J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Iklan Indonesia Paling Kontroversial, Seksi Sampai Ditegur KPI!

Selasa, 17 Nov 2020, 16:30 WIB
Iklan Indonesia kerap dibintangi aktris cantik untuk menarik perhatian konsumen. Tapi, beberapa iklan justru menuai kontroversi sampai ditegur KPI!

Gak hanya film, iklan Indonesia juga sering dibintangi artis cantik dan seksi yang diharapkan bisa menarik minat para calon pembeli.

Hanya saja, iklan-iklan ini harus tayang di televisi pada jam yang sudah ditentukan untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan.

Misalnya saja, iklan yang dianggap vulgar dan tayang setelah film kartun anak tentu akan sangat berbahaya kalau iklan tersebut dilihat anak kecil.

Nah, kali ini Jaka bakal mengulas deretan iklan Indonesia paling kontroversial yang pernah tayang di TV lokal. Kamu pasti tahu, deh!

Iklan Indonesia yang Tuai Kontroversi

Selain film Indonesia paling kontroversial, ternyata banyak juga iklan produk yang sempai menghebohkan masyarakat Tanah Air, loh!

Meski hanya tayang beberapa detik saja, iklan suatu produk yang tayang di televisi bisa merupakan trik untuk memikat hati pembeli, geng.

Tapi, beberapa iklan Indonesia justru menuai kontroversi sampai dicekal dan dilarang tayang lagi. Wah, iklan apa saja, ya? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

1. New Era

Iklan 1 Custom 71d38

Kalau kamu pernah lihat iklan New Era yang satu ini, mungkin kamu tahu seberapa panas dan sensualnya adegan yang ditayangkan. Gak heran kalau iklannya ditegur oleh KPI.

Iklan ini menampilkan adegan seorang wanita berpakaian minim dan bergoyang erotis. Ada juga adegan seorang laki-laki yang telanjang dada dan menggerak-gerakkan dadanya.

KPI menilai muatan tersebut sudah mengabaikan norma kesopanan dan kesusilaan, perlindungan terhadap anak dan remaja, serta ketentuan siaran iklan, geng.

2. Avian

Iklan 2 Custom A5e3e

Iklan cat Avian juga cukup fenomenal karena menampilkan secara close up paha wanita yang mengangkat roknya setelah diberitahu tulisan "awas cat basah" oleh pria yang mengecat kursi.

Karena adegan tersebu, KPI pun melayangkan surat teguran kepada lima stasiun televisi terkait penayangan iklan yang dinilai melanggar aturan tersebut, geng.

Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap pelarangan dan pembatasan adegan seksual, ketentuan siaran iklan, dan norma kesopanan. Duh, ada-ada aja!

3. Buste Cream Nyonya Meneer

Iklan 3 Custom 908e9

Iklan yang ditayangkan tentu akan menyorot hal yang berhubungan dengan produk yang dijual. Hal ini pula yang bisa kamu lihat dalam iklan Buste Cream Nyonya Meneer.

Karena merupakan iklan produk pembesar payudara, model wanita pemeran iklan pun tampil begitu seksi dengan pakaian renang, geng. Sudah tahu, kan, apa yang bisa kamu lihat?

Ya, lekuk tubuh sang model pun tampak begitu jelas. Belahan dadanya pun beberapa kali disorot kamera dan membuatmu merasa seperti nonton adegan seksi di film!

4. Lifebuoy

Iklan 4 Custom 49cbc

Iklan sabun mandi Lifebuoy versi "5 Tahun Bisa untuk NTT" diprotes sejumlah warga Nusa Tenggara Timur (NTT) karena dianggap melecehkan masyarakat NTT.

Iklan ini membahas kebiasaan warga Desa Bitobe, NTT, yang kurang memiliki kesadaran tentang hidup bersih dan mengajak masyarakat lain berdonasi untuk mengajarkan hidup bersih.

Warga NTT yang merasa nggak terima pun dengan penayangan iklan Lifebuoy itu pun akhirnya menyebarkan petisi penolakan dan meminta iklannya berhenti ditayangkan di TV, geng.

5. GrabBike

Iklan 5 Custom 64e68

Salah satu startup ojek online Grab juga rupanya pernah membuat iklan di media sosial yang menuai kontroversi hingga dikecam oleh banyak pihak, loh!

Iklan GrabBike berdurasi 45 detik ini menampilkan seorang wanita yang sedang berjalan, lalu tiba-tiba sekujur tubuhnya penuh luka dan belumuran darah.

Parahnya lagi, ada adegan wanita yang berdarah-darah itu dipanggil oleh tukang ojek tapi ia mengabaikan mereka dan lebih memilih membuka aplikasi ojek online GrabBike.

Iklan ini pun langsung mendapat kecaman karena dinilai mengerdilkan tukang ojek pangkalan dan secara tersirat menuding mereka sebagai biang kecelakaan, geng.

6. Mie Sedaap

Iklan 6 Custom C7436

Mie Sedaap sempat menayangkan iklan yang menampilkan anak kecil bersandiwara dengan meraung-raung seolah ia sedang menangisi ayahnya yang sudah tiada.

Mirisnya, perbuatan itu dilakukan demi kepentingan sang ayah yang nggak mau ikut kerja bakti. Hal ini pun mendapat cemoohan dari banyak pihak, geng.

Selain itu, ada pula adegan yang dianggap melanggar aturan KPI, yakni adegan saat seorang guru memegang produk mie dan di kepalanya bertengger seekor ayam.

Menurut KPI, iklan tersebut nggak memperhatikan norma dan nilai yang berlaku di lingkungan sekolah, memperolok tenaga pendidik, dan merendahkan sekolah sebagai lembaga pendidikan.

7. AXE

Iklan 7 Custom 2ee5e

Salah satu brand parfum AXE memang sering menampilkan iklan dengan konspe yang tergolong dewasa, termasuk dalam iklannya yang berjudul Heaven on Earth.

Iklan ini dibintangi oleh deretan aktris seksi Indonesia, yakni Luna Maya, Uli Auliani, Marissa Nasution, dan Chantal Della Concetta, serta aktor pria Ocke, geng.

Ceritanya, muncul malaikat seksi yang jatuh dari langit dan menggoda Ocke di atas tempat tidur. Iklan yang sempat tayang di televisi ini pun akhirnya sempat menuai kontroversi.

Akhir Kata

Nah, itu tadi deretan iklan Indonesia paling kontroversial yang sampai mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia alias KPI.

Jaka juga yakin kamu pernah melihat beberapa iklan yang Jaka sebutkan di atas. Atau mungkin, kamu juga menantikan munculnya iklan-iklan tadi di TV?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
Film Adegan Putus Cinta E2e46

Ambyar! Ini 7 Adegan Putus Cinta Paling Menyayat Hati di Film!

Film Aktor Bollywood Tolak Main Film Hollywood 3a38e

7 Aktor Bollywood yang Tolak Main di Film Hollywood, Gak Cocok?

Aktor Yang Makin Populer Setelah Pindah Franchise Film 2ca42

7 Aktor yang Makin Populer Setelah Pindah Franchise Film, Keren!

Film Aktor Dc Nyaris Dapat Peran Mcu 9496f

7 Aktor DC yang Nyaris Dapat Peran di MCU, Ada Robert Pattinson!

Film Horor Low Budget Penghasilan Terbesar Cf893

7 Film Horor Low-Budget dengan Keuntungan Terbesar, Modal Hoax?

Trailer Film Paling Dibenci 802d2

7 Trailer Film Paling Dibenci di Dunia, Tembus 13 Juta Dislikes!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Iklan Ramadhan Terbaik Sepanjang Masa, Bikin Terenyuh!

Iklan Ramadhan Terbaik Sepanjang Masa, Bikin Terenyuh!

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Menganggu | Dijamin Hilang 100%!

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Menganggu | Dijamin Hilang 100%!

Cara Promosi di Instagram Pakai Instagram Ads | Dijamin Makin Laris!

Cara Promosi di Instagram Pakai Instagram Ads | Dijamin Makin Laris!

Panas Abis! 7 Film Indonesia Dengan Banyak Adegan Hot di Dalamnya!

Panas Abis! 7 Film Indonesia Dengan Banyak Adegan Hot di Dalamnya!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal