• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Bertema Bola Basket Terbaik Sepanjang Masa, Ada Film Kobe Bryant!

7 Film Bertema Bola Basket Terbaik Sepanjang Masa, Ada Film Kobe Bryant!

Minggu, 2 Feb 2020, 18:00 WIB
Meninggalnya Kobe Bryant dan korban lainnya akibat kecelakaan menyisakan duka mendalam kepada pecinta basket. Berikut adalah rekomendasi film basket terbaik sepanjang masa.

Basket merupakan cabang olahraga yang kurang mendapatkan apresiasi di Indonesia. Kebalikannya, popularitas olahraga ini sangatlah tinggi di Amerika Serikat, dan negara tetangga kita, Filipina.

Banyak banget atlet-atlet ikonik yang datang dari cabang olahraga ini. Mulai dari Michael Jordan, Patrick Ewing, Allen Iverson, hingga Kobe Bryant yang belum lama ini meninggal dunia.

Banyak kisah inspiratif dan keindahan yang bisa kamu tangkap dari olahraga basket. Kisah-kisah tersebut dituangkan melalui film-film basket terbaik yang akan Jaka bahas sebentar lagi.

7 Film Bertema Basket Terbaik Sepanjang Masa

Film olahraga bukanlah sebuah genre yang laris di kalangan pecinta film. Namun, bukan berarti film-film olahraga, terutama basket nggak memiliki value.

Nyatanya, banyak, lho, film basket yang masuk ke dalam jajaran film terbaik sepanjang masa. Bahkan, ada yang sampai memenangkan piala Oscar, geng.

Daripada kamu main nggak sabar, mendingan langsung saja, yuk, cek artikel Jaka berikut ini!

1. He Got Game (1998)

1 1433a

He Got Game merupakan sebuah film basket yang terasa sangat natural. Gaya penuturan cerita film ini bikin seakan-akan He Got Game adalah sebuah realita.

Bercerita tentang Jesus Shuttlesworth, atlet prospek basket yang diperankan oleh atlet basket NBA Ray Allen, dan Jake (Denzel Washington), ayahnya yang seorang narapidana.

Jake diberi waktu seminggu untuk meyakinkan Jesus agar berkuliah di kampus alma mater gubernur negara bagian tempat ayahnya di penjara sebagai upaya untuk mengurangi masa tahanannya.

Kecintaan Jesus terhadap basket diturunkan dari Jake yang dulunya adalah seorang pemain profesional. Namun, upaya Jake bukanlah hal yang mudah karena hubungan mereka yang renggang.

2. Above The Rim (1994)

2 0bd3b

Above The Rim menceritakan kisah si tokoh utama yang bernama Kyle Lee, seorang pemain basket amatir muda yang potensial dan memiliki masa depan cerah.

Karena prestasinya di bidang basket, Kyle berhak mendapatkan beasiswa di Georgetown University. Sayangnya, ia mendapatkan tekanan dari lingkungannya.

Lingkungan Harlem yang miskin dan penuh kriminalitas, menjadikan Kyle bimbang antara memilih olahraga yang dicintainya, atau bergabung menjadi gangster.

Karakter Kyle dibintangi oleh mantan atlet NBA, Duane Martin. Sementara itu, anggota geng Harlem bernama Birdie diperankan oleh rapper Tupac Shakur.

3. Blue Chips (1994)

3 D2ccf

Selanjutnya ada film basket berjudul Blue Chips yang rilis pada tahun 1994 lalu. Film ini berhasil menampilkan sisi baik dan buruk dari liga basket mahasiswa profesional Amerika (NCAA).

Bercerita tentang seorang pelatih basket klub mahasiswa bernama Pete Bell yang membenci kegiatan ilegal para agen / donatur yang berjalan di balik layar.

Integritasnya diuji ketika ia dihadapkan pada pilihan sulit, teguh pada pendiriannya atau rela melakukan apapun demi uang.

Film ini dibintangi oleh mantan atlet basket NBA Shaquille O'Neal dan Penny Hardaway yang saat itu masih menjadi atlet basket mahasiswa.

4. Hoop Dreams (1994)

4 Fa9c8

Hoop Dreams merupakan sebuah film dokumenter mengenai 2 remaja di pinggiran Chicago bernama Arthur Agee dan William Gates yang bercita-cita untuk terjun ke dunia basket profesional.

Bedanya, Arthur adalah anak orang kaya yang bersekolah di sekolah mahal, sedangkan William adalah anak dari keluarga miskin yang keluarganya berantakan.

Film dokumenter ini dapat menggambarkan ketimpangan sosial dengan sangat baik serta membuktikan bahwa privilege bakal mempermudah jalan seseorang dalam menggapai impiannya.

5. Space Jam (1996)

5 0175a

Kalau kamu adalah penggemar legenda basket NBA Michael Jordan, nggak mungkin kalau kamu nggak pernah nonton film Space Jam.

Film ini cukup unik karena menggabungkan film live action dengan kartun Looney Tunes. Selain Jordan, masih banyak lagi atlet basket yang tergabung dalam cast film ini.

Kabarnya, film ini bakal keluar sekuelnya dalam beberapa tahun ke depan dengan Lebron James sebagai pemeran utamanya. Wah, Jaka nggak sabar banget, geng!

6. Hoosiers (1986)

6 4f1fa

Film Hoosiers merupakan salah satu contoh film olahraga yang membuktikan kalau kerjasama dan usaha keras mampu mengalahkan segala rintangan.

Bercerita mengenai sebuah tim basket SMA di sebuah kota kecil di Indiana yang berupaya untuk dapat memenangkan gelar juara turnamen basket negara bagian Indiana.

Mereka yang awalnya diremehkan berhasil mematahkan omongan orang-orang dengan bekerja keras. Kalau kamu sedang patah semangat, film ini mampu memberikan motivasi untuk bangkit kembali,

7. Dear Basketball (2017)

7 E9a2c

Film yang terakhir menurut Jaka adalah yang paling spesial. Film ini nggak memiliki cerita apapun, bahkan durasinya pun hanya sekitar 6 menit.

Dear Basketball adalah sebuah film animasi pendek yang ditulis dan dinarasikan oleh mendiang Kobe Bryant. Film ini diangkat dari surat yang ditulis Kobe untuk The Player's Tribune pada 29 November 2015.

Surat yang ditulis Kobe menceritakan tentang seberapa besar cinta Kobe kepada basket, serta mengumumkan pensiunnya dari dunia basket profesional.

Film ini berhasil mengantarkan Kobe menjadi salah satu atlet yang berhasil memenangkan piala paling bergengsi di dunia perfilman, yakni Oscar.

Rest in peace, Kobe. Your legacy lives on.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 film bertema basket terbaik sepanjang masa. Sebenarnya masih banyak film basket lain yang bagus, namun dapat Jaka tuliskan semuanya.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia ya, geng.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Saw

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

Film Horor Dilarang Tayang Banner 3477e

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!

Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20

10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!

Film Gangster Terbaik Banner 1338f

12 Film Gangster Terbaik dan Terbaru 2020, Penuh Aksi Baku Tembak!

Film Sci Fi Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa Box Office Main Img 4bc4c

10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal