J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Konspirasi! Inilah 7 Film Buruk yang Memenangkan Piala Oscar sebagai Film Terbaik

Konspirasi! Inilah 7 Film Buruk yang Memenangkan Piala Oscar sebagai Film Terbaik

Sabtu, 7 Des 2019, 11:00 WIB
Piala Oscar merupakan penghargaan paling bergengsi di dunia. Sayangnya, nggak semua keputusan juri dalam memberikan piala Oscar kepada sebuah film dianggap bijak.

Academy Awards merupakan sebuah event penghargaan film yang paling bergengsi di dunia. Acara yang memperebutkan piala Oscar tersebut sudah berlangsung semenjak tahun 1929.

Banyak banget kategori-kategori yang dilombakan dalam festival film terbesar di dunia tersebut. Namun, nggak ada yang lebih bergengsi dibandingkan penghargaan Film Terbaik.

Film-film terbaik bakal dikurasi dan dirundingkan oleh para juri untuk menemukan mana yang paling baik. Namun, nggak semua keputusan juri dianggap tepat.

7 Film Buruk yang Memenangkan Piala Oscar

Pandangan kritikus dan penikmat film nggak selalu sama. Terkadang ada film yang disukai penonton namun mendapat review buruk dari kritikus. Begitupun sebaliknya.

Beberapa film yang ada di daftar ini merupakan pemenang-pemenang Oscar. Sayangnya, keputusan juri memenangkan film-film tersebut dianggap nggak tepat.

Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu mengenai 7 film buruk yang seharusnya nggak memenangkan Oscar. Penasaran? Yuk intip, geng!

1. Shakespeare in Love (1998)

1 B6b44

Shakespeare in Love merupakan sebuah film drama sekaligus biografi dari penyair dan penulis terkenal, William Shakespeare.

Film ini menceritakan kisah cinta Shakespeare sekaligus awal mula ia menuliskan drama terpopuler sepanjang masa, Romeo & Juliet.

Ketika dinominasikan Oscar, film ini bersaing dengan film Saving Private Ryan. Meskipun bagus, namun tetap saja Saving Private Ryan lebih bagus, geng.

Sayangnya, Shakespeare in Love malah yang meraih piala Oscar. Kita bisa lihat sendiri film manakah yang hingga kini masih dikenang banyak orang.

2. Crash (2005)

2 69a0d

Banyak yang bilang kalau film Crash adalah film terburuk dalam sejarah yang pernah memenangkan piala Oscar. Bahkan, film ini sama sekali nggak dinominasikan di Golden Globe Award.

Kritik atas film ini terbagi 2. Ada yang bilang kalau film ini merupakan film terburuk di awal tahun 2000-an, namun kritikus malah bilang ini adalah film terbaik di tahun 2005.

Banyak yang bilang kalau Crash menang karena nominasi film lainnya, Brokeback Mountain, mengangkat tema homoseksual yang saat itu masih dianggap tabu oleh masyarakat.

3. Dances with Wolves (1990)

3 D0dce

Dances with Wolves merupakan film yang disutradarai sekaligus dibintangi oleh Kevin Costner. Film ini menjadi puncak tertinggi dalam karir aktor tersebut.

Mengangkat cerita tentang seorang prajurit perang sipil era kemerdekaan Amerika yang berteman dengan suku Indian. Sayangnya, banyak orang Indian yang merasa film ini nggak akurat dalam mendeskripsikan kultur mereka.

Film Goodfellas yang disutradarai oleh Martin Scorsese dianggap lebih layak memenangkan Oscar di tahun itu. Sayangnya, film tersebut nggak hoki, geng.

4. Argo (2012)

4 597de

Sama seperti film sebelumnya, Argo yang dirilis pada 2012 merupakan film yang dibintangi sekaligus disutradarai oleh 1 orang, yakni Ben Affleck.

Argo mengangkat kisah nyata tentang penyelamatan 6 warga Amerika di Teheran tahun '80-an yang kala itu sedang kemelut. Meskipun menang Oscar, namun banyak yang menganggap film ini biasa saja.

Budget-nya pun nggak seheboh film lainnya yang memenangkan piala Oscar. Di lain sisi, film Zero Dark Thirty yang dibuat dengan lebih niat justru nggak memenangkan Oscar.

5. Chicago (2002)

5 215e0

Film drama musikal yang sempat tenggelam akhirnya populer lagi di era 2000-an akibat kemenangan film Chicago sebagai film terbaik Academy Awards.

Chicago berhasil memenangkan 6 Oscar, termasuk penghargaan film terbaik. Sayangnya, banyak juga, lho, yang nggak setuju dengan kemenangan Chicago.

Film The Pianist yang kalah bersaing dengan Chicago dalam perebutan penghargaan film terbaik dianggap lebih layak memenangkan film terbaik.

Kisah yang menyentuh arahan sutradara Roman Polanski, serta akting totalitas Adrien Brody berhasil membawa The Pianist memenangkan Sutradara dan Aktor Terbaik.

6. The King's Speech (2010)

6 2ff12

The King's Speech menceritakan Raja George ke-6 yang mengikuti terapi untuk menghilangkan gangguan bicaranya demi memberikan pidato kebangsaan yang menggugah rakyat.

Jujur, meskipun akting Collin Firth bagus banget, sebenarnya film ini mengangkat cerita yang biasa saja. Film ini kemudian dibandingkan dengan The Social Network.

Film yang menceritakan jatuh bangun Mark Zuckerberg dalam menciptakan media sosial Facebook dinilai memiliki jalan cerita yang lebih menarik meskipun gagal memenangkan Oscar.

7. Titanic (1997)

7 C8677

Siapa, sih, yang nggak tahu tentang film tragedi yang satu ini? Terinspirasi dari kejadian asli, film Titanic mampu memukau para penonton dan kritikus dengan drama yang mendayu-dayu.

Kemenangan Titanic merupakan kejadian langka di mana para juri memenangkan film yang disukai penonton. Padahal, pesaing Titanic saat itu sangat berat, lho.

L.A. Confidential yang kala itu juga masuk nominasi, memiliki plot yang lebih dalam dan menegangkan. Namun, sepertinya juri dan penonton lebih suka drama yang cengeng, geng.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 film buruk yang mendapatkan piala Oscar sebagai film terbaik. Mungkinkah ada unsur politik dan konspirasi di dalamnya?

Kamu setuju nggak dengan daftar di atas? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya, geng. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Saw

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

Film Horor Dilarang Tayang Banner 3477e

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!

Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20

10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!

Film Gangster Terbaik Banner 1338f

12 Film Gangster Terbaik dan Terbaru 2020, Penuh Aksi Baku Tembak!

Film Sci Fi Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa Box Office Main Img 4bc4c

10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal