J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ngibul! 5 Film Horor dari Kisah Nyata yang Ternyata Bohong Besar

Kamis, 3 Sep 2020, 18:30 WIB
Film horor berdasarkan kisah nyata bukan berarti seluruh ceritanya berdasarkan kisah nyata. Justru ada yang ternyata bohongan. Berikut ini adalah daftarnya.

Menonton film horor berdasarkan kisah nyata memiliki sensasi merinding yang berbeda ya, geng.

Ketika memilih menonton film horor apa yang menjadi faktor penentu untuk kamu akhirnya memilih film tersebut? Kalau Jaka sih karena film horor itu diangkat dari kisah nyata.

Film horor yang diangkat dari kisah nyata benar-benar akan membuat kita lebih merinding, karena bisa saja kita mengalami hal serupa. Setuju, geng?

Film horor Hollywood seperti The Counjuring misalnya, film yang diangkat dari kisah nyata ini sangat mengerikan kan cerita tentang pengusiran setan pun sering terjadi di Indonesia. Ih ngeri ya!

Tapi ternyata gak semua film horor yang berdasarkan kisah nyata itu benar-benar kisah nyata loh, geng. Ada juga film horor dari kisah nyata yang ternyata bohong belaka demi filmnya sukses dan menarik minat banyak penonton.

Kalau kamu penasaran film apa saja itu, Jaka sudah siapkan daftarnya di bawah ini. Di simak ya!

Film Horor yang Berdasarkan Kisah Nyata yang Ternyata Bohong

Berapa kali kamu menonton sebuah film yang diberi label "berdasarkan kisah nyata", dan terbawa larut dalam kisahnya?

Biasanya kalau ada film horor apalagi itu film horor Hollywood yang diangkat dari kisah nyata, akan menarik minat banyak penonton karena kengerian yang ada di film ini terasa nyata saat kita menontonnya.

Ternyata banyak sekali film Hollywood yang berlabel "based on true story", yang ternyata gak berdasarkan kisah nyatanya sama sekali loh, geng. Mau tau film apa saja? Simak daftarnya yang sudah Jaka siapkan di bawah ini ya!

1. The Blair Witch Project

Film The Blair Witch Project 8d18e

Film The Blair Witch Project tampak begitu autentik, banyak penonton yang menganggapnya asli. Saking meyakinkannya, para orang tua para "korban" mendapat kartu simpati! Karena pengaruhnya, film The Blair Witch Project sering dielu-elukan sebagai "film horor rekaman pertama yang ditemukan".

Dalam film dari "kisah nyata" ini, seorang kru film mencoba merekam sebuah dokudrama tentang suku kanibal Amazon. Saat bertemu dengan mereka, orang-orang kanibal itu menculik, menyiksa, dan melahap kru.

Orang-orang begitu yakin kalau itu yang sebenarnya terjadi. Sampai akhirnya sutradara Ruggero Deodato, dibawa ke pengadilan untuk pembunuhan karena dia gak menghentikan pembantaian para korban. Para aktor harus hadir di pengadilan untuk membuktikan bahwa mereka sebenarnya masih hidup.

Gaya The Blair Witch Project mungkin gak orisinal seperti yang pernah dipercayai, tetapi gaya itu pasti menghidupkan kembali genre rekaman temuan dengan film-film seperti Paranormal Activity, [Rec], dan Cloverfield.

2. The Strangers

Film The Strangers 8380a

Film horor yang rilis pada tahun 2008 ini dibintangi sejumlah nama tenar seperti Liv Tyler, Scott Speedman, dan Gemma Ward.

Label 'berdasarkan kisah nyata' yang diberikan pada film ini ternyata hanya akal-akalan tim marketing saja. Sang sutradara, Bryan Bertino, mengatakan bahwa cerita film ini adalah cerita masa kecilnya.

Dulu rumahnya sering didatangi oleh orang-orang gak dikenal dan kemudian akan merampoknya. Namun pada kenyataannya, nggak ada satu pun pengalaman yang dialaminya tersebut berhubungan tentang pembunuh psikopat seperti yang ada pada film.

3. Texas Chainsaw Massacre

Film Texas Chainsaw Massacre Da1ea

"Texas Chainsaw Massacre" adalah sebuah film horor yang bagus, yang dibuat pada tahun 1974, kemudian di-remake di tahun 2003.

Dalam versi tahun 2003, film ini dibintangi oleh si cantik Jessica Biel. Film ini memang terinspirasi oleh Ed Gein, sang pembunuh berdarah dingin yang menggemparkan dunia di tahun 40-an dan 50-an.

Namun, plot yang ada di dalam sendiri sebenarnya adalah karangan saja dan nggak ada satu pun yang mirip dengan kisah pembunuhan ala Ed Gein.

4. Frankenstein

Film Frankenstein 2b7fe

Dokter Frankenstein dan asistennya yang bungkuk, Igor, merancang eksperimen untuk menyadarkan orang mati. Namun, makhluk mereka yang dihidupkan kembali menjadi ganas, menyebabkan penduduk kota memburunya dan ingin membunuhnya.

Hanya ada satu masalah kecil dengan ringkasan plot cerita dalam film ini: Kaki tangan Frankenstein yang cacat disebut Fritz, bukan Igor. Meskipun dia telah dipanggil Igor dalam adaptasi lain seperti Van Helsing dan Victor Frankenstein dan dia benar-benar mendapatkan filmnya sendiri berjudul 'Igor'.

Ygor (dieja dengan "y") adalah karakter yang sama sekali berbeda yang pertama kali muncul di sekuel kedua, Son of Frankenstein. Ygor, yang diperankan oleh bintang Drakula, Bela Lugosi, adalah seorang pandai besi gila yang memanipulasi Monster untuk membunuh atas namanya.

Jika kamu bertanya-tanya gimana awal kesalahpahaman ini terjadi, kamu bisa menyalahkan Young Frankenstein dari Mel Brooks.

Awalnya, Frankenstein bertemu dengan seorang pria bungkuk dengan mata bulat bernama Igor. Namun, namanya dilafalkan "Eye-gor" sebagai plesetan dari penampilannya. Karena lelucon kecil yang satu ini, semua orang mengira Igor ada di film aslinya.

5. The Wolf Man

Film The Wolf Man E88d5

Film The Wolf Man tahun 1941, berkisah tentang seorang pria bernama Lawrence Talbot yang secara bertahap berubah menjadi manusia serigala. Film ini sukses besar dan melahirkan banyak sekuel, crossover, dan remake. Selain itu, ia mempopulerkan mitos manusia serigala di seluruh dunia.

Tetapi ada beberapa kesalahpahaman yang bahkan dibuat oleh penggemar horor tentang film tersebut. Meskipun dikenal sebagai "film werewolf pertama", ini gak benar. Film horor The Werewolf 1913, adalah film pertama tentang lycanthropy. Sayangnya, salinan terakhirnya dihancurkan pada tahun 1924.

Talbot sebenarnya gak pernah menjadi manusia serigala di bawah bulan purnama. Faktanya, film ini bahkan gak memiliki foto bulan purnama!

Akhir Kata

Nah, itu tadi film horor dari kisah nyata yang ternyata cuma bohongan, geng. Wah, jadi selama ini penonton tertipu dengan label "berdasarkan kisah nyata" demi mendapat keuntungan.

Di antara film di atas, ada yang sudah pernah kamu tonton, geng?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ersa Syabilla Hasanah.

ARTIKEL TERKAIT
Klise Film Horror Yang Bodoh Main Img 0bd47

10 Adegan Gak Masuk Akal yang Selalu Ada di Film Horor, Klise Abis!

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!

Saw

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

20 Film Horor Terseram Di Dunia Ngeri Banget Update 2020 4185b

20 Film Horor Terseram dan Terbaik, Khusus buat Pemberani Saja!

Film Horor Yang Menyakiti Aktornya 43c2b

5 Film Horor yang Menyakiti Aktornya, Totalitas atau Kelewat Batas?

1490 L Bbf52

5 Film Horor yang Terkena Kutukan Sungguhan

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Horor Mengerikan Tanpa Ada yang Mati Satupun, Kok Bisa?

7 Film Horor Mengerikan Tanpa Ada yang Mati Satupun, Kok Bisa?

7 Film Horor yang Patut Dinanti di Tahun 2020, No. 4 Paling Dinanti!

7 Film Horor yang Patut Dinanti di Tahun 2020, No. 4 Paling Dinanti!

7 Film Horor yang Bikin Trauma Waktu Kecil, Bikin Gak Bisa Tidur!

7 Film Horor yang Bikin Trauma Waktu Kecil, Bikin Gak Bisa Tidur!

20 Film Horor Terseram dan Terbaik, Khusus buat Pemberani Saja!

20 Film Horor Terseram dan Terbaik, Khusus buat Pemberani Saja!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal