J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

3 Festival Seni Terbaik di Solo, Nomer 3 Paling Keren!

3 Festival Seni Terbaik di Solo, Nomer 3 Paling Keren!

Selasa, 24 Apr 2018, 12:15 WIB
Siapa yang tidak suka menikmati seni. mendengarkan musik, pergi ke musium atau galeri termasuk cara mudah menikmasti seni. Tapi belum lengkap rasanya jika kamu belum nonton festival seni terbaik di Solo ini!

Bicara soal seni, ada banyak cara untuk menikmatinya. Ada karya seni yang dipajang di galeri atau meseum agar bisa diminati. Tapi tahu gak, ada cara paling seru untuk menikmati seni, yakni dengan datang ke festival seni!

Nah, Solo adalah kota budaya yang kerap mengadakan berbagai festival seni. Pagelaran acara-acara tersebut menjadi salah satu daya tarik daerah berjuluk Kota Batik ini. Jika Kamu ada niat berlibur ke Solo, jangan lewatkan beragam festival seni di Solo ya!

Festival Senin Menarik di Solo

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo mendorong berbagai pihak dan elemen untuk menggiatkan acara kesenian dan kebudayaan demi meraih banyak kunjungan wisatawan. Makanya saat berkunjung ke Solo, jangan lewatkan beberapa agenda tahunan yang diadakan secara rutin berikut ini:

1. Grebeg Sudiro

Festival Seni Di Solo Fe70f
Sumber foto: Kesolo

Grebeg Sudiro adalah kegiatan kesenian yang sangat meriah di Solo. Festival ini diadakan untuk menyambut perayaan Imlek yang jatuh pada Februari. Biasanya, Grebeg Sudiro berlangsung 7 hari sebelum datangnya Tahun Baru China. Dalam acara Grebeg Sudiro, penonton bisa menikmati serunya atraksi barongsai, reog ponorogo, dan berbagai kesenian lain.

Dari penyelenggaraan festival ini, rasa toleransi yang kental sangat terasa. Akulturasi antara budaya Tionghoa dan Jawa terasa sangat hangat. Perayaan lintas etnis ini adalah tanda bahwa kebersamaan yang ada di Solo masih terjaga hingga kini.

Festival yang biasanya bertempat di sekitar Pasar Gedhe tersebut merupakan simbol sejarah yang menceritakan masa lalu. Nah, jika Anda ingin menyaksikan keunikan tradisi ini, datanglah pada Februari, yaitu sekitar libur Imlek.

2. Kirab Budaya Hari Jadi Kota Surakarta

Festival Seni Di Solo 2 C184e
Sumber foto: Pariwisata Solo

Untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) Kota Surakarta, Pemkot Solo mengadakan serangkaian acara, mulai dari Solo Carnaval Boyong Kedhaton, Semarak Jenang Solo, dan pertunjukan opera kolosal yang didukung oleh ratusan seniman. Perayaan yang berlangsung meriah tiap Februari dalam setahun ini adalah ajang ekspresi bagi seniman, sekaligus sebagai daya tarik pariwisata yang luar biasa.

Acara Solo Carnaval Boyong Kedathon adalah rekonstruksi perpindahan Kerajaan Mataram ke Solo dari Kartasura. Pada Februari 2018 lalu, karnaval tersebut menembus aktivitas Car Free Day yang diadakan di Jl. Slamet Riyadi. Untuk memeriahkan prosesi kirab, sekitar 500 peserta hadir dari dalam maupun luar kota Solo.

Sementara itu, acara Semarak Jenang Solo adalah arak-arakan 17 jenis jenang yang dimulai dari Pendapi Gede Balai Kota dan berakhir di Benteng Vastenburg. Di tempat ini, ada 273 stan yang menyediakan 100 cangkir gratis jenang untuk para pengunjung. Wah, seru sekali, bukan?

3. Solo Menari

Festival Seni Di Solo 3 De814
Sumber foto: YouTube

Sebagai salah satu pusat kebudayaan, Solo juga tak ketinggalan merayakan Hari Tari Sedunia. Kegiatan yang telah berlangsung lebih dari 10 tahun berturut-turut ini bukan cuma dimeriahkan oleh tarian daerah Solo, tetapi juga berbagai tarian daerah lain. Slogan populer "Solo 24 Jam Menari" diwujudkan dengan menggelar tarian di sepanjang jalan dari Jurusan Tari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo dan memutar hingga ke gedung Rektorat ISI Solo.

Festival yang berlangsung meriah ini sangat menarik, terutama bagi masyarakat luar kota yang jarang menikmati pertunjukan budaya secara langsung. Berbagai kostum warna-warni yang dikenakan penari membuat pemandangan tampak indah dan meriah.

Solo memang sangat menarik untuk dikunjungi. Festival yang diselenggarakan tersebut membuat animo masyarakat terhadap kebudayaan semakin bertambah. Hal ini juga didukung oleh tumbuh suburnya komunitas seniman di Solo. Dengan iklim yang sangat ideal, pariwisata Solo menjadi sangat terkenal.

Nah, jika Anda tinggal di luar kota dan ingin datang ke kota ini menggunakan transportasi udara, cek tiket pesawat ke Solo untuk mempertimbangkan anggaran. Tak perlu khawatir, harga tiket pesawat yang tersedia di Airy selalu nyaman di kantong Anda kok. Jadi, siap untuk liburan ke Solo?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal