J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Kontroversial yang Sebenarnya Biasa Saja, Netizen Lebay!

7 Film Kontroversial yang Sebenarnya Biasa Saja, Netizen Lebay!

Kamis, 27 Agt 2020, 19:00 WIB
Berbagai film memang kerap mengundang kontroversi dan kecaman dari berbagai pihak. Tapi, ada juga film kontroversial yang sebenarnya biasa saja, geng!

Meski sudah dibuat dengan susah payah, ternyata gak semua film bisa diterima dengan baik oleh kritikus maupun penontonnya. Alasannya pun beragam.

Misalnya, karena film tersebut memiliki alur cerita yang gak masuk akal, atau banyak adegan dewasa yang mengejutkan dan gak layak tonton, geng.

Karena hal tersebut dan berbagai alasan lainnya, akhirnya banyak film yang menuai kontroversi hingga mendapat hujatan dari berbagai pihak.

Anehnya, ada juga film yang sebenarnya biasa saja tapi justru menyulut amarah kritikus dan penikmat film. Wah, kira-kira film apa saja, ya?

Biar gak penasaran, kali ini Jaka akan membahas film kontroversial yang sebenarnya biasa saja. Hm, mungkin memang netizen aja yang lebay!

Film Biasa yang Malah Menuai Kontroversi

Meski punya cerita yang menarik, ternyata gak semua film bisa diterima dengan baik. Ujung-ujungnya, banyak film yang malh mengundang kontroversi.

Misalnya film biasa saja yang justru jadi kontroversial seperti yang akan Jaka ulas di bawah ini. Film apa saja, ya?

1. Natural Born Killers (1994)

Con Natural Custom 3328a

Natural Born Killers adalah film tentang psikopat yang menceritakan kisah cinta antara dua pembunuh bayaran ini sempat menuai kontroversi setelah perilisannya.

Bukan karena cerita yang buruk, tapi karena Natural Born Killers menjadi salah satu film yang menginspirasi kasus pembunuhan sungguhan.

Setidaknya, ada delapan pembunuhan yang terjadi antara tahun 1994 dan 2002. Bahkan, para pembunuh tersebut terang-terangan mengakui kalau mereka terinspirasi dari film karya Oliver Stone ini.

Padahal, gak ada yang salah dengan Natural Born Killers, ceritanya juga tergolong bagus hingga film ini berhasil meraup keuntungan mencapai 50 juta dolar.

2. First Man (2018)

Con First Man Custom 67a25

Pencapaian Neil Amstrong sebagai manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan diangkat dalam film First Man karya Damien Chazelle.

Sebenarnya, film luar angkasa yang dibintangi Ryan Gosling ini mendapat banyak respons positif sehingga membuat film ini digadang-gadang sebagai calon penerima Oscar 2019.

Sayangnya, ada satu adegan yang memicu kontroversi hingga membuat film ini mendapat komentar negatif. Adegan tersebut menampilkan Buzz Aldrin menancapkan bendera Amerika Serikat di Bulan.

Lalu, apa yang salah dari adegan tersebut? Hal yang disayangkan adalah nggak adanya aksi ikonik saat adegan penancapan bendera AS di bulan tersebut.

3. Zero Dark Thirty (2012)

Con Zero Dark Custom C73c1

Selanjutnya ada film tentang terorisme yang disutradarai oleh Kathryn Bigelow. Film ini menuai kontroversi karena dicap sebagai propaganda untuk militer.

Berbagai anggota Kongres dari Partai Republik mengklaim Zero Dark Thirty dibuat dengan cara yang nggak benar dan sudah menggunakan informasi rahasia.

Tapi, meskipun dianggap sangat mentah bagi masyarakat Amerika yang masih trauma terhadap perisitwa 9/11, kesuksesan film ini tetap nggak terelakkan, geng.

Bahkan, film tentang perburuan Osama Bin Laden ini langsung meraup keuntungan sebanyak 24 juta dolar dalam pekan perdana pemutarannya.

4. Forrest Gump (1994)

Con Forrest Custom 57f4d

Sebenarnya, gak ada yang salah dengan film Forrest Gump karya sutradara Robert Zemeckis. Bahkan, film ini menyabet penghargaan Best Picture di ajang Oscar 1995.

Siapa sangka, kontroversi langsung mencuat saat film yang dibintangi Tom Hanks ini memboyong Piala Oscar. Banyak yang gak terima karena film ini mengalahkan The Shawsank Redemption.

Berbagai pihak juga menyayangkan keputusan ini padahal ada film Pulp Fiction yang juga masuk nominasi tapi justru Forrest Gump yang memenangkan penghargaan.

5. Fight Club (1999)

Con Fight Club Custom 481b1

Tanpa ragu-ragu, David Fincher membuat film dengan mengangkat tema yang agak berbeda, yakni perkelahian yang seolah menjadi kritik keras terhadap peradaban saat ini.

Saat pertama kali dirilis, Fight Club justru gak laku dan malah menuai kontroversi karena menampilkan elemen kepribadian ganda dan dianggap sebagai film yang dapat merusak mental penontonnya.

Tapi setelah dirilis dalam bentuk DVD dan sukses di banyak negara, film ini justru mendapat status cult movie karena berani menampilkan tema yang beda dan inspiratif.

6. Green Book (2018)

Con Green Book Custom 35065

Film peraih penghargaan Oscar 2019 untuk kategori "Best Picture" ini ternyata gak lepas dari berbagai kontroversi yang membututinya, geng.

Kontroversi Green Book dimulai dari keluhan kerabat tokoh dalam film ini, yakni Don Shirley, yang gak terima karena menganggap film ini nggak sesuai dengan kejadian aslinya.

Bukan cuma itu, Peter Farrelly yang menyutradari film tentang persahabatan ini juga dirumorkan pernah melakukan pelecehan seksual saat melakukan casting.

Bahkan, penulis skenario, Nick Vallelonga, ikut jadi sorotan karena pernah mengunggah sebuah tweet kebencian terhadap umat Islam.

7. A Serbian Film (2010)

Con Serbian Custom F106c

Salah satu karya tergila dari sutradara Srdjan Spasojevic adalah film berjudul A Serbian Film yang dilarang tayang di berbagai negara karena adegan yang gak manusiawi.

Film ini dikecam habis-habisan karena menampilkan unsur pornografi, pemerkosaan, hingga pelecehan seksual anak yang terlihat sangat nyata, geng.

Di balik kontroversi tersebut, sebenarnya film ini dimaksudkan sebagai alegori gelap Perang Balkan tahun 1990-an sekaligus kritik terhadap pemerintahan Serbia.

Akhir Kata

Itu tadi deretan film kontroversial yang sebenarnya biasa saja, bahkan bisa dikatakan sukses besar. Hanya saja, banyak kesalahpahaman yang terjadi sehingga membuat film-film tadi mendapat kecaman.

Kontroversi yang terjadi juga nggak semuanya berasal dari cerita yang disampaikan dalam film, tapi karena berbagai faktor lain yang melatabelakanginya.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
Film Menghancurkan Karir Sang Sutradara Cb2f8

7 Film yang Menghancurkan Karir Sang Sutradara, Hilang Ditelan Bumi!

Film Gagal Terbaik Harus Kamu Tonton 08350

7 Film Gagal Total & Gak Laku yang Wajib Kamu Tonton, Ternyata Seru!

Ewrrewewrewr A8ad9

7 Drama Korea Paling Buruk dan Dibenci Semua Orang, Gak Layak Tayang!

Serial Tv Tahun 90an Yang Terlalu Canggih 9899a

Keren! 7 Serial TV Tahun 90an yang Terlalu Canggih untuk Zamannya

7 Film Dengan Adegan Berantem Paling Realistis Gak Kaya Film Superhero 105c5

7 Film dengan Adegan Berantem Paling Realistis, Anti CGI!

Film Adegan Dewasa Paling Mengejutkan Bb646

7 Film dengan Adegan Dewasa Paling Mengejutkan, Yakin Mau Nonton?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!

7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal