J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Adegan Film Keren yang Ternyata Dibuat Tanpa CGI, Ada Adegan Menantang Maut!

7 Adegan Film Keren yang Ternyata Dibuat Tanpa CGI, Ada Adegan Menantang Maut!

Sabtu, 9 Nov 2019, 14:00 WIB
Meskipun kelihatan seperti asli dan keren banget, ternyata adegan-adegan film ini dibuat tanpa menggunakan efek CGI yang canggih, lho

Nggak cuma teknologi medis dan teknologi perang saja yang semakin canggih. Di era modern seperti sekarang, pembuatan film pun juga sudah semakin canggih.

Kalau film zaman dahulu masih menggunakan hal-hal secara manual untuk menambahkan efek-efek keren, saat ini film-film sudah memanfaatkan teknologi CGI untuk memoles filmnya.

Kamu bisa contoh film seperti Avengers: Endgame yang banyak menggunakan efek CGI mutakhir. Nggak heran kalau bujet produksinya melambung tinggi.

7 Adegan Film Keren yang Ternyata Dibuat Tanpa CGI

Meskipun film modern terutama genre action sudah lekat banget sama yang namanya CGI. Namun, ada juga beberapa adegan film keren yang dibuat tanpa CGI, geng.

Entah untuk mengurangi bujet atau pemikiran idealis dari sutradaranya, ketujuh film ini tetap bisa meraih kesuksesan tanpa efek-efek yang extravagant.

Trik kamera serta pengaturan set yang sedemikian rupa membuat adegan-adegan di film tampak seperti menggunakan efek CGI yang rumit.

1. Inception (2010)

1 28f7e

Inception merupakan film masterpiece karya Christopher Nolan. Layaknya karya Nolan lainnya, film Inception juga nggak begitu mengandalkan efek CGI, lho.

Adegan di mana para karakter berkelahi di sebuah kamar hotel menjadi salah satu adegan paling ikonik dalam film. Para karakter seperti melayang dalam ruangan tanpa gravitasi.

Adegan tersebut dibuat di hangar bekas perang dunia yang bisa berputar. Para pemeran juga dipasangi kabel agar bisa melayang seperti di film silat ala sinetron, geng.

Adegan ledakan slow motion yang ber-setting di Paris juga nggak dibuat dengan CGI, lho. Kameramen menggunakan kamera berkecepatan tinggi untuk menangkap adegan ledakan yang telah diatur.

2. Jurassic Park (1993)

2 Ab04b

Jurassic Park merupakan film yang sempat membuat anak-anak generasi '90-an trauma karena T-Rex yang sangat mengerikan.

Semua dinosaurus dalam film nampak nyata dan sangat mengerikan. Meskipun begitu, ternyata dinosaurus tersebut bukanlah efek CGI seperti di sekuel modernnya.

Semua dinosaurus dibuat dengan menggunakan animatronics atau robot hewan raksasa yang dikendalikan dengan komputer. Pantas saja terlihat asli ya, geng?

3. The Dark Knight (2008)

3 642c4

Sudahkah kamu menonton film The Dark Knight? Kalau iya, pasti kamu setuju kalau film ini adalah salah satu film terbaik yang pernah diciptakan.

Nggak cuma kemunculan legendaris Heath Ledger sebagai Joker, film ini juga menampilkan adegan ikonik di mana Batman mengejar Joker dan membalikkan truk kontainer yang dikendalikan oleh Joker.

Meskipun terlihat seperti CGI, adegan ini asli, geng. Adegan kejar-kejaran dibuat dengan menggunakan miniatur realistis, sementara adegan truk jungkir balik adalah asli.

Truk dijungkirbalikkan dengan menggunakan hidraulik yang kuat. Ketika syuting, banyak warga yang melaporkan truk yang terbalik tersebut karena dikira kecelakaan asli.

4. Independence Day (1996)

4 978a7

Independence Day merupakan film yang disutradarai oleh Roland Emmerich dan dirilis pada tahun 1996. Menceritakan Amerika Serikat yang diserbu alien tepat dalam perayaan kemerdekaannya.

Membawa film dengan tema bencana alam serta kehancuran, tentunya orang-orang berpikiran bahwa film ini menggunakan CGI, dong? Apalagi ketika melihat di mana kota dibakar dan diledakkan oleh alien.

Meskipun terlihat nyata, ternyata adegan tersebut sama sekali nggak dibuat dengan CGI, geng. Ledakan dibuat dengan miniatur kota yang dikombinasikan dengan teknik kamera yang canggih. Salut!

5. 127 Hours (2010)

5 F7676

Meskipun bukanlah film slasher yang berisikan adegan pembunuhan, 127 Hours mampu membuat kamu bergidik ngeri ketika menyaksikan.

Film ini menceritakan seorang petualang yang tangannya terjepit batu besar karena kecelakaan. Ia harus mencari cara agar bisa bebas karena tidak ada orang lain di sekitarnya.

Akhirnya, ia memotong tangannya sendiri dengan sebuah pisau kecil. Adegan tersebut tampak sangat nyata, lho, geng. Bahkan banyak orang yang masuk rumah sakit karena shock dengan adegan tersebut.

Sutradara menggunakan tangan palsu yang dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat asli. Ia nggak mau menggunakan CGi karena menurutnya efek CGI nggak mampu memberikan gambaran darah yang nyata.

6. Mission: Impossible - Rogue Nation (2015)

6 665ce

Mission: Impossible - Rogue Nation merupakan entry ke-5 dari serial film agen rahasia yang dibintangi oleh Tom Cruise.

Tom Cruise sendiri terkenal jarang banget menggunakan stuntman untuk melakukan adegan berbahaya. Dalam film ini, ia benar-benar menggantungkan dirinya pada pesawat yang terbang, lho.

Tom Cruise melakukan adegan berbahaya ini supaya film yang ia bintangi sekaligus produseri ini mampu memberikan ketegangan asli kepada penonton.

Nggak cuma sekali Tom melakukan adegan berbahaya. Dalam Mission Impossible 4, ia pernah memanjat Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia yang ada di Dubai.

7. Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)

7 E3753

Terakhir adalah film dengan judul yang panjang, yaitu Eternal Sunshine of The Spotless Mind. Kalau kamu abis putus sama pacar kamu, mending jangan nonton film ini, deh.

Film Sci-Fi ini menceritakan seorang pria yang untuk menghapus semua kenangan akan mantannya. Film ini dibumbui elemen-elemen fantasi dan surealis.

Sebuah adegan di dapur memperlihatkan Jim Carrey yang tubuhnya nampak menyusut menjadi seperti anak-anak. Meskipun terlihat seperti CGI, namun nggak ada sama sekali CGI yang digunakan dalam film ini, geng.

Adegan-adegan aneh di dalam film dibuat dengan trik kamera dan set syuting dirancang sedemikian rupa. Bahkan, mendesainnya pun butuh waktu 5 tahun, lho, geng.

Akhir kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 adegan film keren yang ternyata dibuat tanpa menggunakan efek CGI. Tanpa ketergantungan teknologi canggih, ternyata manusia juga tetap bisa berkarya, geng.

Sampai jumpa di artikel Jaka yang lainnya, yah!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Film Binatang Terbaik Bd2d7

10 Film Terbaik dengan Tokoh Utama Binatang | No. 3 Bikin Nangis Tersedu-sedu!

Film Robert Downey Jr Banner A9173

10 Film Terbaik Robert Downey Jr. Selain Iron Man dan Avengers, Ada Film Komedi!

10 Film Terbaik Yang Dibintangi Oleh The Rock A67b1

10 Film Terbaik yang Dibintangi Dwayne "The Rock" Johnson | Ternyata The Rock Jago Melucu

Film Terbaik Keanu Reeves 0812f

10 Film Terbaik yang Pernah Dibintangi Keanu Reeves | Pernah Main Film Horror?

Film Terbaik Johnny Depp 1d757

10 Rekomendasi Film Terbaik Johnny Depp | No. 3 Bikin Terharu!

Situs Nonton Film A61bd

15 Situs Nonton Film Gratis & Terbaik Pengganti IndoXXI, Terbaru 2020!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Adegan Film Paling Ikonik dan Terkenal, Lebih Terkenal dari Filmnya!

7 Adegan Film Paling Ikonik dan Terkenal, Lebih Terkenal dari Filmnya!

5 Hal Konyol yang Menjadi Ciri Khas Banyak Film India, Gak Masuk Akal!

5 Hal Konyol yang Menjadi Ciri Khas Banyak Film India, Gak Masuk Akal!

5 Film dengan Deleted Scenes Terlama dan Terbanyak, Ngerusak Cerita!

5 Film dengan Deleted Scenes Terlama dan Terbanyak, Ngerusak Cerita!

7 Film dengan Review Buruk yang Memiliki Efek CGI Terbaik, Terselamatkan oleh CGI

7 Film dengan Review Buruk yang Memiliki Efek CGI Terbaik, Terselamatkan oleh CGI

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal