J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

9 Film dengan Budget Rendah yang Memperoleh Keuntungan Fantastis

Rabu, 26 Jun 2019, 18:00 WIB
Siapa bilang membuat film berkualitas membutuhkan budget yang fantastis? Film-film berikut terbukti mampu menghasilkan keuntungan berkali lipat meskipun memiliki budget yang minim.

Film-film box office saat ini terkenal dengan efek dan CGI yang menakjubkan. Aktor dan aktris ternama, serta sutradara terbaik, turut menyumbang kesuksesan film box office tersebut.

Hal di atas tentu menjadi salah satu alasan mengapa film-film tersebut memiliki biaya produksi yang nilainya bahkan bisa melebihi total pengeluaran keluarga kamu seumur hidup. Ckckck.

Tapi budget fantastis belum bisa menjamin bahwa film tersebut akan sukses. Ada juga, lho, film dengan budget selangit namun malah rugi.

Sebaliknya, ada juga film-film dengan budget rendah yang mampu menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat. Penasaran? Makanya, simak terus artikel Jaka yang satu ini.

9 Film dengan Budget Rendah yang Memperoleh Keuntungan Fantastis

Kalian akan kaget dengan beberapa film yang Jaka masukkan ke dalam list. Pasalnya, ada film yang cuma bermodal puluhan ribu dollar, namun keuntungan yang dihasilkan mencapai ratusan juta dollar.

Film-film di bawah ini juga pastinya recommended untuk kalian tonton, geng. Tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saya, ya, geng.

Oh iya, sebagai perbandingan, film Avengers: Endgame diproduksi dengan budget yang mencapai US$ 356 juta. Nggak heran sih, film ini memang menggunakan banyak aktor papan atas serta efek CGI yang top-notch.

1. The Blair Witch Project (1999)

Film Budget Minim Pendapatan Fantastis 1 39791

The Blair Witch project merupakan film dengan budget rendah yang mendapat keuntungan hingga puluhan ribu kali lipat. Keuntungan yang didapat film ini benar-benar gokil, geng!

Dengan budget yang hanya US$ 60 ribu, film ini mampu meraih keuntungan sebesar US$ 248 juta!! Orang-orang yang terlibat dalam produksi film tersebut pasti nggak pernah menyangka, geng.

Blair Witch Project merupakan salah satu pionir dalam genre film found-footage di dunia perfilman. Found-footage adalah teknik pembuatan film fiksi yang dikemas seperti film dokumenter dan bertutur seperti kisah nyata.

Film jenis ini biasanya juga memiliki budget rendah karena biaya produksinya yang terbatas. Wajar sih, namanya juga film dokumenter rekayasa, geng.

Kesukesan film ini berhasil diraih dari teknik marketing yang luar biasa. Mereka berhasil membuat penonton percaya bahwa apa yang terjadi dalam film ini merupakan kejadian nyata yang benar-benar terjadi.

Selain itu, cerita dan akting para aktor di film Blair Witch Project juga patut diacungi jempol. Kalian nggak akan menyangka bahwa film ini adalah setting-an.

Keterangan The Blair Witch Project
Ulasan IMDb (Jumlah Pengulas) 6.4 (216.531)
Durasi 1 jam 21 menit
Genre Horror, Mystery
Tanggal Rilis 30 Juli 1999
Sutradara Daniel Myrick, Eduardo S nchez
Pemain Heather Donahue

Michael C. Williams

Joshua Leonard

2. Paranormal Activity (2007)

Film Budget Minim Pendapatan Fantastis 2 67f4f

Mengikuti jejak Blair Witch Project, film Paranormal Activity juga menggunakan formula yang sama. Apa lagi kalau bukan found-footage?

Pertama kali Jaka nonton film ini, Jaka nggak bisa tidur, lho, geng. Apalagi ketika melihat close up shot si cewek dalam ending film. Hiii...!

Dengan budget yang cuma US$ 15 ribu, film ini berhasil meraup keuntungan hingga US$ 193 juta. Memang sih modalnya lebih kecil daripada Blair Witch Project, namun dalam persentase keuntungan, Blair Witch lebih unggul, geng.

Paranormal Activity direkam dengan menggunakan kamera handicam selama 7 hari. Aktor yang dipakai pun bukanlah aktor terkenal. Wajar saja apabila budget-nya sangat kecil.

Keterangan Paranormal Activity
Ulasan IMDb (Jumlah Pengulas) 6.3 (208.193)
Durasi 1 jam 26 menit
Genre Horror, Mystery, Thriller
Tanggal Rilis 16 Oktober 2009 (Initial Release)
Sutradara Oren Peli
Pemain Katie Featherston

Micah Sloat

Mark Fredrichs

3. SAW (2004)

Film Budget Minim Pendapatan Fantastis 3 62607

Nampaknya, film horor low-budget memang terbukti mampu menghasilkan keuntungan berganda ya, geng. Dengan eksekusi dan marketing yang baik, film dengan budget berapapun bisa mendulang kesuksesan.

SAW diproduksi dengan budget US$ 1,2 juta dan berhasil meraih keuntungan hingga US$ 103 juta. Film ini juga hanya di-shoot dalam beberapa hari sehingga mampu memotong budget.

Kesuksesan film ini mampu melahirkan 7 sekuel, geng. Film SAW bahkan menjadi tradisi tersendiri bagi orang Amerika yang merayakan Halloween. Tiada Halloween tanpa menonton SAW.

Oh iya, Billy The Puppet yang menjadi maskot film ini juga menjadi ikon bagi dunia perfilman terutama genre horor. Hebat, yah!

Keterangan SAW
Ulasan IMDb (Jumlah Pengulas) 7.6 (352.373)
Durasi 1 jam 43 menit
Genre Crime, Horror, Mystery
Tanggal Rilis 29 Oktober 2004
Sutradara James Wan
Pemain Cary Elwes

Leigh Whannell

Danny Glover

4. American Grafitti (1973)

Film Budget Minim Pendapatan Fantastis 4 047cd

Jauh sebelum George Lucas menyutradarai franchise film Star Wars, ia bukanlah sutradara besar yang kalian kenal sekarang.

George Lucas muda menyutradarai film komedi romantis berjudul American Grafitti yang berhasil melejitkan namanya menjadi salah satu sutradara terbaik abad ke-20.

Film ini diproduksi dengan budget sebesar US$ 750 ribu saja dan berhasil meraup keuntungan berlipat ganda mencapai US$ 115 juta. Mantap!

American Grafitti merupakan film yang sangat populer pada masanya. Bahkan kritikus dari Rotten Tomatoes memberi rating 96% kepada film ini.

Keterangan American Grafitti
Ulasan IMDb (Jumlah Pengulas) 7.5 (74.818)
Durasi 1 jam 50 menit
Genre Comedy, Drama
Tanggal Rilis 11 Agustus 1973
Sutradara George Lucas
Pemain Richard Dreyfuss

Ron Howard

Paul Le Mat

5. Star Wars Episode IV: A New Hope (1977)

Film Budget Minim Pendapatan Fantastis 5 Be259

Siapa sih orang yang nggak tau film klasik yang legendaris satu ini? Kepopuleran Star Wars telah menjadikannya pop culture yang tak lekang oleh waktu.

Pasti kalian nggak menyangka kalau film kolosal ini hanya diproduksi dengan budget yang relatif kecil, yaitu sekitar US$ 11 juta saja.

Dengan keuntungan berkali lipat yang mencapai US$ 775 juta, sudah selayaknya kalau kita menyebut film ini sebagai salah satu film tersukses sepanjang masa.

Film ini sempat menjadi film dengan keuntungan terbesar pada masanya sebelum akhirnya dikalahkan oleh ET: Extra Terrestrial besutan Steven Spielberg.

Keterangan Star Wars Episode IV: A New Hope
Ulasan IMDb (Jumlah Pengulas) 8.6 (1.123.945)
Durasi 2 jam 1 menit
Genre Action, Adventure, Fantasy
Tanggal Rilis 25 Mei 1977
Sutradara George Lucas
Pemain Mark Hamill

Harrison Ford

Carrie Fisher

Film dengan Budget Rendah yang Memperoleh Keuntungan Fantastis Lainnya...

6. Halloween (1978)

Film Budget Minim Pendapatan Fantastis 6 C7d46

Satu lagi film horor yang berhasil masuk dalam list ini. Halloween merupakan film horor klasik yang hingga kini menghasilkan hingga 10 sekuel dalam franchise-nya.

Namun siapa sangka kalau film yang pada awalnya hanya memerlukan budget US$ 300 ribu dalam produksinya mampu memperoleh keuntungan hingga US$ 70 juta.

Kabarnya, seluruh pakaian yang dikenakan Jamie Lee Curtis, sang aktor utama dalam film ini hanya bernilai US$ 100. Irit banget ya, geng.

Keterangan Halloween
Ulasan IMDb (Jumlah Pengulas) 7.8 (205.833)
Durasi 1 jam 31 menit
Genre Horror, Thriller
Tanggal Rilis 27 Oktober 1978
Sutradara John Carpenter
Pemain Donald Pleasence

Jamie Lee Curtis

Tony Moran

7. Lost in Translation (2003)

Film Budget Minim Pendapatan Fantastis 7 C5f52

Lost in Translation merupakan film drama yang disutradarai oleh Sofia Coppola, anak dari sutradara film legendaris The Godfather, Francis Ford Coppola.

Film yang dibintangi oleh Bill Murray dan Scarlett Johansson ini hanya mengeluarkan biaya produksi sebesar US$ 4 juta dan menghasilkan keuntungan hingga US$ 119 juta.

Lost in Translation memenangkan piala Oscar untuk screenplay terbaik. Selain itu, Rotten Tomatoes juga memberi rating 95% pada film klasik ini. Mantap!

Keterangan Lost in Translation
Ulasan IMDb (Jumlah Pengulas) 7.8 (374.878)
Durasi 1 jam 42 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 3 Oktober 2003
Sutradara Sofia Coppola
Pemain Bill Murray

Scarlett Johansson

Giovanni Ribisi

8. Pulp Fiction (1994)

Film Budget Minim Pendapatan Fantastis 8 91eb0

Pulp Fiction merupakan karya sutradara nyentrik Quentin Tarantino yang berhasil menyajikan suasana 90an dengan sangat baik dalam film ini.

Dengan bertabur bintang yaitu John Travolta, Samuel L. Jackson, serta Uma Thurman, namun film ini tetap memiliki budget yang lumayan minim geng.

Dengan budget produksi US$ 8,5 juta, film ini berhasil meraup keuntungan fantastis mencapai US$ 213 juta. Mantap abis pokoknya, geng!

Keterangan Pulp Fiction
Ulasan IMDb (Jumlah Pengulas) 8.9 (1.645.578)
Durasi 2 jam 34 menit
Genre Crime, Drama
Tanggal Rilis 14 Oktober 1994
Sutradara Quentin Tarantino
Pemain John Travolta

Uma Thurman

Samuel L. Jackson

9. Get out (2017)

Film Budget Minim Pendapatan Fantastis 9 5648f

Film debut dari sutradara dan komedian Jordan Peele ini berhasil membuat penonton terpesona dan menjadi salah satu film terbaik di 2017.

Get Out merupakan film horor yang memiliki formula unik dibandingkan dengan film horor kebanyakan. Film ini juga meluncurkan nama Jordan Peele menjadi salah satu sutradara yang paling dihormati di Hollywood.

Film yang berhasil meraih piala Oscar ini diproduksi dengan budget US$ 4,5 juta dan berhasil meraup keuntungan hingga US$ 255 juta. Rotten Tomatoes memberi rating 99% pada film ini.

Keterangan Get Out
Ulasan IMDb (Jumlah Pengulas) 7.7 (402,729)
Durasi 1 jam 44 menit
Genre Horror, Mystery, Thriller
Tanggal Rilis 24 Februari 2017
Sutradara Jordan Peele
Pemain Daniel Kaluuya

Allison Williams

Bradley Whitford

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai film dengan budget rendah yang memperoleh keuntungan fantastis. Apakah film favorit kamu termasuk di dalamnya?

Sampai ketemu di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
10 Studio Set Banner

10 Film dengan Set Tempat Paling Mengagumkan yang Pernah Ada

Film Dengan Plot Twist Tergila 414f0

5 Film dengan Plot Twist Tergila | Semua Penonton Tertipu!

Cek Jadwal Rilis Film Dengan Kuki Banner

Cek Jadwal Rilis Film Dengan KUKI

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!

Banner Film Merinding

10 Film HORROR Ini Bisa Bikin Kamu MERINDING Dalam 14 Detik!

Film Judul Berbeda Di Berbagai Negara 6547a

10 Film Ini Punya Judul Berbeda di Berbagai Negara, Kenapa Ya?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film dengan Budget Pembuatan Terendah | Banyak yang Laris di Pasaran?

7 Film dengan Budget Pembuatan Terendah | Banyak yang Laris di Pasaran?

7 Film Layar Lebar Terkenal yang Ternyata Diangkat dari Film Pendek

7 Film Layar Lebar Terkenal yang Ternyata Diangkat dari Film Pendek

7 Film yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia, Ada dari MCU?

7 Film yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia, Ada dari MCU?

7 Film Horor Hollywood Dengan Pendapatan Terbesar, Kebanyakan Film Horor Jadul!

7 Film Horor Hollywood Dengan Pendapatan Terbesar, Kebanyakan Film Horor Jadul!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal