J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film yang Hancur Berantakan Gara-Gara Intervensi Studio, Bikin Emosi!

7 Film yang Hancur Berantakan Gara-Gara Intervensi Studio, Bikin Emosi!

Minggu, 27 Sep 2020, 18:30 WIB
Tahu nggak sih kalau banyak film yang berantakan karena campur tangn studio? Yuk, cari tahu apa aja film yang jadi berantakan karena intervensi studionya.

Studio film berfungsi sebagai sebuah wadah untuk menampung dan mengumpulkan para sineas kreatif, dan mengordinir mereka untuk bekerjasama dalam membuat sebuah karya yang menarik.

Peran dari studio sendiri sebetulnya lebih seagai support system yang mengakomodir keinginan sutradara dan pihak lain yang terlibat di dalam film tersebut, sambil memonitor keinginan tersebut agar tidak overbudget.

Sayangnya, tidak semua studio tampaknya tahan untuk berperan sebagai sebuah wadah dan support system saja. Beberapa studio ada yang ikut campur tangan dalam proses pembuatan film.

7 Film Hancur Gara-Gara Studio

Proses campur tangan ini pada umumnya tidak berujung baik karena pada dasarnya visi di antara Studio dan sutradara biasanya berbeda satu sama lain.

Alhasil, banyak konflik yang tidak terhindarkan terjadi dan banyak film dengan potensi yang sangat baik hancur berantakan gara-gara hal ini.

Apa saja sih film bagus yang jadi hancur berantakan gara-gara campur tangan studionya? Berikut informasi selengkapnya.

1. Fantastic 4 (2015)

Medium Fddcb
Sumber foto: medium.com

Sebagai salah satu film superhero di era keemasannya, Fantastic 4 seharusnya mampu menarik minat lebih banyak penonton untuk menyaksikannya.

Sayangnya, film garapan Josh Trank ini sudah menuai kritikan sebelum dirilis karena sang sutradara membuat ciutan yang menyatakan ketidakpuasannya terhadap hasil akhir dari filmnya sendiri.

Cuitan ini merupakan bentuk kekesalan dari Josh Trank karena pihak studio tidak segan-segan untuk mengintervensi film garapannya hingga mengubah hasil akhirnya.

Fox menulis ulang skenario untuk beberapa adegan, melakukan syuting ulang untuk beberapa bagian, dan mengedit film ini sendiri.

2. Suicide Squad (2016)

Letterboxd Com D0986
Sumber foto: letterboxd.com

Salah satu film keluaran franchise DCEU ini sebetulnya memiliki potensi yang sangat baik. Konsep cerita dan aktor yang bermain di film ini sebetulnya sudah cukup baik.

Sayangnya, pada proses pembuatan dan pengeditan film ini pihak DCEU melakukan intervensi besar-besaran, khawatir film ini akan mengalami nasib yang sama dengan Batman v Superman.

Pihak studio memaksa untuk memasukkan lebih banyak guyonan, mengubah alur cerita menjadi sedikit lebih ceria, dan mengurangi adegan-adegan kekerasan di dalamnya.

3. Brazil (1985)

Cinemontage Org 602a9
Sumber foto: cinemontage.com

Keberadaan film Brazil seolah menjadi bukti bahwa intervensi dari pihak Studio ternyata terjadi bukan akhir-akhir ini saja, tetapi sudah sejak puluhan tahun lalu.

Film sci-fi yang satu ini sebetulnya memiliki konsep yang sangat menarik, dan sutradara yang memimpin proses pembuatan film ini pun salah satu yang terbaik di zamannya.

Akan tetapi, campur tangan pihak studio yang sampai mengurangi durasi, mengganti background musik, hingga mengganti ending membuat film ini hancur berantakan.

Untungnya, beberapa lama setelahnya keluarlah versi director's cut dari film ini yang menunjukkan seberapa baik film ini sebetulnya.

4. The Golden Compass (2007)

Denofgeek 86836
Sumber foto: denofgeek.com

Film yang diangkat dari salah satu serial novel populer ini sebenarnya memiliki potensi pengembangan yang sangat baik, mungkin bisa sebaik franchise Harry Potter.

Sutradara film ini, Chris Weitz, sering kali bersitegang dengan pihak studio karena mereka teralu banyak campur tangan dalam proses pembuatan film ini.

Akan tetapi, pengaruh besar yang dimiliki pihak studio membuat Chris akhirnya tidak bisa melakukan apa-apa.

Pihak studio, menambahkan beberapa bagian sesuai dengan keinginan mereka, mengubah alur cerita menjadi lebih ceria, bahkan mengubah ending film ini.

5. Kingdom of Heaven (2005)

Empireonline Com 963ed
Sumber foto: empireonline.com

Jika kamu pernah menonton film ini dan merasa bahwa alur cerita dan adegan aksi di dalamnya sudah bagus, kemungkinan besar kamu menonton versi director's cut-nya.

Film yang terinspirasi dari sejarah ini pada saat pertama kali dirilis dipotong 45 menit oleh pihak studio karena merasa durasi film terlalu panjang, dan hasilnya film ini dimaki-maki kritikus.

Untungnya, beberapa lama setelahnya versi director's cut film ini dirilis ke khalayak umum dan stigma negatif dari film ini lama-lama tersingkap dengan sendirinya.

6. Alien 3 (1992)

Sfchronicle Ac237
Sumber foto: sfchronicle.com

Ketika film pertama dan keduanya mendapatkan banyak pujian, banyak tekanan yang diterima oleh para kru film pada saat proses pembuatan film Alien 3.

Fox, sebagai studio yang bertanggung jawab atas pembuatan film, merekrut banyak sutradara dan penulis skenario untuk film ini, dan satu per satu dari mereka mengundurkan diri karena perbedaan visi.

Akhirnya film ini dipercayakan pada sutradara pendatang baru, dan pihak studio selalu mengawasi proses pembuatan film dengan sangat ketat.

Banyak adegan yang ditulis ulang on the spot karena pihak studio tidak puas, dan hasilnya Alien 3 menjadi jauh lebih buruk ketimbang para pendahulunya.

7. Spiderman 3 (2007)

Collider 59a84
Sumber foto: collider.com

Sony dikenal sebagai salah satu studio film yang sering ikut campur dalam proses pembuatan film, dan campur tangan ini juga terjadi di film superhero Spiderman 3.

Di film ini, Sony meminta sang sutradara untuk menambahkan venom sebagai salah satu penjahat utama, dan hasilnya terlalu banyak karakter yang perlu disorot di film ini.

Meskipun sukses secara finansial, film yang satu ini banyak membuat penggemar kecewa karena pengembangan karakter dan alur cerita yang berantakan.

Akhir Kata

Itu dia beberapa film dengan potensi yang luar biasa yang pada akhirnya hancur berantakan gara-gara intervensi pihak studio.

Deretan film ini seharusnya bisa menjadi pelajaran tersendiri bagi para produsen film agar tidak terulang kembali.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bisa membuat kalian semua terhibur, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Page 098f8

12 Film Action Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Penuh Aksi Gila!

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa Penuh Adegan Mendebarkan Bb449

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

Film Romantis Indonesia 0c9c0

20 Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2020, Awas Baper!

Film Barat Terbaru C7e42

17 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Wajib Nonton!

Cameo Paling Mengejutkan Banner 434ca

7 Cameo Paling Mengejutkan di Film Hollywood, No. 6 Gak Nyangka Banget!

Banner C7b97

7 Artis Hollywood yang Merendahkan Film Marvel, Kesal Karena Gak Diajak Main?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Film Gagal Semua?

7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Film Gagal Semua?

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal