J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film yang Bikin Para Pemuka Agama Marah, Bisa Kena Pasal Penistaan!

7 Film yang Bikin Para Pemuka Agama Marah, Bisa Kena Pasal Penistaan!

Senin, 22 Jun 2020, 17:00 WIB
Film-film kontroversial ini membuat banyak pemuka dan kelompok agama murka. Berikut daftarnya!

Sepanjang sejarah dunia perfilman, ada beberapa film yang keberadaannya ditentang oleh kelompok tertentu, salah satunya jika menyinggung masalah SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

Secara khusus, kali ini Jaka akan membahas 7 film yang bikin para pemuka agama marah karena menyinggung isu-isu sensitif yang berkaitan dengan agama. Berikut ulasannya!

Film yang Bikin Para Pemuka Agama Marah

Beberapa film yang bakal Jaka sebutkan di bawah ini cukup populer dan menggaet penonton yang besar, biarpun banyak kritikan menyerangnya. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut daftarnya!

1. Submission (2004)

Submission adalah salah satu film indie pendek yang disutradarai oleh seorang Belanda bernama Theo van Gogh. Naskahnya sendiri dibuat oleh Ayaan Hirsi Ali.

Sayangnya, film pendek ini mendapat banyak kritikan keras dari para pemuka agama dan kelompok-kelompok Islam karena menyajikan penghinaan terhadap agama dan kaum perempuan.

Saking kerasnya penolakan terhadap film ini, sang sutradara, van Gogh, terpaksa meregang nyawa setelah ditembak mati oleh seorang anggota ekstrimis.

2. The Exorcist (1973)

Buat kamu yang gemar menonton film kesurupan terbaik pasti familiar dengan The Exorcist.

Disutradari oleh William Friedkin, film ini mengisahkan seorang gadis bernama Regan MacNeil (Linda Blair) yang diketahui mengalami kerasukan setelah bermain papan ouija.

Nah, beberapa kelompok agama Katolik dan Kristen denominasional menganggap bahwa film ini mengeksploitasi unsur agama secara berlebihan dan membawa pesan-pesan yang berbau satanis.

3. Innocence of Muslims (2012)

Mungkin kamu masih ingat dengan gelombang protes yang dilakukan umat Muslim di berbagai belahan dunia atas dirilisnya film yang satu ini.

Dirilis pada tahun 2012 di Amerika Serikat, film ini menggambarkan Nabi Muhammad sebagai sosok yang bodoh, hidung belang, dan penipu agama.

Penggambaran dan jalan cerita yang disampaikan dalam film ini sangat menghina Islam, nggak heran demonstrasi terjadi di mana-mana menolak film ini, terutama di Timur Tengah.

4. Water (2005)

Dirilis pada tahun 2005, Water adalah sebuah film pendek yang mengisahkan kehidupan seorang wanita Hindu di India pada tahun 1930-an.

Nah, ditulis dan disutradarai oleh Deepa Mehta, film ini mendapat banyak kecaman dari kelompok Hindu ekstrimis yang ada di India.

Akibat banyaknya penolakan yang terjadi, Deepa Mehta memutuskan untuk melanjutkan sekuel lanjutannya di Sri Lanka. Namun tetap saja, penolakan yang berlangsung sangat banyak.

5. Noah (2014)

Film Noah yang dirilis pada tahun 2014 ini mengangkat kisah Nabi Nuh beserta kisah Bahteranya yang dikisahkan baik dalam kitab suci agama-agama Abrahamik.

Sayangnya, film ini menggambarkan Nabi Nuh sebagai sosok yang keras dan agresif, bahkan tidak sesuai dengan nilai-nilai agama yang dianut.

Akibatnya, film ini memperoleh banyak penolakan dan reaksi keras dari para pemuka agama dan kelompok tertentu yang menganggap film ini terlalu merekayasa sejarah.

Selain itu, film ini jadi salah satu yang penayangannya dicekal di Tiongkok karena dianggap mempromosikan nilai-nilai agama tertentu. Sedih banget, geng!

6. Monty Python s Life of Brian (1979)

Dirilis pada tahun 1979, film ini sebenarnya mendapatkan rating yang cukup tinggi, baik di Rotten (96%) maupun IMDb (8.1/10). Mengisahkan Brian (Graham Chapman), seorang pria Yahudi biasa, ia digambarkan tersesat di zaman Yesus.

Petualangan yang ia lakukan di sana sampai membuat orang-orang salah paham dan menyangka si Brian adalah Yesus. Aneka konflik yang muncul malah bikin adegannya penuh dengan komedi yang mengundang gelak tawa.

Tentu saja, karena menyinggung isu agama, khususnya pada karakter Yesus, maka film ini mendapat protes keras dari beberapa kelompok Kristen. Bahkan sampai ada tuntutan untuk memboikot film ini, geng!

7. The Passion of the Christ (2004)

Dirilis pada tahun 2004, film yang disutradarai Mel Gibson ini diklaim sebagai salah satu film yang paling realistis menggambarkan kisah sengsara Yesus pada 2000 tahun yang lalu.

Hanya saja, film ini dicap sebagai film paling rasis sepanjang masa karena dinilai sangat anti-Semit alias menyerang Yahudi secara frontal.

Hal ini tergambarkan dengan dramatisasi sejarah Yesus Kristus lengkap dengan kekejaman brutal yang dialami Yesus di tangan kaum Yahudi.

Akhir Kata

Itulah tadi rekomendasi film yang bikin para pemuka agama marah. Bagaimana pendapatmu? Apakah kamu setuju dengan pendapat Jaka di atas?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT

7 Film Ini Tidak Boleh Diremake Hollywood, Auto Ancur!

7 Film yang Naskahnya Bocor ke Publik, Nyaris Gak Tayang di Bioskop?

7 Film Populer yang Nggak Perlu Dibuat Sekuelnya, Buang-Buang Uang!

7 Film Batman Terbaik yang Pernah Diproduksi, Mana Favoritmu?

7 Film Ini Dicintai Kritikus Tapi Dibenci Penonton, Kok Bisa?

7 Drama Korea dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Shock!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal