J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Anime Terbaik Selain Film dari Studio Ghibli, Selevel Dengan Miyazaki!

7 Film Anime Terbaik Selain Film dari Studio Ghibli, Selevel Dengan Miyazaki!

Kamis, 21 Nov 2019, 11:00 WIB
Dunia film anime nggak hanya terbatas di film Ghibli, geng! Di sini Jaka mau share 7 film anime terbaik selain film Ghibli.

Jepang memang sudah identik banget dengan anime, geng, dan bahkan, seri anime mecha Gundam dianggap sebagai salah satu ikon kenegaraan Jepang.

Dan kalau sedang membicarakan film anime, pikiran kita pasti jatuh ke Studio Ghibli, salah satu studio film animasi yang paling terkenal di dunia.

Dengan kualitas animasi hand drawn yang sudah menjadi khas Ghibli, studio ini memiliki reputasi yang sangat tinggi, tapi masih banyak film anime berkualitas yang bukan buatan Ghibli.

7 Film Anime Terbaik Selain Film Ghibli

Sudah nggak bisa dipungkiri kalau film Ghibli seperti Spirited Away dan Nausicaa memang wajib tonton bagi penggemar film.

Tapi dunia film anime itu sangat luas, dan di beberapa tahun terakhir saja, muncul beberapa sineas yang disebut sebagai penerus Hayao Miyazaki, salah satu pendiri Ghibli.

Nah, di kesempatan ini, Jaka mau membahas 7 film anime terbaik selain film Ghibli yang mencakup film dari sineas-sineas tersebut.

1. Akira (1988)

Akira Ecbc4

Akira adalah film science fiction yang diadaptasi dari manga berjudul sama yang dibuat oleh Katsuhiro Utomo yang juga bertugas sebagai sutradara di film ini.

Film ini bercerita mengenai kisah Kaneda dan temannya, Tetsuo, yang memperoleh kekuatan psikis setelah terlibat dalam kecelakaan.

Akira menuai banyak pujian atas gambaran kota Tokyo masa depan yang sangat mencengangkan dan sekarang dianggap sebagai film penting dalam genre cyberpunk.

Perlu dicatat, geng, kalau film Akira nggak pantas untuk konsumsi anak-anak karena mengandung banyak adegan kekerasan dengan cerita dan tema yang kompleks.

2. Ghost in the Shell (1995)

Ghost In The Shell E5f03

Ghost in the Shell adalah satu dari banyaknya anime science fiction yang muncul berkat pengaruh dan kesuksesan film Akira.

Film ini bercerita mengenai Motoko Kusanagi, sebuah cyborg yang bekerja di bawah pemerintah Jepang di masa depan yang mulai mempertanyakan kemanusiaannya.

Seperti Akira, film ini mendapat banyak pujian berkat visualnya yang menggabungkan antara animasi hand drawn tradisional dengan CGI.

Karena mengusung tema dan cerita eksistensial yang sangat kompleks dan penampilan karakter Motoko yang sangat 'terbuka', film ini juga nggak cocok untuk anak-anak.

3. Millennium Actress (2002)

Millennium Actress F1e3e

Millennium Actress adalah film anime karya almarhum Satoshi Kon, sutradara ternama yang sering menggunakan elemen surealis di filmnya.

Film ini bercerita mengenai aktris Chiyoko Fujiwara yang sedang menceritakan kisah hidupnya di tengah sebuah wawancara.

Seperti yang sudah menjadi khas mendiang Satoshi Kon, film ini mulai berubah surealis ketika masa lalu Chiyoko bercampur dengan film yang pernah dibintangi olehnya.

Elemen surealis yang sering digunakan Satoshi Kon memang membuat film buatannya agak sulit dicerna tapi hal itulah yang membuat figur yang satu ini banyak dipuji di dunia film.

4. A Letter to Momo (2011)

A Letter To Momo 6327d

A Letter to Momo adalah film anime yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia supranatural seperti yang banyak ditemukan di film Studio Ghibli.

Film ini bercerita mengenai Momo yang pindah dari Tokyo ke pulau kecil bernama Shiojima setelah kematian ayahnya.

Di pulau tersebut, dia bertemu dengan trio Yokai konyol, Iwa, Kawa, dan Mame yang awalnya cuma jadi beban tapi ternyata memiliki hubungan dengan Momo dan ayahnya.

Mengikuti jejak Ghibli, film ini masih bisa menghibur anak-anak sekaligus menawarkan cerita yang dijamin bisa menyentuh hati orang dewasa.

5. Wolf Children (2012)

Wolf Children C595c

Jujur, Jaka bisa saja mengisi daftar ini hanya dengan film karya Mamoru Hosoda tapi untuk variasi, Jaka memutuskan untuk memilih satu film saja yaitu Wolf Children.

Film ini bercerita mengenai kisah Hana, seorang wanita yang jatuh cinta dengan seorang manusia serigala dan anak mereka berdua, Yuki dan Ame.

Tapi, nasib malang menimpa pasangan tersebut dan Hana terpaksa pindah ke pedalaman untuk mengasuh Yuki dan Ame yang memiliki masalah mereka masing-masing.

Menggabungkan elemen coming of age dengan drama keluarga, film ini bisa mengimbangi kualitas film Miyazaki dan berhasil bikin Jaka nangis bombay waktu pertama nonton.

6. Your Name (2016)

Your Name 48076

Sutradara Makoto Shinkai sudah memiliki serangkaian karya berkualitas dari awal abad ke-21 tapi popularitasnya meledak berkat film Your Name.

Film ini menceritakan kisah Mitsuha, seorang cewek yang tinggal di pedalaman yang tiba-tiba mulai bertukar tubuh dengan Taki, seorang cowok yang tinggal di Tokyo.

Mereka mulai berkomunikasi dengan cara saling meninggalkan pesan tapi suatu hari, Mitsuha menghilang dan mereka berdua berhenti bertukar tubuh yang mendorong Taki untuk mencari Mitsuha.

Meskipun mengusung kisah romance yang konvensional, cerita Taki dan Mitsuha dibalut dengan beberapa ide menarik, geng, yang dijamin bakal menyentuh hati kalian.

7. In This Corner of the World (2016)

In This Corner Of The World 4c18b

In This Corner of the World adalah film yang menunjukkan efek perang pada rakyat biasa yang bertempat di Jepang pada Perang Dunia 2 buatan Sunao Katabuchi.

Film ini bercerita mengenai Suzu, sebuah gadis yang hidup di tengah kemunduran Jepang di Perang Dunia 2 dan film ini juga unik karena menggambarkan langsung efek bom atom di Hiroshima.

Sangat sedikit film yang menceritakan efek dari bom atom karena dianggap sebagai topik yang agak tabu di Jepang yang membuat film ini wajib ditonton.

Fumiyo Kono, penulis manga yang menjadi dasar film ini juga pernah membuat manga yang memiliki tema yang sama, Town of Evening Calm, Country of Cherry Blossoms.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 film anime terbaik selain buatan Ghibli menurut Jaka. Kalau kalian merasa ini belum cukup, kalian bisa coba cek nama sutradara yang Jaka sudah sebut di sini.

Jaka akui, ada beberapa film di sini yang mengusung tema yang sering diangkat oleh Miyazaki dan Ghibli karena banyak yang memang terinspirasi langsung dari mereka.

Tapi hal ini nggak membuat film di atas buruk kok, karena semua film di atas memiliki kualitas yang patut dipuji juga.

Apakah kalian pernah menonton film-film di atas? Atau kalian punya rekomendasi film lain? Share di kolom komentar ya, geng!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner D4595

7 Anime Mecha Terbaik Sepanjang Masa, Keren Abis!

Banner 2d127

9 Cosplay Anime Gagal yang Bikin Ngakak, Bikin Pusing 7 Keliling!

Banner B030a

7 Karakter Anime yang Paling Psikopat & Mengerikan, Joker Gak Ada Apa-Apanya!

Karakter Anime Rambut Aneh Banner 552f7

10 Karakter Anime dengan Rambut Paling Aneh, Rambut Atta Halilintar Lewat!

Serial Anime Legendaris Banner C2c40

10 Serial Anime 90-an yang Paling Melegenda, Bikin Kangen Masa Kecil!

0e564d13dcb182768fb9d4a2dd21e3a3

10 Senjata Terkuat Yang Pernah Ada Di Anime, Jangan Sampai Jadi Kenyataan Deh!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Animasi yang Dibuat untuk Orang Dewasa, Anak Kecil Boleh Nonton?

7 Film Animasi yang Dibuat untuk Orang Dewasa, Anak Kecil Boleh Nonton?

7 Film yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia, Ada dari MCU?

7 Film yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia, Ada dari MCU?

7 Film Keluaran Tahun 2019 Paling Kontroversial, No. 6 Nyaris Gak Tayang!

7 Film Keluaran Tahun 2019 Paling Kontroversial, No. 6 Nyaris Gak Tayang!

7 Film Populer yang Gagal Saat Pertama Kali Dirilis, Sekarang Malah Dipuja-puja!

7 Film Populer yang Gagal Saat Pertama Kali Dirilis, Sekarang Malah Dipuja-puja!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal