J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Anime yang Punya Ending Beda dari Manga Aslinya, Bikin Fans Ngamuk!

7 Anime yang Punya Ending Beda dari Manga Aslinya, Bikin Fans Ngamuk!

Kamis, 30 Apr 2020, 20:00 WIB
Ada beberapa anime yang punya ending berbeda dari versi manganya karena berbagai faktor. Penasaran apa aja? Simak ulasannya berikut ini!

Siapa di sini yang suka nonton anime dan membaca manganya sekaligus?

Sudah banyak banget komik manga yang diadaptasi anime, bahkan beberapa di antaranya masuk ke dalam kategori anime terbaik sepanjang masa. Idealnya, anime yang digarap memiliki kesamaan plot dan adegan cerita dengan manga.

Kalaupun nggak mirip-mirip banget karena mengalami berbagai modifikasi, setidaknya plot ceritanya dibuat sama persis. Namun, ada beberapa anime yang memiliki plot ataupun bahkan ending cerita yang beda jauh dengan versi manganya.

Kenapa bisa begitu? Apa yang menyebabkan? Gimana reaksi para fans saat mengetahuinya? Nah, daripada penasaran, berikut Jaka bakal ulas 7 anime dengan ending yang berbeda dari manga aslinya. Yuk, disimak bareng-bareng!

Anime dengan Ending Berbeda dari Manga Aslinya

Beberapa anime yang memiliki ending cerita yang berbeda dari manga aslinya ini disebabkan beberapa faktor, mulai dari murni modifikasi studio produksi hingga versi manganya yang memang belum selesai.

Reaksi fans sendiri beragam tergantung jalan cerita yang diberikan pada anime tersebut, ada yang pro dan kontra. Penasaran, kan? Tanpa perlu berlama-lama, berikut daftarnya!

1. Fullmetal Alchemist

1 Custom 17673

Anime yang satu ini sangat digemari orang-orang yang hobi membahas teori konspirasi. Meskipun demikian, plot cerita dan endingnya pun jadi bahan perbincangan tersendiri.

Hal ini disebabkan apa yang disajikan di anime memiliki perbedaan yang signifikan dengan manga. Usut punya usut, hal ini ternyata memang disengaja oleh sang komikus, Hiromu Arakawa.

Dikarenakan anime bakal mendahului manga, maka Hiromu mengizinkan anime yang dirilis tahun 2003 ini untuk mengambil alur dan ending yang seidkit berbeda. Kalau mau yang lebih mendekati versi manga, kamu bisa nonton Fullmetal Alchemist Brotherhood.

2. Akame ga Kill

2 Custom E66fb

Anime yang dirilis di tahun 2014 ini mengisahkan tentang sebuah kelompok bernama Night Raid. Mereka memiliki misi mulia untuk menghancurkan kerajaan yang kini berdiri karena dianggap gagal menyejahterakan rakyat.

Selain itu, mereka memiliki misi untuk membangun kerajaan baru yang lebih bersih dan merakyat. Nah, Akame ga Kill menjadi salah satu anime yang endingnya selesai duluan daripada komik manganya.

Itu sebabnya, keduanya memiliki ending yang berbeda. Di versi manga, Tatsumi dan Mine digambarkan masih hidup dan hidup bahagia bersama anggota lainnya. Beda dengan versi animenya yang lebih tragis dan menyedihkan.

3. Fruits Basket

3 Custom Ad015

Didaulat sebagai salah satu anime terbaik selama 10 tahun terakhir, Fruits Basket menyajikan kisah persahabatan dan kekeluargaan yang kental, cocok buat kamu yang menggemari anime-anime sejenis ini.

Meskipun kisahnya sangat menyentuh, namun sebenarnya anime ini memiliki garis cerita yang sedikit berbeda dengan versi manga. Salah satunya yang paling terlihat jelas adalah durasi anime yang lebih pendek dari manga.

Versi manga Fruits Basket sendiri sangat panjang hingga berbuku-buku. Kamu bakal lebih dalam memahami masing-masing karakter yang unik dan keren.

4. Tokyo Ghoul

4 Custom 46939

Salah satu anime yang memiliki ending berbeda dari manga adalah Tokyo Ghoul. Dirilis tahun 2014, anime ini dikecam banyak penggemarnya karena menyajikan plot cerita yang nggak selengkap versi manganya.

Jelas aja, geng. Versi manga yang sampai berbuku-buku hanya berhasil dituang ke dalam bentuk anime sebanyak 24 episode. Tentu saja kurang!

Nggak hanya itu. Jalan cerita bahkan endingnya banyak yang diubah demi bisa muat ke dalam 24 episode tersebut. Nggak heran, popularitas anime ini jatuh dengan ending paling mengecewakan yang pernah dibuat.

5. Rurouni Kenshin

5 Custom 8c20e

Siapa yang nggak kenal dengan anime populer ini? Meskipun terbilang ikonik, namun ending dari anime ini terbilang mengecewakan dan nggak bikin para penggemarnya puas.

Usut punya usut, ending anime ini ternyata nggak sesuai dengan yang tergambar dalam versi manga. Episode 95 seharusnya menyajikan penutup yang bahagia dan pantas mengakhiri Kenshin.

Sayang, endingnya jauh berbeda dengan kisah bahagia. Bahkan, versi animenya nggak memperlihatkan Kenji Himura, putera Kenshin. Pantas saja banyak yang kecewa, termasuk sang komikus sendiri, Nobuhiro Watsuki.

6. Hellsing

6 Custom E7b55

Anime ini sangat terkenal dengan deretan tokoh ikoniknya, termasuk sosok Alucard yang digambarkan nggak bisa mati mau dibunuh dengan cara apapun. Sayang, anime ini menimbulkan konflik tersendiri saat nggak menyajikan ending yang sesuai.

Penjahat utama manga Hellsing, Millenium, nggak ditampilkan sepenuhnya di versi anime. Padahal, tokoh ini termasuk karakter penting yang harus muncul untuk menyelesaikan jalan ceritanya.

Hal ini terjadi karena saat anime Hellsing pertama tayang, manganya belum selesai. Untuk itulah, Studio Gonzo pun membuat anime Hellsing Ultimate yang lebih orisinil dan nyaris sesuai dengan versi manganya.

7. Bleach

7 Custom E18ba

Siapa yang nggak tahu anime populer Bleach? Meskipun didaulat sebagai salah satu anime terburuk, Bleach yang tayang dari tahun 2006-2010 ini sukses menyedot banyak penggemar setia karena ceritanya yang seru dan keren abis.

Sayangnya, semakin lama anime ini tayang, jalan ceritanya makin nggak sesuai sama versi manga. Bahkan, plotnya makin nggak jelas dengan penokohan yang kurang sesuai.

Akibatnya, serial anime Bleach mengalami penurunan popularitas yang tajam dan harus diakhiri secepatnya. Itu sebabnya ending anime ini sangat nggantung dan bikin penggemarnya tambah kecewa.

Akhir Kata

Itulah 7 anime yang punya ending berbeda dari manga aslinya. Kira-kira gimana pendapatmu, geng?

Yuk, jangan lupa tuliskan apa yang jadi isi hatimu setelah membaca ini pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa pada artikel Jala selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Yamishibai Banner

8 Episode Anime Jepang yang Paling MENYERAMKAN Sejauh Ini

Anime Bertema Game Banner2

10 Anime Bertemakan Game yang Wajib Ditonton Para Gamers

Anime China Terbaik Banner 180d5

10 Anime China Terbaik 2019, Lebih Baik dari Anime Jepang?

Anime Isekai Terbaik Banner A5eb7

10 Anime Isekai Terbaik 2019, Bikin Terharu Sekaligus Ngakak!

10 Anime Paling Sedih Terbaik 2020 Bikin Nangis Semalaman Cca30

10 Anime Paling Sedih Terbaik 2020, Bikin Nangis Semalaman!

Anime Unsur Illuminati Banner Bfa9e

10 Anime dengan Unsur Illuminati dan Satanis, Naruto Punya Banyak!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal