J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Adegan Film yang Paling Sulit Dibuat, Sampai Bikin Aktornya Pingsan?

7 Adegan Film yang Paling Sulit Dibuat, Sampai Bikin Aktornya Pingsan?

Sabtu, 9 Mei 2020, 20:00 WIB
Berhasil membuat para penoton berdecak kagum, ternyata adegan-adegan film berikut ini dianggap yang paling sulit dibuat lho! Kenapa, ya?

Selain alur cerita, adegan dalam sebuah film tentu menjadi hal penting lainnya yang harus dipersiapkan secara matang oleh para pemain serta kru yang terlibat di dalamnya.

Nggak jarang, efek CGI pun ikut diadopsi agar hasil film semakin bagus, terlihat nyata, dan mampu membuat penonton terkesima.

Tapi, meskipun ada bantuan teknologi yang super canggih, proses pengambilan adegan dalam film nyatanya tak selamanya bisa berjalan mulus, geng.

Bahkan, beberapa di antaranya dicap sebagai adegan film yang paling sulit dibuat karena berbagai rintangan yang harus mereka hadapi. Lalu, adegan apa sajakah itu? Berikut pembahasan selengkapnya.

Adegan Film yang Paling Sulit Dibuat

Meskipun ada teknologi CGI ataupun stuntman yang dapat membuat proses syuting sebuah adegan semakin mudah, tapi nyatanya nggak semua sutradara memilih cara itu untuk seluruh adegan di film yang mereka buat.

Ada beberapa di antara mereka yang memaksa untuk menjalaninya secara natural agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Alhasil, beberapa adegan ini pun disebut-sebut sebagai adegan film yang paling sulit dibuat lho.

1. Spider-Man (2002) - Menangkap Nampan

Spider Man 2002 De872

Saat ini, film-film Marvel Cinematic Universe (MCU) mungkin sudah sepenuhnya menggunakan efek CGI. Tetapi, kondisi ini agak berbeda ketika Sam Raimi membuat film Spider-Man pertama pada tahun 2002 silam.

Di mana karakter Peter Parker saat itu diceritakan baru pertama kali menemukan kekuatan supernya, sehingga nggak banyak adegan penting yang membutuhkan efek CGI khusus.

Salah satunya adalah adegan saat Parker menolong Mary Jane yang terpeleset, sementara tangan satunya berusaha menangkap nampan dan beberapa makanan yang nyaris tumpah.

Adegan ini rupanya dianggap sebagai yang paling sulit karena membutuhkan 156 kali take sampai akhirnya terlihat sempurna. Tobey Maguire juga menggunakan bantuan lem pada tangannya agar nampan tidak jatuh.

2. The Lord of the Rings (Trilogi) - Membuat Hobbit Terlihat Kecil

The Lord Of The Rings Trilogi E2b3a

Meskipun tetap menggunakan efek CGI untuk menyempurnakan sejumlah adegan, tapi Peter Jackson selaku sutradara trilogi film The Lord of the Rings rupanya ingin menampilkan aktor dan adegan nyata sebanyak mungkin pada film ini.

Alhasil, para kru film pun memilih beberapa trik jadul berupa persepektif kamera untuk membuat karakter Hobbit bisa terlihat lebih kecil dari ukuran manusia.

Dalam sebuah adegan, mereka menempatkan karakter Frodo lebih jauh dari lensa daripada Gandalf agar bisa terlihat lebih kecil.

Sementara, saat keduanya harus berinteraksi, para kru pun harus menggunakan teknik berbeda di mana mereka sampai harus menggeser set syuting sesuai gerakan kamera untuk mempertahankan ilusi.

3. Mission: Impossible - Ghost Protocol (2011) - Memanjat Gedung Burj Khalifa

Mission Impossible Ghost Protocol 2011 F1de4

Menampilkan cukup banyak adegan action yang membuat penonton tegang, pembuatan film Mission: Impossible - Ghost Protocol garapan sutradara Brad Bird tentu nggak semudah yang mungkin kamu bayangkan, geng.

Salah satu adegannya yang dianggap paling sulit dibuat adalah ketika karakter Ethan Hunt yang diperankan oleh Tom Cruise harus memanjat, berlari, dan berayun di sisi kaca gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

Menariknya lagi, adegan ini bahkan dilakukan oleh sang aktor sendiri tanpa menggunakan bantuan stuntman lho, geng. Tom Cruise dilatih selama berbulan-bulan sebelum melakukan adegan berbahaya ini.

Tak hanya itu, para kru juga harus menyiapkan rig khusus yang memungkinkan sutradara dan cameraman merekam aksi ekstrim Cruise.

4. Iron Man 3 (2013) - Menyelamatkan Penumpang Air Force One

Iron Man 3 2013 91a5a

Selanjutnya ada film superhero Iron Man 3 yang juga ternyata memiliki sebuah adegan paling sulit untuk dibuat nih, geng.

Adegan tersebut tepatnya saat Iron Man diceritakan harus menyelamatkan sebanyak 13 penumpang Air Force One yang terlempar dari pesawat yang mereka tumpangi.

Untuk membuat adegan tersebut, kru film pun mengerahkan tim Red Bull Skydive untuk berperan sebagai stuntman dan melakukan adegan berbahaya itu secara nyata tanpa bantuan efek CGI.

Mereka menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk terus berlatih melompat dari ketinggian ekstrim 12.000 kaki, dengan mengenakan parasut yang tersembunyi di balik kostum.

5. Kill Bill: Vol. 1 (2003) - Adegan Berkelahi

Kill Bill Vol 1 2003 D6ce5

Adegan berkelahi mungkin sudah sangat sering kamu lihat di berbagai judul film action, tapi adegan berkelahi di film Kill Bill: Vol 1 rupanya dianggap sebagai salah satu yang paling sulit untuk dibuat lho!

Hal itu dipicu oleh sifat ambisius sang sutradara yaitu Quentin Tarantino yang ingin adegan ini terlihat sempurna. Dia meminta cameraman mengambil gambar dengan sudut lebar sehingga seluruh pemandangan bisa tersorot.

Bahkan, untuk melakukan adegan ini pun diperlukan proses latihan selama lebih dari enam jam hanya untuk mengambil gambar selama dua menit saja.

Alhasil, setelah melakukan take sebanyak 17 kali, seorang cameraman pun jatuh pingsan karena kelelahan.

6. The Abyss (1989) - Seluruh Adegan di Film

The Abyss 1989 4ffe6

Mengambil set syuting yang hampir sepenuhnya dilakukan di dalam air tentu bukanlah hal yang nggak tanpa risiko, tapi sutradara James Cameron berhasil membuat film The Abyss menjadi sangat berkesan, geng.

Hal itu tentu tak lepas dari usaha para pemain yang harus menghabiskan waktu berjam-jam menyelam di dalam air tanpa oksigen, sambil tetap menjaga kualitas akting mereka agar terlihat bagus.

Belum lagi usaha para kru yang harus membangun set lokasi menggunakan 7 juta galon agar dapat terlihat seperti laut nyata.

Makanya nggak heran kalau The Abyss ini kemudian disebut-sebut sebagai salah satu film dengan proses syuting paling susah.

7. Inception (2010) - Adegan Berkelahi di Lorong Berputar

Inception 2010 865dc

Terakhir ada adegan paling sulit untuk dibuat yang muncul di film Inception karya sutradara Christopher Nolan.

Adegan tersebut yaitu pada saat Joseph Gordon Levitt ditampilkan berkelahi di sebuah lorong berputar yang ternyata dilakukan tanpa efek CGI sama sekali lho, geng.

Untuk mewujudkan adegan ini, tim produksi pun harus membangun sebuah set lorong yang dapat berputar. Tak hanya itu, Joseph juga harus belajar cara untuk menavigasi lorong berputar tersebut agar terlihat meyakinkan.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa adegan film yang ternyata dianggap paling sulit untuk dibuat, geng.

Keren banget, ya? Meskipun mereka mungkin saja menggunakan efek CGI untuk mempermudah melakukan adegan itu semua, tapi cara manual rupanya dianggap lebih menjanjikan.

Kalau adegan favorit kamu ada di judul film mana, geng?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Aktor Yang Dilarang Masuk Ke China 5133c

5 Aktor yang Dilarang Masuk ke Negara China, Kenapa Ya?

Film Dc Cgi Terburuk Banner F57c0

7 Adegan Film Superhero DC dengan CGI Terburuk, Bikin Mata Pedih!

Karakter Anime Cewek Terlalu Seksi Banner 148c7

7 Karakter Anime Cewek yang Bisa Bikin Batal Puasa, Terlalu Seksi!

7 31410

7 Adegan Romantis di Film yang Aneh dan Kelewat Batas, Bikin Trauma!

Banner 20121

7 Anime yang Mengambil Setting di Indonesia, One Piece Masuk?

Page E70d8

7 Film yang Jagoannya Malah Mati di Ending, Bikin Banjir Air Mata!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal