J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Ini Dicintai Kritikus Tapi Dibenci Penonton, Kok Bisa?

7 Film Ini Dicintai Kritikus Tapi Dibenci Penonton, Kok Bisa?

Selasa, 31 Mar 2020, 11:00 WIB
Banyak film yang meskipun dibenci dan dihujat oleh para penontonnya, ternyata sangat dipuja-puja oleh para kritikus. Penasaran kok bisa begitu? Simak ulasannya berikut!

Seperti yang kamu tahu, di dalam dunia perfilman, terdapat 2 indikator yang menentukan suksesnya sebuah film. Yang pertama adalah pendapatan box office, dan yang kedua adalah review.

Nah, review sendiri dikatakan yang paling penting, sebab hasil review bisa menentukan keberhasilan film itu memenangkan penghargaan bergengsi, seperti Golden Globe dan Oscar.

Uniknya, ada beberapa film yang mendapat respon positif dari kritikus namun tidak disukai penonton. Kok bisa seperti itu?

Film yang Dicintai Kritikus Tapi Dibenci Penonton

Film yang sempurna secara teknis maupun konten bakal jadi sanjungan kritikus, tapi tidak dengan publik, yang rata-rata melihat film karena selera pribadi saja.

Nah, kali ini Jaka akan mengulas sederet film yang dicintai kritikus namun dibenci habis-habisan oleh para penonton. Penasaran?

1. Indiana Jones & The Kingdom Of The Crystal Skull

1 Custom 0005c

Disutradarai oleh Steven Spielberg, film yang ditayangkan pada tahun 2008 ini dibintangi oleh Harrison Ford, Shia LaBeouf, dan Cate Blanchett.

Berdurasi 122 menit, film ini menceritakan kisah arkeolog sekaligus petualang terkenal, Indiana Jones yang kembali beraksi karena terseret dalam rencana Uni Soviet dalam mengungkap rahasia di balik artefak misterius Crystal Skulls.

Sederet konflik dan petualangannya yang seru dan tertata apik mendapat respon positif dari para kritikus dengan memberi rating 78% di Rotten Tomatoes. Sayangnya, penonton hanya memberi rating sebesar 54%.

2. It Comes At Night

2 Custom D129e

Ditayangkan pada tahun 2017, It Comes At Night adalah sebuah film thriller-drama bertemakan post-apocalyptic yang dibuat dengan pendekatan psikologis.

Berdurasi 91 menit, film ini mengisahkan tentang keluarga Sarah, suami, beserta anaknya yang mencoba bertahan hidup pasca peristiwa menyebarnya pandemi misterius yang memorak-porandakan kehidupan kota.

Film ini berhasil rating yang tinggi dari kritikus di Rotten Tomatoes, yakni 84%. Sayang, karena konsep film ini masih terbilang baru di kala itu, banyak penonton memberi rating rendah; cuma 44%.

3. Spy Kids

3 Custom 38082

Buat kamu yang hidup di era 2000-an pasti familiar dengan film aksi anak-anak yang satu ini kan? Film ini menjadi salah satu kegemaran anak-anak di kala itu karena plotnya yang seru sekaligus dibumbui komedi yang kental.

Berkisahkan Gregorio dan Ingrid, dua agen rahasia yang saling jatuh cinta dan memutuskan untuk berkeluarga, konflik dimulai saat keduanya hilang diculik, dan yang bisa menyelamatkan hanyalah anak-anak mereka.

Meskipun mendapat rating tinggi dari kritikus di Rotten Tomatoes, yakni 94%, banyak penonton, yang didominasi orang tua, merasa film ini terlalu membosankan dan cringe. Alhasil, rating penonton anjlok di angka 46%.

4. Antz

4 Custom 57512

Antz adalah film animasi komputer Amerika Serikat pertama yang diproduksi oleh DreamWorks Animation pada tahun 1998.

Diperankan sederet artis terkenal seperti Woody Allen, Jennifer Lopez, hingga Sylvester Stallone, film ini mengisahkan perjuangan seorang semut yang ingin membawa terobosan baru bagi komunitasnya sekaligus menakhlukkan hati pujaannya.

Di Rotten Tomatoes, film ini mendapat rating yang tinggi dari kritikus, yakni 93%. Sayang, penonton malah menganggap jalan ceritanya aneh dan guyonan yang dilontarkan terlalu sarkastik, sehingga penonton hanya memberi rating 52%.

5. Noah

5 Custom 0fd54

Film yang ditayangkan tahun 2014 ini disutradarai oleh Darren Aronofsky, yang mana mengisahkan seseorang yang diutus untuk menyelamatkan manusia dari bencana dan kehancuran dunia, terinspirasi dari kisah Nabi Nuh di Kitab Suci.

Para kritikus film merespon positif film ini karena memiliki alur cerita yang cukup sempurna dan matang, meskipun ada beberapa hole yang membuat audiens bingung. Para kritikus memberi nilai rating 76% di Rotten Tomatoes.

Sayangnya, film ini dihujat oleh para penonton karena dianggap menistakan tokoh dalam kitab suci. Selain itu, mereka menganggap jalan ceritanya terlalu membosankan dan over-fantasy. Tak heran, rating penonton jatuh di angka 41% saja.

6. King Kong

6 Custom C5238

Siapa yang sudah menonton film yang satu ini? Film yang di-remake dari film tahun 1933 dan 1977 sukses meraup pendapatan hingga 550 Juta USD atau hampir mencapai Rp9 Triliun.

Film ini mengisahkan seorang sutradara bernama Carl Denham yang berencana memfilmkan proyeknya di sebuah pulau, yang mana ia bersama timnya diganggu oleh sesosok makhluk raksasa bernama King Kong.

Dari sinilah muncul ide untuk membawa makhluk tersebut ke New York. Sederet konflik dan aksi mendebarkan mewarnai jalan ceritanya.

Di situs Rotten Tomatoes, kritikus memberinya rating 84% berkat plotnya yang rapi dan efek CGI yang sempurna. Namun, para penonton hanya memberi rating 50%, salah satunya karena durasi film yang terlalu panjang; yakni 187 menit.

7. Sausage Party

7 Custom B6227

Film yang satu ini boleh dibilang penuh dengan kontroversi. Bagaimana tidak, seolah-olah dikemas sebagai film animasi untuk anak-anak, ternyata film ini menyajikan banyak adegan dewasa yang sangat vulgar dan sadis.

Itu sebabnya, film ini mendapat banyak kritik pedas dari publik. Bahkan di situs Rotten Tomatoes, film ini hanya memperoleh rating penonton sebesar 50% karena dianggap tidak pantas ditonton di bawah umur.

Namun, para kritikus memberi apresiasi positif terhadap film ini karena dianggap jenius, lengkap dengan alur ceritanya yang matang dan efek animasinya yang rapi. Pantas saja, rating kritikus di Rotten mencapai 84%.

Akhir Kata

Itulah tadi sederet film yang dicintai kritikus namun dibenci penonton, geng. Apakah kamu memiliki pendapat lainnya?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Parasite Movie Banner 41e24

Parasite: Film Terbaik 2019, Wajib Tonton!

Aktor Marvel Dc Banner 41a27

10 Aktor yang Bermain untuk Film Marvel dan DC, Pindah Karena Gagal?

10 Film Barat Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Masih Fresh Di Bioskop E95f1

10 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Masih Fresh di Bioskop!

Film Detektif Terbaik 09bf2

10 Film Detektif Terbaik 2020, Penuh Misteri & Teka-Teki Rahasia

Film Terburuk Yang Dibintangi Aktor Terkenal 44df8

7 Film Gagal Total yang Dibintangi Aktor Terkenal | Rugi Bandar!

Banner C22bb

7 Film Gagal yang Membuat Studionya Bangkrut, Terlalu Ambisius!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film yang Dibenci Kritikus Tapi Dicintai Penonton, Rating Gak Penting?

7 Film yang Dibenci Kritikus Tapi Dicintai Penonton, Rating Gak Penting?

7 Film Sci-Fi Terpopuler yang Dibenci Kritikus, Rating-nya Nyaris 0!

7 Film Sci-Fi Terpopuler yang Dibenci Kritikus, Rating-nya Nyaris 0!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal