Keren Parah! 7 Film Indonesia Ini Dapat Penghargaan Internasional

Default

Beberapa tahun lalu, industri film Tanah Air sering dianggap gagal menyajikan tayangan yang berkualitas hingga akhirnya gak laku di pasaran dan merugi.

Meski begitu, ternyata cukup banyak film Indonesia yang dianggap sukses membuat penonton puas dengan alur cerita yang memukau, geng.

Malahan, banyak juga film Indonesia yang ternyata sukses di mancanegara dan bersaing dengan berbagai judul film barat terbaik, loh!

Nah, kali ini Jaka akan membeberkan deretan film Indonesia yang mendapat penghargaan internasional. Kira-kira film apa saja, ya?

Film Indonesia yang Raih Penghargaan Internasional

Hingga saat ini sudah banyak film Indonesia yang tayang nggak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri, loh!

Yang lebih membanggakan, banyak film Indonesia yang meraih penghargaan internasional seperti deretan film yang akan Jaka bahas di bawah ini!

1. Babi Buta yang Ingin Terbang (2008)

Indo1 Custom 77805

Babi Buta yang Ingin Terbang karya Edwin ini memang nggak setenar film lain seperti Ada Apa dengan Cinta (2002), Eiffel I'm in Love (2008) atau Ayat-ayat Cinta (2008).

Tapi siapa sangka, film Indonesia yang kurang diapresiasi ini justru mengejutkan banyak sineas Tanah Air dengan meraih piala di ajang internasional.

Di antaranya piala Golden Horse Film Festival, Rotterdam International Film Festival, Singapore International Film Festival, dan dua piala dari Nantes Three Continents Festival.

2. Sekala Niskala (2017)

Indo2 Custom 69876

Sekala Niskala disambut baik oleh publik internasional karena menyajikan jalan cerita yang sangat menyentuh hati, geng.

Film karya Kamila Andini ini pernah ditayangkan dalam Busan International Film Festival, Toronto International Film Festival, dan Jogja-NETPAC Asian Film Festival.

Meski kurang mendapat panggung di negeri sendiri, film Indonesia yang go international ini ternyata berhasil menyabet penghargaan Best Feature 2017 di Asia Pacific Screen Awards.

Ada juga penghargaan dari Jogja-NETPAC Asian Film Festival, Tokyo FILMeX, Adelaide Film Festival, Berlin International Film Festival, dan masih banyak lagi.

3. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Indo3 Custom C7686

Film berjudul Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak ini memang kurang diapreasiasi di dalam negeri. Tapi film ini justru merajai festival film internasional.

Salah satu film Indonesia terbaik ini menampilkan keindahan tanah Sumba yang dibalut dengan cerita memukau dan sangat matang, geng.

Film karya Mouly Surya pun menyabet penghargaan dari Tokyo Filmex International Film Festival 2017, hingga penghargaan dari festival film di Maroko, Polandia, Spanyol dan Filipina.

4. Istirahatlah Kata-Kata (2016)

Indo4 Custom 4193a

Istirahatlah Kata-Kata sukses meraih penghargaan khusus dari dewan juri di ajang Film Festival Love is Folly di Bulgaria pada tahun 2017, geng.

Dari 102 film yang ditayangkan, film sejarah Indonesia ini jadi salah satu film yang menerima penghargaan kedua tertinggi setelah Grand Prix Award.

Film garapan Yosep Anggi Noen ini mengangkat kisah Wiji Thukul, aktivis yang juga seorang penyair yang menjadi buronan di masa Orde Baru.

5. Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

Indo5 Custom Ea2d3

Meski sempat menuai perdebatan soal jalan ceritanya, Kucumbu Tubuh Indahku ternyata sukses di dalam negeri, bahkan juga di luar negeri, geng.

Film yang sukses tanpa pemain terkenal ini mendpaat 9 piala Festival Film Indonesia, dan 5 penghargaan dari ajang internasional.

Ada 3 penghargaan internasional kategori Film Terbaik yang disabet pada 2018, yakni Venice Independent Film Critic, Festival Des 3 Continents, dan Asia Pacific Screen Awards.

Lalu di tahun 2019, film yang hampir masuk Oscar ini meraih piala International Cinephile Society Awards dan Guadalajara International Film Festival.

6. Athirah (2016)

Indo6 Custom 8e6ca

Di Tanah Air, Athirah sukses memboyong 5 Piala Citra kategori Film Terbaik, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Busana Terbaik dan Sutradara Terbaik.

Selain itu, film yang diangkat dari novel karya Alberthiene Endah berjudul 'Hajjah Athirah Kalla' ini juga mendapatkan pujian dari berbagai festival film internasional.

Bahkan, film yang mengangkat isu poligami ini dianugerahi INALCO Award dari festival film Des Cinemas d'Asia Vesoul 2017 yang berlangsung di Prancis.

7. Pengabdi Setan (2017)

Indo7 Custom 72dda

Film garapan Joko Anwar, Pengabdi Setan tercatat meraih total 4.206.103 penonton dan menjadi film Indonesia terlaris di tahun 2017.

Gak hanya sukses di Indonesia, Pengabdi Setan juga ternyata tayang di 42 negara lain. Bahkan, film horor Indonesia ini masuk ke 40 festival film internasional.

Kerennya lagi, Pengabdi Setan mendapat piala kategori Film Horor Terbaik di ajang Toronto After Dark Film Festival, Overlook Film Festival, dan Popcorn Frights Film Festival.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 7 film Indonesia yang mendapat penghargaan internasional dan mengharumkan industri perfilman Tanah Air, geng.

Saat ini perfilman Indonesia memang sudah jauh lebih berkembang. Jadi nggak heran kalau banyak film dalam negeri yang sukses di mancanegara.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
Film Teori Konspirasi Mengerikan Film Anak Populer Ddda9
7 Teori Konspirasi Mengerikan tentang Film Anak Populer, Ngeri!
Aktris Diselingkuhi Tapi Memilih Bertahan 240ea
Diselingkuhi, 7 Seleb Terkenal Ini Memilih Bertahan | Strong Abis!
Aktor Yang Makin Populer Setelah Pindah Franchise Film 2ca42
7 Aktor yang Makin Populer Setelah Pindah Franchise Film, Keren!
Film Aktor Dc Nyaris Dapat Peran Mcu 9496f
7 Aktor DC yang Nyaris Dapat Peran di MCU, Ada Robert Pattinson!
Film Horor Low Budget Penghasilan Terbesar Cf893
7 Film Horor Low-Budget dengan Keuntungan Terbesar, Modal Hoax?
Trailer Film Paling Dibenci 802d2
7 Trailer Film Paling Dibenci di Dunia, Tembus 13 Juta Dislikes!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal