J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Film yang Memiliki Judul Berbeda di Negara Lain, Terlalu Kontroversial?

              7 Film yang Memiliki Judul Berbeda di Negara Lain, Terlalu Kontroversial?

              00
              Kamis, 7 Nov 2019, 21:00 WIB
              Meskipun sudah ditentukan judulnya sebelum memulai proses produksi, beberapa film ini justru diganti judulnya ketika dipasarkan di pasar internasional

              Dalam menciptakan sebuah film, judul memiliki peranan penting untuk memengaruhi minat para penonton. Judul yang menarik tentu bakal mengundang banyak penonton.

              Meskipun sudah ditentukan sejak sebelum masa produksi, judul film bisa sewaktu-waktu berubah tergantung pada kondisi pasar yang dituju.

              Judul film bisa berubah di negara tertentu karena penyesuaian budaya yang sensitif ataupun trik marketing agar dapat menarik lebih banyak penonton.

              7 Film yang Memiliki Judul Berbeda di Negara Lain

              Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu mengenai 7 film yang menggunakan judul berbeda ketika dipasarkan di negara-negara tertentu.

              Meskipun judulnya berubah, namun cerita yang ada di dalamnya tetap sama, kok. Perbedaannya mungkin hanya sebatas sensor adegan-adegan eksplisit tertentu.

              Dari pada kamu makin penasaran, mendingan langsung saja cek artikel Jaka yang satu ini ya, geng!

              1. 13 Going on 30 (2004)

              1 530ed

              13 Going on 30 merupakan sebuah film komedi romantis produksi Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2004 silam. Film ini dibintangi oleh Jennifer Garner dan Mark Ruffalo.

              Meskipun dirilis secara internasional dengan judul demikian, film ini diubah judulnya menjadi Suddenly 30 untuk pasar Australia.

              Hal ini dilakukan karena istilah "13 Going on 30" bukanlah hal yang umum digunakan orang Australia. Suddenly 30 dipakai supaya penonton di sana mengerti dengan judul fim tersebut.

              2. Zootopia (2016)

              2 95a7c

              Zootopia merupakan film animasi besutan Walt Disney Animation yang dirilis pada tahun 2016 lalu. Film ini mendapatkan banyak sekali apresiasi positif, lho.

              Meskipun memiliki tema anak-anak, animasi satu ini memiliki makna yang dalam dan sangat cocok ditonton oleh orang dewasa.

              Di inggris, judul film ini diganti menjadi Zootropolis, geng. Namun, penggantian judul ini dilakukan tanpa alasan yang jelas.

              3. Harry Potter and the Philosopher's Stone (2001)

              3 Cb9ca

              Siapa, sih, yang nggak kenal dengan franchise film Harry Potter? Franchise dengan 8 film ini diangkat dari novel best seller karangan J.K. Rowling.

              Film pertama dari franchise ini berjudul Harry Potter and the Philosopher's Stone di Inggris, negara asalnya. Namun, judul ini kemudian diubah ketika masuk ke pasar internasional.

              Film ini diganti judulnya menjadi Harry Potter and the Sorcerer's Stone di Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan kata Sorcerer lebih terkesan magis dibandingkan kata Philosopher.

              4. Live Free or Die Hard (2007)

              4 C9c84

              Kalau kamu suka film action, pasti kamu sudah tidak asing dengan film Die Hard yang dibintangi oleh Bruce Willis. Film berjudul Live Free or Die Hard adalah entry ke-4 dari franchise ini.

              Judul asli film ini diambil dari motto negara bagian New Hampshire di Amerika Serikat, yakni "Live Free or Die". Judul ini kemudian diganti untuk pasar internasional.

              Judul film diganti dengan Die Hard 4 di pasar internasional. Hal ini dilakukan karena cuma orang AS yang mengerti referensi dari judul asli tersebut.

              5. Neighbors (2014)

              5 B34ff

              Neighbors merupakan film ber-genre komedi yang dibintangi oleh Seth Rogen dan juga Zac Efron. Menceritakan tentang keluarga baru yang berseteru dengan sekelompok anak kuliahan.

              Film produksi Amerika Serikat ini diubah judulnya menjadi Bad Neighbours ketika dipasarkan di Inggris dan Australia.

              Alasannya agar orang tidak bingung membedakan film ini dengan sinetron laris berjudul Neighbours yang tayang di Inggris dan Australia.

              6. Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales (2017)

              6 Afac0

              Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales merupakan film action dan fantasy yang dibintangi oleh Johnny Depp dan Orlando Bloom.

              Meskipun judulnya keren, produsen film berkeputusan untuk mengubah judul film ini menjadi Pirates of the Caribbean: Salazar's Revenge di Inggris.

              Menurut kabar yang beredar, film ini diganti judulnya karena dirasa bakal kontroversial mengingat Inggris baru saja diserang oleh teroris.

              7. The Avengers (2012)

              7 72b1d

              The Avengers merupakan film crossover terbesar yang pernah dibuat. Film yang dirilis pada tahun 2012 ini menggabungkan beberapa superhero Marvel dalam 1 film.

              Menceritakan Iron Man dan kawan-kawannya yang bersatu untuk menyelamatkan kota New York dari serbuan pasukan Chitauri pimpinan Loki.

              Di Inggris, film ini judulnya diganti menjadi Avengers Assemble, geng. Alasannya agar nggak tertukar dengan acara televisi Inggris yang tayang tahun '90-an berjudul The Avengers.

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai 7 film yang judulnya diganti ketika ditayangkan di luar negeri. Menurut kamu, manakah film yang judulnya berubah secara drastis, geng?

              Sampai jumpa lagi di artikel Jaka selanjutnya, yah!

              Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal