J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Karakter Anime yang Berubah Drastis di Versi Amerika, Biar Lulus Sensor!

7 Karakter Anime yang Berubah Drastis di Versi Amerika, Biar Lulus Sensor!

Jumat, 13 Mar 2020, 13:00 WIB
Untuk dapat menembus pasar luar negeri, nggak jarang sebuah anime harus mengalami penyesuaian supaya dapat diterima oleh nilai dan budaya negara lain. Namun, yang dialami ketujuh karakter ini berlebihan banget, geng!

Kamu tahu nggak, sih, kenapa banyak film populer yang dilarang tayang di sebuah negara? Jawabannya adalah karena tidak sesuai dengan budaya dan moral negara tersebut, geng.

Untuk menembus pasar luar negeri, film tersebut bakal disesuaikan dengan standar negara tersebut. Anime pun juga harus mengalami hal yang sama, geng.

Amerika Serikat merupakan salah satu pasar terbesar anime di dunia. Oleh karena itu, anime harus melewati proses penyesuaian supaya bisa masuk ke pasar Amerika.

7 Karakter Anime yang Diubah Drastis di Amerika

Salah satu perubahan yang harus dialami anime ketika masuk ke pasar Amerika adalah bahasa. Orang Amerika lebih suka menonton anime dengan dubbing bahasa Inggris dibanding bahasa Jepang.

Meskipun begitu, ada lho anime yang berubah drastis di versi dub Amerika, entah dari segi cerita maupun karakternya.

Kalau kamu penasaran dengan anime yang Jaka maksud, simak terus artikel berikut, yah!

1. Sanji - One Piece

1 D1f26

Dalam versi dub-nya, ternyata banyak banget sensor yang dilakukan kepada anime One Piece, geng. Namun, sensor tersebut bukanlah karena adegan kekerasan atau sadis dalam anime.

Namun, sensor tersebut nggak ada apa-apanya dibandingkan dengan apa yang dialami oleh Sanji. Mulai dari logat Amerikanya yang aneh, nama jurus yang bodoh, dan lain-lain.

Di antara semua perubahan tersebut, upaya Amerika dalam menyensor rokok di mulut Sanji dianggap keterlaluan. Pasalnya, rokok tersebut diganti dengan permen lolipop.

2. Mervamon - Digimon Xros Wars

2 Dcd41

Meskipun anime Digimon diisi oleh ribuan jenis monster berbeda, ada kalanya si pembuat menambahkan tokoh digimon-digimon berpenampilan seperti wanita seksi.

Salah satu kasusnya adalah Mervamon yang muncul dalam serial Digimon Xros Wars. Digimon dewa satu ini memiliki tubuh yang seksi dibalut dengan busana yang minim.

Supaya bisa masuk ke Amerika, Mervamon diubah sedemikian rupa supaya tetap ramah anak. Beberapa detail dihilangkan serta pakaian Mervamon dimodifikasi supaya lebih tertutup.

3. Katsuya Jounouchi - Yu-Gi-Oh!

3 E0802

Katsuya Jounouchi adalah sahabat dekat Yugi dengan rambut khasnya yang berwarna pirang. Dalam versi dub-nya, karakter ini mengalami perubahan drastis.

Nama Jounouchi dibuat menjadi kebarat-baratan, yakni Joey Wheeler. Selain itu, logat dan suara Jounouchi juga memiliki aksen penduduk Brooklyn.

Hal tersebut bikin Jounouchi tampak seperti pria berumur 30 tahunan yang sukanya nongkrong bareng anak-anak dan main kartu bareng mereka.

4. Mr. Popo - Dragon Ball Z

4 612e6

Mr. Popo merupakan salah satu karakter dengan perubahan paling drastis dalam sejarah anime dub. Bisa dibilang, Mr. Popo mengalami hal yang sama dengan Pokemon bernama Jynx.

Mr. Popo memiliki penampilan yang dianggap rasis karena memiliki kulit hitam legam serta bibir lebar berwarna kontras. Seakan-akan, Mr. Popo adalah seorang pria afro-american.

Amerika sendiri sangat sensitif dengan konten-konten rasis. Oleh karena itu, mereka mengubah warna kulit Mr. Popo yang tadinya hitam legam menjadi biru tua.

5. Sailor Uranus & Sailor Neptune - Sailor Moon

5 6fea3

Selain kekerasan, rasisme, dan adegan mesum, LGBTQ+ juga menjadi salah satu isu yang cukup sensitif. Hal ini terjadi kepada anime Sailor Moon di dekade '90-an.

Di era tersebut, Amerika belum mengakui LGBTQ+ sehingga menyebabkan karakter Sailor Moon yang bernama Sailor Uranus & Sailor Neptunus harus diubah orientasi seksualnya.

Dalam versi Jepangnya, Sailor Uranus & Neptunus adalah sepasang kekasih. Di versi Amerika, hubungan mereka berdua diubah menjadi sepupu yang sangat dekat. Saking dekatnya, mereka tampak seperti memiliki hubungan "spesial".

6. Ren Tao - Shaman King

6 4ae94

Industri perfilman Amerika Serikat sering banget melakukan Whitewashing, atau upaya untuk mengubah budaya serta karakter kulit berwarna menjadi karakter atau budaya yang relevan dengan kulit putih.

Selain itu, mereka juga seringkali bikin orang Amerika berkulit putih jadi jagoan di antara karakter non kulit putih lainnya. Contohnya adalah film The Last Samurai yang dibintangi oleh Tom Cruise.

Hal ini juga terjadi di dunia anime, salah satunya Shaman King. Ren Tao yang jelas-jelas berasal dari China dibuat menjadi orang Inggris berkulit putih dengan panggilan Lenny.

7. Momoko Koigakubo - Ghost at School

7 26b58

Karakter anime dengan perubahan paling drastis di versi dub-nya adalah Momoko Koigakubo dalam serial anime Ghost at School.

Di cerita aslinya, Momoko adalah seorang gadis pemberani, baik hati, suka menolong, dan juga memiliki kekuatan supernatural.

Namun, semuanya berubah di versi dub. Di versi ini, Momoko adalah seorang gadis yang fanatik dengan agama dan seringkali menghina dan mendoktrinasi penganut agama lain.

Yang lebih gilanya lagi, versi dub ini membuat karakter Momoko sebagai seorang pecandu narkoba dan mantan PSK. Gila banget, kan, geng?

Akhir Kata

Dmeikian artikel Jaka mengenai 7 karakter anime dengan perubahan paling drastis dalam versi dub Amerika. Jaka nggak habis pikir, sih, sama beberapa perubahan di atas.

Kalau kamu ingin mengoreksi atau menambahkan, kamu bisa menulis komentarmu di kolom yang tersedia. Sampai jumpa lagi di artikel Jaka lainnya!

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Yamishibai Banner

8 Episode Anime Jepang yang Paling MENYERAMKAN Sejauh Ini

Anime Bertema Game Banner2

10 Anime Bertemakan Game yang Wajib Ditonton Para Gamers

Anime China Terbaik Banner 180d5

10 Anime China Terbaik 2019, Lebih Baik dari Anime Jepang?

Anime Unsur Illuminati Banner Bfa9e

10 Anime dengan Unsur Illuminati dan Satanis, Naruto Punya Banyak!

Anime Isekai Terbaik Banner A5eb7

10 Anime Isekai Terbaik 2019, Bikin Terharu Sekaligus Ngakak!

Anime Live Action Bannerxx 7a071

10 Anime Live Action Terbaik untuk Isi Tontonan dihari Liburmu!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal