J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film dengan Efek 3D Memukau & Mencengangkan, Malah Gak Laku?

7 Film dengan Efek 3D Memukau & Mencengangkan, Malah Gak Laku?

Selasa, 26 Mei 2020, 19:00 WIB
Saat ini, hampir semua film dirilis secara 3 dimensi. Hanya saja, nggak semuanya punya kualitas efek yang bagus dan kesannya dipaksakan. Berikut adalah film 3D terbaik rekomendasi Jaka

Pernahkah kamu menonton film 3D dengan menggunakan kacamata khusus di bioskop? Alih-alih berfokus pada film, kamu malah terpukau oleh efek film yang terlihat nyata.

Di awal-awal kemunculannya pada dekade 2000-an awal, film-film 3D mampu membangkitkan minat masyarakat untuk menonton film di bioskop.

Kepopuleran tersebut bikin banyak film masa kini yang diberikan treatment serupa. Hanya saja, mayoritas dari film-film tersebut memiliki kualitas yang medioker dan nggak menarik.

7 Film dengan Efek 3D Terbaik

Secara garis besar, film 3 dimensi adalah film yang mampu meningkatkan ilusi persepsi kedalaman. Film 3D dibuat dengan menggunakan kamera berlensa ganda yang mewakili mata kanan dan kiri dari orang yang menonton.

Gambar dari 2 kamera tersebut kemudian diproyeksikan ke 1 layar. Dengan berbekal kacamata 3D, penonton dapat menyaksikan film sekaligus merasakan jadi "bagian" dari film tersebut.

Dalam artikel ini, Jaka akan membahas mengenai 7 film dengan efek 3D terbaik, atau film yang dibuat secara khusus untuk penayangan 3D. Check it out!

1. Avatar (2009)

1 A9316

Avatar adalah sebuah film Sc-Fi bertema petualangan yang menjadi tonggak keberhasilan film 3D di box office. Film karya James Cameron ini sukses banget dan sempat jadi film pendapatan terbesar sepanjang masa.

Nggak cuma dirilis secara 3D, Avatar bahkan dirilis secara 4D di Korea Selatan, lho. Avatar mampu menyajikan dunia 3D yang bikin semua orang terpana.

Kabarnya, James Cameron bahkan rela menunggu puluhan tahun untuk membuat film ini hingga ada teknologi yang mampu mewujudkan visinya tersebut. Dedikasi abis!

2. Gravity (2013)

2 Ea100

Bisa dibilang bahwa Interstellar karya Christopher Nolan adalah sebuah film luar angkasa terbaik. Namun jika berbicara soal film luar angkasa 3D terbaik, jawabannya adalah Gravity.

Gravity bercerita tentang sepasang astronot yang terdampar di luar angkasa. Efek 3D yang dihasilkan mampu membuat penonton ikut merasa putus asa.

Nggak cuma cerita, akting, dan pemilihan aktornya yang bagus saja. Kalau kamu orangnya gampang mual, mungkin efek 3D dalam film ini musti kamu hindari.

3. How To Train Your Dragon (2010)

3 Aecde

How To Train Your Dragon merupakan sebuah film animasi produksi DreamWorks yang sempat bikin Pixar ketar-ketir di kandangnya sendiri.

Film ini bahkan dianggap mampu menyamai skor Avatar dalam Cannes Film Festival untuk kategori film 3D paling kreatif di tahun 2009.

How To Train Your Dragon mampu memanfaatkan efek 3D untuk meningkatkan ceritanya yang imaginatif serta grafik yang artistik ke level selanjutnya.

4. Life of Pi (2012)

4 6b2ea

Life of Pi merupakan sebuah film unik yang setengahnya adalah live-action, setengahnya lagi CGI, dan dibuat sepenuhnya dengan memanfaatkan teknologi 3D.

Film ini memiliki visual yang atraktif dan sangat imajinatif. Bahkan, awalnya banyak yang ragu kalau novel yang menjadi inspirasi film ini dapat divisualisasikan.

Namun, eksekusi yang jenius bikin Ang Lee meraih penghargaan sutradara terbaik dalam ajang Oscar. Kalau kamu sudah nonton filmnya, kamu pasti bakal setuju, deh.

5. The Walk (2015)

5 6f747

The Walk adalah sebuah film biografi yang mengangkat kisah hidup Phillipe Petit, seorang wire walker atau orang yang melakukan atraksi berjalan di atas tali.

Film ini sebenarnya nggak bagus-bagus banget, bahkan masih kalah jauh dibandingkan film dokumenter tahun 2008 berjudul Man on Wire yang jadi inspirasi film ini.

Namun, ada 1 poin positif yang dimiliki oleh The Walk, yaitu adegan sepanjang 17 menit di mana Phillip berjalan di atas tali yang menjulur di antara 2 gedung kembar WTC di Amerika Serikat.

Efek 3 dimensinya yang menawan bikin kamu serasa ikutan berjalan di atas tali bersama Phillipe dan ikut deg-degan.

6. Beowulf (2007)

6 B0177

Beowulf merupakan sebuah film epik bertema abad pertengahan yang memiliki elemen fantasi di dalamnya. Film yang memiliki grafik 3D ini dibuat dengan menggunakan teknologi motion capture.

Sutradaranya yang bernama Robert Zemeckis merupakan pionir sekaligus figur sineas yang terkenal atas penggunaan teknologi motion capture dalam film.

Nggak heran kalau film yang diangkat dari cerita kuno asal Inggris ini memiliki grafik kartun yang nampak sangat realistis berkat teknologi 3D.

7. Tron: Legacy (2010)

7 2b5a2

Film terakhir dalam daftar ini merupakan Tron: Legacy, sekuel dari film klasik legendaris berjudul Tron yang rilis pada tahun 1982.

Dari segi cerita dan penokohan, sebenarnya nggak ada yang spesial dari Tron: Legacy. Namun adegan film yang selalu dipenuhi efek cahaya serta environment yang dibuat sepenuhnya dengan 3D bikin film ini jadi spesial.

Film ini bercerita mengenai seorang pemuda yang berusaha mencari ayahnya yang menghilang secara misterius. Namun, ia malah terjebak dalam dunia digital buatan ayahnya dahulu.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 film dengan efek 3 dimensi terbaik yang pernah dirilis. Film dengan efek visual yang menarik tentunya membutuhkan bujet yang nggak main-main, geng.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka selanjutnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Saw

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

Film Horor Dilarang Tayang Banner 3477e

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!

Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20

10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!

Film Gangster Terbaik Banner 1338f

12 Film Gangster Terbaik dan Terbaru 2020, Penuh Aksi Baku Tembak!

Film Sci Fi Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa Box Office Main Img 4bc4c

10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Dengan Rating 100% Terbaik, Parasite & Avengers Gak Termasuk!

7 Film Dengan Rating 100% Terbaik, Parasite & Avengers Gak Termasuk!

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal