J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Bertemakan Perjuangan Buruh, Bukti Hidup Itu Keras!

7 Film Bertemakan Perjuangan Buruh, Bukti Hidup Itu Keras!

Jumat, 1 Mei 2020, 11:00 WIB
Bosan nggak tahu mau ngapain? Mending nonton 7 film bertemakan perjuangan buruh berikut ini saja, geng!

Kamu ingat nggak sih, geng, hari ini ada perayaan apa? Ya! tanggal 1 Mei memang sangat identik dengan perayaan hari buruh atau yang juga disebut dengan istilah May Day.

Di sebagian negara termasuk Indonesia, hari buruh merupakan salah satu momen penting untuk memperingati perjuangan para buruh yang sudah bekerja tanpa mengenal lelah.

Menariknya, perjuangan para buruh ini juga telah menginspirasi sejumlah filmmaker untuk membuat karya film bertema perjuangan buruh yang menarik untuk ditonton lho, geng.

Lalu, apa sajakah itu? Yuk, simak pembahasan selengkapnya mengenai film bertemakan perjuangan buruh berikut ini!

Film Bertemakan Perjuangan Buruh

Menonton film bertemakan percintaan mungkin sudah menjadi hal biasa yang sering kamu temukan, tapi bagaimana kalau tentang perjuangan seorang buruh?

Nah, buat kamu yang bingung mau ngapain, mending tonton saja beberapa film bertemakan perjuangan buruh di bawah ini.

1. Suffragette (2015)

Suffragette 2015 1825a

Pertama ada film drama garapan sutradara Sarah Gavron berjudul Suffragette yang rilis pada tahun 2015 silam.

Menampilkan peristiwa nyata di Inggris Raya pada awal abad 20, Suffragette mengisahkan tentang Maud Watts (Carey Mulligan), seorang buruh cuci dengan upah kecil yang masuk dalam lingkaran aktivis Suffragette.

Bersama dengan rekan kerjanya yaitu Viollet Miller (Anne Marie Duff), mereka memperjuangkan ketidakdilan yang dialami oleh wanita termasuk ketidaklayakan kondisi kerja mereka.

Selain menampilkan perjuangan Maud sebagai seorang buruh, film ini juga cukup kental dengan gerakan menuntut persamaan hak dan keadilan untuk wanita, geng.

2. Marsinah (2001)

Marsinah 2001 502a9

Selanjutnya datang dari film Indonesia berdasarkan kisah nyata berjudul Marsinah yang disutradarai oleh aktor senior Slamet Rahardjo.

Film ini mengisahkan tentang Marsinah (Megatrita), seorang aktivis sekaligus buruh di sebuah perusahaan jam tangan di Sidoarjo yang sangat vokal dalam memperjuangkan hak-hak buruh pada masa Orde Baru.

Namun malang, Marsinah justru hilang diculik dan kemudian ditemukan tewas pada 8 Mei 1993.

Cerita pun berlanjut dengan kisah para petinggi perusahaan termasuk salah satunya Mutiari (Dyah Arum) yang dipaksa mengaku telah membunuh Marsinah meskipun hal itu tak pernah dilakukannya.

3. Minggu Pagi di Victoria Park (2010)

Minggu Pagi Di Victoria Park 2010 F5075

Bukan menyuguhkan kisah romantis dari para pemainnya, film Minggu Pagi di Victoria justru mengangkat realitas kehidupan msyarakat kelas bawah yang mencoba meningkatkan taraf hidupnya dengan bekerja sebagai TKW.

Dialah Sekar (Titi Sjuman), seorang TKW di Hongkong yang gegabah meminjam uang pada rentenir akibat gaya hidupnya yang berlebihan hingga akhirnya terlilit hutang dan masuk daftar cekal.

Lama tak ada kabar, sang kakak yaitu Mayang (Lola Amaria) pun menyusulnya ke Hongkong sebagai TKW atas permintaan sang Ayah untuk mencari adiknya.

Puncak permasalahan terjadi pada saat Sekar diceritakan menjual keperawanannya demi melunasi hutang, hingga pada akhirnya ditemukan tewas bersimbah darah pada suatu malam.

4. Made in Dagenham (2010)

Made In Dagenham 2010 Bb578

Selanjutnya ada film kisah nyata berjudul Made in Dagenham yang digarap oleh sutradara Nigel Cole.

Film ini mengisahkan tentang perjuangan 187 buruh wanita di perusahaan produsen mobil Ford agar dapat mendapatkan upah yang setara dengan para buruh pria.

Rita O'Grady (Sally Hawkins) merupakan salah satunya yang memutuskan untuk ikut mogok kerja sebelum keinginan mereka bisa terwujud.

5. The Measure of A Man (2015)

The Measure Of A Man 2015 574e1

Menyughkan cerita yang cukup emosional, The Measure of A Man merupakan film tentang perjuangan buruh berikutnya yang menarik untuk ditonton, geng.

Film ini mengisahkan tentang seorang pekerja paruh baya bernama Thierry Taugourdaeau (Vincent London) yang telah menganggur selama 18 bulan setelah kehilangan pekerjaannya sebagai seorang buruh pabrik.

Di usianya yang ke-51 tahun, Thierry pun akhirnya mendapatkan pekerjaan baru sebagai seorang penjaga keamanan di sebuah supermarket yang membuatnya berada di bawah tekanan.

Dia harus memata-matai rekan kerjanya atas perintah dari bosnya.

6. Kisah 3 Titik (2012)

Kisah 3 Titik 2012 674ca

Dirilis pada tahun 2012 silam, Kisah 3 Titik merupakan film yang menceritakan tentang tiga orang pekerja perempuan yang memiliki nama sama, Titik.

Dialah Titik Sulastri (Ririn Ekawati), seorang janda beranak dua yang bekerja sebagai buruh di sebuah pabrik garmen dengan upah yang rendah.

Kemudian Titik Dewanti (Lola Amaria), seorang manajer HRD di pabrik garmen tempat Titik Sulastri bekerja yang sangat pro terhadap buruh kecil sehingga ditentang oleh perusahaannya.

Dan yang terakhir, Titik Kartika (Maryam Supraba), seorang anak preman yang bekerja sebagai buruh pabrik rumahan. Ketiganya terjebak dalam situasi yang membuat hidup mereka sangat berubah drastis.

7. Migrant Dreams (2016)

Migrant Dreams 2016 C7bcd

Film bertemakan tentang perjuangan buruh yang terakhir yaitu Migrant Dreams rilisan tahun 2016.

Film dokumenter garapan sutradara Min Sook Lee ini mengisahkan tentang sekelompok pekerja migran asal Indonesia yang tergiur untuk bekerja di Kanada.

Namun, bukannya pengalaman manis yang mereka dapatkan, mereka justru terjebak dalam jaringan kebohongan agen hingga mendapat ancaman deportasi.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa film bertemakan perjuangan buruh yang menarik untuk kamu tonton, geng.

Lewat film-film di atas, kamu jadi bisa lebih tahu bahwa masih banyak para pekerja buruh di luar sana yang merana akibat ketidakadilan yang mereka dapatkan.

Kalau kamu sudah pernah nonton film yang mana?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Film Bertema Pelecehan Seksual B6b6e

10 Film Bertema Pelecehan & Kekerasan Seksual, Perempuan Harus Dihormati!

Page 0bcbc

7 Aktor Minim Pengalaman yang Dapat Peran Besar di Film, Kok Bisa?

Film Dengan Keputusan Casting Terburuk F7a7d

7 Film dengan Keputusan Casting Terburuk, Bikin Gagal Total!

Banner Jadi 827d2

Penuh Skandal! 7 Film yang Membuat Aktornya Mengalami Perceraian

Page Efc2b

7 Serial TV yang Gak Boleh Kamu Tonton Saat Bulan Puasa, Bisa Batal!

Anime Dengan Biaya Produksi Termahal 52281

7 Anime dengan Biaya Produksi Termahal, Sampai Miliaran Rupiah!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal