J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Meski Dihina & Dibenci, 7 Film Gagal Total ini Meraup Milyaran Dolar

Meski Dihina & Dibenci, 7 Film Gagal Total ini Meraup Milyaran Dolar

Senin, 10 Agt 2020, 17:00 WIB
tahu nggak sih kalau ternyata banyak film yang dibilang gagal justru laku keras ketika dirilis? Yuk, cari tahu film gagal apa saja yang berhasil untung besar.

Tingkat keberhasilan dari sebuah film memang sedikit sulit untuk diukur, karena banyak sekali indikator yang harus dipenuhi oleh sebuah film untuk bisa dilabeli sebagai film bagus.

Mulai dari kualitas cerita, banyaknya penghargaan yang diraih, tingkat penerimaan penonton, hingga sebanyak apa keuntungan yang didapatkan oleh film tersebut.

Banyak film yang dilabeli sebagai produk gagal karena ratingnya yang buruk atau karena banyaknya celaan publik yang diterima olehnya.

Label buruk ini ternyata tidak berpengaruh sama sekali terhadap kesuksesan film tersebut dari segi finansial. Beberapa film gagal, diam-diam ternyata berhasil meraih pundi keuntungan dalam jumlah luar biasa banyak.

7 Film Hollywood Gagal yang Justru Banyak Menghasilkan Uang

Keragaman minat dan kondisi pasar membuat keberhasilan dari sebuah film menjadi sangat sulit untuk diprediksi.

Banyak film dengan rating hancur yang ditonton banyak orang karena penasan, dan ada juga film dengan kualitas yang luar biasa baik tapi gagal dalam mengumpulkan pendapatan.

Dari sekian banyak film yang sudah beredar hingga saat ini, berikut beberapa film yang dilabeli sebagai film gagal yang justru berhasil mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang banyak.

1. Waterworld (1995)

Syfy Com 0e7d8
Sumber foto: syfy.com

Banyak orang yang menganggap bahwa film sci-fi yang satu ini merupakan film gagal. Jalan cerita yang membosankan dan juga adegan aksi medioker di film ini membuat banyak orang enggan menontonnnya.

Selain itu, film ini pun dibuat dengan bujet selangit untuk standar film Hollywood kala itu sebesar 175 juta USD, dan ketika dirilis penghasilannya hanya 88 juta USD saja di Amerika.

Untungnya, film ini mendapatkan suntikan penghasilan yang cukup besar dari pasar internasional sebanyak Rp175 juta USD, sekitar 66% dari total pendapatannya.

Pada akhirnya total pendapatan yang didapatkan oleh film ini mampu menutupi ongkos produksinya yang selangit, dan masih bisa menghasilkan keuntungan meskipun dibilang gagal oleh banyak orang.

2. Transformers: Age of Extinction (2014)

Voices Com D5f9d
Sumber foto: voices.com

Transformers merupakan salah satu franchise film yang tidak terlalu disukai oleh para kritikus, tetapi ternyata lebel jelek ini tidak berpengaruh terhadap pendapatannya.

Transformers; Age of extinction menjadi salah satu film paling sukses di franchise yang satu ini. Dari biaya pembuatannya yang mencapai 210 juta USD, film aksi ini berhasil meraih pendapatan hingga 1.1 miliar USD.

Penghasilan selangit ini tidak sebanding dengan rating yang didapatkannya. Transformers: Age of Extinction hanya mendapatkan rating 5.6 di IMDb dan 18% skor Tomatometer.

3. Warcraft (2016)

Theactionelite Com 3b162
Sumber foto: theactionelite.com

Film yang diangkat dari video game ini pada awalnnya direncanakan untuk menjadi franchise film tersendiri ini gagal memenuhi ekspektasi, dan menjadi satu-satunya film Warcraft yang dibuat paling tidak sampai saat ini.

Banyak orang yang menganggap film ini sebagai film gagal dan ketika dirilis secara domestik di Amerika pun penghasilannya hanya mencapai 47 juta USD, seperempat dari biaya produksinya yang mencapai 160 juta USD.

Untungnya, film ini mendapat sambutan yang cukup baik di China, bahkan sempat menjadi headlines berbagai media di sana dan mendongkrak penghasilannya secara umum di seluruh dunia ke angka 439 juta USD.

Belum lagi dari penjualan DVD yang mencapat 16 juta USD lebih dan juga pendapatan hak siar dari film ini, Warcraft kurang lebih berhasil meraup pendapatan 3 kali biaya produksinya.

4. The Mummy (2017)

Bfi Org Uk Af24c
Sumber foto: bfi.org.uk

Kemungkinan besar banyak orang yang tidak tahu atau lupa kalau ternyata Tom Cruise pernah main di film horor pada tahun 2017, The Mummy.

Film yang satu ini kurang terekspos jika dibandingkan dengan film Tom Cruise lainnya karena memang dianggap sebagai film gagal. Skor Tomatometer-nya pun hanya 16%.

Meskipun dicap sebagai film gagal, The Mummy berhasil meraup pendapatan hingga 410 juta USD di seluruh dunia dan total biaya produksinya hanya sekitar 125 hingga 195 juta USD saja. Masih terbilang untung.

5. Terminator Genisys (2015)

Wwwwww Bf175
Sumber foto: pinterest.com

Terminator menjadi salah satu franshise film paling populer yang pernah dibuat, dan keberadaannya pun bahkan sudah dianggap sebagai bagian pop culture.

Meskipun sudah memiliki image yang sangat baik, salah satu film di franchise ini, Terminator genisys, kualitasnya jauh dari kata baik. Film sci-fi ini hanya mendapat skor Tomatometer 27% saja.

Ketika dirilis di Amerika, film ini hanya mendapatkan penghasilan 89 juta USD saja, padahal proses pembuatannya membutuhkan dana hingga 150 juta USD lebih.

Siapa sangka kalau ternyata film yang dicap gagal ini terselamatkan oleh audience internasional dan pada akhirnya mengumpulkan pendapatan 440 juta USD lebih, sekitar 2.5 kali bujet produksinya.

6. Superman Returns (2006)

Collider Com 0cb58
Sumber foto: collider.com

Jauh sebelum perang franchise film superhero memanas seperti sekarang ini, DC mencoba peruntungan mereka terlebih dahulu di tahun 2006 dengan film Superman Returns.

Sayangnya, upaya yang dilakukan ini gagal mencadi titik awal berdirinya franchise superhero sukses dan hanya menjadi film standalone saja.

Biaya produksi film ini mencapai 223 juta USD belum termasuk untuk keperluan marketing dan lain-lain, cukup besar untuk ukuran sebuah film kala itu.

Untungnya film ini tetap banyak ditonton, dan pada akhirnya berhasil mengumpulkan pendapatan hingga 391 juta USD belum lagi dari penjualan DVD-nya yang ditaksir bisa mencapai sekitar 85 juta USD.

7. Pearl Harbor (2001)

Empireonline Com 3fd5c
Sumber foto: empireonline.com

Film perang yang satu ini diprediksi akan menjadi film Box office dan menjadi raja di bioskop pada waktu peluncurannya, tetapi sayangnya hal ini tidak terjadi.

Film ini sampai-sampai membuat Peter Schneider selaku bos Disney kala itu mengundurkan diri karena kualitas film ini jauh dari ekspektasi.

Meskipun begitu, ternyata Pearl harbor secara finansial tidak terlalu merugi bahkan bisa dibilang untung. Dengan bujetnya yang mencapai 140 juta USD, film ini meraih pendapatan sebanyak 449 juta USD di seluruh dunia.

Belum lagi pada saat perilisan seri DVD-nya kala itu. Dalam sekejap 3.7 juta copy DVD film ini laku dipasaran, dan keuntungannya ditaksir mampu menyentuh angka 130 juta USD dalam waktu 7 hari saja.

Akhir Kata

Itu dia beberapa film yang dianggap gagal yang ternyata pada akhirnya mampu meraup keuntungan dalam jumlah yang lumayan tinggi.

Selera penonton memeng tidak bisa disalahkan. Mau sejelek apapun penilaian dari kritikus, jika mereka merasa ingin menonton, tidak ada yang bisa menghalanginya untuk pergi ke bioskop.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini berguna untuk kalian semuanya, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
10 Film Action Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Penuh Aksi Mendebarkan D315f

10 Film Action Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Penuh Aksi Gila!

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa Penuh Adegan Mendebarkan Bb449

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

Film Romantis Indonesia 0c9c0

20 Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2020, Awas Baper!

Film Barat Terbaru C7e42

17 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Wajib Nonton!

Cameo Paling Mengejutkan Banner 434ca

7 Cameo Paling Mengejutkan di Film Hollywood, No. 6 Gak Nyangka Banget!

Banner C7b97

7 Artis Hollywood yang Merendahkan Film Marvel, Kesal Karena Gak Diajak Main?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Diremehin Parah! 7 Film yang Nggak Sengaja Jadi Sukses di Pasaran

Diremehin Parah! 7 Film yang Nggak Sengaja Jadi Sukses di Pasaran

7 Film Berkualitas yang Gagal Total Saat Dirilis, Gak Balik Modal?

7 Film Berkualitas yang Gagal Total Saat Dirilis, Gak Balik Modal?

7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

7 Film Populer yang Gak Layak Buat Ditonton, Bikin Kecewa Berat!

7 Film Populer yang Gak Layak Buat Ditonton, Bikin Kecewa Berat!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal