J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Aktor yang Memerankan Karakter dengan Gender Berbeda, Dapat Nominasi Oscar!

7 Aktor yang Memerankan Karakter dengan Gender Berbeda, Dapat Nominasi Oscar!

Sabtu, 11 Jan 2020, 16:00 WIB
Seperti Dorce, memerankan karakter yang berbeda gender itu adalah tradisi. Di sini Jaka mau share 7 aktor yang memerankan karakter dengan gender berbeda!

Meskipun mereka sekarang sering mendapat stigma yang sangat buruk di masyarakat, transgender itu sebenarnya sudah ada dari dulu, geng.

Coba kalian tanya ke kakak-kakak dan orangtua kalian, pasti mereka pernah terhibur dengan aksi komedi kocak dari penampil seperti Tessy dan Dorce.

Di dunia film sendiri, sudah banyak loh figur-figur terkenal yang memerankan karakter dengan gender berlawanan dengan gender mereka aslinya, geng!

7 Aktor yang Memerankan Karakter Dengan Gender Berbeda

Di Hollywood, seni peran ini diberi julukan cross-dressing dan tradisi ini bisa kalian lihat langsung di ajang cosplay dan Raminten Cabaret Show di Jogja.

Seperti di acara tersebut, praktik cross-dressing ini utamanya digunakan untuk memberi elemen komedi pada sebuah film tapi ada juga yang bersifat drama.

Nah, di kesempatan ini Jaka ingin membahas 7 aktor yang memerankan karakter dengan gender berbeda di film Hollywood!

1. Robin Williams (Ms. Doubtfire)

Mrs Doubtfire 1ccda

Mendiang aktor Robin Williams memiliki reputasi memerankan karakter eksentrik dan di tahun 1984, dia pernah memerankan karakter wanita di film Mrs. Doubtfire.

Di film ini, Daniel (Robin Williams) terpaksa menyamar menjadi pengasuh wanita untuk tetap bisa dekat dengan anaknya pasca perceraian, geng.

Dalam penyamaran ini, dia memakai topeng palsu dan menjadi pengasuh wanita asal Skotlandia bernama Mrs. Euphegenia Doubtfire, sesuai judul film ini.

Aksi kocak Williams di sini berhasil membuahkan piala Golden Globe untuknya dan sampai sekarang menjadi salah satu peran paling ikonik dari aktor tersebut.

2. John Travolta (Hairspray)

Hairspray 4e6c6

Musikal Hairspray sudah memiliki sejarah menggunakan aktor pria untuk memerankan karakter wanita dan tradisi ini muncul di remake Hairspray di tahun 2007.

Di versi ini, aktor kawakan John Travolta memerankan Edna Turnblad, ibu dari karakter utama Tracy Turnblad.

Travolta memang sudah memiliki pengalaman di film musikal berkat perannya di film klasik Grease dan dia berhasil mendapat nominasi Golden Globe atas perannya di sini.

Uniknya, saat musikal ini dipentaskan di Indonesia di bulan Desember 2019, peran Edna juga diperankan oleh aktor pria, Peter Ong dari Malaysia, geng!

3. Glenn Close (Albert Nobbs)

Albert Nobbs 0450e

Tradisi cross-dressing nggak selamanya digunakan untuk lucu-lucuan, seperti di film Albert Nobbs yang menggambarkan diskriminasi wanita di Irlandia abad 19.

Di film ini, kita melihat sosok Albert Nobbs (Glenn Close) yang harus hidup sebagai pria untuk melanjutkan pekerjaannya sebagai kepala pelayan di sebuah hotel.

Bagi Glenn Close, film yang keluar di tahun 2011 ini sudah merupakan impiannya sejak dia memerankan karakter yang sama di teater pada tahun 1982.

Untuk penampilan hebatnya di sini, Close berhasil mendapat nominasi Oscar meskipun dia lagi-lagi gagal mendapatkan piala Oscars tersebut.

4. Cate Blanchett (I'm Not There)

Cate Blanchett 0c513

Sebagai salah satu aktris terbaik di dunia saat ini, Cate Blanchett sudah banyak menonjolkan kemampuan aktingnya seperti yang dapat dilihat di film I'm Not There.

Film ini menceritakan kisah yang terinspirasi dari kisah nyata musisi ikonik Bob Dylan yang di sini diperankan oleh 6 aktor berbeda, termasuk Cate Blanchett.

Di sini, Blanchett memerankan karakter bernama Jude Quinn yang terinspirasi langsung dari pengalaman hidup Dylan di pertengahan tahun 60-an.

Blanchet dinilai kritikus sukses menggambarkan Dylan dan dia berhasil mendapat nominasi Oscar di tahun 2008 atas penampilannya di film ini.

5. Dustin Hoffman (Tootsie)

Tootsie 334d7

Satu lagi film cross-dressing yang sudah menjadi legenda adalah film Tootsie yang Jaka jamin bakal mengocok perut kamu.

Tootsie menceritakan kisah aktor Michael Dorsey (Dustin Hoffman) yang menyamar sebagai wanita untuk bisa mendapatkan peran di sebuah opera sabun.

Tanpa disangka, karakter yang diperankan Michael menjadi terkenal dan banyak kekonyolan yang muncul dari usaha Michael untuk mempertahankan samarannya.

Di Amerika sendiri, film ini sudah diabadikan di National Film Registry dan Hoffman mendapat nominasi Oscar atas perannya sebagai Michael Dorsey.

6. Liu Yifei (Mulan)

Mulan 01cd8

Sebagai film yang paling Jaka nantikan di tahun ini, nggak mungkin Jaka nggak memasukkan film adaptasi live-action dari Mulan, geng.

Berdasarkan dari legenda China, film Mulan menceritakan kisah Hua Mulan (Liu Yifei) yang menyamar menjadi seorang pria agar bisa menggantikan ayahnya dalam wajib militer.

Uniknya, aktris Liu Yifei di tahun 2009 sempat dikabarkan menjadi kandidat untuk memerankan tokoh ini di film Mulan: Rise of a Warrior produksi China.

Sebagai salah satu Princess Disney yang sangat ikonik berkat sifatnya yang independen, Jaka sudah nggak sabar melihat penampilan Yifei di film Mulan.

7. Gwyneth Paltrow (Shakespeare in Love)

Gwyneth Paltrow E1439

Sekarang, film ini mendapat banyak kritik karena dianggap tidak pantas menang Oscar untuk Film Terbaik, tapi penampilan Gwyneth Paltrow di sini patut dipuji, geng.

Shakespeare in Love menceritakan kisah Viola de Lesseps (Gwyneth Paltrow), seorang putri saudagar kaya yang menyamar menjadi pria untuk bisa tampil di teater.

Kehadirannya berhasil menginspirasi William Shakespeare (Joseph Fiennes) untuk menyelesaikan karya ikoniknya, Romeo and Juliet.

Paltrow berhasil memenangkan Oscar untuk perannya di sini yang sampai sekarang dianggap sebagai penampilan terbaik Paltrow.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 aktor yang memerankan karakter dengan gender berbeda di film. Cross-dressing memang membutuhkan bakat dan keberanian sendiri.

Kalau kalian perhatikan, Jaka memang sengaja tidak memasukkan karakter transgender di sini tapi mungkin bisa jadi bahan untuk pembahasan selanjutnya.

Bagaimana pendapat kalian tentang penampilan aktor di atas? Apakah memang pantas menerima banyak pujian? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Aktor Film Penghasilan Terbesar Banner Dbe81

Aktor Film dengan Penghasilan Terbesar 10 Tahun Terakhir, No. 8 Gak Nyangka!

Banner Fb 3 0b2ed

7 Aktor yang Memenangkan Piala Oscar di Film Debutnya, Kebetulan Doang?

7 Film Terbaik Tanpa Nominasi Oscar Bukti Kalau Penghargaan Bukanlah Segalanya 1f6d1

7 Film Terbaik Tanpa Nominasi Oscar Sama Sekali, No. 5 Kamu Gak Bakal Nyangka!

Film Dengan Piala Oscar Terbanyak A0db7

7 Film dengan Penghargaan Oscar Terbanyak, Wajib Kamu Tonton!

Banner 0a24d

Prediksi Nominasi Oscar Versi Jalantikus, Apa Film Favorit Kalian?

Banner Fb 5 3881f

7 Aktor yang Mengubah Total Penampilan Fisiknya Demi Film, Nyaris Meninggal!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Aktor yang Hampir Semua Filmnya Sukses, Selalu Diberkati Tuhan!

7 Aktor yang Hampir Semua Filmnya Sukses, Selalu Diberkati Tuhan!

5 Aktor Non-Muslim yang Pernah Perankan Orang Islam, Profesional!

5 Aktor Non-Muslim yang Pernah Perankan Orang Islam, Profesional!

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Film Paling Overrated Sepanjang Masa, Joker Termasuk!

7 Film Paling Overrated Sepanjang Masa, Joker Termasuk!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal