J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Serial dan Film Animasi Asli Indonesia Terbaik, Kualitas Hollywood!

7 Serial dan Film Animasi Asli Indonesia Terbaik, Kualitas Hollywood!

Sabtu, 1 Feb 2020, 10:00 WIB
Bukan cuma Disney dan Studio Ghibli yang bisa menghasilkan film animasi berkualitas. Di sini, Jaka akan membahas 7 serial dan film animasi buatan Indonesia.

Ketika membicarakan soal film dan serial animasi, Jaka berani jamin pikiran kalian langsung melayang ke studio ternama seperti Disney atau Studio Ghibli.

Kedua studio ini memang dinilai sebagai yang terdepan dalam bidang mereka tapi sekarang industri animasi Asia Tenggara mulai bangkit, geng!

Tetangga kita Malaysia sudah mengeluarkan beberapa karya animasi berkualitas seperti Ejen Ali dan Indonesia juga sudah punya beberapa karya sendiri loh!

7 Serial dan Film Animasi Buatan Indonesia

Dari segi teknis, membuat film animasi berkualitas lebih sulit dibandingkan dalam membuat film live action, geng.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa film animasi terbaik masih didominasi oleh Amerika dan Jepang karena mereka sudah memiliki tradisi panjang dengan teknik animasi.

Untungnya, sekarang studio animasi mulai tumbuh di daerah lain berkat adanya globalisasi, termasuk di Indonesia kita tercinta.

Buat kalian yang sudah penasaran dengan animasi karya anak bangsa, di sini Jaka persembahkan 7 serial dan film animasi buatan Indonesia.

1. Battle of Surabaya (2015)

Battle Of Surabaya 87177

Pertempuran Surabaya di tanggal 10 November 1945 adalah salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Latar inilah yang digunakan di film Battle of Surabaya, sebuah film animasi karya Indonesia yang menggunakan gaya animasi Jepang atau yang sering disebut anime, geng!

Film ini menceritakan kisah Musa, seorang bocah tukang semir yang bertemu dengan Yunma, seorang gadis asal Jepang yang tinggal di Indonesia.

Selain animasi yang berkualitas, film ini juga berhasil membawa pesan pasifis tanpa mengecilkan pengorbanan sosok pahlawan perang seperti mendiang Bung Tomo.

2. Titus: Mystery of the Enigma (2020)

Titus Mystery Of The Enigma 63ea8

Mengusung tema yang mirip dengan film Disney terbaik, Zootopia, studio MNC Animation mengeluarkan film Titus: Mystery of the Enigma di awal 2020.

Film ini menceritakan perjuangan detektif tikus Titus dalam melawan seekor kucing pemimpin gembong kriminal bernama Bulpan.

Di petualangannya, Titus juga ditemani oleh kelinci pesulap bernama Bobit dan seekor kadal bernama Fyra yang merangkap sebagai pilot, geng!

MNC Animation tidak tanggung-tanggung dalam membuat film ini karena mereka menggunakan bakat penulis asal Kanada, Doug Sinclair, sebagai penulis naskah.

3. Si Juki The Movie (2017)

Si Juki 93cdb

Sebelum karya webcomic Indonesia seperti Tahilalats meledak di internet, ada komik Si Juki yang sukses menujukkan realita kehidupan anak kos.

Berawal dari Facebook dan forum heboh Kaskus, komik Si Juki meledak populer karena banyak anak kos yang bisa relate dengan aksi konyol tokoh Si Juki.

Nah, komik populer tersebut akhirnya diadaptasi ke film animasi layar lebar berjudul Si Juki The Movie: Panitia Hari Akhir di tahun 2017, geng!

Di film tersebut, Si Juki yang sudah menjadi musuh netizen harus menepis reputasinya untuk bisa menyelematkan Indonesia dari ancaman meteor jatuh.

4. Knight Kris (2017)

Knight Kris 494ef

Sukses menjadi pesulap, pembawa acara TV, dan YouTuber sepertinya belum cukup untuk sosok Deddy Corbuzier, geng.

Di tahun 2017, Corbuzier menyumbangkan suaranya untuk film animasi Knight Kris yang mengusung budaya dan sejarah kuno Indonesia.

Film ini menceritakan petualangan Bayusekti, seorang bocah yang menemukan sebuah kris sakti di sebuah kuil yang menganugerahkan kekuatan super kepada pemiliknya.

Selain itu, putra bungsu dari Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep juga ikut berperan di film ini, geng!

5. Petualangan Singa Pemberani (2012)

Petualangan Singa Pemberani Fc4c1

Simba bukan satu-satunya sosok singa pemberani di dunia film animasi karena sekarang dia sudah mendapat saingan dari tokoh Paddle Pop, geng.

Dibuat dengan dukungan Unilever selaku pemilik brand es krim Wall's, Petualangan Singa Pemberani membawa tokoh Paddle Pop ke layar besar.

Di sini, singa Paddle Pop harus menghadapi ancaman Shadow Master yang mengincar artefak Kristal Lion yang dikabarkan memiliki kekuatan dahsyat.

Kesuksesan film ini akhirnya mendorong Unilever untuk membuat beberapa sekuel dan seri film Petualangan Singa Pemberani ini sekarang sudah mencapai 5 film, geng!

6. Adit Sopo Jarwo (2014 - Sekarang)

Adit Sopo Jarwo 65cc8

Serial Adit Sopo Jarwo bisa dibilang adalah serial animasi paling populer di Indonesia yang juga merupakan favorit Jaka, geng.

Menceritakan kisah hidup Adit bersama teman-temannya, Jaka paling suka dengan tokoh Sopo dan Jarwo yang seringkali terjun ke dalam konflik dengan Adit.

Hak siar seri ini juga sempat menjadi rebutan antara stasiun Trans TV dan MNC TV dan untuk saat ini dipegang oleh TVRI.

Studio MD Animation, selaku pencipta serial ini, sudah berniat untuk membawa karya ini ke layar lebar tapi sampai sekarang masih belum ada konfirmasi, geng!

7. Lorong Waktu (2019)

Lorong Waktu F9296

Kaum Muslim pasti sudah kenal dengan sinetron Lorong Waktu yang bisa dibilang sudah menjadi tontonan wajib di masa bulan Ramadan.

Sayangnya, sinetron ini vakum setelah musim ke-7 rampung di tahun 2006 tapi akhirnya kembali lagi dalam bentuk serial animasi di tahun 2019, geng!

Seperti sinetron aslinya, serial animasi Lorong Waktu menceritakan petualangan mengarungi waktu dari Haji Husin, Ustadz Addin, dan Zidan.

Masih belum jelas apakah serial animasi ini akan kembali lagi di tahun 2020 jadi kita harus menunggu sampai masuk bulan Ramadan lagi, geng.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 serial dan film animasi buatan Indonesia dari Jaka. Selain 7 karya ini, masih ada beberapa karya lainnya yang Jaka nggak sempat masukkan.

Sebagai contoh, ada Homeland, film animasi pertama karya Indonesia, dan ada juga film Kiko in the Deep Sea yang dijadwalkan akan keluar di tahun 2020, geng.

Apakah kalian pernah menonton film di atas? Bagaimana pendapat kalian tentang kualitas film animasi Indonesia? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Animasi atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner Disney 261b6

7 Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa, Frozen Gak Termasuk!

Banner Fb 8 79465

7 Film Animasi Paling Aneh yang Bikin Pusing, Ada yang Dijiplak Nolan?

Banner 85c9d

7 Film Animasi Pixar Terbaik, Jauh Lebih Bagus dari Buatan Disney?

Banner Jadi 5beb7

7 Film Animasi Terburuk Sepanjang Masa, Salah Satunya Film Disney!

Banner 82b82

7 Film Animasi yang Dibuat untuk Orang Dewasa, Anak Kecil Boleh Nonton?

Film Animasi Terbaik Di Dunia Banner

Ada Indonesia, Inilah 7 Film Animasi Terbaik dari Berbagai Negara!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Animasi Paling Aneh yang Bikin Pusing, Ada yang Dijiplak Nolan?

7 Film Animasi Paling Aneh yang Bikin Pusing, Ada yang Dijiplak Nolan?

7 Film Animasi Terbaik yang Justru Gagal Total di Box Office

7 Film Animasi Terbaik yang Justru Gagal Total di Box Office

7 Film Animasi dengan Biaya Produksi Termahal, Sampai Triliunan!

7 Film Animasi dengan Biaya Produksi Termahal, Sampai Triliunan!

25 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Komedi dan Drama!

25 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Komedi dan Drama!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal