J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Kontroversial yang Paling Sukses di Pasaran, Joker Termasuk!

7 Film Kontroversial yang Paling Sukses di Pasaran, Joker Termasuk!

Selasa, 5 Nov 2019, 21:00 WIB
Meskipun terkenal karena kontroversi yang dibuatnya, nyatanya hal tersebut tidak menghentikan film-film ini meraih kesuksesan di pasaran!

Ketika sedang ditayangkan, banyak kontroversi yang mengiringi film Joker. Salah satunya adalah bahaya yang bisa ditimbulkan dari film ini.

Walaupun begitu, hal tersebut tidak membuat film ini lesu di pasaran dan berhasil mendapatkan pendapatan yang tertinggi.

Tidak hanya Joker, masih banyak film kontroversial lain yang juga sukses di pasaran! Coba tebak, kira-kira film apa saja?

Film Kontroversial Paling Sukses

Terkadang, hal-hal yang berbau kontroversi memang sengaja disisipkan agar menarik perhatian penonton dan mendapatkan ulasan di berita.

Walapun begitu, tidak semua berakhir dengan hujatan. Deretan film di bawah ini justru mendapatkan banyak pujian.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah film kontroversial yang berhasil meraih kesuksesan besar!

1. Basic Instinct (1992)

Film Kontroversial Paling Sukses 1 D7373
Sumber foto: Looper

Sebagai film klasik yang mendapatkan rating tinggi, Basic Instinct juga memiliki kontroversi yang masih dikenang hingga sekarang.

Apalagi jika bukan adegan Catherine Tramell (Sharon Stone) ketika interview yang mengangkat kakinya secara cukup terbuka hingga bagian vitalnya sedikit terlihat.

Kontroversi lain yang dibuat film ini adalah adanya kekerasan ekstrem dan adagan seks yang cukup eksplisit.

Selain itu, film ini juga mendapatkan protes dari kelompok LGBT karena stereotip psycho bisexual yang ditunjukkan film ini.

Walaupun begitu, film ini berhasil mendapatkan pemasukan domestik $117 juta dan $352 juta dari seluruh dunia.

2. Passion of the Christ (2004)

Film Kontroversial Paling Sukses 2 D401c
Sumber foto: CBR

Film selanjutnya adalah Passion of the Christ yang dibintangi oleh Mel Gibson. Film ini sendiri bercerita tentang kehidupan Yesus.

Film ini dituduh anti-Semitisme dan digambarkan begitu kejam tanpa sensor. Film ini juga mendapatkan rating buruk di Rotten Tomatoes.

Segala tuduhan tersebut tidak bisa menghentikan langkah film ini untuk mendapatkan pemasukan hingga mencapai angka $622 juta.

3. The Day After Tomorrow (2004)

Film Kontroversial Paling Sukses 3 75913
Sumber foto: CBR

Sebagai film yang bertemakan bencana alam, The Day After Tomorrow pasti sarat akan kontroversi. Penyebab kiamat di film ini adalah adanya pemanasan global.

Film ini juga mendapatkan skor buruk dari kritikus film. Nilainya di Rotten Tomatoes hanya 44%. Pecinta lingkungan juga menekankan akan ketidakakuratan ilmiah di dalam film.

Beberapa orang juga merasa tidak nyaman karena film ini menunjukkan kehancuran kota New York hanya tiga tahun setelah serangan 9/11.

Meskipun diserang habis-habisan oleh para kritikus, film ini tetap berhasil mendulang kesuksesan dengan menghasilkan $186 juta di dalam negeri dan $544 juta di seluruh dunia.

Film Kontroversial Lainnya . . .

4. Angels & Demons (2009)

Film Kontroversial Paling Sukses 4 F65a7
Sumber foto: CBR

Diangkat dari novel best-seller, film Angels & Demons berhasil mendapatkan pemasukan tinggi. Total pemasukan mereka adalah $618 juta.

Walaupun begitu, kontroversi mengiringi kesuksesan film ini. Pihak Vatikan menuduh film ini anti-Katolik sehingga melarang proses syuting di beberapa lokasi seperti gereja.

Bahkan, pihak Vatikan menyerukan untuk memboikot film ini. Sang aktor utama film ini, Tom Hanks, mengakui tidak memahami mengapa film yang ia bintangi dianggap menghina agama tertentu.

5. Django Unchained (2013)

Film Kontroversial Paling Sukses 5 4f060
Sumber foto: Looper

Film selanjutnya adalah Django Unchained yang disutradarai oleh Quentin Tarantino. Film ini dianggap kontroversial karena banyaknya lontaran berbau rasisme ke kaum kulit hitam.

Leonardo Di Caprio yang berperan sebagai pemilik budak sampai merasa tidak enak hati terhadap lawan mainnya, Samuel L. Jackson dan Jamie Foxx karena ucapan kasar yang harus ia ucapkan.

Banyaknya adegan kekerasan yang terjadi juga membuat banyak penonton merasa tidak nyaman, termasuk ketika ada seorang budak yang dimakan hidup-hidup oleh anjing.

Deretan kontroversi tersebut tidak menghentikan laju film ini untuk mendapatkan pemasukan domestik sebesar $162 juta dan $425 juta dari seluruh dunia.

6. Ghostbusters (2016)

Film Kontroversial Paling Sukses 6 9e1fa
Sumber foto: Looper

Sebagai film reboot, film Ghostbusters jelas akan dibandingkan dengan film pendahulunya yang rilis pada tahun 80-an.

Kontroversi sudah dimulai sejak trailer-nya, karena satu-satunya orang Afrika-Amerika di film ini, Leslie Jones, digambarkan sebagai pekerja kerah biru dan bukannya ilmuwan seperti yang lain.

Selain isu rasisme, kontroversi lain dari film ini adalah dipilihnya karakter wanita yang menjadi ketua tim Blockbusters.

Walaupun mendapatkan skor rendah, film ini berhasil mendapatkan pemasukan domestik sebesar $128 juta dan pemasukan dari seluruh dunia sebesar $229 juta.

7. Joker (2019)

Film Kontroversial Paling Sukses 7 Edd70
Sumber foto: Looper

Dianggap sebagai salah satu film superhero terbaik, Joker berhasil memenangkan Golden Lion pada salah satu festival film terbesar di dunia, Venice Film Festival.

Film ini juga identik dengan kontroversi karena dianggap bisa memicu orang dengan gangguan mental menjadi ter-triggered dan melakukan hal negatif.

Pemasukan film ini sendiri telah menembus angka $853 juta, membuktikan bahwa Joker benar-benar diminati oleh masyarakat terlepas dari berbagai kontroversinya.

Akhir Kata

Itulah beberapa film kontroversial yang tetap meraih kesuksesan secara box office. Memang terkadang orang justru mencari hal-hal yang berbau kontroversi.

Apakah ada film kontroversial lain yang kamu anggap juga mendapatkan pendapatan tinggi? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Kartun Paling Kontroversial Banner 7bb91

7 Kartun Kontroversial yang Berbahaya Untuk Anak, Ada yang Menghina Nabi Muhammad!

Kontroversi Deddy Corbuzier Bfdb7

5 Kontroversi Deddy Corbuzier di YouTube, Mulai dari Lucinta Luna hingga Mualaf

Kontroversi Pubg Paling Heboh Banner D56f6

7 Kontroversi PUBG Paling Heboh di Dunia, Sampai ke Jalur Hukum!

7 Kontroversi Spongebob Squarepants Di Televisi Kartu Anak Yang Kena Sanksi Kpi Ef00c

Kena Sanksi KPI, Inilah 7 Kontroversi Spongebob Squarepants di Televisi!

Drama Korea Paling Kontroversial Banner 8376a

7 Drama Korea yang Paling Kontroversial, Ada yang Menghina Agama Islam!

Banner F4823

7 Cerita Superhero Paling Kontroversial, Ada Pembunuhan Tuhan!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal