J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?

7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?

Sabtu, 13 Jun 2020, 18:00 WIB
Biaya produksi film sampai bermilyar-milyar Rupiah? Kira-kira buat apa aja tuh? Daripada penasaran, simak ulasannya di sini!

Memasuki tahun 2020, deretan film Indonesia terbaik sepanjang masa kian banyak dan mewarnai industri perfilman dalam negeri.

Nggak jarang, beberapa film tersebut menghabiskan biaya produksi yang teramat besar, khususnya dalam mempromosikan film dan meningkatkan kualitasnya.

Nah, kali ini Jaka bakal membahas 7 film Indonesia dengan biaya produksi termahal. Kira-kira bisa balik modal gak ya mereka? Penasaran? Simak ulasan Jaka berikut ini!

Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal

Nggak cuma film Hollywood saja yang mampu totalitas dalam mengeluarkan biaya produksi selangit, Indonesia juga bisa, dong! Berikut daftarnya!

1. Apa Artinya Cinta (2005) - Rp30 Miliar

1 Custom 8bd8b

Bagi generasi milenials, khususnya anak-anak tahun 2000-an pasti mengenal film yang satu ini. Merupakan sekuel dari film Eiffel I'm in Love (2003), film ini sempat ngehits di masa itu, nyaris mengalahkan popularitas AADC 1 (2002) yang rilis setahun sebelumnya.

Film yang dibintangi Samuel Rizal dan Shandy Aulia ini mengisahkan lanjutan perjalanan cinta mereka yang penuh dengan lika-liku duniawi.

Yang membuat biaya produksi film ini mahal hingga Rp30 Miliar bukan hanya karena promosinya saja, melainkan proses syutingnya yang dilakukan di luar negeri, yakni di San Fransisco, Amerika Serikat. Biaya akomodasinya pasti membengkak, geng!

2. Ketika Cinta Bertasbih 2 (2009) - Rp40 Miliar

2 Custom 3abbb

Salah satu film religi Indonesia terbaik ini dirilis pada tahun 2009 dan merupakan kelanjutan dari sekuel pertamanya yang cukup sukses di pasaran.

Dibintangi Kholidi Asadil Alam, Oki Setiana Dewi, Dude Herlino, Asmirandah, hingga aktor kawakan Deddy Mizwar ini mengisahkan tentang kehidupan religius mahasiswa Indonesia di Mesir.

Nggak heran, selain biaya promosinya yang terbilang besar, proses syutingnya pun dilakukan di luar negeri. Pantas aja biaya produksi yang dikeluarkan berjumlah fantastis, yakni Rp40 Miliar.

3. Bumi Manusia (2019) - Rp50 Miliar

3 Custom 88f0a

Film Indonesia yang tahun 2019 kemarin ngehits ini diadaptasi dari novel berjudul sama karangan sastrawan legendaris, Pramoedya Ananta Toer.

Selain terkenal karena durasinya yang panjang banget hingga mencapai 181 menit alias 3 jam, film ini juga disorot karena memakan biaya produksi yang mahal, yakni sekitar Rp50 Miliar.

Usut punya usut, hal tersebut disebabkan oleh promosi yang dilakukan ditambah waktu pengerjaan film yang memakan waktu hampir setahun, geng. Film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Mawar de Jongh ini harus kamu tonton.

4. Gunung Emas Almayer (2014) - Rp60 Miliar

4 Custom Fb9a4

Film dengan biaya produksi termahal selanjutnya jatuh pada Gunung Emas Almayer. Film ini sebenarnya merupakan perpaduan dari kerja sama rumah produksi dari 3 negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Australia.

Disutradarai oleh U-Wei Bin Haji Saari, film ini menghabiskan biaya produksi sebesar Rp60 Miliar, yang mana digunakan untuk membuat properti dan menciptakan atmosfer ala tahun 1830-an.

Selain itu, promosi besar-besaran yang dilakukan hingga Amerika juga membuat film ini harus menggenjot biaya besar. Sayang, film ini nggak begitu sukses di Indonesia.

5. The Raid 2: Berandal (2014) - Rp63 Miliar

5 Custom 8295d

Film laga yang diperankan Iko Uwais ini menghabiskan biaya produksi sebesar Rp54 Miliar. Usut punya usut, salah satu penyebab utamanya adalah mundurnya jadwal shooting, yang sebelumnya direncanakan 90 hari, berubah menjadi 132 hari.

Untunglah, sekuel lanjutan dari The Raid (2011) ini berhasil sukses besar, geng. Disutradarai oleh Gareth Evans, film ini berhasil meraih pendapatan box office sebesar 6,8 Juta USD atau Rp96 Miliar.

Hal ini nggak lepas dari pembuatan plot ceritanya yang lebih fresh, ditambah efek film yang lebih canggih dan enak untuk ditonton.

6. Trilogi Merdeka - Rp64 Miliar

6 Custom 55422

Film yang sengaja dirancang untuk meningkatkan rasa nasionalisme bangsa ini merupakan gabungan dari 3 sekuel film, yakni Merah Putih (2009), Darah Garuda (2010), dan Hati Merdeka (2011).

Menghabiskan biaya produksi hingga Rp64 Miliar, ketiga film ini diproduksi hampir bersamaan. Nggak heran, promosinya pun dilakukan secara berturut-turut.

Meskipun sudah dipromosikan besar-besaran hingga ke luar negeri, Trilogi Merdeka hanya berhasil menggaet penonton sebesar 1,4 Juta saja. Rugi besar, geng!

7. Foxtrot Six (2019) - Rp70 Miliar

7 Custom E8bb0

Dirilis pada bulan Februari 2019, film action yang satu ini menghabiskan biaya produksi hingga Rp70,5 Miliar! Kira-kira buat apa sajakah biaya sebesar itu untuk bikin film ya, geng?

Ternyata, biaya sebesar itu digunakan untuk proses pembuatan film yang memakan waktu lebih dari setahun. Selain itu, mereka menggunakan standar Hollywood, termasuk urusan properti dan efek.

Hal tersebut guna membuktikan bahwa Indonesia mampu memproduksi film yang berkualitas internasional dan layak saing di festival film bergengsi.

Akhir Kata

Itulah tadi deretan film Indonesia dengan biaya produksi termahal. Gimana menurutmu, geng?

Beberapa sangat sukses seperti The Raid series dan beberapa bahkan mengalami kerugian karena tidak banyak yang menonton film tersebut. Padahal, film-film Indonesia ini berkualitas, geng!

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Page Fb8d8

7 Film Ini Tidak Boleh Diremake Hollywood, Auto Ancur!

Naskah Be6b0

Joker Termasuk! 7 Film Terkenal yang Naskahnya Bocor ke Publik

Page Cbfcc

7 Film Populer yang Nggak Perlu Dibuat Sekuelnya, Buang-Buang Uang!

1 4naa663odeju9u7m2f63a 1e7cb

7 Film Batman Terbaik yang Pernah Diproduksi, Mana Favoritmu?

Page 63ff4

7 Film Ini Dicintai Kritikus Tapi Dibenci Penonton, Kok Bisa?

Goblinost Custom 97734

7 Drama Korea dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Shock!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Cara Paling Gila yang Harus Dilakukan Demi Menghemat Biaya Produksi Film

7 Cara Paling Gila yang Harus Dilakukan Demi Menghemat Biaya Produksi Film

7 Film Horor dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Balik Modal?

7 Film Horor dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Balik Modal?

7 Film Mahal yang Justru Gak Terkenal Sama Sekali, Gagal Total?

7 Film Mahal yang Justru Gak Terkenal Sama Sekali, Gagal Total?

7 Film dengan Masa Produksi Terlama, Sampai Setengah Abad!

7 Film dengan Masa Produksi Terlama, Sampai Setengah Abad!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal