J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

Selasa, 21 Jan 2020, 21:00 WIB
Memiliki jalan cerita dan bahkan poster film yang hampir mirip dengan film dari negara lain, berikut adalah beberapa film Indonesia yang diduga plagiat.

Nggak kalah dengan film-film Hollywood yang ada di luar sana, film Indonesia juga memiliki jumlah penggemar yang cukup banyak.

Apalagi, saat ini kualitas film-film produksi tanah air sudah berkembang jauh lebih baik sehingga mampu bersaing dengan film dari negara lain.

Namun, sayangnya ada beberapa film Indonesia yang disebut-sebut menjiplak dari film luar negeri sehingga mencoreng nama baik industri perfilman tanah air, geng.

Lalu, film-film apa sajakah itu? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini!

Film Indonesia yang Diduga Plagiat

Di tengah banyaknya film Indonesia yang sukses hingga ke luar negeri, namun film-film berikut ini justru diduga plagiat oleh netizen.

1. Dua Garis Biru (2019)

Dua Garis Biru 2019 F2896

Berhasil menjadi salah satu film Indonesia yang menyedot perhatian masyarakat pada saat perilisannya tahun 2019 lalu, film Dua Garis Biru nyatanya diduga telah menjiplak film Korea berjudul Jenny Juno.

Dugaan tersebut didasari pada konten film Dua Garis Biru yang memang mengangkat isu yang sama yaitu kehamilan remaja di luar nikah.

Menanggapi hal ini, sutradara film Dua Garis Biru pun menepis kabar miring tersebut dengan mengatakan bahwa film Dua Garis Biru merupakan film kisah cinta Dara dan Bima.

Selain itu, sang sutradara juga menyebutkan jika topik mengenai kehamilan remaja di luar nikah merupakan isu internasional yang banyak ditemukan di berbagai belahan dunia.

2. Ruqyah: The Exorcism (2017)

Ruqyah The Exorcism 2017 1f081

Menjadi salah satu film Indonesia yang menuai kontroversi bahkan sebelum perilisannya, film Ruqyah: The Exorcism juga rupanya nggak luput dari tuduhan sebagai film plagiat.

Nggak tanggung-tanggung, netizen bahkan menduga kalau film Ruqyah: The Exorcism ini telah menjiplak dua judul film sekaligus yaitu The Last Exorcism dan Munafik.

Bukan tanpa alasan, tuduhan mengenai plagiarisme yang dilakukan film ini terhadap film The Last Exorcism sendiri mengacu pada poster film keduanya yang dianggap mirip.

Sementara dari segi cerita, film Ruqyah: The Exorcism dianggap memiliki jalan cerita yang hampir mirip dengan film Munafik produksi negara Malaysia.

Di mana sang pemeran utama yang diceritakan sudah lama nggak melakukan ruqyah kemudian diminta untuk mengusir roh jahat dari tubuh seorang wanita.

3. Surat Kecil Untuk Tuhan (2017)

Surat Kecil Untuk Tuhan 2017 43222

Dibintangi oleh Bunga Citra Lestari yang sebelumnya pernah bermain di film My Stupid Boss, Surat Kecil Untuk Tuhan (SKUT) menjadi film berikutnya yang diduga plagiat, geng.

Film ini diduga telah menjiplak jalan cerita dari film berjudul Lion yang masuk dalam nominasi Oscar 2017, termasuk salah satunya untuk kategori film terbaik.

Kedua film ini sendiri sama-sama menyajikan kisah pilu kehidupan anak kecil yang kemudian diadopsi oleh sebuah keluarga.

Menanggapi isu plagiarisme ini, BCL pun mengatakan jika film SKUT dan Lion memiliki latar belakang cerita yang sangat berbeda jika dilihat secara keseluruhan.

4. Surat dari Praha (2016)

Surat Dari Praha 2016 19f29

Berbeda dari film-film sebelumnya yang diduga menjiplak film produksi luar negeri, film Surat dari Praha justru diduga telah menjiplak konten cerita dari sebuah novel karya Yusri Fajar dengan judul sama.

Yusri mengungkapkan jika pihak Visinema Picture selaku rumah yang memproduksi film ini telah tanpa izin mengutip isi maupun judul novel untuk dijadikan sebuah film.

Di sisi lain, Visinema Pictures justru menampik tuduhan tersebut dengan mengatakan jika film buatannya tersebut sangatlah berbeda dengan novel milik Yusri.

Lebih lanjut, sang sutradara juga menyebutkan jika film Surat dari Praha ini merupakan hasil riset pribadi dari narasumber yang mereka temui di Praha.

5. Sunyi (2019)

Sunyi 2019 8eed1

Sempat dituduh telah menjiplak jalan cerita dari film Korea berjudul Whisering Corridors, film horor Indonesia berjudul Sunyi nyatanya memang merupakan karya adaptasi dari film tersebut.

Meskipun merupakan film adaptasi, tapi sang produser yaitu Manoj Punjabi mengungkapkan jika cerita yang disajikan oleh film ini dijamin lebih menarik dari kisah aslinya.

Tak hanya itu, film hasil kerjasama MD Pictures dengan Pichouse Films ini juga bahkan telah menargetkan distribusi hingga ke 10 negara termasuk Malaysia, Singapura, Thailand, hingga Myanmar.

Film Sunyi sendiri bercerita tentang bullying yang terjadi di lingkungan sekolah hingga menyebabkan beberapa murid di sekolah tersebut tewas.

6. Roh Fasik (2019)

Roh Fasik 2019 398be

Bukan cuma Ruqyah: The Exorcism saja, film Roh Fasik produksi RA Pictures juga rupanya diduga telah menjiplak film horor Malaysia, Munafik.

Tuduhan yang dilayangkan oleh para netizen di video trailernya tersebut rupanya didasari pada jalan ceritanya yang sedikit banyak mirip dengan film Munafik.

Menanggapi tuduhan tersebut, salah satu pemain film Roh Fasik yaitu Volland Humonggio pun menepisnya dengan menegaskan bahwa jalan cerita yang diangkat oleh film ini sangat berbeda dari film Munafik.

7. Sabrina (2018)

Sabrina 2018 D9017

Merupakan film spin-off dari The Doll dan The Doll 2, film horor berjudul Sabrina menjadi film terakhir yang diduga telah melakukan plagiarisme, geng.

Film ini disebut-sebut memiliki kemiripan dengan film horor Hollywood berjudul The Conjuring yang sempat populer di kalangan para pecinta film.

Hal ini sebenarnya bukan yang pertama kalinya terjadi. Pasalnya, film The Doll juga sempat dituduh memiliki kemiripan dengan film Annabelle.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa film Indonesia yang diduga plagiat karena memiliki cerita yang hampir mirip dengan film dari negara lain, geng.

Kalau menurut kamu film-film di atas termasuk kategori plagiarisme nggak, sih, geng? Share pendapat kamu di kolom komentar bawah, ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Banner 66059

10 Film Dengan Keuntungan Terbesar di 10 Tahun Terakhir, Hampir Semuanya Dari Disney!

5 Film Yang Adegannya Paling Banyak Dipotong Bikin Rusak Cerita Dan Review Ac4d8

5 Film dengan Deleted Scenes Terlama dan Terbanyak, Ngerusak Cerita!

7 Film Dengan Adegan Pembunuhan Paling Sadis Jangan Nonton Kalau Nggak Mau Muntah 294ed

7 Film dengan Adegan Pembunuhan Paling Sadis, Bikin Mual!

Film Tanpa Artis Terkenal 46548

5 Film yang Sukses Besar Tanpa Pemain Terkenal | Anti Pansos!

Aksi Jackie Chan Dalam Film Police Story E0ade

5 Pemain Film yang Nyaris Meregang Nyawa Karena Adegan Berbahaya

Kesalahan Konyol Di Film Hollywood 4a8c6

7 Kesalahan Konyol di Film Hollywood yang Bikin Ngakak, Ngaco Banget!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal