J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film yang Bikin Film Lainnya Batal Rilis, Bikin Hancur 1 Franchise!

7 Film yang Bikin Film Lainnya Batal Rilis, Bikin Hancur 1 Franchise!

Rabu, 23 Sep 2020, 17:00 WIB
Kegagalan sebuah film ternyata punya andil dalam sukses atau tidaknya film yang bakal dirilis, lho. Gak percaya? Mending simak artikel Jaka berikut ini!

Teknologi industri perfilman yang semakin canggih bikin bujet produksi sebuah film jadi membengkak. Tingginya biaya ini bikin filmmaker jadi lebih berhati-hati dalam membuat film.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membuat film. Salah satunya adalah perilisan film lain, entah itu film pesaing atau bahkan film yang juga diproduksi oleh studio yang sama.

Terkadang, film yang gagal di memiliki efek domino yang mengancam kesuksesan film yang bakal rilis, meskipun gak berasal dari studio yang sama ataupun memiliki genre yang serupa.

Apabila film yang bakal dirilis tersebut gagal, maka si filmmaker bakalan rugi hingga ratusan juta dollar AS. Belum lagi, reputasi filmmaker yang tercoreng apabila film buatannya flop di bioskop.

7 Film yang Bikin Film Lainnya Batal Rilis

Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu tentang beberapa film yang bikin film lainnya batal rilis. Daripada banyak basa-basi, langsung simak aja, yuk, geng!

1. Justice League (2017)

1 83080

Banyak fans DC yang kecewa berat setelah menyaksikan Justice League. Jalan cerita yang terlalu terburu-buru serta character development yang cetek bikin film ini dibanjiri kritikan pedas.

Ada beberapa pihak yang memberi pembelaan kalau film ini jelek karena Zack Snyder mengundurkan diri di tengah masa produksi. Meskipun begitu, banyak juga yang ragu kalau Justice League versi Snyder's Cut bakalan bagus.

Kerugian besar dan kritikan pedas dari banyak pihak bikin Warner Bros. membatalkan proyek film solo Cyborg yang merupakan karakter penting namun kemunculannya sangat minim di Justice League.

2. The Dark Knight (2008)

2 74e71

Justice League: Mortal merupakan film superhero DC paling terkenal yang gak pernah rilis. Alasannya adalah karena kesuksesan film The Dark Knight arahan Christopher Nolan. Kok bisa?

George Miller yang ditunjuk sebagai sutradara sebenarnya sudah selesai menulis naskah, mengumpulkan pemeran, dan menyiapkan bujet 220 juta USD. Namun, Warner Bros. malah membatalkan proyek ini karena pergantian stragegi.

Warner Bros. ingin fokus pada film solo superhero untuk memaksimalkan profit dan membangun portofolio. Pembatalan Justice League: Mortal juga dilakukan supaya penonton gak bingung kenapa ada 2 Batman di dalam 2 film berbeda.

Beberapa tahun kemudian, Warner Bros. menjilat ludahnya sendiri dengan merilis Justice League versi Ben Affleck dan kawan-kawan yang nggak terkonsep dengan matang dan dikritik habis-habisan.

3. Watchmen (2009)

3 753f0

Kalau kamu suka dengan film superhero dewasa seperti Joker atau Deadpool, mungkin kamu bakalan suka dengan Watchmen. Film yang diadaptasi dari komik rilisan Dark Horse Comics ini menawarkan tema yang berat dan gelap.

Meskipun dianggap underrated, sayang Watchmen gak sukses secara finansial. Bermodalkan bujet US$130 juta, Watchmen hanya meraup pendapatan US$ 185 juta saja.

Kegagalan film superhero dewasa ini bikin Universal membatalkan produksi film adaptasi game, Bioshock yang padahal tinggal 2 bulan lagi memulai syuting. Pecinta game Bioshock tentunya kecewa berat dengan hal ini.

4. The Mummy (2017)

4 Fc1c4

Gak mau kalah sama Avengers, studio-studio lain kini ikutan bikin Cinematic Universe. Salah satunya adalah Universal Pictures yang merilis Dark Universe.

Sebagai pembuka, Universal merilis versi reboot dari The Mummy yang dibintangi oleh Tom Cruise dan Sofia Boutella. Meraup US$ 400 juta sayangnya gak bikin film ini dicintai penonton dan kritikus.

Kegagalan film ini akhirnya malah membatalkan proyek Dark Universe. Padahal sejumlah sutradara sudah mempersiapkan beberapa film lanjutan, seperti The Bride of Frankenstein yang bakal dibintangi oleh Angelina Jolie.

Film pertama dalam cinematic universe haruslah menjadi pondasi yang kokoh. Misalkan Iron Man gagal, Jaka yakin sampai kini gak bakalan ada MCU dan The Avengers, geng.

5. The Amazing Spider-Man 2 (2014)

5 72aa1

Setelah mengalami 2 kali kegagalan dalam membuat franchise Spider-Man, rasanya wajar saja, sih, kalau Sony akhirnya memilih bekerja sama dengan Marvel membangkitkan kembali karakter manusia laba-laba ini.

Dirancang sebagai trilogi, The Amazing Spider-Man yang dibintangi oleh Andrew Garfield harus menelan pil pahit setelah gagal di box office. Film The Amazing Spider-Man 3 pun gagal diproduksi.

Gak cuma itu, Sony juga membatalkan produksi Sinister Six, spin-off yang menceritakan perkumpulan musuh Spider-Man. Padahal, sutradara Drew Goddard telah ditunjuk untuk menulis dan mengarahkan film ini.

6. Solo: A Star Wars Story (2018)

6 B46c0

Han Solo pertama kali muncul di layar kaca pada tahun 1977 sebagai karakter yang kompleks dan 3 dimensional. Di akhir trilogi orisinal, penyelundup dan penipu ini sukses menjadi karakter ikonik yang dipuja oleh banyak fans.

Penggambaran karakter yang sempurna bikin orang gak perlu lagi nonton film origin mengenai Han. Namun, Disney dan Lucasfilm yang serakah gak mau melewatkan kesempatan ini dan merilis Solo: A Star Wars Story.

Solo: A Star Wars Story akhirnya gagal total di pasaran dan menjadi film Star Wars dengan pendapatan terendah sepanjang masa. Kegagalan film ini bikin film solo Boba Fett dan Yoda batal diproduksi.

7. X-Men Origins: Wolverine (2009)

7 8dfda

Sebagai karakter paling ikonik dan terpopuler dari franchise X-Men, rasanya pantas saja kalau Wolverine menjadi karakter pertama yang memiliki film spinoff-nya sendiri.

Hal itupun terwujud lewat X-Men Origins: Wolverine yang sayangnya flop di bioskop. Versi belum selesai yang bocor di internet bikin orang males nonton lagi di bioskop. Belum lagi omongan orang kalau film ini jelek.

Kritikan pedas dan kerugian finansial film solo Wolverine bikin film solo Magneto yang sedang dalam tahap perencanaan pun dibatalkan. Untungnya, cerita film solo Magneto tersebut kemudian di-recycle dalam versi reboot X-Men: First Class.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 film yang bikin film lain jadi batal dirilis. Menurutmu, kalau film yang batal tersebut jadi rilis, kira-kira bakalan untung apa rugi, geng?

Sampai jumpa lagi di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Saw

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

Film Horor Dilarang Tayang Banner 3477e

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!

Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20

10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!

Film Gangster Terbaik Banner 1338f

12 Film Gangster Terbaik dan Terbaru 2020, Penuh Aksi Baku Tembak!

Film Sci Fi Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa Box Office Main Img 4bc4c

10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Horor yang Bikin Trauma Waktu Kecil, Bikin Gak Bisa Tidur!

7 Film Horor yang Bikin Trauma Waktu Kecil, Bikin Gak Bisa Tidur!

7 Film Terburuk yang Menipu Para Penonton, Bikin Kapok ke Bioskop!

7 Film Terburuk yang Menipu Para Penonton, Bikin Kapok ke Bioskop!

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal