J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Dilarang Tayang di Negara Lain | Nomor 3 Hampir Bikin Perang!

7 Film Dilarang Tayang di Negara Lain | Nomor 3 Hampir Bikin Perang!

Sabtu, 29 Agt 2020, 19:00 WIB
Film-film ini dilarang tayang di beberapa negara karena dianggap terlalu parah dalam melanggar peraturan sensor film di negara tersebut. Apa saja?

Banyaknya jumlah film dari berbagai genre yang beredar setiap tahunnya membuat kita nggak heran kalau produser berusaha membuat jalan cerita yang berbeda dibanding film-film lain untuk menarik minat penonton.

Sayangnya, unsur unik yang berusaha ditampilkan oleh beberapa film justru kadang menjadi kontroversi di suatu negara. Hal ini mengakibatkan penyensoran di beberapa bagian, hingga dilarang tayang seutuhnya.

Nah, kalau kamu mau tahu film-film apa saja yang terlalu banyak memuat konten negatif untuk disensor hingga jalan satu-satunya adalah dilarang tayang, simak penjelasan Jaka di bawah ini.

7 Film yang Dilarang Tayang di Beberapa Negara

Kadang, lembaga sensor film memiliki alasan sepele dalam melakukan penyensoran terhadap suatu film, seperti menolak percaya takhayul atau tidak ingin menampilkan dua warna secara bersamaan.

Meskipun demikian, beberapa alasan yang diberikan juga dinilai valid, seperti menyinggung pemimpin negara, mengejek ibukota negara, hingga menolak menampilkan mantan anggota militer negara musuh.

Berikut adalah daftar film-film yang dilarang tayang di beberapa negara karena dianggap melanggar nilai-nilai moral yang diusung oleh negara tersebut, serta mengancam keamanan negara.

1. Ghostbusters (2016)

Ghostbusters 8cc07

Tiongkok adalah salah satu negara yang memiliki peraturan ketat soal sensor film. Beberapa film Hollywood sudah pernah terkena sensor, bahkan dilarang tayang di negeri Tirai Bambu ini, salah satunya Ghostbusters.

Film ini dikabarkan nggak boleh tayang di Tiongkok karena dianggap mempromosikan kultus dan takhayul. Namun, berdasarkan sumber lain, alasannya bukan karena itu, geng.

Katanya, masyarakat Tiongkok memang nggak tertarik dengan film reboot dari Ghostbusters (1984) ini. Lagipula, bagaimana bisa tertarik kalau belum pernah nonton filmnya sama sekali karena dilarang oleh negara? Nah, menurutmu mana alasan yang benar?

2. Back to the Future (1985)

Back To The Future 5541c

Masih tentang masalah sensor film di negara Tiongkok, kali ini film yang terkena imbasnya adalah Back to the Future yang dilarang tayang karena memiliki tema time travel.

Pemerintah Tiongkok menganggap film dan serial TV dengan tema tersebut sering kali menampilkan kejadian dan tokoh yang nggak akurat sesuai sejarah, menciptakan mitos, memiliki plot aneh, menggunakan taktik absurd, serta mempromosikan feodalisme, takhayul, dan reinkarnasi.

Alhasil, selain Back to The Future, film-film dengan tema perjalanan waktu seperti Star Trek serta Planet of the Apes juga dilarang tayang di negara ini. Tapi, kenapa Avengers: Endgame boleh tayang? Padahal film ini juga mengangkat tema time travel.

3. The Interview (2014)

The Interview 02af4

Bergeser ke negara tetangga Tiongkok, kali ini persoalan sensor film datang dari Korea Utara yang mengakibatkan film The Interview dilarang tayang di negara tersebut.

Alasannya, film yang dibintangi oleh Seth Rogen and James Franco ini memiliki jalan cerita tentang usaha pembunuhan Kim Jong-un sebagai Pemimpin Tertinggi Korea Utara.

Perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Korea Utara menyatakan bahwa membuat dan merilis film dengan plot melukai pemimpin negara mereka adalah bentuk terorisme dan seruan perang. Mereka juga nggak segan untuk melakukan serangan balik jika pihak Amerika Serikat masih berani menayangkan film tersebut.

Oleh karena itu, banyak yang mengira Korea Utara ada di balik kasus hacking besar-besaran yang dialami Sony Pictures Entertainment sebagai distributor The Interview, meskipun tentu saja Korea Utara menyangkal tuduhan ini.

4. Wonder Woman (2017)

Wonder Woman 1317a

Sebagai salah satu film terbaik dari DCEU, Wonder Woman menunjukkan bahwa film dengan tokoh utama superhero perempuan juga bisa sukses di pasaran. Film ini mendapatkan banyak penilaian positif dari para penonton, khususnya mengenai akting Gal Gadot.

Sayangnya, justru karena pemilihan aktris dalam film inilah yang mengakibatkan Wonder Woman dilarang tayang di Lebanon dan negara-negara lain yang tergabung dalam Liga Arab.

Alasannya, Lebanon yang pernah berperang dengan Israel merasa tidak nyaman menampilkan Gadot yang pernah menjadi bagian dari Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Sayangnya, hal ini dianggap sebagai gerakan anti-semitisme terhadap Gadot yang merupakan seorang Yahudi.

5. Brokedown Palace (1999)

Brokedown Palace Cd74b

Aktris Claire Danes dinyatakan sebagai persona non grata (orang yang tidak diinginkan) oleh pemerintah Filipina setelah menyelesaikan syuting film Brokedown Palace di Manila.

Hal ini adalah akibat dari komentar Danes yang menyatakan bahwa ibukota Filipina tersebut adalah tempat yang menakutkan dan aneh. Selain itu, ia juga menambahkan bahwa Manila berbau kecoa, penuh tikus, tidak memiliki sistem pembuangan limbah, serta masyarakatnya tidak memiliki apa pun.

Meskipun Danes kemudian meralat pernyataannya bahwa yang ia maksud hanyalah lokasi syuting dan bukan keseluruhan Manila, namun tetap saja pernyataan tersebut dianggap terlambat dan permintaan maafnya terasa tidak tulus.

Akibatnya, tidak hanya Brokedown Palace yang dilarang tayang di Filipina, namun juga semua film dibintangi oleh Claire Danes.

6. The Simpsons Movie (2007)

The Simpsons Movie 534b7

Serial TV The Simpsons sering kali menimbulkan kontroversi, utamanya karena menayangkan lelucon yang dianggap menyinggung sebagian kalangan penonton. Ternyata, tidak hanya serialnya yang bermasalah, namun juga film The Simpsons.

Myanmar memutuskan untuk melarang penayangan The Simpsons Movie karena menampilkan warna merah dan kuning secara berdampingan. Hal ini dikarenakan kedua warna tersebut digunakan oleh kelompok faksi pemberontak di negara Myanmar.

Oleh karena itu, nggak heran jika kulit anggota keluarga Simpson yang berwarna kuning dinilai ofensif, sehingga filmnya nggak boleh tayang di negara ini, geng.

7. Beauty and the Beast (2017)

Beauty And The Beast 8f9d9

Meskipun versi live-action Beauty and the Beast yang diperankan oleh Emma Watson dan Dan Stevens berhasil mendapatkan 1 milyar USD di pasar global, namun ternyata film ini juga mengalami penolakan di beberapa wilayah, lho, geng.

Kuwait memutuskan untuk menarik dan melarang pemutaran film Beauty and the Beast setelah sempat tayang selama empat hari. Selain itu, Malaysia menampilkan versi film yang sudah diedit di beberapa bagian, serta salah satu bioskop drive-in di negara bagian Alabama menolak menayangkan film ini sama sekali.

Alasan yang mendasari kontroversi seputar Beauty and the Beast adalah karakter LeFou (Josh Gad) dibuat menjadi gay. Meskipun hal ini dinilai sebagai langkah berani untuk merepresentasikan kelompok LGBT, namun tidak semua pihak memiliki pemikiran yang sama.

Akhir Kata

Itu dia 7 film yang dilarang tayang di beberapa negara akibat alasan yang berbeda-beda. Meskipun terkesan konyol, namun alasan-alasan yang mendasari pelarangan tayang tersebut berkaitan dengan tradisi, politik, serta kedaulatan negara yang melarang, sehingga tidak bisa dianggap sepele, geng.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Film Cgi Jelek Untung Besar

5 Film Hollywood dengan CGI Terjelek, Tapi Malah Untung Besar

Kesalahan Film Hollywood

5 Kesalahan Nyeleneh Film Hollywood yang Mungkin Belum Kamu Sadari

Banner Jadi Aec6c

7 Cara Licik Terhindar Sensor Ala Film & Series Hollywood | Nekat Abis!

Dceu Adegan Terbaik A6894

10 Adegan Action Film DC Paling Seru, Gak Bakal Ada di MCU!

Film Live Action Disney Banner 2dc44

13 Film Disney Live-Action Terbaik dan Terbaru 2020, Wajib Nonton!

Main Image Film Hantu Lucu 8cd2f

10 Film Hantu Lucu yang Dijamin Bikin Kamu Ngakak!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Komedi yang Dilarang Tayang Karena Jokes-nya Terlalu Vulgar

7 Film Komedi yang Dilarang Tayang Karena Jokes-nya Terlalu Vulgar

7 Film yang Dilarang Tayang di Bioskop Dunia, Alasannya Bikin Merinding!

7 Film yang Dilarang Tayang di Bioskop Dunia, Alasannya Bikin Merinding!

7 Film Terkenal yang Dilarang Tayang Karena Terlalu Absurd

7 Film Terkenal yang Dilarang Tayang Karena Terlalu Absurd

7 Film Terlarang yang Kini Disukai Banyak Orang, Dianggap Masterpiece!

7 Film Terlarang yang Kini Disukai Banyak Orang, Dianggap Masterpiece!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal