J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Rugi! 7 Film yang Menghabiskan Dana Bombastis untuk Hal Gak Penting

Rugi! 7 Film yang Menghabiskan Dana Bombastis untuk Hal Gak Penting

Selasa, 15 Sep 2020, 17:30 WIB
Ngapain menghabiskan budget produksi untuk hal yang gak perlu? Simak 7 film yang menghabiskan dana bombastis untuk hal nggak penting dalam artikel ini!

Demi membuat film yang sesuai ekspektasi, nggak heran kalau banyak dari rumah produksi berani untuk mengeluarkan dana yang cukup besar, bahkan besar banget.

Budget yang dikeluarkan untuk produksi film bisa dialokasikan untuk membuat efek CGI menjadi realistis, membuat diorama yang detail, atau bahkan mengadopsi lagu dari band atau penyanyi kenamaan untuk soundtrack-nya.

Tapi apa jadinya kalau beberapa film malah menghabiskan dana produksi demi hal-hal yang ternyata kurang penting dan malah terkesan boros?

Meski terdengar nggak matang banget alokasi anggarannya, ada, lho, 7 film yang menghabiskan dana bombastis untuk hal nggak penting. Biar gak bertanya-tanya, sini Jaka kasih tau!

Film Dengan Dana Bombastis untuk Hal Nggak Penting

Kalau sebelumnya Jaka pernah membahas tentang film mahal yang justru nggak terkenal, kali ini kamu bakal menemukan film-film terkenal yang mengeluarkan dana dengan jumlah besar untuk hal yang tidak esensial.

Sudah mahal, nggak penting lagi. Tapi kenapa dilakuin?! Eh... Jangan emosi dulu, yuk baca ulasannya!

1. Superman Returns (2006)

7 Film Yang Menghabiskan Dana Bombastis Untuk Hal Nggak Penting Picture1 A869e

Dirilisnya film Superman Returns pada 2006 merupakan angin segar bagi para penggemar DC Comics, setelah film terakhir Superman yang dirilis adalah tahun 1987. Wajar saja, demi menuntaskan kerinduan para penggemar, sang sutradara, Bryan Singer, menginginkan film ini agar menjadi se-sempurna mungkin.

Tetapi, dalam proses pembuatannya, Singer tidak menyukai adegan pembuka saat Superman tengah menjelajah Planet Krypton, sehingga memutuskan untuk menghapusnya.

Padahal, adegan pembuka yang berdurasi hampir 6 menit tersebut menghabiskan dana sebesar USD10 juta, lho. Duh, sayang banget, ya, geng.

2. A Knight's Tale (2001)

7 Film Yang Menghabiskan Dana Bombastis Untuk Hal Nggak Penting Picture2 4886d

Udah nonton film ini, belum, geng? Nah, kalo kamu suka sama film yang dibintangi Heath Ledger ini, pernah merhatiin nggak, sih, kalo ada penampakan London Eye di salah satu adegannya?

Kalo kalian nggak menyadarinya, coba deh, tonton lagi film A Knight's Tale dan temukan London Eye yang ada di pojok kanan atas salah satu scene berdurasi... 5 detik.

Mungkin kamu gak akan menyangka kalo replika London Eye yang dibuat khusus hanya untuk tampil beberapa detik dalam film ini harganya mahal banget, tapi faktanya replika ini menyedot budget sebesar USD500 ribu, lho. Gokil abis, kan?

3. John Wick (2014)

7 Film Yang Menghabiskan Dana Bombastis Untuk Hal Nggak Penting Picture3 C5527

Dibalik sambutan hangat dan kesuksesan yang didapatkan oleh film John Wick, tentunya terdapat kerja keras dan usaha maksimal dalam proses produksinya, salah satunya adalah penggunaan efek CGI.

Ngomongin CGI, mungkin uang sebesar USD5000 itu gak ada apa-apanya ya, untuk membuat efek CGI yang menawan untuk dipandang. Tapi gimana kalau uang sebanyak itu digunakan untuk membuat CGI kotoran anjing di atas rumput?

Gara-gara tim produksi tidak bisa memberikan obat pencahar untuk anjing pemberian istri John Wick tersebut, jadilah dana sebanyak itu akhirnya dihabiskan untuk membuat kotoran anjing.

4. World War Z (2013)

7 Film Yang Menghabiskan Dana Bombastis Untuk Hal Nggak Penting Picture4 6fcb7

Film horor kiamat yang menampilkan Brad Pitt sebagai pemeran utamanya ini bisa dibilang merupakan salah satu film zombie yang paling terkenal. Tapi, tahu nggak, sih, kalau ending dari film World War Z yang selama ini kita nikmati bukanlah ending aslinya?

Seharusnya, akhir dari film ini melanjutkan perjalanan Brad Pitt untuk melawan zombie dengan bergabung dengan militer Rusia, sementara istrinya terpaksa menjual bagian tubuhnya demi mendapat bantuan di kamp pengungsi.

Namun, karena Marc Foster, sang sutradara, menginginkan ending yang lebih sederhana, maka dilakukanlah penulisan ulang untuk ending World War Z, yang menyebabkan seluruh adegan harus di take ulang.

Akibatnya, diperlukan biaya USD40-70 juta untuk menyelesaikan film ini.

5. Ghostbusters (2016)

7 Film Yang Menghabiskan Dana Bombastis Untuk Hal Nggak Penting Picture5 2c9f0

Siapa yang menyangka bahwa salah satu adegan mahal yang ada di film Ghostbusters terletak di bagian penutupnya?

Pada scene akhir film yang dirilis pada tahun 2016 ini, si resepsionis Ghostbusters bernama Kevin (Chris Hemsworth) melakukan flash mob bersama banyak orang. Seharusnya, scene ini bisa disaksikan lebih lama dalam film.

Menghabiskan waktu sebanyak 2 hari untuk syuting (tidak termasuk waktu latihan), koreografi mahal, dan biaya untuk membayar ratusan figuran, adegan senilai USD1 juta ini harus rela dihapus karena dianggap menghentikan klimaks dari jalan ceritanya. Kenapa nggak kepikiran dari awal, ya?

6. Varsity Blues (1999)

7 Film Yang Menghabiskan Dana Bombastis Untuk Hal Nggak Penting Picture6 Ac9a3

Varsity Blues yang berhasil melambungkan nama Paul Walker bercerita tentang seorang gelandang cadangan yang ditunjuk untuk memimpin tim sepakbola suatu SMA di Texas.

Sesuai jalan ceritanya, tentunya film ini memiliki scene kompetisi olahraga sepakbola. Adegan berdurasi 2 menit-an tersebut kemudian menjadi scene paling diingat oleh para penontonnya.

Alih-alih karena adegan olahraga yang apik, scene tersebut diingat karena menghabiskan biaya yang tidak sedikit untuk soundtrack, gengs.

Meskipun film ini digarap dengan anggaran yang cukup minim, Varsity Blues mampu merogoh kocek sebesar USD500 ribu untuk menggunakan lagu Thunderstruck milik AC/DC untuk menjadi lagu latar dari pertandingan sepakbola tersebut.

Sebenarnya segmen tersebut akan jadi baik-baik saja tanpa soundtrack semahal itu, mengingat kompetisi olahraga biasanya akan cocok dipadukan dengan lagu rock apa saja.

7. Justice League (2017)

7 Film Yang Menghabiskan Dana Bombastis Untuk Hal Nggak Penting Picture7 7c498

Mengangkat cerita dari DC Comics dengan judul yang sama, Justice League mengalami berbagai tantangan dalam proses pembuatannya.

Diawali dengan hengkangnya Zack Snyder sebagai sutradara, Justice League sempat menghadapi masa-masa sulit dalam mempertahankan tone film nya dibawah komando sutradara barunya, Joss Whedon.

Demi memperbaiki hal tersebut, Warner Bros memutuskan adanya take ulang adegan selama dua bulan yang menghabiskan dana bombastis, yakni USD25 juta.

Kesibukan jadwal para pemeran dan tragedi kumis Henry Cavill yang memerlukan efek CGI untuk mengatasinya membuat anggaran pengambilan adegan menjadi membengkak dan menghasilkan anggaran produksi akhir sebesar USD300 juta, ckck.

Bahkan angka fantastis tersebut tidak dapat membuat penonton dan petinggi Warner Bros puas atas pencapaian Justice League di pasaran, geng.

Akhir Kata

Nah, itulah 7 film yang menghabiskan dana bombastis untuk hal nggak penting pilihan Jaka. Wah, bikin geleng-geleng kepala, ya.

Menurut kamu, yang mana yang paling nggak penting, geng?

Kalau kamu tahu film lain yang serupa, boleh cantumkan di kolom komentar, ya, geng! Sampai jumpa di artikel Jaka berikutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
01 369d3

Blunder Parah! 7 Film Keren yang Nyaris Hancur Gara-Gara 1 Adegan

Untitled 1 63276

7 Adegan Kocak yang Gak Sengaja Ada di Film Horor, Malah Ngakak!

Gak Nyangka 7 Karakter Yang Gak Kamu Sadari Sudah Mati Di Pertengahan Film 756ec

Gak Nyangka! 7 Karakter yang Gak Kamu Sadari Sudah Mati di Pertengahan Film

Film Gore Terbaik Ae84e

7 Adegan Penyiksaan Paling Brutal di Film | Sadisnya Nggak Ketolongan

Kimetsu No Yaiba Ce473

7 Fakta Kimetsu no Yaiba | Anak-anak Gak Boleh Nonton?

Film Survival Terbaik 13d1a

7 Film Survival Terbaik 2020, Menegangkan Bikin Jantung Deg-degan!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film yang Bakar Duit untuk Hal Bodoh, No. 2 Filmnya Jadi Gagal Total?

7 Film yang Bakar Duit untuk Hal Bodoh, No. 2 Filmnya Jadi Gagal Total?

5 Film Terburuk yang Dibuat Terburu-buru, Ada Film James Bond!

5 Film Terburuk yang Dibuat Terburu-buru, Ada Film James Bond!

7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!

7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!

7 Film Mahal yang Justru Gak Terkenal Sama Sekali, Gagal Total?

7 Film Mahal yang Justru Gak Terkenal Sama Sekali, Gagal Total?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal