J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Tentang Perang Dunia II yang Menyayat Hati, Sejarah Gelap & Kelam Manusia

7 Film Tentang Perang Dunia II yang Menyayat Hati, Sejarah Gelap & Kelam Manusia

Kamis, 21 Nov 2019, 12:00 WIB
Periode Perang Dunia 2 adalah masa terkelam dalam sejarah manusia, geng. Di sini Jaka mau share 7 film yang menunjukkan kegelapan Perang Dunia 2.

Meskipun disebut sebagai Perang Dunia I, perang tersebut sebenarnya nggak mengikutsertakan banyak wilayah di dunia, geng.

Baru di Perang Dunia II nama itu bisa dibilang tepat, karena hampir semua negara yang ada pada waktu itu ikut tersapu konflik ini.

Periode ini juga sudah sering diangkat di dunia film dan juga menjadi latar film Midway yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu.

7 Film yang Menunjukkan Kegelapan Perang Dunia II

Perang Dunia II sering disebut sebagai waktu paling kelam di sejarah kita dengan total korban kematian yang berkisar di 70 juta jiwa.

Kita yang hidup di abad ke-21 nggak bisa mengerti seberapa kelamnya masa-masa itu. Tetapi berkat film, kita bisa setidaknya melihat gambaran periode tersebut.

Buat kalian yang sudah penasaran, di kesempatan ini Jaka mau share daftar 7 film yang menunjukkan kegelapan Perang Dunia II.

1. Grave of the Fireflies (1988)

Grave Of The Fireflies 16ec8

Perang nggak cuma memakan korban jiwa tentara, geng, rakyat sipil yang jauh dari medan perang juga bisa menjadi korban, seperti ditunjukkan di film animasi karya Studio Ghibli ini.

Grave of the Fireflies bercerita mengenai kisah Seita dan Setsuko, sepasang kakak-beradik yang harus bertahan hidup di tengah krisis yang melanda Jepang di Perang Dunia II.

Meskipun mereka berdua sama sekali nggak terlibat dengan perang, Seita dan Setsuko ikut jadi korban karena nggak ada orang yang bersedia membantu mereka di tengah masa kelam ini.

Film karya mendiang Isao Takahata ini mengandung banyak momen kelam dan ending film ini sangat spesial karena bisa bikin kalian mencari tisu sekaligus memanjakan mata.

2. Schindler's List (1993)

Schindler S List 26266

Dari semua horor yang ada di Perang Dunia II, mungkin nggak ada yang lebih menyeramkan dibandingkan Holocaust yang diderita oleh kaum Yahudi yang ditunjukkan di film hitam putih ini.

Schindler's List bercerita mengenai Oskar Schindler (Liam Neeson), seorang pengusaha yang di kehidupan nyata sukses menyelamatkan lebih dari seribu kaum Yahudi.

Film ini sendiri merupakan proyek yang memiliki nilai pribadi bagi sutradara ternama Steven Spielberg yang tumbuh di keluarga Yahudi.

Di bagian awal film ini, digambarkan penangkapan dan pembantaian kaum Yahudi oleh Nazi di Polandia pada waktu itu yang disaksikan oleh Schindler.

3. The Pianist (2002)

The Pianist F32b0

Berbeda dengan Schindler's List yang menggunakan sudut pandang orang Jerman, The Pianist menunjukkan Holocaust dari seorang pianis Yahudi yang berdasarkan kisah nyata.

Film ini bercerita mengenai Wladyslaw Szpilman (Adrien Brody), seorang pianis Yahudi dari Polandia yang harus bertahan hidup di kota Warsawa yang dikuasai Nazi.

Dia berhasil hidup berkat bantuan Wilm Hosenfeld (Thomas Kretschmann), anggota Nazi yang mengenali bakatnya sebagai pianis.

Sutradara Roman Polanski sendiri adalah korban dari Holocaust di mana ayahnya ditangkap oleh Nazi sementara ibunya meninggal di Auschwitz.

4. Letters from Iwo Jima (2006)

Iwo Jima 0f24c

Di tahun 2006, aktor/sutradara kenamaan Clint Eastwood membuat dua film dengan latar Perang Dunia II, Flags of Our Fathers yang menunjukkan sudut pandang Amerika, dan film ini.

Letters from Iwo Jima bercerita mengenai Tadamichi Kuribayashi (Ken Watanabe), jenderal dari Jepang yang bertugas sebagai pemimpin pasukan Jepang di Iwo Jima.

Banyak anggota pasukan Jepang di sini yang digambarkan memiliki sifat patriotisme ekstrim dan film ini berhasil menunjukkan kekejaman perang dari kedua sisi.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini juga mendapat sambutan hangat dari rakyat Jepang karena dinilai telah menggambarkan pasukan Jepang dengan akurat.

5. The Railway Man (2013)

The Railway Man B6f2d

The Railway Man patut ditonton karena menunjukkan bahwa efek dari perang itu nggak menghilang begitu saja setelah perang selesai.

Film ini bercerita mengenai Eric Lomax (Colin Firth), mantan tawanan perang yang 30 tahun kemudian masih mengalami trauma psikologis atas siksaan yang dialami olehnya.

Uniknya, film ini juga menunjukkan kalau trauma perang itu juga diderita oleh penyiksanya, yang masih merasa bersalah atas kelakuannya di Perang Dunia II.

Didasari dari kisah nyata, film ini menunjukkan efek perang seperti kaki yang buntung, geng. Film ini cukup menyayat hati dan menguras emosi.

6. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge 446e3

Hacksaw Ridge mengusung tema yang unik karena menggabungkan horor Perang Dunia II dengan tema keagamaan.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita mengenai Desmond Doss (Andrew Garfield), anggota pasukan medis yang menolak membawa senjata karena kepercayaannya.

Awalnya, banyak rekan Doss yang menghina dia tapi berkat usaha penyelamatan Doss di medan perang, dia berhasil memperoleh kepercayaan dari rekan-rekannya.

Selian temanya yang unik, aktor/sutradara Mel Gibson juga berhasil menujukkan kebrutalan medan perang di film ini.

7. Dunkirk (2017)

Dunkirk F823b

Meskipun terkenal dengan filmnya yang sering memaksa kita untuk memutar otak, Christopher Nolan berubah haluan dengan film terakhirnya, Dunkirk.

Film ini bercerita mengenai evakuasi Dunkirk, di mana rakyat sipil juga ikut menyumbangkan perahu mereka untuk membantu pasukan Sekutu yang terdampar di Dunkirk.

Disebut-sebut sebagai salah satu film perang terbaik sepanjang masa, film ini sukses menggambarkan kegilaan perang dalam skala besar.

Horor yang digambarkan di sini bukan horor individual tapi menggambarkan beberapa tentara yang hanya ingin melakukan hal yang benar dan bertahan hidup di tengah kekacauan perang.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 film yang menunjukkan kegelapan Perang Dunia II. Kalian nggak bisa berharap menemukan aksi heroik ala game Call of Duty di sini.

Kita cuma bisa berharap kalau kita nggak akan berhadapan dengan hal seperti ini lagi karena sepertinya masalah kita di abad 21 sudah cukup sulit.

Bagaimana pendapat kalian mengenai film di atas? Apakah menurut kalian Perang Dunia II itu nggak cukup menakutkan? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner 7de70

7 Film yang Menunjukkan Bahwa Jadi Jomblo Juga Bisa Bahagia | Anti Bucin!

Banner A6e58

7 Film Tentang Pemujaan Setan Paling Bikin Ngeri, Bikin Gak Bisa Tidur 2 Hari!

Banner 89f5d

7 Adegan Konyol yang Selalu Ada di Film Action, Penjahat Kok Ngantri Buat Ditonjok?

Film Sci Fi Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa Box Office Main Img 4bc4c

10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!

Film Jason Statham F9cbb

10 Film Jason Statham Terbaik yang Wajib Ditonton | Nomor 3 Film Komedi!

Film Indonesia Terbaru 2bd0c

15 Film Indonesia Terbaru Maret - April 2020 | Banyak Film Drama & Horor!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal