi bioskop karena plot ceritanya yang menyeramkan sekaligus mencekam abis.

Film ini awalnya hanya menghabiskan biaya produksi sekitar 100 ribu dollar AS atau sekitar Rp1,47 miliar. Berkonsep mirip-mirip dengan Paranormal Activity, film ini mengisahkan sekelompok anak SMA yang terjebak dalam teror menakutkan.

Berkat akting para aktornya yang totalitas plus plot ceritanya yang mencekam abis, film ini berhasil meraup pendapatan box office hingga 43 juta dollar AS atau sekitar Rp663 miliar. Ratusan kali lipat untungnya!

7. Rocky (1976)

7 Custom B71d7

Jadi salah satu film Sylvester Stallone terbaik dan tersukses sepanjang kariernya, film ini mengisahkan petinju sukses dengan segala kemelut kehidupannya.

Banyak yang memuji kepiawaian Stallone saat menulis naskah dan memproduksi film ini. Ditambah saat ia sendiri memerankan sang tokoh utama, film ini jadi begitu hidup dan berkesan.

Itu sebabnya, selain panen penghargaan prestisius seperti Grammy, film Rocky juga berhasil meraup pendapatan box office hingga 225 juta dollar AS atau Rp3,31 triliun, dengan budget awal hanya berkisar 960 ribu dollar AS atau sekitar Rp14,1 miliar.

Akhir Kata

Itulah tadi sederet film low-budget yang sukses besar di box office. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f

Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal

Untitled 3 Ccb77

7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!

Untitled 1 7fa91

7 Aktor Hollywood yang Udah Tajir Melintir dari Lahir, Rafathar Kalah!

Page B7b12

7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?

Page B05d7

7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!

Page 9bad8

7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Horor dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Balik Modal?

7 Film Horor dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Balik Modal?

7 Film Gak Terkenal yang Berhasil Raup Jutaan Dolar, Ngalahin Avengers?

7 Film Gak Terkenal yang Berhasil Raup Jutaan Dolar, Ngalahin Avengers?

Diremehin Parah! 7 Film yang Nggak Sengaja Jadi Sukses di Pasaran

Diremehin Parah! 7 Film yang Nggak Sengaja Jadi Sukses di Pasaran

7 Film Non-Hollywood Terlaris, Ada yang Menang Oscar!

7 Film Non-Hollywood Terlaris, Ada yang Menang Oscar!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal