J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Film Gagal, 7 Sutradara Ini Salahkan Studio | Banyak Intervensi!

Film Gagal, 7 Sutradara Ini Salahkan Studio | Banyak Intervensi!

Senin, 27 Jul 2020, 17:00 WIB
Banyak film yang gagal di pasaran, tapi siapa yang harus disalahkan? Nah, berikut ini 7 sutradara yang menyalahkan studio atas kegagalan filmnya.

Kebanyakan film layar lebar diproduksi dalam waktu yang lama dengan usaha yang nggak terkira. Hal tersebut dilakukan demi membuat film tersebut laku di pasaran.

Sayangnya, nggak semua film berhasil menuai kesuksesan. Buktinya, banyak film yang gagal total dan justru panen hujatan dari kritikus dan penikmat film.

Lalu, siapa yang harus disalahkan atas kegagalan film tersebut? Sutradara, aktor, kru, atau justru studio yang terlibat, geng?

Kegagalan tersebut sebenarnya harus ditanggung bersama. Tapi, justru ada 7 sutrada yang menyalahkan studio atas kegagalan filmnya, lho! Siapa saja, ya?

7 Sutradara yang Menyalahkan Studio Atas Kegagalan Filmnya

Kalau sebelumnya Jaka pernah membahas film gagal yang merugikan studio, kali ini Jaka akan mengulas studio film yang disalahkan oleh sutradara karena kegagalan filmnya.

Kira-kira, siapa saja sutradara yang menyalahkan studio karena filmnya gagal? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Chris Weitz - The Golden Compass

Sutradara The Golden Compass Custom Aa96a

Nggak sedikit penggemar film fantasy yang berharap film The Golden Compass akan sangat menakjubkan seperti film paling ambisius, The Lord of The Ring. Sayangnya, film ini justru dianggap gagal.

Sang sutradara, yakni Chris Weitz sebenarnya hendak membuat film ini berjalan selama tiga jam dengan ending yang dark dan mencerminkan cerita seperti dalam novel aslinya.

Sayangnya, pihak studio New Line Cinema nggak setuju dengan alur cerita rancangan Weitz yang dianggap diktator. Studio pun melakukan perubahan pada film tersebut.

Studio mengubah ending cerita, bahkan memotong adegan selama 45 menit dan mengambil ulang beberapa adegan yang nggak terhitung jumlahnya!

Konyolnya lagi, studio seolah mengekor keberhasilan Lord of the Rings dengan memasukkan dua pemain film tersebut, yakni Christopher Lee dan Ian McKellen untuk peran kecil.

Weitz pun menyalahkan pihak studio atas kegagalan film The Golden Compass yang bahkan dinobatkan sebagai salah satu film terburuk yang diangkat dari novel best-seller.

2. Josh Trank - Fantastic Four

Sutradara Fantastic Four Custom 60510

Kalau kamu penggemar film tentang superhero, kamu pasti nggak asing lagi dengan Fantastic Four, kan? Seperti yang kamu tahu, Fantastic Four dicap gagal dan menuai kritik pedas dari para kritikus.

Lalu, siapa yang harus disalahkan atas kegagalan Fantastic Four? Bagi sang sutradara, Josh Trank, kegagalan filmnya ini adalah ulah dari pihak studio, geng.

Ia sempat mengunggah kicauan di akun Twitter pribadinya, tapi nggak lama kemudian kicauan itu langsung ia hapus. Isi kicauan tersebut adalah hujatan atas daur ulang Fantastic Four.

Usut punya usut, pihak studio 20th Century Fox, melakukan perubahan pada alur cerita Fantastic Four yang akhirnya membuat Trunk berpendapat bahwa film tersebut nggak seperti judul buatannya.

Bukan cuma itu, Trank juga menyesal karena nggak melakukan protes setelah pihak studio nggak mengizinkannya melakukan casting terhadap aktris berkulit hitam untuk memerankan Sue Storm.

Karena perubahan tersebut, Fantastic Four gagal mendapat sekuel dan menjadi salah satu film trilogi yang gagal tayang karena nggak laku, geng.

3. David Fincher - Alien 3

Sutradara Alien 3 Custom 483d2

Masih film dari 20th Century Fox, yakni Alien 3 yang disutradarai oleh David Fincher. Film tentang alien ini pernah menjadi bahan intervensi studio karena gaya penyutradaraan David Fincher.

Studio memanfaatkan calon sutradara Renny Harlin dan Vincent Ward untuk memaksa Sigourney Weaver bergabung. Tapi akhirnya, studio memilih David Fincher karena dianggap mudah dikendalikan.

Tapi, Fincher nggak begitu saja memenuhi proses syuting untuk adegan yang dituntut oleh studionya. Apalagi, semua tuntutan sangat mustahil untuk ia lakukan, geng.

Studio akhirnya tak mengizinkan Fincher berada di ruang editing dan dengan sengaja nggak melakukan tes screening demi memperbarui penyuntingan film sesuai dengan cara yang studio inginkan.

Alhasil, kegagalan Alien 3 membuat Fincher menyalahkan pihak studio. Bahkan, ia menjadi salah satu sutradara yang membenci filmnya sendiri!

4. Zach Snyder - Justice League

Sutradara Justice League Custom 9aaa3

Bukan cuma gagal, tapi Justice League juga sempat kontroversial. Kegagalan film superhero ini disebabkan oleh berbagai faktor internal, geng.

Salah satunya adalah pergantian sutradara dari dari Zack Snyder ke Joss Whedon yang masih menyisakan polemik hingga filmnya nggak ditayangkan lagi.

Pergantian sutradara ini membuat studio melakukan proses syuting ulang setelah Whedon menggantikan posisi Snyder. Alhasil, rasa dari film ini seolah nggak jelas.

Banyak fans yang lebih menyukai gaya dark khas Snyder, dan menilai Whedon yang juga menjadi penulis skenario membuat Justice League jadi lebih ringan dan ditambah bumbu humor ala Marvel.

Tapi campur tangan keduanya menjadi hal buruk di film Justice League yang membuat banyak fans merasa seperti menyaksikan dua film berbeda saat mereka menonton Justice League.

Pada akhirnya, Snyder menyalahkan pihak studio karena sudah mengganti beberapa adegan yang sebelumnya sudah ia rampungkan, geng.

5. David Ayer - Suicide Squad

Sutradara Suicide Squad Custom 0193a

Suicide Squad merupakan film anti-hero yang paling dinanti-nanti pada tahun 2016. Sayangnya, film yang disutradari oleh David Ayer ini nggak sesuai harapan.

Meski sukses secara materi, nyatanya Suicide Squad menuai banyak hujatan dari kritikus dan juga penikmat film. Kegagalan ini pun menjadi pukulan bagi Ayer.

Banyak yang menyalahkan Ayer atas kegagalan Suicide Squad. Tapi, ia juga sempat membuat kicauan di akun Twitter pribadinya soal intervensi yang dilakukan oleh pihak studio, yakni Warner Bros.

Ayer mengaku banyak adegan yang dihapus oleh studio, termasuk beberapa adegan The Joker yang seharusnya lebih banyak muncul tapi malah di-cut dan membuat karakter Joker kurang kuat.

Tapi selain Ayer, ternyata pemeran The Joker, yakni Jared Leto juga disalahkan oleh fans atas kegagalan film Suicide Squad yang ia bintangi, geng!

6. Gavin Hood - X-Men Origins: Wolverine

Sutradara X Men Origins Wolverine Custom 58191

Salah satu film yang gagal di box office, yakni X-Men Origins: Wolverine juga mendapat banyak kritikan pedas dari fans dan kritikus film.

Siapa sangka, di balik kepiawaian akting Hugh Jackman sebagai Wolverine, ternyata film ini menyimpan konflik yang lumayan panas di balik layar.

Awalnya, Gavin Hood membuat tema yang sangat gelap dengan menggali latar belakang Wolverine sebagai tentara. Ada juga pertarungan Wolverine melawan trauma dan keterlibatannya dengan Weapon X.

Tapi, 20th Century Fox menolaknya, dan justru memutuskan bahwa peran Ryan Reynolds sebagai Deadpool harus dikurangi supaya nggak menimpa akting Hugh Jackman sebagai karakter utamanya.

Hood pun sering bertengkar dengan mantan eksekutif terkenal Fox, Tom Rothman, yang kerap kali memperpanas suasana di lokasi syuting, geng.

Perbedaan pendapat antara mereka pun akhirnya membuat film ini gagal dan menjadi film spin-off terburuk. Hood pun menyalahkan Fox atas kegagalan dalam filmnya ini.

7. Joseph L. Mankiewicz - Cleopatra

Sutradara Cleopatra Custom 87174

Film kolosal dari 20th Century Fox ini juga menuai kritik pedas dan gagal total di pasaran. Apa penyebabnya, ya?

Seperti biasa, studio diisukan melakukan intervensi terhadap seluruh proses produksi. Bahkan, pihak studio juga memecat para produser dan kru penting yang berpotensi menyukseskan film ini.

Bukan cuma itu, adegan yang sudah diambil hasil dari arahan sutradara Joseph L. Mankiewicz pun banyak yang di-cut karena studio ingin menyingkat dua film menjadi satu bagian saja.

Pihak eksekutif studio meminta untuk memangkas film Cleopatra yang awalnya berdurasi enam jam menjadi hanya tiga jam. Sudah pasti banyak adegan yang hilang!

Alhasil, Mankiewicz menyalahkan Fox karena banyaknya adegan yang hilang hingga membuat film Cleopatra hampir menjadi film yang membuat studionya bangkrut.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 7 sutradara yang menyalahkan studio atas kegagalan filmnya. Bukan cuma gagal, tapi kelakuan mereka yang saling menyalahkan juga membuat perseteruan panas di balik layar.

Alhasil, film yang diproduksi pun gagal total dan menuai banyak kritikan karena proses produksinya yang diwarnai oleh masalah internal, geng.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
Villain Paling Aneh Dan Gila Di Komik Dc 57179

7 Villain DC Paling Aneh dan Gila, Bukan Cuma Joker!

Anime Live Action Dragonball Evolution Goku Justin Chatwin Custom D7a69

7 Karakter Anime Live Action Terburuk, Aktingnya Jelek Semua?

Mcu Villain 07664

7 Momen Kematian Penjahat MCU yang Bikin Penonton Puas dan Bahagia

Aktor Film Terkena Kutukan Aneh Menyeramkan E256e

7 Aktor Film yang Terkena Kutukan Menyeramkan, Ada yang Meninggal!

Tragedi Kutukan Pemeran Glee A92d0

Kutukan atau Bukan? 7 Tragedi yang Menimpa Aktor Serial TV Glee

Film Makhluk Mengerikan Terinspirasi Kisah Nyata Cd3e5

7 Film tentang Makhluk Mengerikan yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Film Gagal Semua?

7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Film Gagal Semua?

7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

7 Film Gagal yang Membuat Studionya Bangkrut, Terlalu Ambisius!

7 Film Gagal yang Membuat Studionya Bangkrut, Terlalu Ambisius!

7 Sutradara yang Membenci Film Superhero, Iri Bilang Bos!

7 Sutradara yang Membenci Film Superhero, Iri Bilang Bos!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal