• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Hollywood yang Dilarang Tayang di China, Ada yang Menghina Presiden China?

7 Film Hollywood yang Dilarang Tayang di China, Ada yang Menghina Presiden China?

00
Selasa, 29 Okt 2019, 12:00 WIB
Dalam masalah sensor, pemerintah China selalu sigap, geng. Di sini Jaka mau share 7 film Hollywood yang dilarang tayang di China.

Meskipun sekarang China sudah menjadi negara yang lebih terbuka, China itu masih dikuasai oleh partai komunis loh, geng.

Makanya, kalau untuk masalah sensor, larangan, dan hal semacamnya, pemerintah China masih sangat giat dalam penerapan hal-hal tersebut.

Facebook dan semua jenis layanan Google masih tidak bisa diakses di sana dan lumayan banyak, geng, film yang dilarang tayang di China.

7 Film Hollywood yang Dilarang Tayang di China

Bukan cuma pemerintah China loh, geng, yang sering sensitif. Masyarakat China juga sering mengungkapkan sentimen nasionalis mereka.

Beberapa waktu lalu, brand kenamaan seperti Coach dan Givenchy sampai harus minta maaf setelah diprotes oleh masyarakat China.

Masalahnya, geng, brand tersebut menyiratkan bahwa Taiwan dan Hong Kong itu bukan bagian dari China yang sangat menyinggung nasionalisme rakyat China.

Nggak ada yang bisa lepas dari pengawasan rakyat dan pemerintah China, geng, dan di sini Jaka mau share 7 film Hollywood yang dilarang tayang di China.

1. Christopher Robin (2018)

Christopher Robin 1111907 1280x0 E1533414794699 2c96e

Bagaimana bisa, geng, film lanjutan dari kisah beruang konyol Winnie the Pooh ini dilarang tayang di China?

Sebenarnya untuk alasan resminya nggak pernah diberi tahu, geng, tapi diduga Christopher Robin dilarang dikarenakan hubungan antara Presiden Xi Jinping dengan Pooh.

Bukan hubungan semacam itu, geng, tapi karena Presiden Xi Jinping pernah dibandingkan dengan beruang madu yang ikonik itu.

Di tahun 2013, terdapat foto antara Xi dan Barack Obama yang disandingkan dengan gambar Pooh dan Tigger dan sampai sekarang, Xi sering dijuluki Pooh oleh aktivis China.

2. Call Me By Your Name (2017)

Call Me By Your Name D723d

Berbeda dengan Amerika Serikat yang memang jauh lebih progresif, masyarakat China masih tergolong konservatif dalam masalah sosial seperti homoseksualitas.

Sebenarnya homoseksualitas itu tidak dilarang secara hukum oleh pemerintah China tapi masih mendapat stigma yang buruk di mata pemerintah.

Makanya, nggak heran kalau film Call Me By Your Name yang bertemakan hubungan antara kedua lelaki ini dilarang tayang di China.

Awalnya, film yang masuk nominasi Oscar untuk Film Terbaik ini dijadwalkan masuk ke daftar film di Film Festival Beijing tapi akhirnya ditarik.

3. Deadpool dan Deadpool 2 (2016 & 2018)

Deadpool 20a95

Deadpool adalah film yang mengandung elemen kekerasan berlebihan dan juga sadis. Gak heran, film ini termasuk yang terkena sensor.

Sebenarnya, Fox, selaku pihak distributor telah mengusahakan untuk merilis versi film Deadpool yang bisa diterima di China.

Tapi, mereka tidak bisa melakukan hal ini tanpa mengubah jalan cerita film dan akhirnya Deadpool dan juga sekeulnya batal rilis di China.

Untungnya, Fox bisa merilis Once Upon A Deadpool, versi alternatif dari film Deadpool 2 yang ditujukan untuk remaja, di China.

4. Noah (2014)

Noah E49e1

Sebagai negara yang menganut paham komunis, pemerintah dan Partai Komunis di China resminya menganut paham sekuler.

Rakyat China boleh menganut dan mempraktikkan agama yang mereka percayai tapi posisi negara tetap harus nomor satu.

Hal ini yang menyebabkan munculnya konflik dengan kaum Muslim Uighur di Xinjiang dan mengapa film Noah dilarang tayang di China.

Melihat kondisi China, nggak heran, geng, kisah Nabi Nuh dan perahunya ini dilarang tayang di negara China.

5. Crimson Peak (2015)

Crimson Peak 301a2

Kalau yang ini kasusnya mirip dengan film Noah, geng. Karena paham sekuler mereka, China juga sering melarang film yang mengandung elemen supranatural dan takhayul.

Salah satu korbannya adalah film horor Crimson Peak, film yang menunjukkan sebuah rumah megah di Inggris jaman dulu yang ternyata dihantui.

Selain karena elemen hantu, film ini juga memperlihatkan hubungan incest antara karakter kakak-adik Jessica Chastain dan Tom Hiddleston, geng.

Kombinasi elemen hantu dan incest inilah yang disinyalir menjadi alasan kenapa film ini dilarang tayang di China.

6. Red Dawn (2012)

Red Dawn 7fb83

Film Red Dawn merupakan remake dari film 80-an yang berjudul sama yang menceritakan Amerika Serikat yang dijajah oleh negara lain.

Di film aslinya, Uni Soviet menjadi negara antagonis dan di remake-nya ini, awalnya negara China yang akan dijadikan peran antagonis.

Tetapi akhirnya peran antagonis itu diganti menjadi negara Korea Utara oleh MGM, dengan menelan biaya yang dikabarkan mencapai 1 juta dolar atau sekitar Rp14 miliar .

Sayangnya, geng, setelah perubahan tersebut, film ini masih dilarang tayang di China.

7. Sausage Party (2016)

Sausage Party B6f4f

Film animasi memang biasa menjadi bahan nonton bareng bersama keluarga tapi film animasi dewasa yang satu ini berbeda, geng!

Sausage Party mengandung banyak lelucon kotor, geng, makanya nggak mengherankan kalau film ini tidak ditayangkan di China.

Tapi film ini tidak tayang bukan karena dilarang pemerintah, geng, melainkan karena keputusan independen distributor di Taiwan.

Takut menjadi target kemarahan orang tua yang mengira film animasi ini cocok untuk anak-anak, distributor tersebut memutuskan untuk tidak merilis Sausage Party di China.

Akhir Kata

Demikianlah, geng, 7 film Hollywood yang dilarang tayang di China. Memang pemerintah China itu masih lumayan ketat jadi nggak sedikit film yang dilarang tayang di China.

Tapi, geng, karena China itu merupakan pasar yang sangat besar, nggak sedikit juga film yang secara terang-terangan merayu China.

Sebagai contoh, film Marvel Iron Man 3 mengandung beberapa adegan tambahan di versi China yang mengandung penampilan Fan Bingbing, salah satu artis terkemuka di China.

Bagaimana, geng, pendapat kalian mengenai film-film yang dilarang di atas? Apakah menurut kalian berlebihan? Share di kolom komentar ya, geng!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Film Musikal Terbaik 6cbcf

10 Film Drama Musikal Terbaik Sepanjang Masa | Bikin Kamu Nangis Bombay!

Film Jason Statham F9cbb

10 Film Jason Statham Terbaik yang Wajib Ditonton | Nomor 3 Film Komedi!

Film Sci Fi Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa Box Office Main Img 4bc4c

10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!

Drama Film Korea Kerajaan Terbaru Dan Terbaik 20c1b

15 Drama & Film Kerajaan Korea Terbaik 2020, Wajib Kamu Tonton!

Film Iran Terbaik Banner2 5f66b

15 Film Iran Terbaik Sepanjang Masa, Ada Film Pemenang Oscar!

Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20

10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal