J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film yang Aktor Utamanya Berperan Sebagai Sutradara, Demi Cuan Banyak?

7 Film yang Aktor Utamanya Berperan Sebagai Sutradara, Demi Cuan Banyak?

Jumat, 6 Des 2019, 18:00 WIB
Kamu pernah tahu film yang sutradanya merangkap sebagai aktor utama? Jaka punya beberapa daftar filmnya nih, geng!

Coba sebutin salah satu nama sutradara yang berperan sebagai aktor utama di film yang ia garap sendiri? Pasti kamu akan kebingungan menjawab pertanyaan tersebut.

Padahal, ada banyak banget aktor terkenal yang menyutradarai filmnya sendiri. Mungkin, kamu sendiri enggak sadar waktu menontonnya.

Oleh karena itu, kali ini Jaka akan kasih kamu daftar film yang aktor utamanya juga berperan sebagai sutradara!

Film yang Sutradaranya Berperan Sebagai Aktor Utama

Kalau di Indonesia, mungkin yang terkenal karena sering merangkap adalah Raditya Dika dan Ernest Prakarsa.

Kalau film luar, ada lebih banyak! Dirangkum dari berbagai sumber, inilah daftar aktor yang juga berperan sebagai sutradara di filmnya sendiri!

1. The Room (Tommy Wiseau)

Film Sutradara Berperan Aktor Utama 1 313fd
Sumber foto: YouTube

Film pertama yang ada di daftar ini adalah The Room yang disutradarai, diproduksi, ditulis oleh Tommy Wiseau. Ia juga berperan sebagai karakter utama bernama Johnny.

Film ini berpusat pada cinta segitiga antara Johnny, tunangannya yang bernama Lisa (Julliette Danielle), dan sahabatnya Mark (Greg Sestero).

Kalau kamu pernah melihat film ini, kemungkinan kamu akan merasa bingung karena banyaknya rangkaian plot yang tidak terkait dan banyaknya narasi yang tidak konsisten.

Judul The Room dipilih karena Wiesau ingin menunjukkan bahwa sebuah ruangan bisa terjadi menjadi tempat terjadinya peristiwa baik ataupun buruk.

Sayangnya, film ini dianggap sebagai salah satu film terburuk yang pernah dibuat. The Room dengan cepat menjadi film kultus untuk film-film jelek.

Dengan bujet pembuatan mencapai angka 6 juta dollar Amerika Serikat, film ini hanya berhasil mendapatkan pemasukan sebesar $1,800 saja.

2. Tropic Thunder (Ben Stiller)

Film Sutradara Berperan Aktor Utama 2 Ce1dd
Sumber foto: IMDb

Tropic Thunder merupakan film satrical action comedy yang disutradarai oleh Ben Stiller. Ia sendiri juga menjadi aktor utama dengan memerankan karakter Tugg Speedman.

Banyak aktor top yang ikut berperan dalam film ini, seperti Robert Downey Jr. dan Jack Black. Bahkan, Tom Cruise pun menjadi cameo dalam film ini.

Film ini bercerita tentang sekelompok aktor perang yang terjebak dalam konflik perang sungguhan. Mereka terpaksa mengandalkan keterampilan akting mereka untuk bertahan hidup.

Secara umum film ini mendapatkan ulasan positif, baik dari segi cerita ataupun kemampuan akting para pemainnya.

Hanya saja, keputusan tim produksi dalam memilih Downey sebagai karakter berkulit hitam sempat menuai kontroversi.

3. The Expendables (Sylvester Stallone)

Film Sutradara Berperan Aktor Utama 3 88785
Sumber foto: ScreenGeek

Pada film The Expendables yang rilis pada tahun 2010, Sylvester Stallone tidak saja menjadi sutradara dan pemain utama. Ia juga menjadi penulis naskahnya.

Film ini terkenal karena dibintangi oleh sejumlah bintang laga seperti Jason Statham, Jet Li, Dolph Lundgren, Randy Couture, dan lain sebagainya.

Ceritanya sendiri berpusat pada sekelompok tentara bayaran elit yang mendapatkan tugas untuk menggulingkan seorang diktaktor Amerika Latin.

Secara aksi, film ini dianggap seru dan menegangkan. Hanya saja, ceritanya sendiri dianggap kurang kuat. Walaupun begitu film ini sukses di pasaran dan memiliki beberapa sekuel.

4. Argo (Ben Affleck)

Film Sutradara Berperan Aktor Utama 4 58f96
Sumber foto: Comic Book

Sebagai film pemenang Oscar, Argo disutradari, diproduksi, dan diperankan oleh Ben Affleck. Ia memerankan karakter Tony Mendez.

Latar belakang waktu dari film ini adalah ketika revolusi Iran pada tahun 1979. Saat itu, rakyat Iran menyerang kedutaan besar Amerika Serikat.

Alasannya, negara tersebut dianggap menyembunyikan tokoh yang ingin mereka adili, Reza Pahlevi. CIA pun diturunkan untuk menyelamatkan orang-orang yang disandera.

Maka dari itu, Mendez memiliki ide untuk membuat identitas samaran dengan menjadi kru film palsu. Misi penyelamatan pun dimulai.

Film ini diangkat dari kisah nyata dan berhasil menyabet banyak penghargaan. Terlepas dari pujiannya, banyak yang mengkritik atas ketidakakuratan sejarah yang ada di dalamnya.

5. Chef (Jon Favreau)

Film Sutradara Berperan Aktor Utama 5 A90a2
Sumber foto: Eater

Kalau kamu benar-benar penggemar film-film Marvel sejati, pasti tahu siapa sutradara film Iron Man dan Iron Man 2, kan? Ia adalah Jon Favreau.

Pada dua film tersebut (dan beberapa film Marvel lainnya), ia berperan sebagai sekretaris Tony Stark bernama Happy. Tapi ada film lain di mana ia merangkap sebagai sutradara dan pemain utama.

Film tersebut adalah Chef yang rilis pada tahun 2014. Bergenre drama komedi, ia berperan sebagai seorang koki yang sedang merintis usaha truk makanan bersama putranya.

Beberapa aktor Marvel ikut serta dalam film ini, seperti Robert Downey Jr. dan Scarlett Johansson. Film ini dianggap baik oleh para kritikus baik karena ceritanya ataupun musik latarnya.

6. A Quiet Place (John Krasinski)

Film Sutradara Berperan Aktor Utama 6 97881
Sumber foto: Uproxx

Selanjutnya ada film A Quiet Place yang disutradarai oleh John Krasinski. Ia juga menjadi pemeran utama bersama istrinya, Emily Blunt.

Plot cerita film horor ini berpusat pada sebuah keluarga yang harus bertahan hidup dari dunia pasca-apokaliptik yang dihuni oleh makhluk luar angkasa.

Tayang pada tahun 2018, film ini laris manis di bioskop dan berhasil mendapatkan pemasukan lebih dari 300 juta dolar Amerika Serikat.

Film ini dipuji karena mampu menampilkan atmosfer yang menakutkan. Film ini direncanakan akan memiliki sekuel pada tahun 2020 mendatang.

7. A Star Is Born (Bradley Cooper)

Film Sutradara Berperan Aktor Utama 7 3281e
Sumber foto: IndieWire

Film terakhir yang ada di daftar ini adalah A Star Is Born. Film ini diproduksi dan disutradarai oleh Bradley Cooper. Ia juga menjadi pemeran utama di film ini.

Cooper berperan sebagai jack, seorang musisi yang kecanduan minuman keras dan mendapati dirinya jatuh cinta kepada Ally (Lady Gaga).

Film ini merupakan remake ketiga dari versi aslinya yang rilis pada tahun 1937. Remake pertama dibuat pada tahun 1954, dan remake yang kedua dirilis pada tahun 1976.

Kesuksesan secara komersial berhasil didapatkan oleh film ini. Peran Cooper dan Gaga juga banyak mendapatkan pujian.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa aktor utama yang juga merangkap sebagai sutradara di filmnya sendiri. Kira-kira, gimana caranya mereka merangkap gitu, ya?

Kemungkinan besar alasan mereka merangkap pekerjaan adalah agar film berjalan sesuai dengan keinginan mereka. Bukan sekadar karena serakah ya, geng!

Kamu tahu ada film lain yang sutradara dan aktor utamanya sama? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Voice Actor Game Terbaik Banner E236c

7 Voice Actor Game Terbaik dan Paling Terkenal di Dunia!

Pemeran Joker Terbaik Banner 6519a

7 Pemeran Joker Terbaik Sepanjang Masa, Siapa yang Aktingnya Paling Total?

Drama Korea Enggak Laku Banner 9b0aa

7 Drama Korea dengan Rating Buruk yang Dibintangi Artis Cantik, Modal Tampang Doang?

Aktor Menyesali Perannya Banner Ff2ff

7 Aktor yang Menyesali Perannya di Film, Ryan Reynolds Malu Jadi Deadpool?

Banner 1c384

Penyesalan Terbesar! 7 Aktor Hollywood yang Menolak Peran di Film Terkenal

7 Film Yang Menghancurkan Karir Para Pemerannya Ada Yang Sampai Dituduh Komunis 0ddda

7 Film yang Menghancurkan Karir Para Pemerannya, Ada yang Sampai Dituduh Komunis!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal